Business Account Based Marketing: Cara dan Contoh di Customer Loyalty Program

Account Based Marketing: Cara dan Contoh di Customer Loyalty Program

Account based marketing termasuk untuk customer loyalty program bisa menjadi solusi bisnis perusahaan Anda.

Menerapkan strategi marketing yang jitu sangat diperlukan demi keberlangsungan suatu bisnis. Selain itu, penerapannya harus dilakukan secara efektif. Tak sedikit perusahaan yang memiliki kendala dalam hal ini.

Oleh karena itu, account based marketing dan dihubungkan pada customer loyalty program bisa menjadi salah satu solusi.

Strategi pemasaran yang satu ini bisa menghemat tenaga dan waktu sekaligus. Mengingat teknik pemasaran yang dilakukan tidak lagi mengandalkan jangkauan yang terlalu luas. Pemasaran yang meluas tidak selalu efektif karena target pasar produk pun berbeda-beda.

Pengertian Account Based Marketing

strategi abm account based marketing website pemasaran

Account Based Marketing atau ABM merupakan salah satu strategi pemasaran yang memfokuskan pemasaran kepada suatu target tertentu. Strategi ini menggunakan kampanye yang terpersonalisasi, sehingga pemasaran tidak dilakukan terlalu luas. Melainkan, kampanyenya spesifik sesuai untuk target persona tersebut.

Secara mudahnya, strategi bisnis ini fokus pada audiens yang merupakan bagian dari target pemasaran. Dengan demikian, proses pemasaran tidak akan menguras banyak waktu dan tenaga. Teknik pemasaran ini banyak direkomendasikan karena dikenal lebih efisien.

Seperti yang telah diketahui, strategi pemasaran konvensional biasanya dilakukan dengan jangkauan yang luas. Tujuannya adalah untuk menjaring lebih banyak konsumen untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Tak heran jika pemasaran tradisional tersebut cukup memakan waktu dan tenaga. Misalnya, dalam membuat banyak konten dan kampanye dengan topik luas alias ke sana kemari untuk mengenalkan produk yang dijual. Padahal, menarik perhatian audiens secara general tidaklah selalu berhasil.

Perbedaan Account Based Marketing dan Inbound Marketing

strategi pemasaran berbasis akun inbound marketing

Penerapan account based marketing strategi pemasaran berbasis akun kerap kali disandingkan dengan inbound marketing. Padahal, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Tentunya, masing-masing teknik pemasaran tersebut memiliki keunggulannya tersendiri.

ABM dikenal sebagai strategi marketing yang bertarget terhadap konsumen tertentu. Sementara itu, inbound marketing melakukan optimalisasi terhadap penggunaan internet. Teknik ini berusaha menarik audiens agar tertarik pada konten yang disediakan dan melakukan interaksi karenanya seperti mengisi formulir data kontak. Ini digunakan dengan pembuatan konten digital, media sosial marketing, dan lain sebagainya.

Sisi ABM memfokuskan pada targeting audience. Teknik pemasaran berbasis akun berfokus pada prospek paling potensial, calon konsumen yang akan membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Tak heran jika promosi yang dilakukan dipersonalisasi secara khusus untuk menarik perhatian akun tertarget.

Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan ICP yaitu Ideal Customer Profiles. Caranya adalah dengan menggunakan data firmografis dan teknografis yang sesuai.

Manfaat Penerapan ABM atau Account Based Marketing

Sebagai strategi pemasaran yang efektif, tentunya penerapan ABM memberikan banyak manfaat untuk perusahaan Anda. Manfaat tersebut di antaranya, yaitu:

Menciptakan Harmonisasi antara Tim Marketing dan Sales

manfaat penerapan account based marketing cara contoh

Manfaat pertama dari penerapan strategi marketing ini adalah untuk menciptakan kerja sama yang selaras antara tim marketing dan sales.

Kedua komponen penting dalam bisnis tersebut akan fokus pada tujuan yang sama. Dengan demikian, miskomunikasi antara tim satu dengan tim lainnya bisa dihindari. 

Memberikan Pengalaman Customer yang Konsisten

customer loyalty program loyalitas pelanggan abm

Strategi pemasaran ini merupakan sebuah proses panjang yang berkesinambungan. Bahkan, suatu perusahaan bisa menjalankan suatu strategi ABM beberapa bulan sampai tahunan. Penerapan strategi yang efektif akan memberikan pengalaman pelanggan yang selalu konsisten.

