Perbandingan Harga Google Workspace dan Fiturnya

perbandingan harga dan fitur google workspace

Perbandingan harga Google Workspace dan fiturnya seringkali diperbincangkan. Hal tersebut tidak terlepas dari rasa penasaran orang-orang yang ingin menggunakannya untuk keperluan bisnis mereka. Tentu Anda tahu bahwa layanan Google Workspace sangat ampuh meningkatkan produktivitas tim kerja.

Misalnya, untuk melakukan komunikasi tim yang lebih efektif, berbagi file dengan mudah melalui fitur Drive, mengadakan meeting dengan peserta dalam jumlah tertentu, manajemen informasi bisnis yang jauh lebih baik dan masih banyak lagi lainnya.

Mengenal Google Workspace

Google Workspace merupakan pembaharuan nama dari G Suite. Produk dari Google ini sangat direkomendasikan untuk bisnis yang lebih produktif lagi karena bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Layanan mutakhir Google ini mampu menjangkau tim kerja walaupun dalam jarak jauh.

Misalnya, kegiatan WFH seperti sekarang ini. Semua tim tetap mampu terkoneksi dengan praktis dan mudah.  Dengan begini, secara tidak langsung maka produktivitas tim kerja akan meningkat dengan baik. Tujuan utama bisnis tentu akan begitu mudah tercapai dengan adanya Google Workspace.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa di dalam layanan Google Workspace terdapat sejumlah plan berbeda. Anda bisa memilih sendiri plan apa yang ingin digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa plan tersebut dapat dikategorikan ke dalam tiga macam yaitu business plan, enterprise plan dan frontline.

Perbandingan Harga Google Workspace dan Fitur Antar Plan

Google Workspace menyediakan begitu banyak pilihan plan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hanya saja perlu dicermati bahwa tiap-tiap plan mempunyai fitur yang berbeda-beda. Jadi, sebelum memilihnya pastikan Anda sudah mengetahui comparison Google dengan baik. 

Harga yang tertera di tabel belum termasuk potongan harga spesial bila berlangganan Google Workspace lewat GITS.ID sebagai authorized reseller-nya.

No.PerbedaanBusiness StarterBusiness StandardBusiness PlusEnterprise
1.Harga G Suite/Google Workspace$6$12$18Di atas $20 
2.Email profesionalTersediaTersediaTersediaTersedia
3.Fitur utama Google WorkspaceTersediaTersediaTersediaTersedia
4.Kapasitas ruang penyimpanan30 GB2 TB5 TBUnlimited
5.Dukungan manajemen keamanan Google WorkspaceTersediaTersediaTersediaTersedia
6.App makerTidak tersediaTersediaTersediaTersedia
7.Jumlah maksimal peserta meeting100150250250
8.Perekam video dan voice GmeetTidak tersediaTersediaTersediaTersedia
9.Layanan live streaming dan Google Meet videoTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTersedia
10.Cloud searchTidak tersediaTersediaTersediaTersedia
11.Kontrol advanced enterpriseTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTersedia
12.Peringatan penggantian Drive docTidak tersediaTersediaTersediaTersedia
13.Google Vault / keamanan e-DiscoveryTidak tersediaTidak tersediaTersediaTersedia
14.Kemampuan untuk menetapkan aturan manajemen perangkatTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTersedia

Apa Itu Business Starter, Business Standard, Business Plus dan Enterprise?

Plan yang ditawarkan oleh Google Workspace ada begitu banyak macamnya. Mulai dari Business Starter, Business Standard, Business Plus dan Enterprise. Masing-masing plan tersebut mempunyai keunggulan yang dapat digunakan untuk kebutuhan Anda.

1. Google Workspace Business Starter

Untuk pebisnis pemula, Google Workspace Business Starter sudah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan Anda. Plan Google ini sudah memiliki beberapa keunggulan yang mutakhir, diantaranya:

·       Efektif untuk Mengelola Tim Kecil

Layanan Google Workspace ini terbilang sangat efektif untuk mengelola tim kerja dengan skala kecil atau kurang dari 5 orang karyawan. Plan ini begitu direkomendasikan untuk para freelancer, solopreneur hingga pemilik usaha kecil lainnya.

·       Menyediakan Alamat Email Terbaik

Bagi Anda yang ingin memiliki alamat email terbaik, maka akan mendapatkan keunggulan tersebut dengan plan ini. Business Starter sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan alamat email dengan domain sendiri.

·       Ruang Penyimpanan Besar

Tidak perlu khawatir menyimpan file dengan ukuran yang besar. Sebab, ruang penyimpanan Google Workspace ini terbilang cukup memadai. Anda dapat bekerja dengan nyaman dan tentunya tidak khawatir untuk menyimpan file berukuran besar. Cek artikel kami (Tentang Google Workspace Business Starter, Pengertian dan Kegunaannya) untuk penjelasan lebih lengkapnya.

2. Google Workspace Business Standard

Business Standard menyediakan sejumlah keunggulan bagi Anda yang mulai menekuni dunia bisnis dengan skala lebih besar dibandingkan Business Starter. Keunggulan yang ditawarkan tentu saja lebih detail dibandingkan versi sebelumnya.

