Business Apa Itu Oracle Cloud dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Oracle Cloud dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Oracle Corporation merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi komputer internasional. Pusat perusahaan ini ada di Austin, Texas. Salah satu produk dari perusahaan ini adalah Oracle Cloud.

Pengertian Oracle Cloud

Oracle Cloud Infrastructure atau OCI merupakan seperangkat layanan cloud yang dirancang untuk memperlengkapi perusahaan Anda dalam melakukan pembangunan serta menjalankan berbagai layanan dan aplikasi.

OCI menawarkan kemampuan komputasi dengan performa tinggi. Kapasitas penyimpanan yang ada dalam jaringan virtual overlay OCI bersifat fleksibel dan bisa diakses dari jaringan lokal dengan lebih aman. Oracle menyediakan banyak layanan dan produk untuk berbagai perusahaan.

Solusi Oracle Cloud untuk Industri

Ada dua solusi yang disediakan oleh Oracle. Salah satunya adalah solution by industry yang meliputi berbagai industri seperti banking, layanan kesehatan, life sciences, pabrik, retail, dan pemerintahan. Oracle menawarkan cloud infrastructure yang dirancang untuk masing-masing industri dengan baik.

Infrastructure untuk industri didorong oleh perubahan model bisnis, persaingan baru, teknologi, dan peningkatan regulasi. Hasilnya, pengalaman pelanggan dan profitabilitas pun bisa ditingkatkan. Kemampuan cloud akan didukung dengan AI sehingga perkembangan bisa berjalan dengan cepat.

Solution by Technology

Solusi lain adalah solusi berdasarkan skenario. Oracle menawarkan berbagai solusi seperti migrasi data dan database, high performance computing, strategi multi cloud dan hybrid, data lakehouse, cloud security, dan lain sebagainya.

High performance computing atau HPC merupakan salah satu solusi yang menghadirkan kemampuan komputasi yang lebih kuat dan menghemat biaya sehingga lebih efektif untuk memecahkan berbagai masalah ilmiah dan matematika kompleks yang ada dalam suatu perusahaan.

Produk Oracle Cloud

Untuk memastikan setiap perusahaan memperoleh layanan yang dibutuhkan, Oracle menyediakan banyak sekali layanan untuk para calon penggunanya. Seluruh layanan yang tersedia dikelompokkan dalam berbagai kategori. Beberapa kategori tersebut antara lain:

  • Analytics and BI

Analytics adalah salah satu platform yang lengkap dan membawa berbagai layanan yang siap untuk digunakan untuk mengolah data. Layanan yang satu ini memberdayakan insinyur data, pengguna bisnis, serta ilmuwan data untuk memproses dan mengakses data yang relevan.

  • Compute

OCI juga menyediakan kapasitas komputasi yang terjangkau, fleksibel, dan cepat sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan beban kerja. Layanan compute dari OCI menyediakan bare metal instances serta VM fleksibel yang unik demi menjaga performa harga tetap optimal.

  • Data Lakehouse

Data Lakehouse adalah suatu arsitektur modern terbuka yang memungkinkan perusahaan untuk menyimpan, memahami, serta menganalisis seluruh data yang ada. Data Lakehouse menggabungkan kekuatan serta kekayaan gudang data dengan fleksibilitas teknologi data open source yang digunakan.

  • Database

Produk-produk database dari Oracle menawarkan berbagai versi database yang hemat biaya tapi mempunyai performa tinggi, sistem manajemen database yang terkemuka, dan database dalam memori, serta MySQL dan NoSQL.

  • Hybrid Cloud

Hybrid cloud dan edge computing dipersiapkan oleh OCI untuk mengubah serta memperluas penggunaan cloud. Persyaratan untuk keamanan, kedaulatan data, latensi, serta penerapan dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan dalam penerapan khusus.

  • Oracle Cloud Applications

Rangkaian lengkap aplikasi cloud dirancang untuk bekerja bersama-sama. Rangkaian aplikasi SaaS yang lengkap akan menghadirkan suatu proses yang konsisten. Aplikasi-aplikasi ini membantu perusahaan untuk meningkatkan kelincahan bisnis dan keterlibatan pelanggan.

  • Artificial Intelligence

Artificial intelligence dari Oracle menyediakan layanan pembelajaran yang sangat berguna untuk memulai pembelajaran aplikasi dan mesin dengan cepat dan cerdas. Gunakan open source framework seperti Tensorflow dan PyTorch untuk membangun, melatih, dan menerapkan model.


    Subscribe now and stay updated!


    List Fitur Oracle Cloud

    Di layanan cloud yang ditawarkan Oracle, ada berbagai fitur menarik. Sangat penting untuk mempelajari berbagai fitur utama layanan database cloud agar Anda bisa memutuskan apakah layanan ini merupakan layanan yang dibutuhkan perusahaan Anda.

    Berikut ini adalah beberapa contoh fitur yang disediakan oleh Oracle untuk para perusahaan yang menggunakan layanannya.

