Standar Biaya Pembuatan Aplikasi dan Informasi Jasa Mobile

  • Business
  • Standar Biaya Pembuatan Aplikasi dan Informasi Jasa Mobile
standar biaya pembuatan aplikasi mobile android jasa

Standar biaya pembuatan aplikasi serta informasi jasa pembuatan aplikasi mobile Android kini merupakan hal-hal yang sering dicari orang. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya Android dan penggunanya yang semakin luas. Bagi yang memiliki bisnis ataupun bagian dari perusahaan, ini tentu peluang yang sayang jika dilewatkan.

Akan tetapi, ketika akan membuat aplikasi dan menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile Android apa saja yang harus diperhatikan? Tentu saja ada banyak faktor, mulai dari tipe aplikasi, jenis aplikasi, hingga standar biaya pembuatan aplikasi. Sebelum mengetahui standar biaya pembuatan aplikasi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu ada bentuk aplikasi mobile seperti apa saja yang bisa dibuat.

Tipe Aplikasi Android

Secara umum, ada empat tipe aplikasi Android, yaitu native, hybrid, web, dan progressive web. Ketika akan membuat aplikasi Android atau menggunakan jasa pembuatan mobile apps pastikan tahu tipe aplikasi yang diinginkan. Keempat aplikasi tersebut berbeda dan ditujukan untuk tujuan yang berbeda.

Native App

Native App adalah aplikasi yang menggunakan sistem APIs dan SDKs ponsel. Pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman seperti, C++, Python, C#, atau Java for Android.

Jenis aplikasi ini bisa mengakses semua hardware dan sensor yang ada pada ponsel. Eksekusi aplikasi juga cepat karena pembuatannya dikhususkan untuk sistem operasi tertentu.

Contoh dari native aplikasi, yaitu :

  • Game seperti Angry Birds
  • Aplikasi Notes
  • Aplikasi Kalkulator bawaan ponsel

Aplikasi Web

Aplikasi web dibuat dengan teknologi multiplatform seperti Javascript atau CSS. Eksekusi pengoperasiaanya adalah melalui browser pada ponsel dan tidak perlu instalasi tambahan. Contoh dari web aplikasi misalnya situs booking tiket.

Hybrid

Hybrid adalah gabungan antara aplikasi web dan native. Jasa pembuatan aplikasi mobile ini dibuat dengan bahasa pemrograman untuk native maupun web, seperti C#, Javascript, HTML5, dan CSS.

Selain itu, ada pula aplikasi hybrid yang maksudnya adalah aplikasi mobile tersebut dapat dijalankan di ponsel Android maupun iOS, dengan satu kali jasa pembuatan. Bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk ini adalah Flutter.

Contoh dari aplikasi hybrid, yaitu:

  • Twitter
  • LinkedIn
  • Facebook

Progressive Web App

Progressive Web App adalah bentuk aplikasi website yang lebih progresif. Umumnya, aplikasi website dalam bentuk ini bisa lebih cepat diakses oleh pengguna. Tampilannya bisa lebih teroptimasi dan tidak membutuhkan waktu lama untuk di-load. Progressive web lebih simpel dan lebih memberatkan pada Javascript. Contoh progressive web app adalah Wattpad.

Setelah mengetahui tipe aplikasi, selanjutnya perlu juga mengetahui jenis aplikasi mobile Android.

Jenis Aplikasi Android

jenis aplikasi android standar biaya pembuatan mobile

Jenis aplikasi Android bisa dikelompokkan menjadi beberapa macam. Ketika akan membuat aplikasi Android, penting untuk mengetahui jenis aplikasi apa yang dibuat. Hal ini berhubungan dengan perencanaan hingga desain aplikasi nantinya.

Bagian perencanaan ini juga akan membutuhkan tangan ahli, sebab di sini akan dirincikan fitur-fitur seperti apa yang akan dibangun. Bila Anda masih bimbang dengan hal tersebut, GITS.ID selain bisa membantu dalam jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS serta website, juga dapat membantu perancangan atau Discovery & Co-creation.

Jenis-jenis aplikasi Android ada beragam. Berikut di antaranya:

  1. Lifestyle (music app, fitness app, aplikasi e-commerce, dan lain-lain)
  2. Social Media
  3. Utility Mobile App (kalkulator, alat pengingat, dan lain-lain)
  4. Game and Entertainment
  5. Productivity App (editor dokumen, e-wallet, dan lain-lain
  6. News App

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Mobile termasuk Harga Jasa Pembuatan Aplikasi Android

standar biaya pembuatan aplikasi mobile android harga jasa

Poin penting selanjutnya seputar jasa pembuatan aplikasi mobile tentu mengetahui berapa biaya yang perlu dikeluarkan alias standar biaya pembuatan aplikasi. Untuk biaya ini sebenarnya relatif karena ada banyak aspek yang diperhatikan.

