Business 9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan

9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan

Dalam bidang usaha, ada beberapa hal yang penting untuk dioptimalkan. Salah satunya adalah loyalitas pelanggan sehingga Anda yang memiliki usaha atau bisnis tertentu, omset yang akan Anda dapatkan nanti dapat lebih banyak lagi. Sehingga, cara meningkatkan loyalitas pelanggan perlu Anda tentukan strategi yang tepat untuk mengoptimalkannya.

Tentu saja, upaya tersebut dilakukan tidak hanya sebatas untuk meningkatkan keuntungan perusahaan tetapi juga manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan produk atau jasa dari bisnis yang Anda kembangkan sekarang.

Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara terbaik meningkatkan loyalitas pelanggan.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Customer Loyalty Program: Memberikan Reward untuk Pelanggan yang Sudah Loyal

Salah satu manfaat memberikan apresiasi kepada pelanggan yang setia membeli produk Anda yaitu selain mempertahankan jumlah pelanggan Anda sekarang, ternyata juga bisa meningkatkan jumlah pelanggan baru yang tertarik dengan konsep berbisnis Anda.

Hal tersebut terjadi dikarenakan pelanggan setia Anda mengabarkan informasi baik tersebut untuk masyarakat sekitarnya. Sehingga, besar kemungkinan pelanggan yang loyal pada Anda akan bertambah.

Kejutan atau reward yang harus Anda berikan pada pelanggan tidak selalu harus mewah. Tapi, memberikan hadiah sesuatu yang mereka sukai sudah bisa menyenangkan mereka. Seperti voucher, poin belanja, konten spesial, diskon, akses untuk layanan eksklusif dan lain sebagainya. Lebih lanjutnya, hal ini dapat Anda buat sebagai customer loyalty program. Lebih khusus lagi, ada pula cara atau strategi customer loyalty program masa pandemi.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Loyalty App: Ramah dan Cepat dalam Melayani Pelanggan

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan tidak hanya harus memberikan kualitas terbaik untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Tetapi, memberikan pelayanan yang cepat dan ramah juga termasuk salah satu upaya untuk menarik minat mereka untuk terus berlangganan.

Salah satunya dalam hal komplain atau keluhan tertentu dari pelanggan, tim Anda perlu tanggap dalam melayaninya. Memberikan pelayanan yang efisien untuk pelanggan, seperti dengan memanfaatkan kecanggihan tekhnologi sekarang, misalnya menggunakan aplikasi.

Dengan aplikasi, perusahaan Anda dapat menjangkau konsumen lebih dekat. Anda juga bisa leluasa meluncurkan berbagai customer loyalty program sesuai strategi, lewat aplikasi loyalty program yang dibangun secara khusus.

Dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan, menanggapi dengan ramah sekaligus memberikan apresiasi bagi mereka yang sudah berlangganan adalah hal baik. Bagi mereka yang tidak sungkan untuk menyampaikan keluhannya langsung pada Anda juga perlu ditanggapi dengan baik. Sebab, itu bukan upaya merusak citra brand Anda. Akan tetapi, bisa memperbaiki kualitas produk dan pelayanan perusahaan Anda ke depannya. Hal tersebut tergantung progres perusahaan Anda dalam menyikapi hal tersebut.

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Transparansi Terhadap Konsumen

Keterbukaan terhadap konsumen merupakan salah satu kunci optimalnya perkembangan bisnis Anda. Khususnya, terkait masalah produk atau layanan. Memberikan informasi kepada mereka sedetail mungkin terkait problem tersebut sehingga pelanggan akan memberikan kepercayaan penuh terhadap perusahaan Anda.

Selain itu, jika terdapat komplain dari pelanggan, akui kesalahan perusahaan Anda dan meminta maaf dengan sopan. Dengan transparansi dan keramahan dalam menanggapi mereka, tentu saja pelanggan akan setia menunggu Anda selama proses penyelesaian masalah tersebut.

