Pentingnya Aplikasi Kesehatan untuk Masyarakat

aplikasi kesehatan

Menjaga kesehataan saat ini menjadi hal yang wajib diperhatikan. Kehadiran aplikasi kesehatan menjadi bukti kemajuan teknologi terutama dalam bidang kesehatan di Indonesia. Kesadaran masyarakat akan pelayanan kesehatan juga semakin meningkat.

Pada masa pandemi seperti saat ini, jangkauan pelayanan kesehatan tidak hanya dilakukan secara offline. Namun, adanya healthcare app sangat membantu dalam mendapatkan informasi kesehatan secara online dan lebih praktis.

Apa Itu Aplikasi Kesehatan atau Healthcare App?

Definisi secara umum dari healthcare app yaitu sebuah program yang berbasis aplikasi, yang digunakan untuk memberikan penawaran tentang layanan dan jasa kesehatan. Saat ini di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis healthcare app yang semakin mudah ditemui.

Healthcare app ini akan membantu Anda dalam mendapatkan layanan maupun jasa kesehatan secara jarak jauh dengan sistem telemedicine. Pada aplikasi tersebut, terdapat beberapa dokter yang menyediakan layanan konsultasi secara jarak jauh.

Para dokter ini merupakan dokter yang terpercaya dan profesional, serta memiliki surat ijin dokter resmi. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi di aplikasi tersebut. Layanan yang diberikan oleh para dokter ini juga cukup beragam sesuai fitur dalam aplikasi.

Beberapa contoh fitur layanan yang bisa diakses antara lain konsultasi dengan dokter, perawatan, hingga pemberian obat. Lebih lanjut, aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membeli obat atas resep dari dokter yang bersangkutan.

Mengapa Healthcare Menjadi Hal yang Sangat Penting Sekarang Ini?

Hadirnya healthcare app bukan hanya sebagai sebuah bentuk perkembangan teknologi saja, namun lebih kepada kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Melalui aplikasi kesehatan digital ini, dokter bisa mendiagnosa berdasarkan hasil konsultasi pasien. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa healthcare app menjadi sebuah aplikasi yang penting dimiliki masyrakat, seperti:

  • Awareness dan Sarana Edukasi

Alasan pertama kenapa healthcare app ini sangat penting adalah untuk menyebarluaskan berbagai informasi tentang kesehatan. Penyebaran informasi ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi serta meningkatkan kepedulian tentang kesehatan.

Agar jangkauan informasi ini dapat merata, aplikasi dapat dihubungkan dengan sosial media. Seperti yang Anda tahu, pengguna sosial media saat ini terus meningkat. Dengan tautan antara aplikasi dengan sosial media, maka jangkauan edukasi juga akan semakin luas.

  • Sarana Diagnostik

Seperti tujuan dari adanya healthcare app yang memang ditujukan agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara online. Aplikasi menjadi penting karena dengan konsultasi online yang dilakukan, dokter dapat mendiagnosis sekaligus memberikan perawatan kepada pasien jarak jauh.

  • Dukungan Pasien

Healthcare app dirancang untuk layanan berkelanjutan. Artinya, kegunaan aplikasi ini tidak hanya berhenti pada penentuan diagnosa, namun juga digunakan untuk mendukung perawatan pasien selanjutnya.

Contohnya adalah tentang kontrol kondisi pasien pasca diberikan obat, mengingatkan waktu minum obat, hingga ke penjadwalan perawatan. Dalam penerapannya juga sangat mudah, dapat dilakukan melalui SMS atau bentuk yang lainnya.

  • Kemudahan

Semua orang ingin mendapatkan aplikasi yang cepat dan canggih. Healthcare app dibuat dengan pengoperasian yang mudah namun tidak lambat. Hal ini sangat penting agar Anda dapat segera mendapatkan layanan kesehatan yang diinginkan.

Mengapa Penting untuk Mengembangkan Aplikasi Kesehatan atau Healthcare App?

Healthcare app menjadi salah satu kunci untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layananan kesehatan secara online. Konsultasi dengan dokter pilihan dapat melalui aplikasi ini tanpa harus datang ke klinik atau ke rumah sakit.

Sistem operasionalnya dibuat mudah dan sederhana, sehingga tidak menyulitkan pengguna dalam mengakses fitur-fitur yang ada didalamnya. Pelayanan kesehatan bisa didapatkan secara komprehensif mulai dari konsultasi, pengobatan, hingga pemeriksaan pra dan pasca pengobatan.

Pengurangan mobilitas selama masa pandemi memang cukup merubah pola masyarakat terutama dalam hal kesehatan. Apabila dulu Anda bisa datang ke klinik atau rumah sakit dengan mudah, saat ini banyak yang membatasi kunjungan per harinya.

Salah satu solusi yang digunakan adalah memanfaatkan layanan aplikasi kesehatan tersebut. Komunikasi dengan dokter lebih aman tanpa perlu bertemu langsung. Bagaimana dengan keabsahannya? Dokter-dokter yang memberikan layanan juga tentunya adalah dokter resmi dengan legalitas yang sah sesuai ketentuan.