Kompleksnya aplikasi terkadang bukan faktor penentu utama, berbeda jasa bisa berbeda harga atau beda standar biaya pembuatan aplikasi.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan jasa pembuatan aplikasi Android terbaik, ini poin penting yang diperhitungkan ketika menentukan harga jasa pembuatan aplikasi Android maupun aplikasi lainnya:

  • Kompleksitas aplikasi
  • Fitur yang diperlukan di dalamnya dan fungsi fitur yang diperlukan
  • Kemampuan jasa pembuatan atau developer
  • Sistem operasi
  • Arsitektur yang digunakan
  • Biaya yang diperlukan saat ini dan biaya pembuatan atau development
  • Pembayaran
  • Resource yang terlibat
  • Waktu pengerjaan

Ketika akan menggunakan jasa pembuatan aplikasi walaupun jasa buat aplikasi termurah pun, perhatikanlah poin di atas. Hampir semua jasa pasti mempertimbangkan poin tersebut dalam penentuan harga atau bagian dari standar biaya pembuatan aplikasi. Bila menggunakan jasa buat aplikasi termurah, hasil yang akan Anda dapatkan akan berbeda dengan jasa pembuatan aplikasi yang mungkin tidak mengedepankan harga murah. Sebab, bisa saja harga murah itu datangnya dari fitur yang tidak kompleks, pengerjaan lebih lama, kemampuan tim development, teknologi yang digunakan, dan lain-lain.

Bila melihat dari kompleksitas fitur, hitungan kasar biaya pembuatan aplikasi Android semacam Gojek, Grab, atau Traveloka adalah sekitar 300 juta rupiah. Biaya tersebut tentu bukan patokan saklek karena seperti yang sudah disebutkan, ada berbagai faktor penentu dalam standar biaya pembuatan aplikasi Android maupun iOS.

Resource yang terlibat maksudnya adalah siapa saja yang ada untuk pengerjaan aplikasi tersebut. Semakin banyak yang terlibat maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Begitulah standar biaya pembuatan aplikasi. Ini juga dipengaruhi dengan kemampuan yang dimiliki setiap individu resource.

Untuk aplikasi yang kompleks biasanya memerlukan mulai dari business analyst dan system analyst, UI/UX designer, Android developer, project manager, dan tester akan terlibat.

Kemudian, poin terakhir dalam penentuan harga jasa pembuat aplikasi mobile adalah waktu pengerjaan. Sebenarnya, pada pembuatan aplikasi Android, yang Anda bayarkan juga termasuk waktu yang dihabiskan untuk pengerjaan.

Masalah waktu ini tentu saja kembali lagi pada kompleksitas dan kemampuan dari penyedia jasa. Untuk pembuatan aplikasi sendiri bisa memakan waktu dalam hitungan hari, atau jika kompleks akan memerlukan 3-9 bulan bahkan lebih. Untuk informasi lebih lanjut  tentang standar biaya pembuatan aplikasi, silakan menuju halaman jasa pembuatan aplikasi Android.

Biaya pembuatan aplikasi, selain melihat dari pembiayaan untuk membangun aplikasi tersebut, sering pula harga paketnya digabungkan dengan harga maintenance aplikasi (setelah aplikasi tersebut rilis). Harga maintenance ini mulai dari sekitar 1 juta rupiah per bulannya dan biasanya dengan 12 bulan kontrak berjalan.


    Subscribe now and stay updated!


    Salah Satu Jenis Aplikasi dengan Biaya Pembuatan Tidak Termurah

    standar biaya pembuatan aplikasi android mobile termurah terbaik tercepat profesional

    Dari sekian jenis aplikasi Android, yang dalam standar biaya pembuatan aplikasi cukup tinggi adalah lifestyle, contohnya ecommerce. Sebetulnya, ini dilihat dari kompleksitas aplikasinya. Bila lebih banyak fitur-fitur kompleks, harga pun kemungkinan lebih tinggi.

    Pada e-commerce, ada banyak sekali fitur yang bisa dibangun, dan semuanya punya keterkaitan. Fitur-fitur tersebut misalnya:

    • Pembayaran
    • Login dihubungkan dengan media sosial atau fitur share ke sosial media
    • Penggunaan database
    • Profil user
    • Server
    • Customer service sistem
    • Developer untuk pemeliharaan dan pengembangan

    Semua aspek di atas tidak ada yang bisa dilewati atau dibuat simpel, apalagi masalah pembayaran. Secara garis besar, fitur-fitur harus aman bagi pengguna dan nyaman dipakai.

