Reseller & Affiliator Management Software untuk Bisnis

Reseller dan Affiliator Management Software untuk Bisnis

Dalam setiap bisnis online umumnya memiliki reseller dan affiliator untuk membantu proses penjualan produk ke pelanggan. Perusahaan pun perlu mengatur reseller dan affiliator agar kinerjanya dapat terpantau dengan baik, salah satunya melalui reseller management software.

Hal ini diperlukan agar perusahaan pun bisa mengetahui perkembangan bisnisnya dan ikut mengatur bagaimana reseller dan affiliator itu bekerja. Namun, bagaimana caranya? Bisa melalui software yang akan direkomendasikan pada artikel ini.

Pengertian Reseller dan Affiliator

Reseller dan Affiliator (Ilustrasi)

Sebelum membahas apa saja aplikasi reseller management yang tepat untuk perusahaan, Anda perlu memahami makna dari reseller dan affiliator terlebih dahulu.

Reseller merupakan orang yang membeli produk dari supplier, yang kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan yang lebih. Dalam ilmu manajemen reseller ini disebut dengan strategi distributor tidak langsung.

Menjadi reseller ternyata pekerjaan yang sangat menguntungkan, karena reseller bisa berbisnis online tanpa memproduksi barang. Melainkan hanya membeli produk ke berbagai pihak (supplier) sehingga bisnis di rumah pun bisa dilakukan.

Selain reseller terdapat juga affiliator yang pekerjaannya hampir sama yakni mempromosikan produk orang lain. Perbedaannya, affiliator adalah orang yang hanya mempromosikan produk milik orang/perusahaan lain kepada konsumen dengan cara sosialisasi.

Affiliator berperan dalam mengembangkan bisnis sebuah perusahaan dan sistem marketing seperti ini dikenal dengan affiliate marketing. Cara kerjanya pun hampir sama dengan sales, sehingga nantinya affiliator akan mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk ke konsumen.

Perusahaan pun membutuhkan peran reseller dan affiliator untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih luas.

Apa Pentingnya Reseller dan Affiliator Management Bagi Perusahaan?

Reseller dan affiliator berperan penting untuk mengenalkan produk perusahaan Anda agar lebih mudah dikenal orang. Reseller dan affiliator juga salah satu strategi marketing dalam berbisnis online. Sehingga perannya cukup dibutuhkan untuk keperluan bisnis perusahaan.

Namun, perusahaan pun harus mengontrol kinerja reseller dan affiliator dengan baik. Salah satunya perusahaan perlu memiliki tools yang tepat untuk memanage reseller maupun affiliator melalui software.

  • Memperluas Target Konsumen
    Apabila menggunakan reseller dalam bisnis online, tentu reseller akan menjangkau pasar yang lebih luas. Jadi, selain menjadi jasa penjual reseller pun dapat menjadi sales produk Anda dan mengenalkan produk tersebut ke berbagai kalangan konsumen.
  • Meminimalisir Jumlah Karyawan
    Dengan adanya reseller, Anda bisa mengurangi jumlah karyawan sehingga akan mengurangi biaya operasional perusahaan seperti gaji karyawan, biaya transportasi, sewa gedung dan lain-lain.
  • Metode Digital Marketing yang Efektif
    Reseller menjadi metode digital marketing yang bisa diandalkan oleh perusahaan. Karena, selain membelinya mereka pun akan menjual produk tersebut melalui digital sembari memperkenalkan detail produk yang dijualnya.

Selain pentingnya menggunakan reseller manajemen, perusahaan pun membutuhkan affilator manajemen sebagai marketing bisnis perusahaan. Berikut ini beberapa manfaatnya bagi perusahaan yakni:

  • Meminimalisir Risiko
    Setiap perusahaan tentu sangat memperhatikan risiko setiap bisnis yang mereka jalani agar tidak membahayakan pada bisnisnya. Sehingga perusahaan akan melakukan analisis risiko untuk mencegah terjadinya kerugian di masa depan.
    Bagi Anda yang khawatir dengan risiko tersebut, Anda bisa menggunakan sistem marketing melalui affiliator. Sebab, strategi ini menawarkan peluang keberhasilan pada bisnis dengan risiko yang rendah.
  • Meningkatkan Penjualan Secara Stabil
    Dengan adanya affiliator, Anda dapat meningkatkan penjualan secara stabil. Sebab, strategi ini dapat membangun customer base secara tepat. Dengan begitu, bisnis pun dapat meningkatkan penjualan dengan baik.
    Selain itu, startegi ini sangat terbukti dapat meningkatkan pembelian berulang dari konsumen dan meningkatkan jumlah calon pelanggan.
  • Meminimalisir Biaya Pemasaran
    Biasanya setiap perusahaan perlu mengeluarkan biaya yang lebih untuk memasarkan produk ke konsumen. Hal ini karena proses marketing menjadi ujung tombak yang akan menentukan keberhasilan marketing funnel, sales funnel dan lainnya.

