Pengertian dan Cara Kerja Enterprise Data Analytics Platform

Pengertian dan Cara Kerja Enterprise Data Analytics Platform

Perkembangan sebuah perusahaan dalam jangka panjang membutuhkan apa yang disebut dengan enterprise data analytics platform. Sebuah solusi untuk melakukan evaluasi, prediksi masa depan, analisis dan memberikan informasi sebagai pertimbangan sebuah keputusan.

Sebuah perusahaan akan terus berkembang dalam kompetisi pasar yang terkadang memiliki trend tertentu. Untuk menemukan trend tersebut memerlukan proses analisa secara umum dan menyeluruh. Bagaimana membangun skenario bisnis di masa depan, semua itu akan tergambar.

Pengertian Enterprise Data Analytics

Enterprise data analytics merupakan proses pengumpulan, analisis, upaya pemrosesan kumpulan data dalam jumlah yang besar. Tujuannya untuk mengekstrak informasi pengetahuan sebagai upaya pengambilan keputusan bisnis secara lebih cepat dan cerdas.

Proses analisa ini dapat menggunakan teknik yang berbeda, seperti misalnya penemuan data, pencarian data, korelasi, pemodelan prediktif, analisa grafik, visualisasi data. Semuanya bertujuan untuk memberikan wawasan, pemberian konteks dan prediksi pada scenario perusahaan di masa akan datang.

Analisis perusahaan akan dapat membantu sebuah organisasi yang lebih besar dalam menemukan celah dari interaksi konsumen. Apa yang menjadi kekurangan dan kelebihannya. Termasuk melakukan identifikasi terhadap tren yang muncul.

Sebuah analisa perusahaan akan menghasilkan kumpulan data yang besar. Oleh karena ini, perlu ada upaya cepat melakukan analisa untuk mendapatkan wawasan yang bisa untuk ditindaklanjuti.

Sebuah proses analisa perusahaan juga akan membantu perusahaan dalam menetapkan prioritas dan menyediakan strategi baru ketimbang meneruskan strategi warisan yang mungkin kurang efektif.

Pentingnya Menggunakan Data Analytics Platform

Enterprise data analytics memiliki fungsi yang penting bagi sebuah perusahaan. Adanya referensi data analisa yang akurat akan sangat membantu perusahaan dalam menentukan keputusan yang cepat dan tepat. Kebijakan yang ditetapkan dapat diambil dari data yang sudah tersedia dan siap dianalisis.

Melalui proses analisa yang akurat, sebuah perusahaan juga bisa mendapatkan informasi tren yang sedang berkembang. Tren tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk mengembangkan perusahaan. Kebijakan yang didasarkan pada tren berpotensi menghasilkan output untuk jangka panjang.

Referensi data melalui proses analisis yang akurat mampu meningkatkan daya saing perusahaan Anda terhadap competitor. Semakin banyak data yang dimiliki, semakin besar kemungkinan Anda untuk menguasai pasar.

Enterprise data analytics yang berkualitas idealnya bersifat praktis namun tepat sasaran. Artinya, kebijakan tersebut harus mudah penerapannya. Selanjutnya, kebijakan tersebut harus bersifat bersifat relevan dan kontekstual.

Bila diterapkan dengan tepat, sebuah kebijakan baru bisa memberikan efek perubahan yang teratur (evolusioner) dan terintegrasi dengan segala hal yang mungkin terjadi setelah proses penerapan keputusan yang ada.

How Does It Work?

Kemudian, bagaimana sebuah enterprise data analytics mampu bekerja dengan optimal? Proses analisis ini mencakup beberapa tahapan, yakni:

  1. Tentukan Pertanyaan dan Tujuan

Langkah ini mirip dengan ketika Anda membuat hipotesis dalam sebuah eksperimen. Anda perlu membuat pertanyaan sebelum mencarinya dalam data yang ada. Bagian mana dari bisnis Anda yang ingin Anda ketahui lebih lanjut, maka bisa mulai memecahkan dari masalah tersebut.

  1. Pengumpulan Data

Proses selanjutnya adalah pengumpulan data. Beberapa data yang Anda perlukan adalah catatan penjualan, demografi dari pelanggan, dan pelacakan terhadap prospek. Ketika Anda menggunakan sebuah tools, penting untuk memastikan bahwa data tersebut dapat diakses dan memiliki koneksi yang dapat terhubung dengan gudang data.

