Apa Itu Data Dashboard dan Kegunaannya untuk Perusahaan

Apa Itu Data Dashboard dan Kegunaannya untuk Perusahaan

Pengolahan data merupakan salah satu tahapan penting, mengingat keberhasilan perusahaan salah satunya bergantung pada ketersediaan informasi data. Oleh karena itu, kemunculan data dashboard  yang berfungsi untuk menyajikan data analisis Key Performance Indicator (KPI) yang berbasis komputasi sangatlah membantu untuk melihat performa sebuah perusahaan.

Dashboard sistem merupakan proses penyampaian informasi yang berhubungan dengan visualisasi. Banyak perusahaan besar yang memanfaatkan perusahaan jasa dalam pembuatan dasbor data untuk memperoleh hasil lebih optimal.

Sebelum kita mulai membahas manfaatnya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu data dashboard.

Pengertian Data Dashboard

Secara sederhana, key data dashboard merupakan aplikasi yang membantu tim perusahaan dalam melakukan input data. Nantinya, aplikasi ini akan menampilkan berbagai data dan informasi secara sistematis dan jelas.

Karena visualisasi datanya yang berbasis persentase dan angka, data dashboard secara tidak langsung berperan sebagai resume singkat. Proses analisis dan penyampaiannya yang tertata rapi juga menjadi keunggulan dari penggunaan dashboard ini.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak perusahaan dari berbagai sektor perlu menggunakannya. Misalnya, perusahaan perbankan dan perusahaan keuangan. 

Lebih dari sekedar menampilkan data, dashboard yang satu ini juga bisa berperan sebagai business intelligence sederhana yang cukup membantu. Data dashboard bisa digunakan sebagai Key Performance Indicator (KPI) yang menjadi dasar untuk menentukan kebijakan dan pangsa pasar. 

Dashboard ini juga bisa berfungsi sebagai sebuah alat monitor, yang juga dapat digunakan untuk membantu kinerja seluruh stakeholder perusahaan, terutama untuk memberikan penyajian informasi yang akurat dan berkaitan dengan performa perusahaan.

Mengapa Data Dashboard itu Penting?

Seperti pada ulasan sebelumnya, dasbor data ini memiliki peran sebagai resume singkat tentang data statistik sebuah perusahaan. Namun, ternyata tak hanya itu saja, berikut ini beberapa alasan penting mengapa dashboard bisa sangat berguna untuk bisnis Anda.

  1. Memberi View Lebih Luas untuk Bisnis

Anda bisa mengetahui semua poin terkait performa perusahaan dengan adanya dashboard. Misalnya, seperti matriks dan performa perusahaan dalam berbagai bentuk. Bahkan, Anda bisa mengetahuinya secara real time.

  1. Historical Data Lebih Terorganisir

Salah satu keunggulan dashboard yang digunakan untuk mengolah data secara online maupun offline adalah kemampuannya dalam merekam data-data perusahaan dalam jangka waktu lama. Ini bisa membuat waktu dan tenaga jadi lebih efisien.

Misalnya, ketika Anda membutuhkan data-data histori perusahaan satu tahun yang lalu tapi dengan waktu yang terbatas. Dengan data dashboard, semua bisa Anda lihat dengan cepat.

  1. Meminimalisir Resiko Bisnis

Sebenarnya ini fakta yang saling berkesinambungan satu sama lain. Data yang diberikan secara akurat dan realtime membuat seluruh stakeholder menjadi lebih mudah untuk melakukan observasi terhadap kondisi perusahaan.

Dari hal tersebut, para staff cenderung lebih berhati-hati dalam mengerjakan tugasnya. Dashboard yang secara khusus digunakan untuk data juga membuat manager bisa memberikan informasi atau mencari solusi saat ada permasalahan yang berpotensi menimbulkan kerugian. 

Apa Beda Data Dashboard dan Laporan?

Lalu, apakah dashboard yang mengutamakan penyajian data ini sama dengan laporan perusahaan? Jawabannya adalah: tidak. 

Berikut ini beberapa perbedaan antara data dashboard dan laporan.

  1. Data Dashboard
    1. Secara tampilan, dashboard tampak lebih ringkas
    2. Dashboard mengedepankan visual dengan penggunaan berbagai jenis bagan dan grafik
    3. Dashboard lebih terfokus terhadap indikator kinerja utama,
    4. Dashboard khusus untuk data ini cenderung berguna untuk memonitori secara sekilas
    5. Dashboard umumnya hanya akan menyampaikan poin-poin penting.
  2. Laporan
    1. Penyampaiannya lebih lebar dan terperinci, meski juga memiliki komponen ringkasan
    2. Punya sifat yang lebih tabular dengan diagram dan komponen grafik tambahan
    3. Data yang mendasarinya cenderung menjadi fokus utama
    4. Umumnya memerlukan pembacaan penuh karena data yang disampaikan jauh lebih lebar dan terperinci
    5. Laporan cenderung lebih kompleks.
Apa Itu Data Dashboard dan Kegunaannya untuk Perusahaan

Kegunaan Data Dashboard dalam Bisnis

Ada banyak manfaat penggunaan data dashboard untuk bisnis. Mulai dari segi visibilitas, sampai adanya efisiensi uang dan tenaga. Berikut ini penjelasan mengenai kegunaannya:

  1. Memperlihatkan Perkembangan Proyek

Data dashboard punya manfaat dalam segi visibilitas. Dashboard ini juga memiliki kemampuan untuk memperlihatkan bagaimana kinerja dari sebuah proyek secara realtime. 

