Business Membandingkan Azure Cloud vs Google Cloud, Lebih Baik yang Mana?

Membandingkan Azure Cloud vs Google Cloud, Lebih Baik yang Mana?

Layanan cloud computing atau komputasi awan seperti Azure Cloud vs Google Cloud bukan sekedar memungkinkan para penggunanya untuk mengakses data secara remote. Dengan menggunakan cloud computing, perusahaan bisa mengecek email dimanapun dan menyimpan file di awan.

Berbagai perusahaan yang memanfaatkan layanan cloud computing bisa memangkas penggunaan biaya dengan lebih signifikan. Sebelum teknologi cloud tersedia, perusahaan perlu membeli atau membangun manajemen IT milik sendiri. Hal ini tentu memakan banyak biaya.

Perbandingan Harga Azure Cloud vs Google Cloud

Dua perusahaan besar penyedia layanan cloud computing adalah Microsoft dan Google. Microsoft menawarkan Azure Cloud sedangkan Google menyediakan layanan Google Cloud Platform atau GCP. Keduanya menghadirkan fitur yang berbeda dan tentunya harga yang berbeda juga.

Bagi sebagian perusahaan, harga platform cloud computing adalah hal yang paling utama. Jika perusahaan Anda juga sedang berusaha memilih platform cloud computing dengan harga yang paling bersaing, sangat penting untuk memahami penetapan harga yang dilakukan oleh Microsoft dan Google.

Harga Microsoft Azure Cloud

Pilihan lisensi software Microsoft agak lebih rumit. Penggunaan diskonnya juga didasarkan pada situasi yang berbeda.

Harga Google Cloud Platform

Google menggunakan harga sebagai salah satu poin yang membedakannya dengan perusahaan penyedia layanan cloud computing lainnya. Tujuannya adalah untuk menyediakan harga yang ramah pelanggan.

Google menggunakan kontrak yang lebih fleksibel dan menawarkan diskon yang lebih besar dengan tujuan memenangkan pasar, terutama para pelanggan yang masih menghabiskan banyak uang untuk menggunakan layanan cloud computing dari para pesaingnya.

Perbandingan Harga antara Azure dan Google

Tertarik untuk mengetahui perbedaan model harga antara Azure Cloud vs Google Cloud? Perhatikan tabel berikut ini dan pastikan Anda memilih layanan cloud computing yang terbaik.

Jenis LayananMicrosoft Azure CloudGoogle Cloud Platform
Instans Paling MendasarInstans paling mendasar yang disediakan mencakup 2 vCPU serta RAM berukuran 8 GB. Harga yang perlu Anda bayarkan adalah sekitar USD 70 per bulan.Instans GCP yang paling mendasar meliputi 2 vCPU dan RAM 8 GB. Harganya kurang lebih USD 52 per bulan. Harga ini lebih mudah 25% dibandingkan harga dari Azure.
Instan Paling BesarAzure menawarkan instans terbesar yang mencakup 128 vCPU dan RAM berukuran 3,89 TB. Biaya penggunaannya adalah sekitar USD 6,79 per jamnya.Instans terbesar yang Google sediakan meliputi 160 vCPU dan RAM sebesar 3,75 TB. Biaya penggunaannya hanya sekitar USD 5,32 saja per jamnya.

Azure sudah menawarkan penagihan pembayaran dengan hitungan menit. Sedangkan Google Cloud lebih unggul karena sudah menawarkan penagihan biaya per detik sehingga para penggunanya bisa lebih berhemat dalam menggunakan layanan cloud computing dari Google.

Google juga menyediakan banyak diskon yang akan membantu para pelanggan menghemat biaya sampai 50%. Tapi sebelum memilih salah satu layanan cloud computing, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu perbedaan fitur antara Azure Cloud vs Google Cloud.

Google Cloud Lebih Baik Daripada Azure Cloud

Dalam segi harga, Google Cloud jauh lebih unggul dibandingkan dengan Microsoft Azure Cloud. Jika perusahaan Anda benar-benar ingin berhemat saat menggunakan teknologi cloud computing, utamakan Google Cloud dibandingkan dengan Azure maupun platform lainnya.

Agar lebih mantap dalam memilih platform yang terbaik untuk keperluan perusahaan, Anda juga perlu memahami fitur apa saja yang diunggulkan oleh setiap platform. Dengan begitu, Anda bisa melihat lebih jelas perbedaan antara kedua platform dan memutuskan yang terbaik.

Perbedaan Fitur Utama

Saat ini, setiap penyedia layanan cloud computing menawarkan berbagai fitur dan alat yang dirancang untuk memudahkan berbagai perusahaan yang memilih untuk menggunakan layanan yang mereka sediakan. Google dan Microsoft mempunyai keunggulannya tersendiri dalam hal fitur utama.

