Software Budgeting Mofin dan Peran Pentingnya dalam Monitoring di ERP

  • *Featured
  • Software Budgeting Mofin dan Peran Pentingnya dalam Monitoring di ERP
Software Budgeting & Peran Pentingnya dalam Monitoring di ERP

Bagi sebagian orang atau yang baru terjun dalam dunia bisnis, software budgeting mungkin tidak terlalu dipikirkan. Tetapi menurut sebagian besar pakar keuangan, ini adalah salah satu alat terpenting untuk memastikan kesuksesan finansial. Demikian pula halnya dengan software budgeting untuk perusahaan.

Membuat dan berpegang teguh pada anggaran Anda sendiri bisa jadi sulit. Terlebih bila menyangkut kerja antartim yang besar. Itulah sebabnya software budgeting dapat berguna baik pada tingkat pribadi maupun berbagai skala bisnis.

Perangkat lunak ini dapat membantu Anda dan perusahaan memenuhi tujuan keuangan. Misalnya untuk mengatur pembelian kebutuhan, memberikan pandangan jangka panjang investasi, termasuk kebiasaan pengeluaran.

Software ini pada dasarnya bekerja seperti buku cek pintar yang memudahkan proses budgeting dan monitoring-nya.

Keuntungan Software Budgeting atau Software Anggaran Perusahaan

Keuntungan software budgeting adalah memusatkan informasi perencanaan, sehingga satu tim perencanaan dapat secara efektif mengawasi kegiatan penganggaran bisnis besar.

Software anggaran perusahaan ini juga dapat mengurangi tingkat kesalahan, karena informasi yang mendasari disimpan secara terpusat.

Selain itu, keuntungan software budgeting adalah lebih mudah untuk dijalankan. Perangkat ini juga dilengkapi fitur pengujian dengan sejumlah model untuk mendapatkan hasil dari rencana bisnis di bawah sejumlah skenario yang berbeda.

Penganggaran dan pengendalian biaya membantu industri dalam mengambil tindakan yang tepat saat merancang anggaran. Anggaran industri merupakan aspek penting dari bisnis karena setiap operasi pengadaan tergantung pada anggaran industri. 

Modul penganggaran juga memudahkan tugas tim dengan menyediakan jumlah anggaran yang tepat dan dana yang tersedia dalam bisnis. Modul tersebut mempertimbangkan semua aspek bisnis termasuk aset tetap dan tidak tetap. 

Ini menjadikan modul penganggaran sebagai solusi digital mutlak untuk setiap industri yang melibatkan transaksi keuangan besar.

Modul keuangan dan akun memainkan peran penting dalam menentukan kegiatan anggaran di industri.

Manfaat Software Budgeting untuk Bisnis Maupun Pribadi

Selain itu, software budgeting juga cocok dipakai oleh perusahaan kecil maupun pribadi. Berikut manfaat software budgeting bagi bisnis kecil dan pribadi yang perlu Anda ketahui.

  • Perangkat Lunak Penganggaran Bisnis Kecil

Penganggaran bisnis kecil bisa menjadi sedikit lebih sulit daripada anggaran pribadi. Ini berkaitan dengan pendapatan tidak normal, dan beberapa faktor lain seperti biaya barang dan jasa yang tidak selalu tetap.

Karena itu, software budgeting penganggaran usaha kecil hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran yang berbeda. Ini tergantung pada fitur mana yang paling Anda minati.

Selain peningkatan dukungan untuk faktor spesifik bisnis, software budgeting menawarkan lebih banyak metode perkiraan. Fungsinya adalah untuk membantu Anda merencanakan anggaran bisnis dengan lebih baik.

Misalnya, Anda dapat melihat potensi keuntungan selama 10 tahun menggunakan data historis, atau Anda dapat menggunakan serangkaian faktor Anda sendiri.

Sebagian besar memiliki beberapa jenis model yang dibangun ke dalam perangkat lunak. Ini untuk memastikan Anda bisa mendapatkan pandangan luas tentang potensi perusahaan dan memudahkan merencanakan anggaran sesuai dengan potensi tersebut.

Tidak seperti perangkat lunak pribadi, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak opsi untuk menghasilkan semua jenis laporan. Hal ini akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang kemana uang Anda pergi dan untuk apa.

  • Perangkat Lunak Penganggaran Pribadi

Software budgeting untuk penganggaran pribadi mirip dengan jenis usaha kecil, tetapi dengan cara yang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan.

Banyak layanan memungkinkan Anda untuk langsung mengimpor laporan bank Anda dengan mengekspor jenis file tertentu dari situs Web bank Anda.

