Business CMS E-commerce Terbaik untuk Toko Online

CMS E-commerce Terbaik untuk Toko Online

Salah satu cara membangun toko online yang efektif adalah menggunakan CMS. Nah, apa CMS e-commerce terbaik untuk toko online? CMS merupakan sistem pengelolaan website yang sudah dirancang khusus.

Sekilas, mungkin penggunaan CMS akan memudahkan perusahaan Anda untuk membangun toko online. Namun, banyaknya CMS yang tersedia bisa membuat bingung. Oleh karena itu, sebaiknya memilih CMS secara cermat sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Selain CMS untuk website e-commerce yang telah tersedia, Anda juga bisa memiliki CMS dan website custom yang sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Hal tersebut bisa lewat jasa pembuatan website custom termasuk CMS-nya.

Pengertian CMS

pengertian cms ecommerce terbaik online shop contoh website

CMS (Content Management System) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola konten website dengan memodifikasinya sesuai kebutuhan. Secara umum, CMS terdiri atas CMA (Content Management Application) dan CDA (Content Delivery Application).

CMA adalah solusi pengelolaan website yang cepat dan mudah. Biasanya, penggunanya juga tidak masalah apabila tidak menguasai bahasa pemrograman. Sedangkan, komponen CDA dipakai untuk menghimpun informasi yang telah diperbarui di website tersebut. Komponen-komponen yang bagus akan menjadikan CMS terbaik. Lalu, seperti apa kriteria CMS terbaik? Khususnya CMS E-commerce terbaik?

Kriteria CMS untuk Membangun Website yang Bagus

Proses memilih CMS terbaik harus dilakukan dengan baik. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung website e-commerce. Setidaknya, ada beberapa indikator yang membuat sebuah CMS bisa dikatakan bagus atau jadi pilihan menjadi CMS terbaik, yaitu sebagai berikut:

Manajemen Inventaris

manajemen inventaris cms ecommerce terbaik online shop contoh website

Sebuah CMS e-commerce yang baik pastinya memiliki manajemen inventaris produk yang baik. Dengan demikian, informasi produk yang dijual akan lebih jelas, baik ketika menghitung maupun mempersiapkan stok produk untuk e-commerce.

Fitur Kemudahan Pembayaran

cms ecommerce terbaik online shop contoh website payment system

Sistem pembayaran yang bervariasi akan memudahkan pelanggan membayar produk yang diincar. Dengan demikian, potensi terjadinya transaksi akan lebih besar.

Proses Pembuatan Laporan Penjualan

cms ecommerce terbaik online shop contoh website report reporting
Vector business concept in flat style – paper douments and workplace

Adanya CMS akan membantu Anda membuat proses pembuatan laporan penjualan dengan lebih mudah. Terlebih jika menggunakan sistem otomatisasi yang nantinya tinggal Anda rekap.

Fitur laporan penjualan ini menjadi salah satu yang penting ada di CMS terbaik.

Kategori Produk

Keberadaan fitur kategori produk ini sangat penting, terlebih bagi Anda yang menjual banyak variasi produk. Dengan demikian, konsumen nantinya akan lebih mudah menemukan produk yang dibutuhkan.

Opsi Kustomisasi Halaman Produk

cms ecommerce terbaik online shop contoh website custom

Fitur ini sangat bermanfaat agar tampilan halaman website tidak terkesan monoton saja. Tidak hanya membuatnya menarik, fitur kustomisasi ini juga sebaiknya dipergunakan agar website mudah dipahami.

Tidak semua CMS menyediakan fitur kustomisasi. Oleh karena itu, Anda harus memilihnya dengan tepat dan teliti. Dan untuk mendapatkan keuntungan kustomisasi yang maksimal, dibandingkan memakai CMS yang telah ada, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website custom beserta CMS-nya, seperti di GITS.ID.

Fitur Sale dan Diskon

cms ecommerce terbaik online shop contoh website customer loyalty program

Promo sale dan diskon selalu jadi yang ditunggu-tunggu konsumen. Adanya konten seperti ini dalam sebuah e-commerce akan membuatnya lebih terlihat menarik. Konten sale dan diskon dapat diatur lewat CMS oleh penjual.

