Dalam sebuah bisnis, sangat penting untuk memiliki hubungan jangka panjang dengan para pelanggan setia. Hal ini demi keberlangsungan bisnis itu sendiri. Oleh karena itu, adanya customer loyalty program akan memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan Anda.
Namun, bagaimana strategi yang tepat untuk meraih customer loyalty alias loyalitas pelanggan? Mengingat persaingan dan preferensi konsumen saat ini semakin ketat. Perusahaan perlu menjadikan customer loyalty menjadi salah satu prioritas untuk dapat bertahan di bidang bisnis yang dijalani.
Table of Contents
TogglePengertian Customer Loyalty
Pada dasarnya, customer loyalty merupakan keinginan konsumen untuk membeli atau bekerja sama dengan sebuah perusahaan secara terus-menerus. Kesetiaan pelanggan untuk menggunakan produk Anda secara berkesinambungan akan memberikan banyak keuntungan.
Customer loyalty berasal dari rasa kepuasan dan produk yang dinilai baik selama berbelanja atau bekerja sama dengan perusahaan Anda. Untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan ini, pelayanan terhadap konsumen harus dilaksanakan dengan baik.
Nantinya, hasil dari kepuasan pelanggan tersebut akan menumbuhkan bisnis lebih cepat dan dapat bertahan di tengah persaingan. Menurut sumber, customer loyalty dapat memberikan kontribusi lebih baik terhadap suatu bisnis dibandingkan marketing dan sales bentuk lain.
Langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan customer loyalty, umum disebut sebagai customer loyalty program. Customer loyalty program ini dapat beragam bentuknya. Ini akan dibahas di bawah.
Dan untuk meningkatkan customer loyalty secara lebih baik lagi dengan customer loyalty program, Anda dapat melakukannya lewat aplikasi loyalty program atau website (termasuk e-commerce) yang perusahaan Anda miliki sendiri. Ini dapat dibuat bersama GITS.ID, lewat jasa pembuatan aplikasi dan jasa pembuatan website.
Alasan Program Pelanggan Setia Dibutuhkan dalam Sebuah Bisnis
Sayangnya, tidak semua perusahaan menyadari pentingnya customer loyalty program. Padahal, hal ini akan memberikan pengaruh terhadap bisnis yang dijalani. Berikut beberapa alasan yang membuat perusahaan Anda perlu memprioritaskan customer loyalty atau loyalitas pelanggan.
Biaya Mempertahankan Konsumen Setia Lebih Rendah
Tidak sedikit perusahaan yang mencoba mendapatkan konsumen baru, tapi malah memakan modal yang besar. Hal ini karena pebisnis terlalu fokus pada akuisisi dengan menambah customer baru. Padahal, ada konsumen lama yang pada dasarnya sebuah “tambang emas”.
Konsumen lama cenderung terlupakan, padahal ada potensi besar yang bisa diraih dari mereka. Mempertahankan konsumen melalui berbagai program memang menuntut perusahaan untuk mengeluarkan biaya. Namun, jumlahnya tidak lebih besar dibandingkan biaya mencari konsumen baru.
Konsumen Setia Menyumbang Banyak Pemasukan
Terkadang, tidak mudah untuk menemukan produk yang benar-benar pas di hati dan sesuai kebutuhan. Ketika seorang konsumen menemukannya, tak jarang mereka akan loyal dan tidak ragu membayar lebih.
Selain itu, konsumen yang loyal biasanya akan membeli produk atau layanan perusahaan Anda dalam jumlah banyak. Dibandingkan konsumen baru yang tidak terlalu banyak membeli dalam kuantitas banyak. Oleh karena itu, hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatan bisnis yang dijalani.
Pelanggan yang Setia Cenderung Stabil Melakukan Pembelian
Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak konsumen akan semakin labil seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pendekatan kepada konsumen agar hal tersebut bisa diminimalisir.
