Penjelasan dan Keunggulan SQL Server on Google Cloud

Penjelasan dan Keunggulan SQL Server on Google Cloud

Sistem pengelolaan database saat ini sudah semakin canggih. Sebut saja salah satunya seperti SQL Server on Google Cloud yang sedang populer. Produk dari Google Cloud Platform ini bisa membantu bisnis agar berjalan sistem keamanan data yang baik.

Di sisi lain, layanan dari Google ini juga bisa Anda integrasikan dengan produk lain. Dengan begitu, layanan ini dapat dengan mudah diimplementasikan pada beberapa platform yang relevan.

Apa Itu Cloud SQL Server?

Fungsi dari SQL server dari Google ini yaitu untuk memastikan database dapat bekerja sepenuhnya secara otomatis. Salah satu contohnya seperti memastikan scalable agar tetap mengikuti kebutuhan volume data secara otomatis.

Berbeda dengan cloud database gratis, layanan ini memiliki kualitas premium. Fitur yang tersedia pun tergolong lengkap dan mampu memudahkan Anda dalam membuat, mengelola hingga mengatur database pada cloud.

Dengan menggunakan layanan dari perusahaan Google ini Anda tidak perlu lagi menggunakan perangkat keras, melakukan update berkala hingga replikasi. Itu karena dukungan fiturnya tergolong lengkap untuk mengerjakan  hal tersebut.

Fungsi Cloud SQL dari Google

Cloud database ini memiliki fungsi yang sama. Hanya saja untuk produk yang premium kualitas maupun pelayanannya jauh lebih baik dan optimal.

Fungsi utama dari database ini yaitu untuk menyimpan data-data terstruktur sesuai dengan skema data yang Anda tentukan. 

Database ini biasanya disebut dengan istilah relasional karena apa yang Anda simpan dapat Anda hubungkan dan saling berelasi.

Kelebihan SQL Server dari Google Cloud

SQL Server ini memiliki sejumlah keunggulan yang bisa membantu bisnis Anda berjalan sesuai harapan. Berikut adalah beberapa kelebihan-kelebihannya.

  1. Menghemat Biaya

Keuntungan pertama menggunakan layanan ini yaitu bagus untuk menghemat biaya pemeliharaan. Karena proses pemeliharaan menggunakan sistem ini yaitu dilakukan secara otomatis dan juga terjaga.

  1. Proses Pemeliharaan Berkualitas

Sistem SQL yang ditawarkan oleh Google ini memiliki sistem pemeliharaan yang berkualitas. Dengan menggunakannya, sistem pemeliharaan cloud akan berjalan dengan baik dan aman selama seharian.

  1. Bisa Diintegrasikan dengan Beberapa Platform

Untuk pengguna SQL server cloud dari Google, Anda bisa mengintegrasikannya dengan beberapa platform lain. Beberapa platform lain yang bisa Anda integrasikan seperti BigQuery dan Computer Engine.

  1. Fitur Query yang Kaya

Di sini Anda bisa menemukan kueri yang begitu kaya dari platform lain. Selain itu juga memiliki konsistensi yang sangat tinggi. 

Visualisasi data yang Anda perlukan juga bisa Anda dapatkan sesuai dengan yang Anda harapkan untuk kebutuhan bisnis.

Penjelasan dan Keunggulan SQL Server on Google Cloud

Fitur SQL Cloud dari Google

Belum sempurna rasanya jika membahas sebuah sistem database tanpa mengenalkan fitur yang ditawarkannya. SQL Cloud dari Google ini memiliki serangkaian fitur yang bisa Anda perdalam sebagai berikut:

  1. Tabel

Anda bisa menggunakan sejumlah tabel yang terdiri dari sejumlah data tertentu yang memiliki atribut yang sama. Fitur ini bisa merepresentasikan sebuah entitas maupun objek dari data yang Anda simpan.

Kita ambil contoh misalnya pada basis data universitas, dimana tabel ini bisa Anda gunakan untuk merepresentasikan dosen, mata kuliah, dan lain-lain.

  1. Row

Istilah “Row” ini juga biasa disebut dengan “Record”, yaitu sebuah garis data yang menunjukkan satu data unik. Satu “Row” ini biasanya terdiri dari beberapa atribut.

  1. Column

Fitur bernama “Column” ini biasa juga disebut dengan atribut yang merupakan sebuah karakteristik. Fungsinya yaitu untuk mendeskripsikan tabel.