    • Dikelola tanpa administrasi

    Para pengembang tidak perlu mengelola server data maupun keamanan dan infrastruktur yang mendasarinya. Oracle memelihara seluruh perangkat lunak dan perangkat keras sehingga para pengembang bisa lebih fokus untuk membangun aplikasi.

    • Siklus hidup pengembangan yang lebih cepat

    Setelah mendapatkan akses ke layanan Oracle, pengembang bisa segera menulis aplikasi dan langsung terhubung ke layanan dengan menggunakan kredensial. Oracle melakukan manajemen basis data, ketersediaan yang tinggi, manajemen penyimpanan, serta skalabilitas.

    Seluruh kinerja yang dilakukan oleh Oracle tersebut akan membantu para pengembang untuk berkonsentrasi dalam menghadirkan aplikasi yang mempunyai kinerja yang lebih tinggi.

    • Prediktabilitas dan performa yang tinggi

    Layanan database cloud NoSQL dari Oracle akan memanfaatkan teknologi komponen terbaru di OCI dengan menyediakan kinerja yang tinggi dalam skala yang besar. Pengembang memahami bahwa aplikasi mereka akan mengembalikan data dengan latensi yang bisa diprediksi.

    • APIs yang sederhana

    Database cloud NoSQL dari Oracle menyediakan Create Read Update Delete (CRUD) yang mudah untuk digunakan sehingga memungkinkan para pengembang untuk membuat tabel serta memelihara data yang tersimpan di dalamnya dengan lebih mudah.

    Harga Layanan Oracle Cloud

    Oracle menyediakan informasi lengkap mengenai Oracle Cloud Pricing di situs web resminya. Oracle menyediakan banyak sekali layanan dan produk dengan harga yang bervariasi. Contoh produk Oracle dan harganya adalah Block Storage yang tersedia mulai USD 4.25 per bulan.

    Meskipun setiap produknya mempunyai harga yang berbeda-beda, harga setiap produk tersebut seragam di semua negara. Pendekatan yang dilakukan oleh Oracle menyederhanakan manajemen biaya. Oracle juga menyediakan diskon dan hadiah untuk para pengguna OCI.

    Google Cloud Lebih Baik Daripada Oracle Cloud

    Google Cloud hadir dengan berbagai layanan yang lebih unggul dan bermanfaat untuk para penggunanya. Salah satu layanan yang disediakan oleh Google Cloud adalah BigQuery. Layanan yang satu ini digunakan sebagai suatu peralatan untuk menganalisis data dengan kapasitas besar.

    Data yang dapat diukur dengan menggunakan layanan ini adalah data yang berukuran terabyte sampai petabyte. Layanan ini sangat cocok untuk digunakan di perusahaan besar karena mampu membantu perusahaan untuk menganalisis semua data transaksi.

    Compute Engine merupakan layanan lain yang Google Cloud sediakan bagi para penggunanya. Compute Engine bisa menampung aplikasi web baik yang dibuat dengan program PHP maupun Ruby, dan banyak lagi kelebihan Compute Engine.

    Daftar Google Cloud Via GITS.ID

    Google Cloud lebih unggul dibandingkan dengan Oracle. Untuk menggunakan Google Cloud, Anda perlu melakukannya bersama GITS.ID yang merupakan partner resmi Google Cloud.

    Selain membantu perusahaan Anda untuk mendaftar Google Cloud, GITS.ID juga menyediakan berbagai layanan lainnya yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengembangkan perusahaan dengan lebih optimal dengan bantuan teknologi. Dari sisi cloud, Anda juga akan dibantu migrasi serta penyesuaiannya.


    Mulai Migrasi ke Google Cloud yang Cost-Effective dan Terbaik untuk Perusahaan Anda

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    Antara Oracle Cloud vs Google Cloud, Mana yang Paling Sesuai untuk Kebutuhan Perusahaan Anda?

    Cloud computing merupakan platform penting yang menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang menggunakannya. Dua platform cloud computing yang bersaing untuk mendapatkan perhatian...

    IBM Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Sesuai untuk Perusahaan Anda?

    Dari antara banyak penyedia layanan cloud computing, IBM Cloud vs Google Cloud adalah dua penyedia yang cukup terkenal. Kedua perusahaan tersebut terus...

    Perbandingan Alibaba Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

    Layanan cloud computing sudah menjadi salah satu pilihan yang sangat menonjol saat ini. diantara sekian banyak layanan cloud...

    Membandingkan Azure Cloud vs Google Cloud, Lebih Baik yang Mana?

    Layanan cloud computing atau komputasi awan seperti Azure Cloud vs Google Cloud bukan sekedar memungkinkan para penggunanya untuk...

    Antara AWS vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

    Komputasi awan atau cloud computing selama ini didominasi oleh raksasa-raksasa terkenal, seperti AWS vs Google Cloud. Komputasi awan merupakan metode penyimpanan dan...