Pengukuran ROI (Return on Investment) yang Lebih Mudah

roi return on investment contoh manfaat account based marketing

Penerapan strategi marketing yang kurang efektif bisa membuat perusahaan Anda kesulitan menghitung ROI. Padahal, elemen ini penting diperhitungkan karena ROI merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan bisnis.

Dengan strategi pemasaran berbasis akun, Anda bisa memperkirakan ROI yang didapatkan dengan lebih mudah. Hal ini karena pebisnis tahu betul apakah strategi yang diterapkan beserta sumber daya yang dikeluarkan membuahkan hasil atau tidak.

Menjalin Relasi yang Baik dengan Customer

customer loyalty program loyalitas pelanggan relasi relation

Strategi pemasaran berbasis akun fokus dengan membuat konten dan melakukan promosi yang sudah dipersonalisasi.

Hal ini disesuaikan dengan target akun pelanggan terhadap produk dan layanan yang perusahaan Anda jual. Tak heran jika strategi ini lebih baik ditargetkan apabila target audiens Anda tidak terlalu besar. Dalam ABM, Anda juga dapat menghubungkannya dengan customer loyalty program dari perusahaan Anda terhadap pelanggan. Dengan ini, relasi juga semakin baik sekaligus sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan, termasuk meningkatkan penjualan di e-commerce Anda.


    Subscribe now and stay updated!


    Cara Memulai Pemasaran Berbasis Akun Termasuk untuk Customer Loyalty Program

    cara memulai pemasaran berbasis akun customer loyalty program e-commerce toko online

    Langkah pertama penerapan pemasaran berbasis akun adalah dengan membagi segmen pasar. Setelah itu, bisa dilakukan identifikasi program pemasaran seperti apa yang dapat dipersonalisasi ke dalam segmen pasar tersebut.

    Perusahaan harus memilih saluran atau channel pemasaran yang paling berpengaruh dan banyak dilihat. Misalnya, apakah melalui sebuah acara, via email, atau situs web. Setiap strategi yang dipilih perusahaan akan memiliki taktik tersendiri agar penerapannya efektif.

    Pendekatan yang dapat perusahaan Anda lakukan tergantung pada elemen-elemen tertentu dari suatu akun. Oleh karena itu, diperlukan saluran pemasaran yang relevan sesuai dengan segmen target.

    Segmen target yang menggunakan teknik pemasaran berbasis akun harus dipilih yang paling memberikan dampak untuk perusahaan Anda.

    Contoh Account Based Marketing, Termasuk Customer Loyalty Program E-commerce

    Penerapan pemasaran berbasis akun harus menggunakan saluran promosi yang tepat. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk menarik perhatian konsumen yang ditargetkan. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa contoh pemasaran berbasis akun berikut ini:

    Event untuk Account Based Marketing

    abm e-commerce event customer loyalty program

    Mengadakan event langsung merupakan salah satu cara yang paling potensial menarik pelanggan baru. Pendekatan marketing berbasis akun bisa dilakukan dengan mengadakan acara yang dipersonalisasi khusus.

    Misalnya, dengan mengundang makan malam VIP khusus, hadiah menarik yang dipersonalisasi, dan lain sebagainya.

    Webinar untuk Account Based Marketing

    abm e-commerce webinar customer loyalty program

    Mirip seperti mengadakan event, Anda juga bisa menjadikan webinar yang sesuai dengan akun target. Apalagi, pada saat pandemic yang kegiatan offline dibatasi dan dihindari. Pastikan juga webinar tersebut relevan dan tepat timing-nya untuk perusahaan tertentu. Selain itu, pertimbangkan audiens target saat membuat konten untuk webinar.

    Direct Mail untuk ABM

    abm e-commerce email customer loyalty program
    Laptop and email notification on screen in pop-up bubble. Vector illustration in flat design style

    Contoh account based marketing lainnya adalah dengan direct mail. Meski zaman semakin canggih dengan penggunaan email, membuat surat langsung bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama bagi Anda yang memiliki target konsumen tertentu. Sama halnya dengan teknik pemasaran berbasis akun, direct mail bisa memberikan potensi keberhasilan yang tinggi.

    Kampanye Email untuk ABM

    abm e-commerce email campaign customer loyalty program

    Memang tidak bisa dipungkiri promosi melalui email bisa dimasukkan ke dalam salah satu teknik pemasaran berbasis akun. Namun, pendekatan yang dilakukan menggunakan template khusus dan otomatisasi pemasaran. Template email disiapkan sesuai kebutuhan pemasaran, kemudian dipersonalisasi menurut target yang dituju.