Pada saat Anda membuat tabel, maka Anda tidak perlu menentukan skema tabel yang terdiri dari berbagai kolom karena sudah ada Column ini.

  1. Key

Fungsi dari “Key” yaitu digunakan sebagai entitas dan juga penghubung antara satu tabel dengan yang lainnya.

Bagaimana Cara Terhubung ke Cloud?

Untuk MySQL, tidak terlalu sulit agar bisa terhubung dengan layanan dari Google ini. Berikut ini sudah kami rangkum cara agar Anda bisa terhubung dengan Cloud dari Google.

  1. Masuk ke Google Data Studio

Silahkan Anda masuk atau login terlebih dahulu pada Google Data Studio. Anda bisa masuk melalui marketing platform Google.

  1. Pilih Sumber Data

Selanjutnya arahkan kursor Anda ke arah kiri atas, klik “Buat”, kemudian pilih menu “Sumber Data”.

  1. Memilih Konektor

Untuk MySQL, Anda bisa langsung memilih konektor Cloud yang ada di “Sumber Data” tadi untuk memulainya. Kemudian izinkan Data Studio agar bisa mengakses data yang Anda miliki.

  1. Mempersiapkan Koneksi Database

Langkah selanjutnya dan tak kalah penting adalah mempersiapkan koneksi ke database yang Anda miliki. Untuk mempersiapkannya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut:

  • Menghubungkan dengan nama host atau alamat IP yang Anda gunakan.
  • Harus siap terhubung dengan URL JDBC.

Selain itu, ketahui juga bahwa Data Studio dari Google ini tidak bisa Anda hubungkan ke localhost. Jadi Anda harus menggunakan nama host atau alamat IP publik untuk mempersiapkan koneksinya.

  1. Masuk ke Menu Autentikasi

Selanjutnya silahkan Anda memilih tabel dari daftar, atau langsung memasukkan custom query. Tujuan memilih opsi custom query atau kueri kustom yaitu untuk memberikan kueri PostgreSQL dan menghubungkan ke satu tabel.

  1. Mulai Menghubungkan

Setelah melalui semua proses tersebut, silahkan Anda klik “Hubungkan”. Halaman daftar kolom sumber data pun akan muncul. Selain itu Anda bisa memulai memvisualisasikan data dengan cara klik “Buat Laporan” atau “Jelajahi”.

Izin dan Dukungan IP Publik

Lebih lanjut lagi kami akan coba memaparkan terkait izin dan juga dukungan IP Publik untuk yang ingin menggunakan SQL server cloud dari Google Cloud SQL Server Connection String.

Terkait izin, pertama-tama Anda harus memiliki izin cloud sql dari client terlebih dahulu. Izin tersebut bisa Anda dapatkan di project Cloud SQL untuk MySQL. Tujuan ini yaitu untuk membuat koneksi.

Jika Anda tidak memiliki, atau memperoleh akses ini, maka Anda bisa menggunakan konektor MySQL sebagai gantinya.

Sedangkan untuk IP Publik, platform Data Studio hanya support untuk instance Cloud SQL untuk MySQL yang menggunakan IP Publik. Untuk menyiasatinya Anda bisa melakukan konfigurasi lebih mendalam pada sebuah sistem yang sudah tersedia.

Layanan DDS (Data and Design Service) GITS Indonesia

Bagi Anda yang sedang mencari solusi layanan Data and Design Service, atau DDS, GITS.id bisa menjadi solusi yang paling tepat. Dengan menggunakan jasa ini, Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan pengelolaan SQL Server Cloud.

Jasa dari GITS.id akan membantu Anda untuk memvisualisasikan data dan pengelolaan data pada platform tersebut. Dengan begitu, bisnis Anda akan berjalan lebih optimal dan juga membantu agar tetap berjalan baik seharian penuh.

Dalam dunia digital marketing, kualitas pengelolaan server database ini sangat penting. Maka dari itu, percayakanlah hanya kepada GITS.id! Itulah informasi seputar SQL Server on Google Cloud yang kini menjadi salah satu platform database yang populer di kalangan digital marketer. Peningkatan teknologi dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi biaya dalam sebuah perusahaan.

Selain DDS, GITS.id juga memiliki beragam servis lainnya seperti mobile development hingga budgeting software. Jangan ragu lagi, segera hubungi kami sekarang juga.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286