Android Developer Jobs Near Me

Ilustrasi Coding untuk Android Development

Android development menjadi pekerjaan yang dekat dengan kita karena saat ini perkembangan teknologi dalam versi seluler atau tablet hadir.

Menjadi seorang android development biasanya ditugaskan baik aplikasi atau game lainnya dalam smartphone ataupun tablet. Pengalaman yang harus dimiliki tidak hanya pengalaman merancang aplikasi namun siap memperbaiki bug hingga terting reliability.

Jobdesk development dapat bekerja secara in-house dalam perusahaan besar atau bekerja di dalam app development agency.

Tugas Utama sebagai Android Development

Menjadi seorang Android Development biasanya ditugaskan baik aplikasi atau game lainnya dalam smartphone ataupun tablet. Pengalaman yang harus dimiliki tidak hanya pengalaman merancang aplikasi namun siap memperbaiki bug hingga terting reliability.

Dalam perbaikan dan pengembangan pun dilihat juga update teknologi terbarukan untuk aplikasi versi android. Kemudian tim android ini akan bekerja dengan sumber data eksternal dan API.

Kualifikasi Utama sebagai Android Development

Menjadi seorang Android Development harus memiliki kualifikasi berikut :

  • Memiliki latar belakang computer science, engineering atau yang berkaitan.
  • Berpengalaman dengan software development dan skill dalam pengembangan Android
  • Memiliki pengalaman dalam hal pengembangan Android
  • Memiliki pengalaman membuat aplikasi Android  dan dipublikasikan ke dalam market
  • Memahami Android SDK
  • Familiar dan pernah menggunakan REST dan JSON
  • Familiar tentang tools pihak ketiga dan juga API
  • Menguasai pengetahuan dasar arsitektur, tren, dan juga teknologi terbaru dan siap untuk memahami siklus kerja dalam pengembangan aplikasi mobile
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan software atau bahasa pemrograman

Contoh bahasa pemograman : Java , XML, Android SDK, Android Studio, APIs, C / C++, MYSQL Databases dan Adobe ActionScript.


simulasi kita menjadi seorang pengembang android

Menjadi Pengembangan Android adalah Karir yang Menjanjikan

Biaya Lisensi lebih hemat :

Dengan platform android terbuka mempermudah pengguna berkonsultasi dengan pihak developer dan mengurangi biaya lisensi (Low Investment dan return on Investment.

Platform yang Menjanjikan :

Pengguna android di Indonesia terhitung tinggi yang menjadikan android mendapatkan popularitas atau rating yang tinggi dalam Google Play Store. Oleh karena itu, sebagai Android Developer tools pun wajib mengikuti tren dan kebutuhan zaman saat mengembangkan sebuah platform android

Mudahnya untuk beradaptasi :

Jika anda tertarik dalam bidang IT akan menemukan bahasa “Java Programming” yang dijadikan skill utama android programmer kearah android developer. Kemudian bahkan skill tersebut dibutuhkan di perusahaan besar atau dijadikan sebagai pekerja lepas.

Job rekomendari yang bisa dipelajari antara lain seperti Android Engineer, Android App Developer, Mobile & App Developer, Mobile Architect atau Android Mobile Developer.

Kelebihan dan Kelemahan sebagai Android Development

Kelebihan :

  • Permintaan Tinggi : Permintaan akan Android Developer terus meningkat seiring dengan pertumbuhan industri teknologi mobile. Ini berarti ada banyak peluang karir yang tersedia di berbagai perusahaan dan sektor industri.
  • Gaji yang Kompetitif : Android Developer biasanya mendapatkan gaji yang kompetitif, terutama jika mereka memiliki keterampilan yang kuat dan pengalaman yang relevan.
  • Fleksibilitas Lokasi : Sebagian besar lokasi bekerja seorang Android Developer dapat dilakukan dari mana saja dengan koneksi internet yang stabil. Ini memberikan fleksibilitas lokasi bagi para pengembang untuk bekerja dari rumah atau lokasi lain yang mereka pilih.
  • Kreativitas : Sebagai android developer, Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan aplikasi yang inovatif dan bermanfaat bagi jutaan pengguna di seluruh dunia. Ini memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda dalam memecahkan masalah dan merancang pengalaman pengguna yang menarik.
  • Kemajuan yang Cepat : Industri teknologi mobile terus berkembang dengan cepat, yang berarti Anda akan terus belajar dan berkembang sebagai seorang profesional. Ada selalu teknologi baru, alat baru, dan praktik terbaik yang harus dipelajari dan diadopsi.