    Jadi, harga jasa pembuatan aplikasi Android dipengaruhi banyak hal dan tidak semua aplikasi akan sama biayanya, meskipun mirip.

    Jenis Service yang Ditawarkan oleh Jasa Pembuatan Aplikasi Android

    jenis service layanan jasa pembuatan aplikasi mobile android

    Jasa pembuatan aplikasi mobile tentu menawarkan pembuatan aplikasi. Lebih lanjutnya, apa saja jenis service yang ditawarkan?

    Apakah pembuatan aplikasi saja dan tidak ada jasa tambahan lain yang bisa diikutsertakan?

    Jasa Konsultasi

    Bagi orang yang belum berkecimpung di dunia mobile app dan bisnis yang dapat dibantu dengan aplikasi, mungkin sulit untuk menentukan jenis aplikasi apa yang sesuai, juga skala aplikasi yang diperlukan. Sebuah jasa pembuatan aplikasi biasanya juga menawarkan jasa konsultasi untuk menentukan aplikasi apa yang tepat. Jasa ini biasanya ditawarkan dengan gratis.

    Bila ingin lebih dalam dan rinci mengenai aplikasi seperti apa yang tepat sebagai solusi untuk perusahaan Anda, ada pula service yang GITS.ID tawarkan, yakni Discovery & Co-creation (DCC).

    Full-cycle Development

    Maksud dari full-cycle development adalah service development mulai dari awal sebelum coding hingga setelah aplikasi dirilis. Mulai dari menggambarkan konsep hingga menjalankan aplikasi. Artinya, service tidak berhenti setelah aplikasi jadi. Kerja sama tetap dilakukan untuk pengembangan atau pemeliharaan sistem.

    Kode Audit

    Jasa kode audit biasanya digunakan oleh mereka yang ingin meningkatkan kode yang saat ini digunakan. Meneliti apakah ada penyusupan, menyelidiki tingkat keamanan aplikasi, sampai mengeliminasi bug.

    Bagi para pemilik aplikasi dengan skala besar, jasa satu ini tentu sangat dibutuhkan. Akan terjadi masalah besar jika sampai terjadi kebocoran data. Sebab, apabila hal ini terjadi, tentu kepercayaan akan menurun.

    Design UX

    Desain user experience atau UX adalah membuat tampilan aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan serta pasar yang dituju. UX cukup berbeda dengan UI (user interface). UX tentang bagaimana pengalaman pengguna ketika menggunakan suatu aplikasi. Apakah flow-nya mudah dimengerti, letak menu mudah ditemukan, dan lain-lain.

    Optimalisasi

    Optimalisasi adalah pengintegrasian teknologi terbaru pada aplikasi yang sudah ada, untuk memaksimalkan performanya. Hal ini terkadang juga dianggap sebagai development, tergantung dari penyedia jasa.

    Jadi, selain pembuatan aplikasi mobile secara penuh, biasanya sebuah jasa pembuatan aplikasi Android juga menawarkan service di atas, dengan standar biaya pembuatan aplikasi tersendiri.

    Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi Android dan mencari jasa pembuatannya termasuk standar biaya atau apa saja yang perlu diperhitungkan. Apabila Anda punya pertanyaan lebih lanjut. silakan menanyakannya langsung pada GITS.ID.

    GITS.ID bukan hanya melayani pembuatan aplikasi Android, tetapi Anda juga bisa berkonsultasi. Konsultasi seputar custom application development bisa Anda tanyakan secara pada kami. Dengan menanyakan langsung pada sumbernya, tentu akan lebih jelas dan Anda bisa membuat rencana selanjutnya.

    Kenapa harus GITS.ID? Ini karena GITS.ID sudah berpengalaman lebih dari 12 tahun, serta sebagai Google Certified Agency. Jadi, Anda bisa mempercayakan semuanya pada GITS.ID dan tidak perlu khawatir akan aplikasi yang dibutuhkan.

    Segera, hubungi GITS.ID dan lakukan konsultasi serta perencanaan mengenai aplikasi Anda lebih jauh. Lebih dari 120 expertise GITS.ID siap memberikan Anda aplikasi terbaik. Jasa pembuat aplikasi Android dan biaya pembuatan semuanya lengkap diberikan GITS.ID.


    Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang


    jasa pembuatan aplikasi android enterprise software ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp marketing

    CONTACT US

    Do you have a new project?

    Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

    Indonesia

    Head Office

    Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

    Whatsapp (chat only)

    0811-1309-991

    North America

    Branch Office

    166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States