Optimalkan Digital Strategy E-commerce Anda dengan Automated Order Management

  • Business
  • Optimalkan Digital Strategy E-commerce Anda dengan Automated Order Management

Proses manajemen order dalam perusahaan merupakan proses yang dapat memudahkan kegiatan dalam proses pemesanan hingga pengiriman. Jika proses ini dilakukan masih secara tradisional, umumnya memerlukan ketelitian yang tinggi agar dapat mengurangi terjadinya human error karena proses input yang masih manual. Pada usaha bisnis skala besar, proses ini akan ternilai sulit karena membutuhkan sistem yang tepat untuk menghindari terjadinya kesalahan serta mengefisiensikan waktu pengerjaan.

Salah satu proses yang dapat memudahkan pengelola usaha atau bisnis Anda dalam menjalankan proses manajemen order adalah Automated Order Management. Proses ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar Anda dapat melakukan sistem intergrasi order secara otomatis (automated fulfilment). Penggunaan sistem ini dapat membantu dalam mengurangi risiko kehilangan penjualan yang diakibatkan karena stok tidak tepat atau input order yang salah tanpa banyak intervensi manual.

Permasalahan yang Sering Terjadi dalam Sistem Order Management

  1. Tingginya Risiko Human-Error
    Pengelolaan bisnis yang menggunakan campur tangan manusia tidak luput dari kemungkinan terjadinya kesalahan (human-error). Pada proses manajemen order, pesanan dalam jumlah besar dapat mengakibatkan operasional kewalahan dan sulit untuk mengelola pesanan. 
  2. Lambatnya Proses Management Order
    Proses pemesanan dalam bisnis memerlukan tahapan yang panjang dan lama dari awal konfirmasi hingga pemrosesan pesanan. Jika proses berjalan lambat, maka pelanggan dapat merasa kecewa karena adanya keterlambatan pengiriman. 
  3. Tingginya Biaya Operasional
    Banyaknya tenaga kerja yang berada dalam suatu bisnis membuat biaya operasional ikut mengalami peningkatan. 
  4. Sulitnya Pengelolaan Order dalam Jumlah Besar
    Pengelolaan order dalam jumlah besar sulit dilakukan secara manual karena dapat menimbulkan terjadinya overselling atau produk out of stock. Hal ini dapat mengakibatkan operasional berantakan dan kewalahan dalam mengalami keterlambatan serta kesalahan produk. Selain itu, bisnis dapat kehilangan trust customer karena proses manajemen order yang tidak berjalan dengan baik.

Apa Itu Order Management Automation dan Mengapa Penting?

Automated Order Management merupakan suatu proses otomatisasi pemesanan mulai dari pesanan masuk, proses pembayaran, stock, hingga pengiriman. Proses ini menggunakan solusi teknologi sehingga dapat menggantikan proses manual yang dapat memakan waktu dan rawan terjadi kesalahan. Penerapan AI dalam konteks Automated Order Management dapat membantu secara otomatis agar hasil proses pemesanan menjadi lebih cepat, akurat, dan hemat biaya.

Keuntungan Menggunakan Order Automation untuk Bisnis Anda

  1. Efisiensi Waktu
    Penggunaan sistem Automated Order Management dapat membantu melakukan input data seperti pengecekan stock hingga melakukan update status terkait pengiriman. Hal ini membuat proses order berjalan dengan cepat dan ditangani secara otomatis. Selain itu, usaha Anda dapat melakukan order banyak dalam waktu bersamaan.
  2. Efisiensi Biaya
    Automated Order Management dapat membantu mengurangi pengeluaran secara operasional karena dapat melakukan pekerjaan secara otomatis tanpa bantuan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam bisnis Anda.  
  3. Peningkatan Customer Experience
    Customer Experience merupakan salah satu komponen penting dalam menjalankan usaha Anda agar pelanggan dapat melakukan repeat order. Repeat order merupakan suatu tanda atau indikasi bahwa mereka puas dengan produk serta layanan yang ditawarkan. Pada sistem ini, Automated Order Management dapat membuat pelanggan Anda memiliki pengalaman belanja yang mudah, cepat, serta akurat. Hal ini membuat Anda dapat meningkatkan penjualan secara berkelanjutan. 
  4. Integrasi antar sistem
    Pengaplikasian sistem ini dapat memudahkan Anda untuk memusatkan data yang ada dari berbagai saluran (order automation). Hal ini akan menumbuhkan visibilitas serta kemudahan untuk mengontrol seluruh pesanan yang masuk. 
  5. Skalabilitas Tinggi
    Penggunaan serta penerapan Automated Order Management dalam bisnis Anda dapat membuat sistem menyesuaikan diri dengan adanya pertumbuhan bisnis. Hal ini dapat membantu bisnis Anda melakukan management dalam mengelola peningkatan tersebut tanpa khawatir terkait operasional perusahaan.

Penggunaan Automated Fulfilment dan Order Management Automation

Automated Order Management dapat memudahkan Anda yang mempunyai bisnis dalam skala kecil maupun besar seperti E-commerce, retail, dan B2B platforms. Mengaplikasikan sistem ini pada bisnis Anda dapat membuat bisnis berkembang dan mampu melayani berbagai channel secara bersamaan tanpa perlu membangun tim operasional yang besar.

Pengaplikasian Automated Order Management

Carte WMS mendukung penuh otomatisasi pengelolaan pesanan (Order Management Automation) dengan menyediakan platform terintegrasi yang menghubungkan marketplace, stok gudang, hingga proses pengiriman dalam satu sistem.

Saatnya Beralih ke Order Management Automation

Pengadopsian Order Management Automation dalam bisnis Anda, sistem dapat membantu mengelola proses mulai dari pemesanan hingga pengiriman berjalan secara otomatis, cepat, akurat, dan efisien. Selain itu, jika bisnis ingin berkembang dengan cepat dan terstruktur, maka mempertimbangkan Order Management Automation sebagai bagian dari strategi transformasi digital merupakan hal yang tepat. 

Carte WMS hadir sebagai solusi modern yang mendukung AI-based order management automation. Dengan sistem yang mampu menghubungkan berbagai penjualan, mengelola stok secara real-time, dan menyederhanakan proses pemenuhan pesanan. Carte membantu bisnis fokus pada pertumbuhan, bukan pada masalah operasional. Jadi, jika bisnismu ingin masuk ke era manajemen pesanan yang cepat, cerdas, dan data-driven, saatnya beralih ke Automated Order Management bersama Carte WMS!

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40294

Whatsapp (chat only)

0813-99-529-333

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States