Business 10+ Contoh Aplikasi E-commerce dan Website di Indonesia

10+ Contoh Aplikasi E-commerce dan Website di Indonesia

Seiring berkembangnya zaman, saat ini sebagian besar orang lebih suka berbelanja online lewat contoh aplikasi e-commerce. Tak heran platform belanja online semakin gencar memberikan promosi dan layanan terbaik. Namun, sudahkah Anda mengetahui contoh aplikasi e-commerce dan contoh website e-commerce di Indonesia yang populer saat ini?

Membangun toko online memang tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar konsumen merasa nyaman ketika menggunakan platform tersebut. Platform belanja online yang baik bisa menjadikan transaksi virtual aman dan nyaman bagi penjual dan pembeli.

Contoh Aplikasi E-commerce Berbasis Android atau iOS

Pelanggan yang melakukan belanja online di Indonesia memang kian meningkat. Banyak konsumen dimudahkan dengan berbagai produk yang dijual secara online. Tak jarang harganya pun lebih murah dibandingkan bila berbelanja secara langsung.

Bahkan, store offline pun banyak yang akhirnya menjual produknya secara online. Saat ini, masyarakat semakin banyak yang mengakses aplikasi e-commerce berbasis Android maupun aplikasi e-commerce berbasis iOS. Hal ini karena kemudahan yang ditawarkan dalam satu genggaman smartphone. Lalu, aplikasi apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa contoh aplikasi e-commerce Android dan iOS di Indonesia.

1. Shopee

Shopee, toko online yang populer dengan promo gratis ongkirnya ini memang begitu populer. Shopee memiliki kantor pusat yang berlokasi di Singapura. Akhir-akhir ini, Shopee dinobatkan sebagai platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi di tanah air.

Tidak hanya promo gratis ongkir yang menarik, aplikasi belanja online ini juga menawarkan cashback dan diskon yang menggiurkan. Tak heran jika penggunanya semakin banyak dari waktu ke waktu.

Contoh aplikasi e-commerce yang akrab dengan warna oranye ini juga menyediakan berbagai metode pembayaran. Misalnya, dengan metode transfer, internet banking, m-banking, COD, dan tentunya Shopeepay.

2. Lazada

Lazada merupakan salah satu contoh aplikasi e-commerce atau tempat belanja online berbasis mobile yang menyediakan banyak pilihan produk. Terutama, di bidang fashion, elektronik, perlengkapan bayi, dan masih banyak lagi.

Platform Lazada kerap menjadi pilihan bagi mereka yang lebih menyukai metode pembayaran dengan COD.  Tidak hanya di Indonesia, aplikasi belanja online ini juga terkenal di Vietnam, Thailand, Singapura, dan Filipina.

3. Tokopedia

jasa pembuatan aplikasi e-commerce indonesia contoh harga murah terbaik

Siapa yang tidak mengenal platform e-commerce dengan ciri khas berwarna hijau ini? Sejak diluncurkan 2015 lalu, Tokopedia kerap menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online.

Platform ini memiliki program untuk mendukung pelaku UMKM maupun perorangan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Caranya, dengan memperkenalkan produk yang dijual melalui marketplace dengan fitur memadai.

4. Blibli

Blibli merupakan platform yang dirilis PT Global Digital Niaga yang didirikan tahun 2010. Platform ini bekerja sama dengan provider teknologi, mitra logistik, merchant partner, dan banking partner yang terkemuka.

Tak heran jika sistem back-end platform ini dikenal berkualitas dan nyaman digunakan. Blibli menjadi platform e-commerce pilihan bagi yang mencari benda elektronik. Hal ini karena platform tersebut cenderung berfokus pada gadget, kamera, laptop, konsol game, televisi, dan benda elektronik lainnya.

5. Sorabel

Aplikasi e-commerce berbasis Android berikutnya adalah Sorabel. Bagi yang suka berbelanja fashion secara online, pasti sudah tidak asing dengan platform ini.

Sorabel dikenal memasang harga jujur, namun dengan kualitas fashion yang tidak perlu diragukan. Salah satu fitur unggulannya adalah “Coba Dulu Baru Bayar”. Selain itu, platform ini memungkinkan metode COD se-tanah air dan pemberian garansi pengembalian barang sampai 30 hari.