Memberikan Informasi Analytics

cms ecommerce terbaik online shop contoh website analytics business intelligence

Adanya fitur analisis ini akan membantu Anda sebagai penjual untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen. Misalnya, terdapat analisis informasi mengenai respons konsumen apakah e-commerce Anda sudah cukup memuaskan atau belum.


    Subscribe now and stay updated!


    Contoh CMS E-Commerce Terbaik untuk Toko Online atau Online Shop CMS

    Setelah mengetahui kriteria CMS yang baik untuk toko online, kini saatnya melihat contoh CMS yang bisa dipilih untuk membangun toko online. Berikut adalah beberapa contohnya dan manakah CMS e-commerce terbaik?

    Shopify; CMS E-commerce Terbaik?

    cms ecommerce online shop contoh website web toko e commerce shopify

    Contoh CMS yang berasal dari Kanada ini cukup terkenal. Bagi Anda yang ingin membangun toko online dengan skala internasional, CMS ini bisa menjadi pilihan sebagai online shop CMS.

    Namun, penggunaannya memang jarang di Indonesia. Hal ini karena ekspedisi pengiriman yang terlalu luas mencakup Eropa dan Amerika.

    Tidak perlu khawatir, solusinya adalah dengan memilih opsi pengiriman dari Negara China menuju Eropa atau Amerika. Biaya ongkos kirim pun cenderung lebih murah dibanding mengirim langsung dari Indonesia.

    WooCommerce; CMS E-commerce Terbaik?

    cms ecommerce online shop contoh website web toko e commerce woocommerce

    Jika Anda akrab dengan pembuatan website dengan WordPress, mungkin sudah tidak asing dengan plugin ini. Contoh CMS ini, WooCommerce, dikenal karena tampilan dan fiturnya yang tidak jauh berbeda seperti WordPress. WooCommerce, seperti namanya adalah untuk online shop CMS.

    Saat melihat interface website e-commerce dengan WooCommerce, tampilannya lebih ramah dan tidak membingungkan, juga untuk pengguna website baru sekalipun.


    Get free e-commerce icon pack now!

    free e-commerce icon pack download gratis strategi marketing

    You can use it for your mobile application e-commerce or your website e-commerce!

    Download it for free by filling the form here:


      Prestashop; CMS E-commerce Terbaik?

      cms ecommerce online shop contoh website web toko e commerce prestashop

      Prestashop dikenal sebagai CMS yang bersifat dinamis, sehingga cocok untuk toko online yang interaktif. Tak heran jika website yang dibangun dari contoh CMS ini mampu memanjakan penjual dan pembeli.

      Meskipun bersifat dinamis, fitur di dalamnya tidak rumit untuk dipahami. Selain itu, penjual juga bisa menata kategori produk dengan mudah.

      Anda juga bisa menambahkan metode pembayaran yang lebih bervariasi. Mulai dari menggunakan PayPal dan transfer ATM dengan berbagai opsi bank. Anda juga tidak memerlukan plugin tambahan untuk memanfaatkan fitur analisis informasi penjualan.

      Magento; CMS E-commerce Terbaik?

      cms ecommerce online shop contoh website web toko e commerce magento

      Jika dilihat dari fleksibilitasnya, bisa dibilang Magento lebih unggul dibandingkan contoh CMS lainnya. Misalnya, ketika berencana membangun toko online, pengguna tidak akan dibingungkan dengan skala toko yang akan dibuat.

      Magento memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi dengan sedikit lebih leluasa. Jadi, Anda bisa menentukan sendiri besar atau kecilnya toko online yang hendak dibuat dengan online shop CMS ini. Anda juga akan lebih leluasa memilih fitur yang akan dimasukkan.

      Namun, untuk menikmati keleluasaan ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai pengembangan website yang baik dan benar. Meski CMS Magento tersedia gratis, dibutuhkan biaya tambahan lainnya agar website yang dibuat benar-benar optimal.

      OpenCart; CMS E-commerce Terbaik?

      cms ecommerce online shop contoh website web toko e commerce oscommerce opencart abantecart

      OpenCart, salah satu contoh CMS, juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari fitur kustomisasi yang lebih baik. Penjual bisa lebih leluasa membangun toko online dengan baik dan benar.

