Antara AWS vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

aws vs google cloud

Komputasi awan atau cloud computing selama ini didominasi oleh raksasa-raksasa terkenal, seperti AWS vs Google Cloud. Komputasi awan merupakan metode penyimpanan dan penyedia layanan lainnya yang memanfaatkan internet.

Layanan yang disediakan biasanya sangat bervariasi, seperti misalnya perangkat lunak, jaringan, database, server, penyimpanan data, dan lain-lain. Dibandingkan dengan penyimpanan lokal seperti hard drive, penyimpanan berbasis awan lebih menguntungkan dan hemat biaya.

Perbandingan Harga AWS vs Google Cloud

Memilih cloud computing platform yang paling tepat adalah hal yang sangat penting. Dengan memilih platform yang terbaik, perusahaan bisa meraih keuntungan yang paling sesuai dengan bisnis yang berjalan. Dan untuk mendapatkan platform yang terbaik, Anda perlu membandingkan dua platform.

Dua jenis platform yang paling sering dibandingkan adalah AWS atau Amazon Web Services dan Google Cloud. Setiap platform punya keunggulannya sendiri. Hal pertama yang bisa Anda bandingkan adalah perbedaan harga antara Amazon Web Service dengan Google Cloud.

Harga Amazon Web Services

Amazon Web Services atau AWS menyediakan uji coba gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mencoba salah satu layanan dari AWS selama satu tahun penuh. Tapi sayangnya, uji coba gratis ini tidak mengizinkan Anda untuk menggunakan semua layanan yang AWS sediakan.

Amazon membatasi beberapa layanan saja untuk para penggunanya yang memilih uji coba gratis. Misalnya, Anda hanya akan mendapatkan layanan Amazon EC2 tipe t2.micro dengan 1 vCPU, storage elastic, dan 1 GB RAM.

Harga Google Cloud

Google Cloud juga menawarkan uji coba gratis tapi bedanya adalah skema yang digunakannya. Google Cloud akan memberikan kredit senilai USD 300 yang bisa dipakai oleh pengguna untuk menggunakan layanan apapun di platform Google Cloud.

Kredit senilai USD 300 ini bisa digunakan dalam waktu 1 tahun sejak Anda menciptakan akun platform Google Cloud. Kredit ini bisa dimanfaatkan untuk menggunakan layanan Compute Engine, layanan yang mirip dengan AWS EC2.

Biaya layanan Compute Engine dari Google Cloud adalah USD 30 per bulannya. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan 4 GB RAM, 1 vCPU, serta 1o GB penyimpanan untuk 10 bulan.

Perbandingan Harga AWS VS Google Cloud Pricing

Dalam sebuah contoh kasus penggunaan Compute Engine, diperlukan API front-end sebanyak 4 instance, web front-end 2 instance, layer aplikasi dengan 4 instance, dan Cassandra cluster 5 instance. Dari kebutuhan tersebut, estimasi biaya per bulan menggunakan Google Cloud adalah USD 1,978. Sedangkan dengan AWS adalah USD 3,992.

Dari skenario ini, terlihat Google Cloud bisa lebih murah 50% dari AWS. Ini juga karena ada diskon untuk pemakaian jangka panjang.

Google Cloud dan AWS menawarkan model harga yang sesuai dengan permintaan para penggunanya. Hal ini memungkinkan pendekatan yang lebih fleksibel, untuk menghapus atau menambah layanan ketika dibutuhkan.


    Subscribe now and stay updated!


    Perbandingan Cara Bayar AWS vs Google Cloud

    amazon web services vs google cloud platform

    Selain menawarkan harga yang berbeda, setiap platform cloud computing juga mempunyai perbedaan dalam hal penagihan atau cara pembayaran. Demi kenyamanan dalam pembayaran, setiap perusahaan yang tertarik untuk menggunakan salah satu layanan perlu memahami perbedaannya.

