Tentang Branch Management Platform: Aspek, Fungsi, dan Fitur yang Tersedia

branch management platform

branch management platform

Ketika sebuah usaha berkembang dan menjadi besar maka wajar jika usaha tersebut mulai membuka cabang di berbagai lokasi yang berbeda. Kondisi ini tentunya berpotensi menyumbang keuntungan yang lebih besar bagi perusahan namun juga memiliki kesulitannya tersendiri.

Agar dapat mengelola banyak cabang usaha dengan baik maka Anda membutuhkan branch management platform yang baik. Dengan sistem yang terintegrasi maka Anda dapat membuat promosi, menetapkan harga serta mengelola usaha Anda secara mudah dan efisien.

Sebuah sistem yang baik juga akan memberi akses mudah kepada setiap manager cabang sehingga seluruh kegiatan bisnis berjalan lancar.

Pengertian Branch Management

Branch management system merupakan sebuah sistem yang memiliki fungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan cabang usaha dari kantor pusat. Kegiatan ini tentunya memiliki banyak kendala terutama masalah data yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.

Seringkali, data dari cabang-cabang terlambat diterima oleh pusat sehingga mengganggu proses kerja perusahaan pada umumnya. Beruntung kita hidup di era teknologi sehingga masalah tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah branch management software.

Semua pekerjaan yang kompleks karena harus mengelola banyak cabang menjadi lebih sederhana dan seragam. Data dan evaluasi seluruh sistem cabang sangat penting karena dapat menjadi acuan dalam menentukan strategi perusahaan sekaligus memberi masukan kepada cabang.

Keuntungan Menerapkan Branch Management System

Keuntungan Branch Management System (Ilustrasi Web)

Berikut beberapa keuntungan yang akan diperoleh dengan menerapkan branch management system:

1. Menerima Data Real-time

Sistem branch manajemen yang baik akan menampilkan semua data secara real-time sehingga pemilik usaha dapat mengaksesnya kapan saja untuk keperluan pengembangan usaha.

Pengelolaan secara terpusat dari kantor pusat tersebut juga akan membantu pimpinan dalam melihat kinerja semua yang tercantum dalam data tersebut.

2. Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Usaha Anda

Sistem yang baik akan membantu Anda menyimpan semua data produk maupun staf dari semua cabang secara terpusat. Alhasil, tiap-tiap cabang dapat menerima data tersebut secara serentak.

3. Mengurangi Beban Kerja Administrasi

Memiliki banyak cabang tentunya membuat pekerjaan administrasi menjadi lebih berat karena harus menampung data dari seluruh cabang tersebut. Tanpa sistem yang baik maka akan ada banyak celah dan kesalahan dalam pengumpulan dan penyimpanan data sehingga dapat mengganggu kinerja perusahaan.

Sistem branch manajemen menjadi solusi masalah tersebut sehingga pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah, cepat dan efektif.

Multi-Store Management

Multi-Store Management (Ilustrasi Web)

Mengelola dan mengoperasikan banyak toko merupakan kegiatan yang rumit sekaligus menantang, walaupun operasionalnya tidak berbeda dengan operasional individual.

Yang menjadi masalah adalah ketika harus mengelola semuanya secara terpusat dan konsisten dalam skala besar dengan adanya banyak variabel di dalamnya. Untuk itu, Anda membutuhkan sebuah multi-store management agar dapat mengelola dan mengintegrasikan semuanya dengan baik.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar pelaksanaan sistem multi-store management dapat maksimal:

1. Meningkatkan Inventory Management

Tanggung jawab manajemen inventaris akan bertambah karena adanya banyak toko atau cabang yang dimiliki. Perusahaan tidak hanya harus memastikan kecukupan stok produk secara keseluruhan namun juga memastikan bahwa stok masing-masing cabang terkendali.

Jika salah satu toko mengalami kekurangan stok maka toko lain yang memiliki stok lebih dapat membantu mengatasinya. Untuk itu diperlukan komunikasi cepat antar toko agar proses pengantaran stok dapat segera dilakukan.

Kenyataannya tidak mudah melakukan hal ini secara manual, namun kendala ini dapat teratasi dengan adanya multi-store management software terpercaya seperti yang dimiliki oleh GITS.id.