5. JD.ID

Aplikasi jual-beli online ini berasal dari Tiongkok, namun cukup populer di Indonesia. Jadi, nama JD.ID memang khusus untuk pangsa pasar Indonesia. Platform ini terkenal dengan penjualan barang elektroniknya.

Di antaranya adalah smartphone, komputer, laptop, smart device, tablet, televisi, peralatan kantor, dan lain-lain. JD.ID menjadi salah satu platform mobile yang banyak diakses di tanah air. Hal ini karena jaminan barang yang dijual original dan berkualitas.

6. Zalora

Zalora bisa menjadi pilihan e-commerce yang tepat bagi yang senang tampil fashionable atau sekadar sedang mencari pakaian dan kebutuhan lainnya. Tidak perlu repot mencari di luar, platform ini menyediakan banyak pilihan. Pengguna bisa menemukan banyak brand fashion terkenal di aplikasi ini.

Platform ini menyediakan banyak pilihan produk fashion berkualitas, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.


    Subscribe now and stay updated!


    Contoh Website E-Commerce di Indonesia

    Karena kali ini pembahasannya mengenai contoh aplikasi e-commerce dan website, maka tidak afdol hanya aplikasi berbasis Android atau iOS saja yang dibahas. Mari kita membahas e-commerce yang tersedia di website atau web pula.

    E-commerce berbasis web juga tak kalah menarik dengan aplikasi belanja online mobile. Lalu, apa sajakah contoh website e-commerce?

    1. True LinksWear

    Pada ajang penghargaan Big Commerce Design Awards tahun 2018 lalu, situs ini menempati posisi finalis. Contoh website e-commerce ini memiliki desain yang simpel, tetapi tetap terlihat menarik. Produk-produk yang mereka jual adalah berupa berbagai footwear berkualitas.

    Katanya, desain website yang memesona ini ampuh membuat True LinksWear meningkatkan penjualannya sampai 700 persen.

    2. Bukupedia

    Bagi pecinta buku, pastinya sudah tidak asing dengan runner up penghargaan Indonesia E-Commerce Award 2016 ini. Penghargaan tersebut berhasil diraih Bukupedia pada kategori toko buku online.

    Contoh website e-commerce ini sudah ada sejak sepuluh tahun lalu, bahkan sudah memiliki penerbit khusus yaitu Bukupedia Merchant Center. Platform ini memudahkan penerbit untuk memasarkan berbagai karya tulisan menarik dan berkualitas.

    Tak heran jika Bukupedia bisa menjadi pilihan yang tepat apabila pembaca tidak sempat mencari buku di toko buku langsung.


    Get free e-commerce icon pack now!

    free e-commerce icon pack download gratis strategi marketing

    You can use it for your mobile application e-commerce or your website e-commerce!

    Download it for free by filling the form here:


      3. Hijup

      jasa pembuatan website E-commerce indonesia contoh harga murah terbaik

      Hijup menjadi e-commerce dengan tema Islamic fashion pertama di dunia. Platform ini diluncurkan pada 2011 lalu dengan mengusung konsep online mall. Hijup menyediakan berbagai macam produk hijab, tunik, gamis, dan item fashion lainnya.

      Banyak brand lokal berkualitas yang bisa ditemukan di situs ini. Jadi, calon pembeli tidak perlu repot mencari kebutuhan Islamic fashion di luar.

      3. Bliss

      Dilihat dari tampilannya saja e-commerce berbasis website ini memang begitu menarik. Terutama bagi kaum muda yang menyukai skincare dan perawatan tubuh. Di ajang penghargaan Big Commerce Design Awards 2018, Bliss berhasil menduduki posisi sebagai finalis.

      Produk yang ditawarkan oleh contoh website e-commerce ini, Bliss, pun begitu beragam. Mulai dari toner, sabun, pelembab wajah, dan sebagainya. Tidak hanya itu produk tersebut juga dikenal berkualitas dan aman digunakan karena bebas SLS, paraben, SLES, dan bahan lainnya yang rentan untuk kulit sensitif. Terlihat, seperti beberapa contoh website e-commerce lain, ada target pasar khusus yang disasar.