Pentingnya Aplikasi Kesehatan

Keuntungan dari Develop Aplikasi Kesehatan atau Healthcare App

Apa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari developing healthcare app ini? Melihat uraian tentang betapa pentingnya aplikasi kesehataan saat ini, tentu banyak keuntungan juga yang akan didapatkan ketika Anda develop healthcare app. Dari sisi pemilik, beberapa keuntungan yang akan didapatkan antara lain:

  • Meningkatkan kemudahan bagi pasien untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.
  • Memberikan kontribusi waktu baik bagi dokter maupun pasien agar lebih efisien.
  • Memangkas biaya kesehatan yang harus dikeluarkan.
  • Sebagai investasi yang berkelanjutan.

Dari sisi pasien, keuntungan yang bisa didapat seperti:

  • Mencari dan membaca layanan kesehatan yang diberikan secara lengkap dan detail.
  • Jika mencari informasi tentang prosedur pengobatan juga tersedia dengan lengkap.
  • Membuat janji temu dengan dokter kapan saja dimana saja dan juga bisa memilih dokter sesuai dengan yang dibutuhkan.

Tipe-Tipe Aplikasi Kesehatan atau Healthcare App

Terdapat beberapa tipe aplikasi kesehatan online dewasa ini. Penggolongan tipe ini didasarkan pada jenis pengguna utama sebagai berikut:

  • Healthcare untuk Konsumen

Layanan ini ditujukan untuk masyarakat umum atau sering disebut dengan consumer informatics. Beberapa layanan yang ada antara lain konsultasi dokter, apotek online, pemeriksaan laboratorium, home care, ambulance online, dan booking appointment.

  • Medical/Clinical Informatics

Aplikasi ini ditujukan bagi penyedia layanan kesehatan. Cakupan fitur yang ada di dalamnya antara lain fasilitas kesehatan, praktisi kesehatan, dan institusi pendidikan kesehatan. Contohnya adalah peresepan elektronik di rumah sakit dan penerapan rekam medis elektronik.

  • Bioinformatics

Tipe yang ketiga adalah aplikasi layanan kesehatan yang diperuntukkan bagi para peneliti atau akademisi. Informasi dalam aplikasi tersebut dimanfaatkan untuk pengolahan data kesehatan, manajemen, dan distribusi.

Fitur yang Terdapat Di Dalam Aplikasi Kesehatan atau Healthcare App

Fitur utama yang dimiliki oleh healthcare app meliputi fitur konsultasi dokter, fitur layanan kesehatan, dan juga fitur apotek. Anda bisa menambahkan fitur tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan atau layanan yang dimiliki. Masing-masing fitur terdapat layanan terkait:

  • Fitur Info Layanan Kesehatan

Dalam fitur ini terdapat beberapa sub fitur yang dapat dipilih. Info layanan kesehatan ini akan menampilkan informasi lengkap tentang apa saja pelayanan yang ada di aplikasi tersebut. Apabila aplikasi ini dimiliki oleh rumah sakit, maka akan menampilkan layanan di rumah sakit tersebut.

  • Fitur Booking Dokter

Pada fitur ini terdapat beberapa pilihan dokter yang telah terdaftar pada aplikasi. Anda bisa memilih dokter yang sesuai dan membuat janji temu. Fitur ini juga menampilan jadwal praktek dokter yang bersangkutan, sehingga dapat menentukan waktu konsultasi sesuai kebutuhan.

  • Fitur Apotek

Fitur ini disediakan sebagai tempat untuk memesan dan juga membeli obat secara online. Ketika Anda telah melakukan pemeriksaan ke dokter, maka akan diberikan resep obat yang bisa dibeli melalui aplikasi itu juga. Jadi layanan ini termasuk layanan terintegrasi yang mudah dan hemat.

Kisaran Harga Aplikasi Kesehatan

Dalam pembuatan sebuah healthcare app memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Banyak hal yang mempengaruhi harga yang ditentukan. Misalnya saja banyaknya fitur yang ditambahkan atau tampilan aplikasi yang dikehendaki.

Faktor-faktor tersebut akan berhubungan dengan besarnya harga yang harus dikeluarkan. Namun tentu saja timbal balik yang didapatkan juga tidak sedikit. Semakin banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini, maka keuntungan yang didapatkan juga menyesuaikan.

Kami bekerja sama dengan Viva Health mengembangkan aplikasi kesehatan mereka. Anda dapat melihat project aplikasi kesehatan yang telah kami kembangkan sebelumnya di sini.

Tertarik untuk memiliki aplikasi kesehatan? Silahkan hubungi GITS.ID untuk bisa berkonsultasi dengan tim ahli tentang aplikasi yang diinginkan. Anda bisa mendapatkan solusi terbaik dan penawaran yang menarik untuk pembuatan healthcare app tersebut.

Hubungi kami sekarang

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286