  • Fitur utama Microsoft Azure Cloud

Ada setidaknya 2 fitur utama yang ditawarkan oleh Microsoft Azure Cloud. Yang pertama adalah layanan kognitif yang mencakup Bing Web Search API, Face API, Text Analytics API, Custom Vision Service, dan Computer Vision API.

Microsoft Azure juga menyediakan IoT yang meliputi berbagai layanan analitik dan manajemen serta layanan komputasi tanpa server. Microsoft Azure juga memperkenalkan alat yang bisa mendukung software Microsoft lokal.

  • Fitur utama Google Cloud Platform

Dari seluruh teknologi canggih yang Google sediakan, ada API untuk bahasa alami, terjemahan, ucapan, dan sebagainya. Google Cloud Platform juga menawarkan layanan internet of things tanpa server. Tapi layanan ini masih berupa pratinjau beta dan belum sepenuhnya siap untuk digunakan.

Saat ini Google Cloud Platform merupakan pemimpin dalam pengembangan Artificial Intelligence atau AI. TensorFlow adalah salah satu teknologi yang Google kembangkan dan sudah sangat populer di kalangan para developer atau pengembang.

  • Layanan Komputasi Azure Cloud vs Google Cloud

Perbedaan lainnya terletak pada penawaran layanan komputasi antara Microsoft Azure Cloud dan Google Cloud Platform. Microsoft dan Google mengembangkan layanan komputasi yang sangat berbeda. Untuk memahaminya, perhatikan tabel layanan antara Azure dan Google Cloud berikut ini.

Jenis Layanan KomputasiMicrosoft Azure CloudGoogle Cloud Platform
IaaSMenggunakan Virtual Machines.Menggunakan Google Compute Engine.
PaaSCloud Services dan App ServiceGoogle App Engine
ContainersAKS atau Azure Kubernetes Service.Google Kubernetes Engine.
Serverless FunctionsAzure FunctionsGoogle Cloud Functions
Penyimpanan ObjekBlob StorageGoogle Cloud Storage
Disk Server VirtualManaged DisksPersistent Disks
Penyimpanan DinginArchived Blob StorageStorage Nearline
Penyimpanan DataFile StorageZFS/Avere

Masih banyak perbedaan lainnya antara Google Cloud dan Microsoft Azure. Pilih layanan cloud computing yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dengan begitu, perusahaan bisa memperoleh layanan yang paling berkualitas.

Pertimbangkan juga harga dan metode penagihan yang ditetapkan oleh setiap penyedia layanan cloud computing. Prioritaskan layanan cloud computing yang bisa membantu perusahaan untuk berhemat. Sehingga pengeluaran perusahaan bisa dipangkas dan profit pun akan semakin bertambah.

Daftar Google Cloud Via GITS.ID

Setelah memahami keunggulan Google Cloud dibandingkan Microsoft Azure Cloud, Anda pasti akan lebih tertarik untuk menggunakan Google Cloud Platform yang memang lebih menguntungkan untuk berbagai perusahaan. Sekarang saatnya melakukan pendaftaran Google Cloud.

Percayakan proses pendaftaran dan pembuatan akun Google Cloud pada GITS.ID, partner resmi Google Cloud yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan selama lebih dari 10 tahun. GITS.ID juga menawarkan berbagai produk lain yang Anda butuhkan untuk mengembangkan perusahaan.


Mulai Migrasi ke Google Cloud atau Jadikan Multicloud yang Cost-Effective

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Antara Oracle Cloud vs Google Cloud, Mana yang Paling Sesuai untuk Kebutuhan Perusahaan Anda?

Cloud computing merupakan platform penting yang menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang menggunakannya. Dua platform cloud computing yang bersaing untuk mendapatkan perhatian...

IBM Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Sesuai untuk Perusahaan Anda?

Dari antara banyak penyedia layanan cloud computing, IBM Cloud vs Google Cloud adalah dua penyedia yang cukup terkenal. Kedua perusahaan tersebut terus...

Perbandingan Alibaba Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

Layanan cloud computing sudah menjadi salah satu pilihan yang sangat menonjol saat ini. diantara sekian banyak layanan cloud...

Membandingkan Azure Cloud vs Google Cloud, Lebih Baik yang Mana?

Layanan cloud computing atau komputasi awan seperti Azure Cloud vs Google Cloud bukan sekedar memungkinkan para penggunanya untuk...

Antara AWS vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

Komputasi awan atau cloud computing selama ini didominasi oleh raksasa-raksasa terkenal, seperti AWS vs Google Cloud. Komputasi awan merupakan metode penyimpanan dan...