      4. Fronks

      Tampilan homepage sebuah situs e-commerce memang banyak memberikan pengaruh terhadap transaksi yang dilakukan konsumen. Oleh karena itu, e-commerce website harus memiliki homepage yang unik dan menarik. Juga, tampilan dan fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

      Tidak harus dengan desain yang ribet, sering terjadi desain yang simpel justru menarik perhatian. Inilah yang dilakukan toko online Fronks yang menjual berbagai minuman lezat dan sehat. Website ini juga berhasil memenangkan Big Commerce Design Awards 2018 dalam kategori homepage.

      5. Zugu

      jasa pembuatan website E-commerce indonesia contoh harga murah terbaik web

      Zugu menjadi finalis e-commerce website lainnya dalam ajang Big Commerce Design Awards 2018. Contoh website e-commerce ini tampilan homepage situsnya menawarkan aneka case smartphone dengan simpel dan fungsional.

      Tidak hanya menampilkan produk, fitur-fitur di dalamnya juga menarik pengunjung untuk membeli mobile case yang ditawarkan.

      Jasa Pembuatan Website E-commerce dan Aplikasi E-commerce

      Seiring berkembangnya tren belanja online, Anda serta perusahaan Anda sebaiknya tidak melewatkan kesempatan ini. Tidak hanya mengejar tren, memiliki e-commerce sendiri, baik itu aplikasi e-commerce ataupun website e-commerce, akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda.

      Sebagai penyedia jasa membuat aplikasi e-commerce, serta jasa pembuatan aplikasi lain maupun jasa pembuatan website, GITS.ID dapat membantu Anda, serta pebisnis lain, menjual produk secara online. Seperti, beberapa contoh aplikasi e-commerce dan website di atas.

      Untuk membuat rancangan toko online berkualitas, tidak hanya memperhatikan tampilannya. Melainkan juga nilai fungsional dari fitur-fitur yang disediakan. Oleh karena itu, pada prosesnya Anda memerlukan dampingan dari GITS.ID.

      Kami dapat membantu Anda dari awal, misalnya dari tahap konsultasi atau mengetahui dan merinci aplikasi dan website e-commerce seperti apa yang Anda butuhkan. Bagaimana tampilan serta fitur-fitur apa saja yang perlu ada. Kemudain, akan kami bantu develop atau bangun aplikasi e-commerce ataupun website ini, beserta dashboard atau CMS alias content management system-nya. Hingga, support pemakaian dan maintenance.

      Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jasa pembuatan website e-commerce serta jasa pembuatan aplikasi e-commerce dari GITS.ID. Untuk jenis mobile app dan web lainnya pun kami terbuka.

      Tidak hanya itu, dalam bisnis juga diperlukan customer loyalty e-commerce yang memungkinkan Anda mempertahankan pelanggan setia. Bersama GITS.ID, wujudkan impian Anda untuk memiliki toko online berkualitas dan berpotensi memiliki banyak pelanggan setia!


      Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

      jasa pembuatan aplikasi android enterprise software ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp marketing

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      More articles

      Latest article

      Creating Widget in iOS: Build Widget for Recipe App with Widget Extensions and SwiftUI

      Overview As we know, now the Notification Center framework has been deprecated for creating and managing app extensions that...

      GITS Tech Talks: Data Warehouse Modernization with BigQuery

      Having the best access to data, with the latest technology (can easily adapt to application and system environments), is a key requirement...

      Tutorial SwiftUI: Mengenal Basic Layout

      Apa itu Swift UI dan bagaimana penerapannya? Sebagai seorang iOS developer, memiliki keahlian dalam membangun sebuah tampilan pada aplikasi...

      Apakah Data Anda Aman di Cloud? — Tentang Cyber Security dan Protection Backup

      Apakah Cyber Security Terjaga ketika Data Anda di Cloud dan tentang Protection Backup - saat ini merupakan era atau zaman digital di...

      Cara Virtual Machine Migration dan Migrasi ke Google Cloud Platform

      Cara Virtual Machine Migration dan Migrasi Ke Google Cloud Platform - Migrasi mesin virtual merupakan salah satu istilah yang cukup dibutuhkan untuk...