      Namun, tentunya hal ini dibarengi dengan pemahaman mengenai cara kerja website e-commerce. Dengan demikian, pengguna bisa mengoptimalkan setiap fitur penjualan di dalamnya dengan baik.

      AbanteCart; CMS E-commerce Terbaik?

      Sebagai salah satu platform CMS, AbanteCart cenderung mudah dipahami. Salah satu alasannya adalah karena ada fitur tooltips bagi pengguna baru. Ada juga plugin lain yang bisa ditambahkan.

      osCommerce; CMS E-commerce Terbaik?

      Keunggulan utama dari contoh CMS ini adalah fiturnya yang banyak dan memiliki nilai fungsional yang baik. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan opsi lainnya sesuai kebutuhan toko online yang hendak dibuat.

      Namun, CMS ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan tampilan website kekinian. Hal ini karena pilihan tema dan plugin yang disediakan tidak di-update secara berkala.

      Cubecart; CMS E-commerce Terbaik?

      cms ecommerce online shop contoh website web toko e commerce cubecart

      Cubecart bisa menjadi pilihan karena tema yang banyak dan kemudahan melakukan kustomisasi.

      Fitur gambar dan metode pembayaran memang bervariasi dan menjadi nilai tambah contoh CMS ini. Sayangnya, sistem keamanan CMS ini memang belum maksimal.

      Terkadang pengguna masih menemui bugs pada Cubecart. Oleh karena itu, contoh CMS ini lebih direkomendasikan untuk pemula atau bagi yang ingin belajar mengelola website.

      Jasa Pembuatan Website Custom dan CMS E-commerce Terbaik

      Bagaimana, Anda tentu tertarik membangun toko online dengan CMS terbaik? GITS.ID akan membantu Anda membangun aplikasi CMS e-commerce dengan interface yang ramah. Tidak hanya soal tampilan, kami juga memperhatikan fungsionalitas fitur di dalamnya.

      Dengan memilih jasa membuat CMS e-commerce terbaik untuk toko online, hal ini akan menjadi langkah yang baik untuk bisnis yang dijalankan. Dibandingkan menggunakan CMS yang sudah ada, menggunakan jasa pembuatan website beserta CMS terbaik bersama GITS.ID akan lebih fleksibel. Segalanya akan dibangun menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

      Kami juga akan membantu Anda pada proses penggunaan awal serta maintenance. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir akan bingung pada kemudian hari. Berbeda dengan CMS yang telah ada, lewat jasa pembuatan website beserta CMS bersama GITS.ID, tampilan; fitur; experience; kemudahan; dan manfaatnya, begitu banyak bagi perusahaan Anda maupun customer Anda. Termasuk fitur yang mengakomodir customer loyalty program di e-commerce Anda.

      Silakan menjadwalkan konsultasi bersama GITS.ID untuk jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS, juga jasa pembuatan website, serta teknologi terkait cloud.


      Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

      jasa pembuatan aplikasi android enterprise software ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp marketing

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      More articles

      Latest article

      Perbandingan Harga Google Workspace dan Fiturnya

      Perbandingan harga Google Workspace dan fiturnya seringkali diperbincangkan. Hal tersebut tidak terlepas dari rasa penasaran orang-orang yang ingin...

      Google Workspace Business Starter vs Standard

      Bagi bisnis owner ataupun tim perusahaan, Google Workspace mungkin sudah tidak asing lagi. Kini, Google Workspace tersedia dalam banyak edisi, mulai dari...

      G Suite Business vs Google Workspace Business Standard

      Google selalu mengadakan perubahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi penggunanya. Salah satu perubahan itu tertuang dalam G Suite Business dan...

      Google Workspace Security & Management Tool (Sebelumnya G Suite)

      Google Workspace atau yang sebelumnya bernama G Suite merupakan sebuah aplikasi produktivitas dan kolaborasi untuk mendukung efektivitas kerja. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya,...

      Mengenal Admin Console Google Workspace

      Setelah Anda mendaftar sebagai salah satu pengguna Google Workspace, maka selanjutnya perlu mencari tahu bagaimana cara mengelola akun...