    Pemasaran berbasis akun atau account based marketing bisa dilakukan dengan mengirim email yang dipersonalisasi untuk target pasar tertentu. Email campaign ini pun dapat menjadi cara menyampaikan customer loyalty program atau program loyalitas pelanggan.

    Pay Per Click (PPC) untuk Pemasaran Berbasis Akun

    abm e-commerce ppc customer loyalty program

    Pay Per Click (PPC) merupakan salah satu jenis iklan modern yang mampu menjangkau akun tertarget di suatu website. Ini biasanya dilakukan dengan melihat aktivitas publik pengguna di internet. Sedangkan untuk iklan di media sosial seperti Facebook dan LinkedIn, memungkinkan penggunanya mendapatkan target personal tertentu sesuai profil atau aktivitas mereka di media sosial.

    Caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi penargetan ulang dan penargetan IP untuk halaman website tertentu. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan konsumen tertarget dengan menggunakan teknologi yang sesuai.

    Personalisasi Web untuk Pemasaran Berbasis Akun

    jasa pembuatan website web e-commerce toko online

    Selain menggunakan iklan berbayar, Anda juga bisa melakukan personalisasi web untuk mencapai konsumen yang ditargetkan. Perlu diperhatikan bahwa website yang disiapkan bersifat khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

    Dengan demikian, calon konsumen akan merasakan pengalaman yang berbeda dibanding situs web umum.


    Tertarik menggunakan account based marketing untuk bisnis Anda? Teknik pemasaran ini  dikenal lebih efektif karena fokus terhadap suatu segmen pasar. Untuk mengoptimalkan pemasaran berbasis akun ini, ada berbagai hal yang dapat dibantu oleh GITS.ID.

    Misalnya saja, pembentukan dashboard atau CMS di mana Anda dan tim bisa mengatur konten dan melihat insight dari performa konten-konten tersebut dengan cepat. Tentu, dari sana, pengambilan keputusan atau strategi selanjutnya akan lebih mudah.

    Selain itu, account based marketing juga lebih mudah dilakukan bila Anda punya aplikasi sendiri untuk konsumen Anda. Ini lebih mudah karena tentu data pelanggan yang Anda dapatkan akan lebih rinci. Selain itu, penempatan campaign ABM pun semua bisa dilakukan, tergantung kebutuhan perusahaan Anda pada saat tersebut.

    GITS.ID dapat membantu perusahaan Anda membangun dashboard, website, CMS, juga aplikasi mobile. Hal-hal tersebut untuk mendukung pemasaran berbasis akun, bisa juga e-commerce khusus brand Anda, juga kebutuhan lain dari perusahaan Anda.

    Dengan membuat account based marketing software app yang berkualitas, Anda bisa mencapai akun pelanggan yang ditargetkan. Tidak hanya itu, tools untuk account based marketing juga disesuaikan dengan audiens target untuk melakukan penawaran produk.

    Jadi, jangan ragu untuk menerapkan strategi bisnis ini di perusahaan Anda. Terlebih jika brand Anda memang memiliki segmen pasar khusus.


    Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang


    jasa pembuatan aplikasi android enterprise software ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp marketing

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    Rekomendasi Digital Agency di Jakarta

    Untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda, ada beberapa jenis digital agency terbaik di Jakarta Indonesia yang bisa membantu. Biasanya...

    Jasa Pembuatan Website Custom Indonesia Murah Profesional

    Tidak perlu menggunakan budget untuk membuat website biasa. Percayakan saja pada jasa pembuatan website custom Indonesia. Pasti berkualitas dan harganya bersahabat.

    GITS Webinar: Make Impact in Business with Digital Signal Processing like Samsan Tech

    Machine learning pada pemrosesan sinyal digital (DSP) membantu kita menyaring sinyal analog dari ruang dan waktu sehingga dapat memberikan pengalaman komunikasi yang...

    Account Based Marketing: Cara dan Contoh di Customer Loyalty Program

    Account based marketing termasuk untuk customer loyalty program bisa menjadi solusi bisnis perusahaan Anda. Menerapkan strategi marketing yang jitu...

    GITS Expert Talks: Strategic Roadmap to Improve Oil and Gas Business with Digital

    In today’s rapidly changing technology-driven world, it is important to understand data, emerging technologies and business potential to improve productivity, higher efficiency,...