·       Ruang Penyimpanan Besar

Dengan ruang penyimpanan yang besar, Anda tidak lagi perlu khawatir akan kehabisan kapasitas ruang tersebut. Jumlah file yang dapat disimpan menggunakan ruang penyimpanan ini dijamin besar dan sangat cukup menampung file-file Anda.

·       Jumlah Peserta Google Meet Banyak

Tidak perlu khawatir untuk rencana meeting bisnis Anda. Lewat Business Standard Anda bisa menggunakan fitur meeting tersebut dengan jumlah peserta banyak dan bisa mencapai 150 peserta. Ini sangat menakjubkan, bukan?

·       Keamanan Optimal

Anda tidak perlu admin maupun kontrol keamanan lanjutan lagi ketika menggunakan plan ini. Menariknya lagi, juga tersedia fitur Google Vault untuk pengarsipan email maupun pesan-pesan tertentu lainnya. Semuanya sangat aman. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut tentang Business Standard di artikel kami (Google Workspace Business Standard, Pengertian dan Kegunaannya) 

3. Google Workspace Business Plus

Seperti plan-plan sebelumnya, Business Plus juga memberikan berbagai macam keunggulan bagi penggunanya. Keunggulan-keunggulan tersebut mampu menyokong kebutuhan Anda dalam keperluan bisnis. 

·       Fitur Keamanan Lebih Canggih

Business Plus memang dirancang untuk kebutuhan bisnis yang lebih besar. Tidak mengherankan rasanya jika plan ini memberikan penawaran fitur keamanan lebih canggih lagi dibandingkan versi plan sebelumnya. Anda bisa membuktikannya sendiri.

·       Ruang Penyimpanan Besar

Ruang penyimpanan yang ditawarkan pengembang plan ini juga tidak main-main. Business Plus menyediakan kapasitas ruang penyimpanan mencapai 5 TB per pengguna. Dengan jumlah penyimpanan besar seperti ini tentu sangat mampu mencukupi kebutuhan bisnis Anda.

·       Kapasitas Peserta Google Meet Besar

Tidak masalah untuk melakukan meeting secara tak terbatas menggunakan Business Plus. Sebab, Anda diperkenankan untuk menyelenggarakan konferensi video dengan skala sangat besar yaitu mencapai 250 peserta. Masih penasaran dengan Business Plus? Cek artikel kami (Kenali Google Workspace Business Plus, Pengertian dan Manfaatnya)

4. Google Workspace Enterprise 

Google Workspace Enterprise menjadi plan yang sangat ideal untuk bisnis maupun perusahaan dengan skala jauh lebih besar. Keunggulan-keunggulan tersebut begitu menakjubkan dan sangat membantu bisnis Anda secara optimal.

·       Kontrol Keamanan Lebih Prima

Kontrol keamanan yang tersedia dalam layanan Business Enterprise sangat prima. Hal ini tentu mampu menjawab semua kebutuhan Anda. Terlebih, kontrol keamanan untuk perusahaan atau bisnis skala besar pastinya harus jauh lebih optimal.

·       Tersedia Fitur Lanjutan

Menariknya lagi, plan ini juga menyediakan fitur lanjutan yang begitu baik. Fitur lanjutan tersebut dimulai dari pengelolaan perangkat, pencegahan kehilangan data hingga pengelolaan kunci keamanan. Dapat dikatakan bahwa plan ini memiliki tingkat keunggulan yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

·       Tambahan Keamanan Vault

Bukan hanya mempunyai akses menuju pengarsipan email dengan Google Vault saja. Akan tetapi, fitur keamanan Business Enterprise juga mampu berintegrasi dengan alat pengarsipan dari pihak ketiga yang mutakhir. Misalnya, Barracuda serta Mailstore. Belum lengkap tentang Business Enterprise? Cek artikel lainnya (Tentang Google Workspace Business Enterprise, Pengertian dan Kegunaannya)

Konsultasikan Plan Mana yang Paling Sesuai untuk Tim Anda Bersama GITS.ID

Banyaknya plan yang ditawarkan oleh Google Workspace tidak jarang justru membuat Anda bingung untuk memilih mana yang terbaik bagi tim bisnis Anda. Jika begini, tentu Anda membutuhkan layanan konsultasi terbaik yang bisa diandalkan.

Untuk itu, memilih GITS.ID adalah solusi terbaik bagi Anda. Kami merupakan penyedia jasa cloud terbaik di Indonesia yang sudah menjadi mitra Google sampai saat ini. Kami akan memberikan pilihan terbaik untuk tim Anda.

Percayakan semuanya hanya pada GITS.ID. Kami akan memberikan solusi terbaik untuk tim bisnis Anda secara optimal. Menariknya, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga Google Workspace yang istimewa di tempat Kami. Segera hubungi Kami untuk informasi selengkapnya.


Dapatkan Harga Terbaik Google Workspace untuk Perusahaan Anda

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286