Kelemahan :

  • Kompetisi yang Tinggi : Karena permintaan yang tinggi, persaingan untuk posisi pengembang Android juga cukup ketat. Anda harus bersaing dengan banyak profesional lain yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang serupa.
  • Tuntutan yang Tinggi : Dunia android development adalah lingkungan yang dinamis dan cepat berubah. Ini membutuhkan keterampilan multitasking, ketahanan terhadap tekanan, dan kemampuan untuk belajar dengan cepat untuk tetap relevan dalam industri ini.
  • Tantangan Kompatibilitas : Android memiliki berbagai perangkat dengan ukuran layar, resolusi, dan versi sistem operasi yang berbeda. Ini bisa menjadi tantangan dalam mengembangkan aplikasi yang berfungsi dengan baik di semua perangkat.
  • Perubahan Teknologi yang Cepat : Teknologi dan alat android development terus berkembang dengan cepat. Anda harus selalu mengikuti perkembangan terbaru dan memperbarui keterampilan Anda secara teratur agar tetap relevan dalam industri ini.
  • Tingkat Ketergantungan pada Platform : Karena Anda fokus pada pengembangan untuk platform Android, Anda mungkin memiliki ketergantungan yang tinggi pada platform tersebut. Perubahan kebijakan Google atau perubahan pasar dapat memengaruhi karir Anda secara signifikan.

Apakah Non – IT dapat berkarir menjadi Android Development?

Kesempatan untuk berkarir sebagai android developer dapat ditempuh oleh Anda yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dalam dunia IT walaupun memang memiliki latar belakang atau pendidikan di bidang IT atau komputer dapat memberikan keuntungan tertentu. Tidak perlu khawatir jika Anda memiliki rasa kerja keras, dedikasi, dan kesediaan untuk belajar, seseorang dengan latar belakang non-IT juga dapat berhasil dalam bidang pengembangan Android dengan mengikuti beberapa Boothcamp atau pelatihan IT.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil oleh seseorang dengan latar belakang non-IT untuk mengejar karir dalam pengembangan Android :

  • Pelajari Bahasa Pemrograman : Skill Bahasa pemrograman yang harus dipelajari seperti Java , XML, Android SDK, Android Studio, APIs, C / C++, MYSQL Databases dan Adobe ActionScript dibutuhkan dalam pengembangan Android.
  • Praktikkan dengan Proyek-proyek Kecil : Setelah mengikuti pelatihan, biasanya terdapat case yang diberikan atau buatlah proyek dari yang sederhana hingga kompleks untuk mengasah keterampilan Anda dalam pengembangan Android.
  • Bergabung dengan Komunitas atau Internsip di Perusahaan Pengembang : Dengan mengikuti komunitas dan magang akan mendapat kesempatan untuk bertemu dengan para profesional, belajar dari pengalaman mereka, dan mendapatkan dukungan serta umpan balik.
  • Buat Portofolio dari Case / Proyek : Setelah membuat sistem android , kalian bisa jadikan proyek dan case yang kalian buat sebagai fortfolio dan dapat ditunjukkan kepada calon perekrut. Ini akan membuktikan kemampuan dan keterampilan Anda dalam pengembangan Android, meskipun Anda memiliki latar belakang non-IT.
  • Belajar Secara Mandiri dan Konsisten : Teruslah belajar secara mandiri dan konsisten bisa anda pelajari dari literasi, blog, sosial media mudah diakses belajar secara otodidak atau kalian bisa simak materi yang dibahas tuntas di laman website dan sosial media Gits Indonesia (Gits.id) serta memperbarui keterampilan Anda sesuai dengan kebutuhan pasar.
  • Ikuti Kursus dan Pelatihan : Untuk sebagai seorang android developer dibutuhkan sertifikasi profesional , maka untuk mempelajari ilmu serta sertifikasi , dengan mengikuti kursus dan pelatihan untuk pengembangkan skill dalam mengelola Android. Ada banyak kursus online dan program sertifikasi yang ditawarkan oleh berbagai platform pembelajaran daring, salah satunya di Gits.id

Growth Up Bersama GITS.ID Yuk!

GITS.ID adalah wadah yang tepat mengasah skill mendalami android development karena sudah 15 tahun terpercaya menghandle pembuatan software sesuai dengan permintaan klien kami dengan pelayanan seperti Discovery & Co Creation​, Google Cloud​, Google Workspace​, Android Application Development​, iOS Application Development , Website Development​, Flutter for Development, Data,  Machine Learning​ dan Service. Hubungi GITS.ID sekarang dan jadilah bagian dari GITS PEOPLE .

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States