Jangan lupa, volume data yang Anda kumpulkan ini tentu saja mengacu pada pertanyaan apa yang Anda munculkan sebelumnya. Data mengacu pada kebutuhan akan jawaban dari pertanyaan yang telah Anda buat.

  1. Penyelenggaraan Data

Proses selanjutnya adalah melakukan pembersihan data sebelum melakukan analisis. Konon proses ini menghabiskan waktu 27 persen dari proses keseluruhan. Membersihkan data yang mungkin salah dan tidak tepat agar proses analisis bisa berjalan baik. Proses ini bisa menghabiskan waktu yang panjang.

  1. Menentukan Analisis

Setelah data yang relevan tersedia dan telah melalui proses pembersihan, maka tahapan selanjutnya adalah analisis yang tetap mengacu kepada pertanyaan awal atau tujuan yang ingin Anda capai.

Ada beberapa jenis analisis bisa diterapkan dalam proses ini. Pertama, analisis diagnostik bisa digunakan untuk mengetahui penyebab dan solusi dari masalah yang ada. Selanjutnya, analisis deskriptif untuk menggambarkan data dan meringkas bagian-bagian penting sebuah data.

Selain itu, analisis prediktif yang menggabungkan data historis dan pemodelan statistic untuk memperkirakan kinerja metrik tertentu di masa akan datang.

Apa itu Enterprise Data Platform?

Enterprise Data Platform (EDP) adalah pusat penyimpanan data organisasi yang menjadi tempat semua data konsumen, marketing hingga intelijen. Pusat penyimpanan ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan analitik pada seluruh komponen perusahaan.

Adanya pusat penyimpanan data dapat membantu melakukan sentralisasi data sekaligus memberikan pengalaman bagi pelanggan bertransaksi dengan cara dan kesan yang lebih baik. Bagaimana Anda mempertahankan pelanggan lama dan mampu meningkatkan daya tarik bagi pelanggan baru.

Enterprise Data Platform Arsitektur

EDT terdiri dari tiga lapisan data, yakni:

  1. Danau Data

Lapisan ini terdiri dari semua sumber data. Pada lapisan ini konsumen utamanya adalah para analis data. Formatnya cukup ramah dengan para analis dan para penambang data.

  1. Lapisan Data Umum

Bagian lapisan ini menerapkan aturan bisnis pada data secara bertahap, memfasilitasi pembuatan model data yang terkonsolidasi.

  1. Lapisan Data Bisnis

Lapisan data ini memfasilitasi data maket khusus bisnis dengan mengekstraksi subset data dari lapisan data umum.

Key Points and Benefits EDP

Enterprise data platform memberikan manfaat di antaranya sebagai cara mempromosikan perubahan budaya perusahaan dari level atas ke bawahnya, meningkatkan pembelian eksekutif dalam bisnis, menghilangkan bentuk stagnasi tanpa perubahan, dan mampu merangkul manajemen perubahan secara lebih baik di sebuah perusahaan.

Prinsip dalam setiap arsitektur EDP merupakan hal perlu Anda perhatikan. Pada akhirnya EDP akan mampu mendukung definisi data yang lebih seragam, konsisten, dan tertata sehingga bisa lebih mudah untuk pembelajaran di manajemen.

Enterprise data analytics platform pada akhirnya akan memberikan efek yang positif terhadap pengembangan internal perusahaan. Bisnis yang lebih terperinci, mampu melihat trend dan menangkap momen. Keputusan terukur berdasarkan data analisis yang akurat sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Bagi Anda yang membutuhkan referensi enterprise data analytics platform terbaik, konsultasi kan kepada GITS.id. Kami siap membantu Anda melalui layanan kami yang bernama Data and Design Service, layanan terbaik untuk analisis berbagai hal tentang perusahaan, terutama yang terkait dengan perilaku konsumen untuk memudahkan Anda membangun strategi marketing yang efektif.

Bagaimana Anda bisa merancang strategi perusahaan di masa akan datang? Analisis ini akan membantu Anda membuat perencanaan dan keputusan yang lebih tepat. Apa yang menjadi trend di masa akan datang, semua itu membutuhkan referensi data yang akurat.

Jangan ragu untuk menghubungi GITS karena selain layanan DDS kami juga memiliki beragam servis lainnya seperti digital consultancy, application modernization, cloud managed service, data and machine learning, serta digital workspace. Kami juga memiliki layanan untuk budgeting software bernama Mofin.

So, tunggu apalagi? Hubungi GITS sekarang juga.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286