Kelabilan konsumen bisa dihindari ketika perusahaan Anda berhasil membuat koneksi emosional dengan konsumen. Tanpa adanya kesetiaan pelanggan, sumber pemasukan bisa terus berkurang. Hingga akhirnya perusahaan pun bisa rugi besar. Namun, konsumen loyal biasanya melakukan pembelian secara stabil.
Konsumen Loyal Membantu Produk/Layanan Semakin Dikenal
Konsumen yang setia akan dengan senang hati merekomendasikan produk atau layanan perusahaan Anda kepada orang lain.
Dengan demikian, customer loyalty bisa mendatangkan pelanggan baru untuk bisnis yang dijalankan. Bahkan hal ini bisa memangkas biaya marketing yang cukup menguras modal.
Kinerja Karyawan Lebih Produktif karena Pelanggan yang Loyal
Ketika berhadapan dengan konsumen baru, tak jarang karyawan perusahaan akan banyak mendapatkan komplain. Misalnya, karena pelayanan yang dirasa kurang, kesalahpahaman, dan lain-lain.
Namun, ketika menghadapi pelanggan setia yang sudah merasa puas, penanganannya lebih mudah. Kinerja karyawan pun bisa meningkat dan produktif karena lebih merasa dihargai. Jika suasana di tempat kerja sudah mendukung, pastinya semangat kerja pun akan lebih tinggi.
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Jalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan
Pelanggan yang sudah merasa memiliki ikatan personal dengan suatu produk akan membuat dirinya menjadi begitu loyal. Hal ini penting untuk Anda wujudkan karena pelanggan akan sulit pindah ke brand lain. Menjalin hubungan yang baik juga akan membuat pelanggan setia merasa lebih dihargai.
Lalu, bagaimana cara membangun hubungan personal yang baik tersebut, kemudian cara meningkatkan loyalitas pelanggan? Ini bisa dilakukan dengan misalnya, dengan mengirimkan email ucapan hari raya sambil menyisipkan promo terbaru.
Perusahaan Anda juga perlu bersifat transparan sesuai porsinya agar pelanggan benar-benar mengenal produk yang mereka gunakan.
Buat Program Customer Loyalty yang Bervariasi
Pelanggan setia yang sudah percaya dengan produk dan layanan Anda sebaiknya tidak disia-siakan. Anda bisa membiasakan untuk memberikan penghargaan khusus kepada pelanggan yang loyal.
Tidak hanya sekadar promo, sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan bisa membuat program pelanggan setia atau customer loyalty program yang lebih variatif. Misalnya, promosi pada hari khusus bagi pelanggan setia yang telah menggunakan produk Anda dalam jangka waktu tertentu. Program-program tersebut bisa Anda terapkan di toko offline maupun e-commerce Anda. Sebab, customer loyalty program di e-commerce juga akan memberikan dampak besar yang positif bagi perusahaan.
Namun, bila Anda menggunakan marketplace atau e-commerce yang dikelola orang lain, mendapatkan data rinci konsumen Anda mungkin sulit. Termasuk siapa yang adalah pelanggan setia Anda dan siapa konsumen baru. Tetapi, bila Anda punya toko online atau e-commerce sendiri dalam arti dimiliki dan dikelola perusahaan Anda secara langsung, hal tersebut tentu mudah untuk didapatkan.
Untuk memiliki e-commerce yang kaya fitur dan fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website atau jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS dari GITS.ID. Termasuk aplikasi yang dikhususkan sebagai aplikasi loyalty program.
Hal itu bisa menjadi langkah terbaik sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebab, melakukan customer loyalty program akan semakin mudah dan leluasa dengan memiliki aplikasi sendiri.
Minta Customer Memberikan Feedback
Salah satu cara membangun ikatan emosional dengan customer adalah dengan mendorong mereka memberikan feedback. Perusahaan yang rajin mendengar masukan pelanggan akan mendapatkan keuntungan tersendiri.
Konsumen akan merasa lebih terlibat dalam brand produk yang Anda produksi. Dengan demikian, konsumen yang loyal akan merasa lebih dihargai, dan itu menjadi salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.