Dengan semua data keuangan Anda yang diimpor ke dalam perangkat lunak, program penganggaran akan mengkategorikan pengeluaran Anda. Dengan demikian Anda dapat melihat berapa banyak yang Anda belanjakan.

Ini memungkinkan Anda untuk melihat dengan tepat jenis pengeluaran apa yang menghabiskan uang Anda.

Dari sana Anda dapat menetapkan anggaran sesuai sasaran. Misalkan Anda ingin menyimpan cukup uang untuk berlibur tahun depan, Anda tinggal menginput jumlah uang yang Anda perlukan.

Lalu perangkat lunak penganggaran akan melihat data Anda sebelumnya dan menghasilkan jumlah yang perlu Anda sisihkan setiap bulan.

Dalam kebanyakan kasus, terserah Anda untuk memutuskan apa yang mungkin perlu dipotong dari anggaran jika ingin mencapai tujuan Anda. Tetapi beberapa perangkat lunak menawarkan saran di mana Anda mungkin dapat melakukan pemangkasan pengeluaran.

Pada intinya, tujuan perangkat lunak penganggaran adalah untuk membantu Anda menciptakan dan mempertahankan kebiasaan belanja yang konsisten. Selain itu juga menciptakan cara yang mudah dipahami untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Software Budgeting dan Perannya dalam Monitoring di ERP (Enterprise Resource Planning)

Perusahaan terus melakukan perencanaan sumber daya (ERP) untuk banyak tujuan. Seperti meningkatkan usaha, mengefektifkan biaya, serta menaikkan penjualan. Di mana semua itu dapat dilakukan dengan software budgeting atau software anggaran untuk enterprise.

Setiap bidang dengan mekanisme kerja yang saling berhubungan saat ini dapat menyinkronkan pekerjaan demi mendapat hasil yang cepat dan baik.

Software budgeting dalam perannya di perusahaan besar, contohnya menjadi bagian dalam sistem monitoring di ERP, salah satunya ialah mampu memberi manfaat dari pelaporan data real-time.

Data yang diberikan dapat berupa rencana perusahaan, penganggaran, meramalkan/forecast, dan mengomunikasikan keadaan. Tujuan pelaporan terutama dilakukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Software budgeting memberikan Anda kesempatan akses cepat informasi yang dibutuhkan atasan dan tim, maupun pelanggan; vendor; dan mitra. 

Selain itu, software tersebut juga memungkinkan untuk merespons dalam waktu lebih cepat, dengan tingkat akurasi yang semakin baik. Dengan begitu pengeluaran juga dapat semakin dioptimalkan karena perusahaan dapat beroperasi lebih efisien.

Setiap departemen dapat melakukan kolaborasi dan saling memberi pengetahuan. Misalnya, sinergitas tenaga kerja dan peningkatan produktivitas karyawan karena karyawan dapat melihat setiap departemen berkontribusi pada misi dan visi perusahaan. Selain itu, tugas-tugas berat dan manual dapat dihilangkan, sehingga dapat membuat karyawan mengefektifkan waktu pekerjaan dengan lebih baik.

Solusi Software Budgeting untuk Perusahaan dengan Mofin

Jika dioperasikan dan digunakan dengan baik, software budgeting mampu cegah dan kurangi kegagalan yang dapat membahayakan implementasi keuangan (data yang tidak sinkron, proses yang lama, dan lain-lain). Oleh karena itu, dibutuhkan software budgeting dalam monitoring ERP yang efektif agar tidak membuat pembengkakan biaya perusahaan Anda pada hal yang sebenarnya bisa dioptimalkan.

Software budgeting yang dapat menjadi solusi adalah Mofin. Software budgeting Mofin memungkinkan Anda untuk memantau pergerakan anggaran dan menjadi sumber nomor satu untuk penganggaran dan perencanaan.

Semua dilakukan secara real-time, membuat pekerjaan sehari-hari jauh lebih mudah dan membantu mencapai produktivitas yang lebih baik. Dengan Mofin, sebagai software anggaran perusahaan, pelacakan dan persetujuan akan berlangsung lebih cepat sehingga seluruh kinerja perusahaan dapat berjalan semakin lancar.

Selain itu software budgeting dari Mofin juga dapat membantu Anda mentransfer jumlah anggaran dari satu tim ke lainnya. Serta, tersedia fitur untuk memantau berapa anggaran yang digunakan dari perencanaan pembelanjaan yang dirancang oleh bagian keuangan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya sebuah software budgeting untuk kelancaran perusahaan Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan software budgeting Mofin, produk dari GITS.id, untuk membantu Anda merencanakan keuangan dengan lebih baik.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0812-4589-1200

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States