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Memberikan Training pada Karyawan Anda

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan juga tidak hanya berhenti pada potensi karyawan atau pekerja yang Anda rekrut pertama kalinya. Tetapi, untuk maksimalkan kinerja tim, perlu edukasi khusus supaya potensi mereka sejak awal lebih optimal lagi. Khususnya dalam bidang pelayanan atau marketing.

Tidak terkecualikan pula etika atau tata krama perusahaan untuk diaplikasikan saat menghadapi konsumen dan permintaannya. Tidak hanya itu, perusahaan juga harus memberikan pengetahuan mengenai produk dan layanan yang sedang Anda tawarkan pada konsumen supaya karyawan atau pekerja di perusahaan Anda bisa menanggapi pelanggan secara efisien.

Meningkatkan Customer Loyalty: Konsisten dengan Pelayanan Terbaik Anda Selama Ini

Segala hal baik yang dilakukan secara konsisten pasti akan membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Maka dari itu, dalam bidang pelayanan konsumen, jika perusahaan Anda sudah berhasil melayani mereka 24 jam selama seminggu dengan maksimal, maka sangat baik untuk mempertahankan pencapaian tersebut supaya loyalitas pelanggan semakin meningkat.

Konsistensi dalam bidang bisnis tentu juga akan mempertahankan apa yang sudah Anda capai sekarang sekaligus akan mendapatkan nilai tambah untuk profesionalitas perusahaan Anda. Terus meningkatkan kualitas pelayanan tersebut dan selalu memberikan yang terbaik untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan Anda adalah langkah yang tepat.

Meningkatkan Customer Loyalty: Menjadi Pendengar yang Baik Bagi Pelanggan

Menjadi bagian dari audiens pelanggan atau calon pelanggan Anda di media sosial merupakan salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga Anda diharuskan untuk menanggapi komentar mereka dengan ramah dan solutif.

Dan bila dalam postingan Anda terdapat forum diskusi, maka Anda perlu ikut bergabung untuk berdiskusi ringan dengan mereka sebagai bentuk apresiasi.

Dengan strategi marketing yang seperti ini, tentu akun bisnis perusahaan Anda tidak hanya digunakan untuk promosi tetapi juga membangun kedekatan antara Anda dan konsumen. Sehingga, dengan demikian otomatis citra merek perusahaan Anda akan lebih baik di mata pelanggan.

Selain di media sosial, kolom komentar maupun forum diskusi juga bisa perusahaan Anda miliki lewat customer loyalty app Indonesia atau aplikasi mobile untuk customer loyalty. Membuat aplikasi ini bisa melalui IT consultant GITS.ID.


    Subscribe now and stay updated!


    Strategi Meningkatkan Customer Loyalty: Memberi Pengingat atau Promosi sesuai Selera Pelanggan

    Memberikan pesan pengingat setiap hari pada pelanggan dengan kata-kata yang ramah akan membuat brand Anda mendapatkan perhatian khusus dari mereka. Khususnya, bagi Anda yang usahanya menggunakan metode berlangganan.

    Memberikan sapaan keakraban untuk menjaga profesionalitas Anda dengan tetap sopan membuat pesan tersebut lebih terpersonalisasi. Sebagai tambahan memberikan notifikasi tidak perlu terlalu berlebihan atau seperlunya saja. Sebab, bila terlalu berlebihan, malah bisa dianggap mengganggu.

    Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan email marketing lebih jauh lagi untuk mempromosikan bisnis Anda. Yaitu, dengan cara mengirim topik yang menjadi selera konsumen. Sebelum melakukan upaya ini tentu saja Anda sudah melakukan pencatatan belanja atau daftar keinginan konsumen sehingga nanti saat ingin membuat promo spesial bisa disesuaikan dengan minat mereka.

    Membuat Program Loyalitas atau Customer Loyalty Program

    Membuat program loyalitas tentu penting untuk perusahaan lakukan karena program ini sangat menguntungkan. Biasanya, program ini diberlakukan dalam jangka panjang walaupun setiap bidang usaha mempunyai pertimbangan tertentu dalam membuat dan menjalankan program loyalitas ini. Hanya saja pada umumnya program ini menerapkan sistem poin.

    Dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memaksimalkan program ini, Anda tidak perlu lagi khawatir terkait masalah citra perusahaan Anda di hadapan konsumen.

    Biasanya, pogram ini diterapkan dengan cara menawarkan berbagai macam reward untuk pelanggan, baik yang bisa ditukar dengan poin-poin hasil pembeliannya atau dengan motif lainnya.

    Bagi perusahaan, tentu perlu untuk terus memperhatikan kualitas produk dan permintaan pelanggan, supaya program ini dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang secara efektif.

    Meningkatkan Customer Loyalty: Membuat Kuesioner Kepuasan Pelanggan

    Selain tips yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan tidak meninggalkan penjajakan mengenai kepuasan pelanggan secara langsung. Anda bisa mendekati pelanggan dan memberikan mereka kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan tertentu terkait produk dan layanan dari perusahaan Anda. Selain menghubungi secara langsung, hal ini juga bisa dilakukan secara lebih mudah bila Anda telah punya aplikasi loyalty program sendiri. Aplikasi ini juga bisa digabungkan dengan aplikasi e-commerce yang brand Anda miliki sendiri.


    Get free e-commerce icon pack now!

    free e-commerce icon pack download gratis strategi marketing

    You can use it for your mobile application e-commerce or your website e-commerce!

    Download it for free by filling the form here:


      Dengan begitu Anda bisa melakukan evaluasi terhadap pencapaian yang sudah dikerjakan untuk mengembangkan bisnis Anda selama ini. Jika ternyata ditemukan ketidakpuasan pelanggan, Anda dan tim dapat segera memperbaiki atau memperbarui hal yang sekiranya tidak disukai oleh pelanggan tanpa membuat mereka sungkan untuk menyampaikan testimoni mereka.

      Itulah 9 cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang perlu perusahaan Anda maksimalkan dalam menerapkannya. Cara-cara tersebut atau dalam strategi customer loyalty program yang Anda rencanakan, akan jauh lebih mudah dan maksimal bila dilakukan lewat customer loyalty app Indonesia. Untuk membangun aplikasi mobile maupun website bagi pelanggan Anda sebagai jembatan perusahaan dan customer, Anda yang membutuhkan jasa pengembangan aplikasi tersebut bisa memanfaatkan jasa dari GITS.ID. Terdapat solusi terbaik dari GITS.ID untuk masalah bisnis Anda yang salah satunya dalam pengembangan aplikasi bisnis. GITS.ID sebagai penyedia jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS serta jasa pembuatan website siap membantu Anda.


      Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

      jasa pembuatan aplikasi android enterprise software ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp marketing

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      More articles

      Latest article

      GITS Tech Talks: Transform Your Business and Growth with Google Cloud Platform

      In the uncertain situation, business leaders are under pressure to prioritize investments and optimize costs to support changing business goals in the...

      Strategi Omnichannel di B2B, B2C, juga D2C dan Strategi Marketing

      Di dunia bisnis banyak sekali istilah yang perlu Anda kenali. Salah satunya adalah bagaimana melakukan strategi Omnichannel di...

      Contoh Aplikasi Loyalty Program atau Loyalty App Indonesia

      Ketika menjalankan sebuah bisnis, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk memiliki relasi yang baik dengan para pelanggan. Demi kelangsungan bisnis itu sendiri,...

      9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan

      Dalam bidang usaha, ada beberapa hal yang penting untuk dioptimalkan. Salah satunya adalah loyalitas pelanggan sehingga Anda yang memiliki usaha atau bisnis...

      Ketahui Harga Pembuatan Website E-Commerce dan Aplikasi E-Commerce

      Banyaknya orang yang melakukan belanja daring membuat bisnis ini berkembang cukup baik, terutama jika Anda hendak terjun ke bidang tersebut. Namun, ada...