Point of Sales (POS): Solusi Pintar untuk UMKM

  • *Platform
  • Point of Sales (POS): Solusi Pintar untuk UMKM
Point of Sale (POS) system GITS.ID

Sebagai pengusaha berbasis mikro, kecil, sampai menengah, Anda memiliki banyak tanggung jawab seperti mengurus inventaris hingga memproses pesanan pelanggan. Pada masa kini, dimana akses internet membuat fase pergerakan bisnis menjadi lebih cepat dari biasanya akan membuat Anda cepat kewalahan. Maka, dengan memiliki alat dengan fungsi yang tepat, dapat membantu Anda dalam menghadapi tantangan dan masalah-masalah bisnis. Salah satu alat modern yang memiliki kemampuan untuk membantu usaha Anda sebagai solusi pintar yang efisien adalah Point of Sales System.

Apa Itu Point of Sales (POS)?

Point of Sales adalah sebuah sistem yang dibuat guna membantu pebisnis dan pembeli dalam melakukan transaksi. Berbeda dengan mesin kasir konvensional, POS pada dasarnya adalah sebuah mesin kasir modern yang berbasis perangkat lunak. Terciptanya point of sale software dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang memungkinkan agar mesin kasir memudahkan dalam memberikan pelayanan serta pembayaran yang mengikuti zaman. Tidak hanya POS untuk retail, penggunaan sistem POS tidak hanya terfokuskan pada satu jenis bisnis saja, melainkan dapat memenuhi kebutuhan berbagai bisnis lainnya; dari bisnis restoran, cafe, sampai tempat laundry. Lalu, apa saja tantangan yang dihadapi oleh bisnis mikro, kecil, sampai mengenah sehingga memerlukan solusi pintar untuk UMKM yaitu Point of Sales (POS)?

Tantangan yang Dihadapi Oleh UMKM

Menjalankan bisnis mikro maupun kecil tentunya tidaklah mudah. Sebagai pelaku usaha, Anda diminta untuk turut menjalani berbagai role dari sales dan marketing hingga akuntansi dan customer service. Dalam menjalani keseharian dengan banyak tanggung jawab yang berbeda tersebut tentunya dapat menjadi berat dan rasanya bagai selalu dikejar-kejar. Beberapa tantangan yang biasanya dihadapi oleh pelaku usaha mikro dan kecil, hingga menengah adalah:

Manajemen Inventaris

Memperhatikan stok barang agar tidak terjadi kerugian, seperti saat melakukan pemesanan suplai baru, dan memastikan bahwa produk yang dimiliki saat ini tepat dan layak untuk diurus. Hal ini dapat mempengaruhi berbagai proses berjalannya pekerjaan mulai dari kecepatan sampai mudahnya terjadi suatu error.

Proses Checkout yang Kurang Efisien

Sistem yang tidak diupdate secara berkala dapat menjadi lelet sehingga mengharuskan pelangan untuk menunggu lebih lama saat melakukan transaksi. Hal ini dapat membuat pelanggan dan juga staff Anda frustasi, pada akhirnya akan berakibat buruk pada kesehatan usaha Anda.

Kurangnya Detail dari Data Sales

Tanpa adanya data dan pemahaman yang komprehensif mengenai data performa sales, hal ini dapat membuat Anda sulit dalam membuat keputusan yang tepat atas usaha Anda.

Laporan dan Analitik yang Terbatas

Kesulitan dalam mendapatkan laporan yang detail atas performa bisnis Anda dapat menjadi cukup kompleks dan memakan waktu lama untuk memulihkannya kembali.

Bagaimana Sistem POS Dapat Menjadi Solusi Untuk UMKM?

Sistem POS yang sudah modern dapat menjadi game changer bagi para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan dan juga dapat membantu melancarkan operasi usaha Anda. Ini adalah beberapa manfaat yang didapati dengan menggunakan POS sebagai solusi pintar:

Peningkatan Managemen Inventaris

Sistem POS dapat terintegrasi dengan manajemen inventaris memiliki kemampuan untuk memperkirakan kapan stok akan habis dari gudang barang. Dengan adanya informasi berdasarkan real-time updates pada setiap produk yang Anda miliki, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi produk-produk yang sedang ramai dibeli, memonitor stok dan memberikan alert jika ditemukan produk dengan stok sedikit, dan juga dapat mengotomasikan proses pemesanan. Hal ini dapat membantu Anda agar produk yang dicari oleh pelanggan Anda akan selalu siap.

Efisiensi Proses Checkout

Sistem POS yang intuitif dengan user interface yang aksesnya mudah dipahami dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Waktu menunggu dan proses pembayaran yang sealur dapat mempengaruhi emosi pelanggan sehingga mereka akan tetap happy dan mendorong mereka untuk kembali dan membeli produk lainnya ke usaha Anda.

Laporan dan Analitik Sales yang Komprehensif

Sistem POS yang baik dapat memberikan laporan dan analitik secara komprehensif. Hal ini memungkinkan Anda untuk memahami performa usaha Anda. Tidak lupa, Anda dapat terus memantau trend yang terjadi, perilaku pelanggan, dan membuat keputusan berdasarkan data nyata untuk mengoptimalkan operasi dan mendorong pertumbuhan perusahaan.

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Banyak sistem POS yang menawarkan fitur dengan tujuan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan. Contohnya seperti program loyalitas, marketing yang tertarget, dan juga dengan memanfaatkan alat customer relationship management (CRM). Dengan memahami preferensi dan habit berbelanja pelanggan, Anda dapat menyesuaikan penawaran dan memberikan pengalaman yang lebih personal. Hal ini penting untuk retain pelanganggan, salah satu implementasinya seperti program loyalitas pelanggan pada POS cafe.

Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Dengan mengotomatisasikan berbagai proses bisnis, sistem POS dapat membantu para pegawai Anda untuk bekerja secara lebih efisien. Karena dari proses awal sampai akhir hingga produksi laporan yang amat detail, sistem POS dapat membantu meringankan pekerjaan Anda dan membuka peluang agar Anda dapat semakin fokus pada hal penting lainnya.

Memilih Sistem POS yang Tepat untuk UMKM Bersama GITS.ID!

Ketika memilih sistem Point of Sales (POS) untuk UMKM Anda, penting untuk memikir kan keperluan dan kebutuhan usaha Anda. Carilah POS yang memiliki fungsi dan fitur lengkap, terutama yang dapat menunjang kebutuhan-kebutuhan umum seperti: manajemen inventaris, laporan penjualan, dan fitur customer engagement. Selain itu, kemudahan dalam menggunakan sistem, dan kemampuan untuk dapat diintegrasikan, serta support dan maintenance berkala juga perlu untuk diperhatikan.

Memiliki pengalaman selama lebih dari 16 tahun di bidang IT, GITS.ID juga berpengalaman membuat sistem POS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenis usaha klien dengan fungsi dan fitur yang lengkap. Beragam fitur dapat kustomisasi dan diimplementasikan terhadap sistem POS atas dasar permintaan serta keperluan usaha Anda. Bersama tim ahli GITS.ID, mari kita tingkatkan UMKM Anda.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40294

Whatsapp (chat only)

0813-99-529-333

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States