Contoh Customer Loyalty Program Paling Efektif
Setelah tips mengenai cara meningkatkan loyalitas pelanggan di atas, pakah Anda masih bingung untuk menerapkan program kesetiaan pelanggan? Anda dapat melihat beberapa contoh berikut.
Program Cashback
Program cashback menggiurkan bagi banyak orang. Program ini pun menjadi salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Pada dasarnya, program ini mirip dengan poin yang bisa didapat konsumen karena telah berlangganan. Namun, tidak sedikit pelanggan yang lebih menyukai promo berupa uang asli dalam bentuk cashback ini.
Program Membership Loyalty
Mengadakan membership loyalty akan menarik pelanggan untuk lebih sering menggunakan produk atau layanan Anda. Misalnya, dalam bentuk kartu membership dengan tingkatan tertentu. Setiap anggota akan mendapatkan berbagai macam tawaran menarik, misalnya berupa diskon dan lainnya.
Program membership bertingkat sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan ini akan membuat pelanggan semangat untuk upgrade keanggotaan ke level berikutnya. Misalnya, dari member biasa ke member silver, lalu gold, dan sebagainya. Tentunya, semakin tinggi tingkatan, akan memberikan keuntungan lebih banyak bagi pelanggan. Dan pada proses tersebut, penjualan perusahaan Anda akan meningkat.
Program Penggalangan Dana
Program loyalitas pelanggan tidak selalu tentang uang. Anda bisa mencoba program penggalangan dana. Program ini tidak memberikan keuntungan ekonomis, tapi bisa menambah ikatan emosional dengan konsumen. Dengan perasaan yang baik, pastinya pelanggan loyal akan semakin setia dengan produk atau layanan Anda.
Misalnya, untuk transaksi pembelian dengan nominal tertentu, perusahaan Anda akan menyumbangkan sebagian jumlahnya sebagai penggalangan dana.
Program Loyalty Event Terbatas
Program loyalty terbatas ini bisa dibilang sangat efektif karena bisa dibuat secara general maupun personal. Untuk program event general, misalnya dengan mengadakan diskon pada hari raya atau peringatan lainnya.
Sedangkan program event secara personal misalnya dengan memberikan diskon untuk konsumen yang sudah berlangganan dalam jangka waktu tertentu.
Aplikasi Loyalty Program dan Jasa Membuat Loyalty Program App Indonesia
Melihat besarnya pengaruh program pelanggan setia atau customer loyalty program, kini saatnya perusahaan Anda menerapkannya. Bila Anda sudah menjalankannya, berarti ini saat yang tepat untuk meningkatkannya. Bersama GITS.ID, layanan kami akan membantu Anda membuat loyalty program app Indonesia atau aplikasi loyalty program yang efektif dan efisien.
Perusahaan harus melakukan langkah terbaik agar pelanggan tidak berpaling pada brand lain. Apakah Anda ingin menerapkan customer loyalty program dengan cara yang lebih baik lagi?
Bersama GITS.ID, kami akan memberikan solusi terbaik untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan untuk produk Anda.
GITS.ID akan membantu Anda menemukan bentuk aplikasi loyalty program yang tepat dan sesuai bagi perusahaan Anda. Kami telah men-develop berbagai jenis aplikasi, termasuk e-commerce dan membuat loyalty program app Indonesia juga luar negeri.
Silakan menjadwalkan konsultasi bersama GITS.ID untuk jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS, juga jasa pembuatan website, serta teknologi terkait cloud.
Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang
Bacaan terkait marketing dengan customer loyalty program di e-commerce dan lainnya:
- Customer Loyalty Program Indonesia Masa Pandemi
- CMS E-commerce Terbaik untuk Toko Online
- Contoh Aplikasi E-commerce dan Contoh Website E-commerce
- Strategi E-commerce dan Retail FMCG Meningkatkan Penjualan
- Cara Meningkatkan Penjualan melalui E-commerce
- Pemanfaatan Account Based Marketing, Termasuk untuk Customer Loyalty Program
- 9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan
- Contoh Aplikasi Loyalty Program atau Loyalty App Indonesia