    Cara dan nominal yang perlu Anda bayarkan bergantung pada layanan apa saja yang Anda pilih. Setiap layanan hadir dengan harga dan metode pembayaran yang bervariasi. Setidaknya ada beberapa variabel yang bisa mempengaruhi penetapan harga dan pembayaran cloud yang Anda butuhkan:

    Jenis PembayaranFaktor yang Mempengaruhi
    Mesin VirtualPersyaratan RAM, jumlah instans, instans sementara atau cadanan, dan jumlah CPU.
    Model BerlanggananBergantung pada keputusan Anda untuk membeli berdasarkan tahun, bulan, hari, jam, menit, atau bahkan hitungan detik.
    Disk PenyimpananTergantung jumlah penyimpanan yang Anda perlukan, persyaratan redudansi, tipe data, terpasang secara lokal atau ke jaringan.
    DukunganTergantung pada tingkat yang Anda pilih, rata-rata pembelanjaan cloud bulanan, dan apakah Anda ingin menyesuaikan dukungan yang akan digunakan atau tidak.
    LokasiHarga yang Anda bayarkan dipengaruhi oleh lokasi dari pusat data yang akan digunakan.
    Model PembayaranAnda bisa memilih layanan pembayaran sesuai dengan instans yang Anda pesan, sesuai pemakaian, atau sesuai dengan kontrak untuk penggunaan dalam jangka panjang.

    Dengan memahami apa saja yang bisa mempengaruhi harga dan pembayaran atau billing dari Amazon AWS vs Google Cloud, Anda bisa menentukan layanan mana saja yang paling tepat dan sesuai untuk perusahaan Anda. Yang manakah yang lebih murah antara kedua platform ini?

    Jawabannya tergantung pada pengaturan serta layanan yang Anda butuhkan. Ada beberapa layanan dari AWS yang lebih mahal dibandingkan dengan layanan yang disediakan oleh Google Cloud. Tapi beberapa layanan dari AWS lebih mahal dari yang disediakan oleh Google Cloud.

    Google Cloud Lebih Baik Daripada AWS

    Ditinjau dari jumlah produk dan pelanggan, Amazon Web Services tampaknya lebih unggul dibandingkan dengan Google Cloud. Tapi kesimpulan dari AWS vs Google Cloud Platform adalah Google Cloud lebih unggul karena platform ini menyediakan seluruh fungsi yang Anda perlukan.

    Selain itu, Google Cloud juga menawarkan harga yang lebih baik dan dilengkapi dengan model konfigurasi yang didukung oleh adanya traffic privacy dan berbagai langkah keamanan yang terjamin. Berikut ini contoh perbandingan antara AWS vs Google Cloud yang sebaiknya Anda pahami.

    Dashboard Google Cloud

    Dashboard milik Google Cloud akan menyediakan lebih banyak informasi yang menarik mengenai penggunaan resource di setiap layanan yang Anda gunakan. Berpindah dari satu project ke project lain akan terasa jauh lebih mudah dengan dashboard dari Google Cloud.

    Dashboard AWS

    Dashboard AWS hanya menawarkan daftar informasi dan instance tambahan. Tampilannya sangat biasa serta kurang modern. Perpindahan dari layanan yang satu ke layanan yang lain terasa lebih sulit karena susunan dashboardnya adalah per layanan.

    Daftar Google Cloud Via GITS.ID

    Setelah melihat semua perbandingan antara AWS vs Google Cloud, Anda tentu akan lebih tertarik untuk menggunakan Google Cloud. Jika ini adalah kali pertama perusahaan Anda menggunakan cloud computing platform, konsultasikan cara menggunakan Google Cloud dengan GITS.ID.

    GITS.ID telah berpengalaman dalam dunia IT selama 13 tahun. GITS.ID juga merupakan pilihan terbaik untuk membuat akun Google Cloud karena GITS.ID merupakan partner resmi Google Cloud. Hubungi GITS.ID sekarang juga dan dapatkan penawaran terbaik untuk Google Cloud platform.


    Mulai Migrasi ke Google Cloud atau Jadikan Multicloud yang Cost-Effective

    Share Article
    Facebook
    Twitter
    LinkedIn
    WhatsApp
    Related Article

    Contact us

    You have a new project?

    Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

    Head Office

    Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286