Dengan adanya affiliate marketing, perusahaan tidak lagi khawatir untuk efisiensi biaya marketing. Sebab, perusahaan hanya perlu membayar komisi jasa affiliator dengan peluang keberhasilan yang besar.

Tips Reseller Management Untuk Perusahaan

Ada beberapa tips dalam mengelola reseller untuk perusahaan yakni:

  • Membuat Grup Reseller
    Pentingnya sebuah perusahaan untuk membuat grup khusus untuk mengelola atau memanage reseller dengan baik. Dengan adanya grup juga bisa menjadi wadah bagi para reseller untuk berkomunikasi dan saling berbagi pengalaman.
    Anda bisa membuat grup melalui Telegram, Whatsapp, Facebook, dan lainnya. Namun agar lebih khusus perusahaan bisa membuat reseller management software yang tepat. Melalui software, perusahaan pun dapat berinteraksi dengan reseller melalui sistem digital.
  • Membuat Pelatihan Online Marketing Secara Berkala
    Perusahaan dapat memberikan pelatihan marketing kepada setiap resellernya guna meningkatkan kompetensi reseller dalam memasarkan produk ke konsumen. Sehingga reseller bisa meningkatkan penjualannya dan bisa menguntungkan perusahaan.
  • Buatlah Ruang Konsultasi
    Tentunya setiap reseller membutuhkan ruang untuk mengkonsultasikan permasalahannya kepada pihak perusahaan. Buatlah reseller merasa nyaman dengan Anda agar setiap reseller bisa bebas menceritakan permasalahannya dalam berjualan.
    Anda juga bisa membuka ruang diskusi antar reseller untuk saling memberikan solusi.
  • Reseller dan Tim Perusahaan Harus Selalu Menambah Ilmu Bisnis
    Pentingnya setiap reseller maupun tim dari perusahaan untuk selalu menambah ilmu dalam berbisnis. Hal ini guna untuk memajukan bisnis.

Fitur dalam Reseller Management Software

Beberapa fitur penting yang terdapat dalam aplikasi manajemen reseller adalah:

Sales Monitoring

Fitur aplikasi manajemen reseller ini berfungsi untuk memantau kerja dan aktivitas reseller di dalam perusahaan. Sehingga dapat menciptakan alur kerja mulus yang dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas reseller.

Pelacakan GPS Secara Langsung

Hal ini untuk menginformasikan lokasi reseller, waktu, check-in dan check-out beserta laporan terbaru dari reseller secara real-time.

Pelaporan Analitik

Fitur ini sangat dibutuhkan bisnis untuk menyusun maupun mengubah strategi penjualan agar lebih efisien.

Pelaporan KPI

Fitur yang diperlukan untuk menginformasikan kemajuan bisnis terhadap target yang akan dicapai dalam satu periode tertentu. Fitur ini akan melacak kinerja reseller dengan matrik yang bisa disesuaikan agar dapat meningkatkan penjualan.

Manajemen Stok Barang

Fungsinya untuk mengatur katalog barang secara otomatis dengan sistem manajemen persediaan barang.

Integrasi Omnichannel CRM

Fitur ini dengan reseller bermanfaat untuk mendapatkan data yang akurat dari berbagai saluran.

Sales Pipeline

Fitur ini memudahkan Anda untuk beralih dari satu proses penjualan ke tahapan lainnya tanpa harus berpindah ke platform lain.

Jasa Membuat Reseller Management Software with GITS.id

Pentingnya sebuah perusahaan membuat aplikasi manajemen reseller untuk mengelola resellernya dengan baik melalui sistem khusus yang dimiliki perusahaan. Apabila perusahaan Anda tertarik membuat reseller management software, jangan ragu untuk menggunakan GITS.id.

GITS.id menjadi solusi terbaik dalam pengadaan software untuk berbagai kebutuhan perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut dan menjadwalkan meeting dengan Solution Team kami, hubungi kami sekarang juga.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286