2. Menciptakan Prosedur Operasional Standar

Dengan multi-store management maka Anda dapat menciptakan standar operasional yang sama di seluruh toko atau cabang yang ada. Alhasil, produktivitas tiap-tiap toko maupun secara keseluruhan menjadi semakin meningkat.

Dengan standar tersebut maka pelanggan di seluruh cabang akan merasakan pengalaman berbelanja yang sama. Karyawan di setiap cabang akan mendapat pelatihan yang sama sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka.

3. Terciptanya Komunikasi Tanpa Hambatan

Komunikasi tanpa hambatan penting karena dapat membantu seluruh karyawan untuk memperoleh berita dan data penting tepat pada waktunya. Dengan demikian seluruh karyawan dapat bekerja sama secara efektif agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya berbagai masalah seperti kerugian atau komplain dari pelanggan.

4. Meningkatkan Pelaporan Data dan Analisis Terpadu

Masing-masing cabang memiliki laporan yang berbeda tergantung dengan kegiatan masing-masing. Dengan sistem yang komprehensif maka perusahaan dapat meningkatkan efisiensi kerja mereka.

Alhasil, data dan analisis tersebut dapat menjadi acuan dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan.

5. Management Biaya yang Lebih Efektif

Pengelolaan biaya berpengaruh terhadap besarnya keuntungan yang diperoleh dari mengelola banyak cabang. Dengan sistem yang baik maka Anda dapat melacak seluruh pengeluaran serta mengevaluasinya sehingga mencapai efisiensi biaya.

Fungsi Branch Management Platform

Fungsi Branch Management Platform (Ilustrasi Web)

Branch management platform adalah sebuah platform yang memungkinkan pemilik usaha untuk mengelola seluruh kegiatan dari cabang yang ada dengan efektif dan terpusat.

Berikut fungsi dari branch management platform:

  • Memudahkan pengelolaan cabang di manapun Anda berada
  • Melakukan pengelolaan produk secara terpusat kemudian meneruskan info tersebut ke seluruh cabang
  • Melakukan analisa keuntungan secara real-time.
  • Memberi apresiasi kepada pelanggan dengan cara memberi potongan harga, voucher maupun bonus lainnya.

Fitur Platform

Agar pengelolaan cabang Anda dapat maksimal maka Anda membutuhkan sebuah branch management platform yang menawarkan fitur-fitur pilihan. Fitur tersebut dapat menjadi penunjang keberhasilan bisnis Anda secara keseluruhan.Berikut beberapa fitur yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah branch management platform:

1. Menawarkan Management Terpusat

Anda dapat mengelola semua data dan inventaris, seperti produk, promo, voucher, dan lainnya secara terpusat. Pastikan bahwa fitur ini memungkinkan Anda memberi aktivasi kepada semua cabang.

Pastikan bahwa fitur juga dapat melacak inventaris tiap cabang dan memusatkan informasi tersebut sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.

2. Laporan dan Analitik

Sebuah brand management platform terpercaya akan menawarkan laporan dan analitik terpusat sehingga membantu dalam mengambil keputusan terbaik.

3. Menawarkan Customer Relationship Management (CRM)

Fitur CRM penting karena dapat membantu dalam mengelola data dan komunikasi pelanggan. Alhasil, perusahaan dapat mengenal pelanggan dengan lebih baik sehingga dapat memberikan layanan secara khusus.

4. Point of Sales (POS)

Fitur ini penting karena dapat membantu mempersingkat penjualan serta melacak data pelanggan.

5. Integrasi dengan E-commerce

Branch management platform harus terintegrasi dengan e-commerce platform agar perusahaan dapat menjual produk secara online dan memperluas jangkauan pemasaran.

6. Warehouse Management

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan manajemen pembelian, pelabelan produk dan memindahkan stok ke cabang yang ada dari kantor pusat.

Selain keenam fitur di atas, pastikan bahwa platform yang Anda pilih menawarkan user-friendly interface sehingga memudahkan semua dalam mengakses dan mengelola data.

Anda perlu memiliki sebuah branch management platform terbaik agar dapat mengelola cabang-cabang usaha Anda secara lebih efektif dan efisien. GITS.id merupakan platform terpercaya yang dapat Anda pilih. Pasalnya, platform ini menawarkan fitur lengkap untuk mengelola usaha dengan banyak cabang agar dapat terkoordinasi dengan baik.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0812-4589-1200

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States