Business Customer Loyalty Program yang Cocok untuk Masa Pandemi COVID-19

Customer Loyalty Program yang Cocok untuk Masa Pandemi COVID-19

Customer loyalty program atau program loyalitas kepada pelanggan adalah tentang bagaimana menghargai pelanggan. Kemudian, pada akhirnya, pelanggan yang menjadi loyal kepada Anda atau brand Anda. Keterlibatan pelanggan dalam membesarkan bisnis sangat penting. Contohnya, pelanggan yang membagikan pengalamannya, baik itu pengalaman baik atau sebaliknya. Hal tersebut akan sangat memengaruhi bisnis Anda.

Ketika pelanggan tahu bahwa suatu brand dapat memahami kebutuhan atau bahkan paham tentang kekhawatiran mereka, kemudian ada respons positif dari brand tanpa memikirkan keuntungan saja, maka pelanggan akan sangat menghargai dan akan lebih mendukung brand tanpa ada paksaan.

Dampak COVID-19 terhadap Brand

Pada situasi pandemi saat ini, semua pihak turut merasakan dampaknya. COVID-19 memberi dampak dahsyat, termasuk kondisi ekonomi Indonesia menjadi terguncang. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia terkontraksi 1,26% year on year. Dibandingkan kuartal I 2020, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2020 juga terkontraksi alias minus 4,19%. Produk Domestik Bruto (PDB) menurun di kuartal II 2020 setelah melambat di kuartal I. Inflasi juga semakin rendah pada pertengahan pertama tahun 2020. #Baca juga:

Customer Loyalty Program yang Dapat Anda Lakukan

Berikut ini adalah hal yang dapat dilakukan sebuah brand dalam meningkatkan loyalitas pelanggan selama krisis COVID-19:

  • Lindungi pelanggan Anda dan buat program yang interaktif
  • Buat pelanggan Anda merasa istimewa dengan memberi mereka lebih banyak perhatian
  • Memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
  • Pastikan reward yang Anda berikan dapat diperoleh pelanggan dan dikemas secara menarik
  • Mengukur dan meningkatkan mekanisme yang dijalankan.

Hal yang perlu Anda hindari pada bisnis, terkait loyalty program:

  • Menjiplak pesaing Anda
  • Memberikan pengalaman pelanggan yang buruk
  • Mempersulit pelanggan untuk mengklaim hadiah
  • Mengabaikan preferensi perilaku pelanggan
  • Menjanjikan hal-hal yang tidak bisa Anda lakukan.

Lebih Lanjut tentang Loyalty Program

Loyalty program atau program loyalitas adalah strategi pemasaran yang dirancang untuk mendorong pelanggan untuk terus berbelanja atau menggunakan layanan bisnis Anda. Mendorong pelanggan untuk kembali ke toko tempat mereka berbelanja. Program hadiah, diskon, atau insentif khusus lainnya, dirancang sebagai penghargaan untuk loyalitas mereka. Hal ini dapat menjadi tolak ukur bagaimana kepuasan pelanggan Anda dan seberapa besar kemungkinannya mereka harus berbagi pengalaman kepada orang lain.

Itu dia bahasan customer loyalty program yang tepat untuk mengimbangi ekonomi pada masa pendemi COVID-19. Pada webinar GITS Expert Talks bersama bapak Setiawan Saputra (Head of Sales & SCM Healthcare Beiersdorf Indonesia), dibahas lebih banyak lagi tentang hal-hal tadi. Sila tonton tayangan ulangnya di

Untuk pendaftar GITS Expert Talks, file materi dapat diakses di bawah ini. Sila cek email Anda untuk mendapatkan password-nya.

Protected Area

This content is password-protected. Please verify with a password to unlock the content.


Setiawan Saputra adalah Head of Sales & SCM Healthcare Beiersdorf Indonesia.

Novita adalah bagian dari tim Marketing GITS.ID.


GITS.ID telah berpengalaman membantu beberapa klien terkait pembuatan mobile application yang diperuntukkan bagi masyarakat luas. Salah satunya adalah klien tersebut adlaah Amerta Indah Otsuka, terkait aplikasi yang mendukung marketing campaign Pocari Sweat. Lebih lanjut tentang ini dapat diakses di halaman Insight ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Implementasi REST API di iOS Development menggunakan Alamofire dan SwiftyJSON

iOS Development – Tentang REST API Bagi seorang developer, mungkin sudah tidak asing lagi...

GITS Expert Talks: Guide to Building a Learning Organization

In 1995, Peter Senge coined the term of a Learning Organization. He defines it as a company that facilitates learning of its...

GITS Webinar: How to Build UI UX Portfolio that Stand Out

Apa saja yang harus disiapkan UI/UX designer dalam membuat portfolio? Setelah kamu membuat UI design, lalu bagaimana cara mendokumentasikan...

12 Pelajaran dalam GITS 12 Tahun

GITS genap berumur 12 tahun pada 13 September ini. Ini juga tandanya saya sudah 2 tahun lebih 1...

Customer Loyalty Program yang Cocok untuk Masa Pandemi COVID-19

Customer loyalty program atau program loyalitas kepada pelanggan adalah tentang bagaimana menghargai pelanggan. Kemudian, pada akhirnya, pelanggan yang...