Tak hanya itu, dashboard ini juga punya tugas untuk melakukan penambangan, perhitungan, bahkan menampilkan semua informasi terkait performa perusahaan.

  1. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Manfaat data dashboard ini sejalan dengan tujuan pembuatannya, yaitu untuk membantu kinerja proyek agar lebih efisien. 

Umumnya, pembuatan laporan konvensional akan memerlukan lebih banyak waktu Terlebih jika terdapat kesalahan data input, maka Anda harus mengulangi pembuatannya dari awal dan memakan waktu yang lebih banyak. 

Dengan adanya data dashboard, kesalahan-kesalahan seperti itu bisa diminimalisir.

  1. Data Lebih Terpusat

Setiap proyek dan data yang Anda perlukan, semua bisa tersimpan dalam data dashboard. Semua data hanya membutuhkan satu tempat untuk menyimpan dan menampilkannya dikemudian hari.

  1. Akuntabilitas yang Lebih Sempurna

Data dashboard tidak hanya sekedar alat pasif dengan menunjukkan apa yang terjadi secara realtime. Dashboard juga akan turut serta menampilkan data apa saja yang memiliki hasil yang kurang maksimal.

  1. Bantu dalam Pengambilan Keputusan

Data dashboard bisa membantu Anda dalam menentukan sebuah keputusan. Dashboard tidak hanya menampilkan kemungkinan berdasarkan prasangka, melainkan dengan data-data real yang tersedia. 

Dengan demikian, Anda juga akan mendapatkan pandangan yang lebih jelas tanpa bias. 

Kesimpulannya, dashboard akan memberi kemungkinan hasil yang lebih baik, karena Anda melakukan pengukuran proyek secara akurat berdasarkan data. Pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih terencana.

Tools dalam Pembuatan Data Dashboard

Ada beragam jenis tools yang bisa Anda pakai. Umumnya, tools tersebut juga telah memiliki template atau data dashboard examples. Misalnya seperti dashboard untuk media sosial, funnel visualization, maupun dashboard SEO.

Berikut ini tiga data dashboard tools yang bisa Anda pakai untuk beberapa keperluan.

  1. Google Data Studio

Sesuai namanya, ini merupakan tools visualisasi data yang cukup populer belakangan ini. Anda bisa menggunakan dashboard Google Data Studio ini secara gratis, tanpa biaya. 

Ada berbagai kelebihan dari Google Data Studio. Diantaranya adalah keberadaan opsi widget yang lebih lengkap, sumber data yang luas, cara membagikan yang mudah, dan laporan yang lebih interaktif.

  1. Databox

Selain dashboard Google Anda juga bisa menggunakan Databox. Databox menawarkan berbagai keunggulan. Seperti misalnya dari segi fleksibilitasnya, tampilan antarmuka yang intuitif, dan beberapa alat yang cukup lengkap.

Databox menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dari segi waktu dan tempat Anda membuat data. Anda bisa menggunakan perangkat apapun sesuka dan semau Anda. 

  1. Microsoft Power BI

Tools besutan Microsoft ini menggunakan cloud dan web sebagai basis datanya. Tidak heran jika tools ini cukup ringan dan lebih fleksibel. 

Microsoft juga menyediakan versi aplikasi, baik untuk desktop maupun untuk ponsel. Dengan begitu, Anda bisa mengumpulkan data, buat laporan yang interaktif dan realtime kapan pun dan di mana pun.

Anda juga bisa melakukan sesi tanya jawab melalui platform ini. Caranya, cukup masukkan pertanyaan untuk melakukan pemeriksaan secara spesifik dan mendalam. 

Anda tidak punya banyak waktu untuk membuat data dashboard secara sempurna? Tenang! 

Anda bisa menyerahkan tugas ini kepada GITS.id, ahli atau profesional dalam bidang visualisasi data dashboard.

Kami menawarkan berbagai jasa pengembangan secara profesional dan terkustomisasi. Salah satunya yaitu layanan Data dan Design Service atau yang disingkat sebagai DDS. Melalui DDS, kami memberikan solusi dengan ide yang lebih inovatif.

Kami juga bisa memberikan bantuan jasa seperti pembuatan mobile application atau software yang dibutuhkan perusahaan Anda. Tidak lupa servis outsourcing yang juga bisa dilakukan oleh GITS.id

Untuk informasi seputar jasa data dashboard atau DDS dari GITS.id, Anda bisa langsung mengunjungi website kami atau klik di sini.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286