Delivery Management Software dalam Bisnis Logistik

  • Business
  • Delivery Management Software dalam Bisnis Logistik
Bisnis Logistik dengan Delivery Management Software

Era disrupsi dan pandemi telah memunculkan trend gaya hidup baru bagi banyak orang. Saat ini, orang merasa lebih senang dengan layanan delivery. Belanja pun ingin yang semudah mungkin. Cukup dengan buka pintu, barang datang, dan langsung bayar. Karena trend inilah bisnis Anda sangat mungkin membutuhkan delivery management software.

Peluang Bisnis Delivery Service

Delivery service merupakan bentuk pelayanan prima para pelaku bisnis bagi konsumen. Service ini bisa Anda jalankan secara manual maupun menggunakan aplikasi.

Layanan pengiriman secara manual contohnya seperti ketika Anda melayani pengantaran secara langsung menggunakan kurir pribadi di wilayah dalam kota. Pemesanan servis cukup melalui pesan Whatsapp dan sejenisnya.

Sedangkan layanan pengiriman menggunakan aplikasi umsumnya memiliki jangkauan yang lebih luas. Tidak hanya di dalam kota, layanan ini juga dapat menjangkau antar provinsi bahkan terkadang antar negara.

Logistic service seperti JNE, JNT, SiCepat, Indah Cargo dan lainnya merupakan bentuk layanan pengiriman barang yang memiliki peminat cukup tinggi seiring dengan meningkatnya jumlah konsumen yang berbelanja secara online. Bisnis ini membutuhkan management software untuk delivery guna menunjang kemajuan bisnisnya.

Perubahan gaya hidup banyak orang yang kini cenderung lebih memilih bertransaksi secara online telah memunculkan peluang usaha menjanjikan di bidang bisnis delivery. Bukan hanya di perkotaan, bisnis ini pun semakin tinggi konsumennya di tingkat wilayah desa.

Beberapa peluang menjanjikan dari bisnis delivery ini di antaranya:

  • Semakin tingginya kebutuhan berbelanja di e-commerce, maka peluang bisnis delivery makin menjanjikan.
  • Trend pembayaran menggunakan aplikasi dompet digital meningkatkan tren belanja online yang membutuhkan layanan delivery.
  • Trend marketing baru, seperti Tik Tok Live, Instagram Live para pelaku bisnis telah mendorong peningkatan yang signifikan bagi bisnis delivery.

Konsumen akan lebih mudah memberikan keputusan closing jika ada layanan kemudahan bertransaksi melalui sistem delivery. Semakin mudah caranya, semakin banyak konsumen yang memutuskan berbelanja dengan bantuan pengiriman online. Sehingga delivery management software dapat menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan untuk Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui juga tentang management system distributor, bisa anda simak pada artikel berikut “Distributor Management System yang Baik“.

Hal Penting yang Perlu Anda Atur dalam Delivery Service

tracking barang dengan aplikasi delivery service

Pada prinsipnya, layanan delivery merupakan bentuk kemudahan bagi konsumen yang membutuhkan proses manajemen pengiriman yang baik dari pelaku bisnis. Selama proses pengiriman, perlu ada beberapa hal yang Anda atur untuk memastikan konsumen nyaman, tenang, dan percaya.

Apa saja hal yang perlu Anda perhatikan pengaturannya, berikut penjelasannya:

  1. Resi belanja yaitu bentuk bukti pengiriman yang berisi nomor seri tertentu sebagai alat bagi konsumen mendapatkan hak barang yang Anda kirimkan. Resi ini perlu Anda kelola agar konsumen percaya bahwa barang telah Anda kirim.
  2. Rute pengiriman barang juga perlu Anda kelola. Konsumen biasanya akan melakukan tracking melalui aplikasi sampai di mana perjalanan barang yang mereka beli.
  3. Packaging yang aman pada produk yang Anda kirimkan juga penting untuk keamanan barang sampai ke tangan konsumen.
  4. Ongkos kirim aksesnya bisa langsung dilihat konsumen di aplikasi. Cara ini lebih memudahkan konsumen dan mereka akan lebih mudah mengambil keputusan saat berbelanja.
  5. Layanan kontak bagi konsumen agar selalu aktif. Jika konsumen bertanya resi, komplen barang belum datang, dan lainnya maka Anda harus siap melacaknya melalui sistem yang Anda miliki.

Secara singkat, semua hal bisa Anda control menggunakan sebuah sistem software yang lebih mudah, seperti delivery management software. Jika pelanggan atau tujuan distribusi melakukan komplain, maka dengan mudah Anda bisa melacaknya, memberikan informasi yang lebih akurat tentang hal yang menjadi permasalahan.

Cara Kerja Sistem GPS Tracking

GPS monitoring system merupakan sistem aplikasi yang kini banyak jadi pilihan orang untuk kemudahan melacak dan memonitoring pengiriman barang. Untuk itu, Anda membutuhkan delivery management software dalam menjalankan usaha pengiriman barang..

Bagaimana cara kerja dari sistem ini?

1. Penempatan Alat pada Kendaraan

Cara kerja dari alat ini cukup mudah. Sistem ini biasanya bisa Anda lakukan dengan menempatkan alat pada kendaraan atau barang yang sedang bergerak dan bisa Anda pantau secara realtime. Alat inilah nantinya yang akan berguna mengirimkan lokasi pengiriman.

2. Pengiriman Lokasi

Alat yang sudah terpasang tersebut nantinya akan mengirimkan lokasi dalam bentuk titik koordinat dari kendaraan atau barang yang diberi alat tersebut.

Data koordinat pengirimannya menggunakan sinyal dari telepon seluler. Selanjutnya titik koordinat akan tampil melalui Google Maps.

3. Pemantauan

Melalui sinyal koordinat yang terlihat di Google Maps, maka Anda bisa melakukan pemantauan lokasi kendaraan kurir. Posisi kurir dan barang pun bisa terlacak secara mudah tanpa harus meminta si kurir untuk melaporkan lokasinya secara manual.

Cara kerja alat secara digital ini tentu saja akan lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis. Cara kerja yang akan lebih memudahkan, membangun kepercayaan konsumen, sekaligus mengurangi risiko masalah pengiriman barang.

Selain itu, kurir pun akan merasa lebih nyaman dengan sistem seperti ini. Mereka akan merasa kerjanya terpantau melalui alat bukan dari manusia sehingga bekerja lebih nyaman dengan berbasis kejujuran dan profesional.

Saat ini penggunaan sistem tracking GPS menjadi trend di kalangan pebisnis. Memantau pengiriman berbagai produk secara lebih aman, mudah, dan terpercaya. Konsumen pun merasa nyaman berbelanja. 

Cukup memberikan alamat lengkap maka barang akan sampai dengan mudah ke alamat. Pemilik bisnis dapat memonitor semuanya delivery management software.

Membangun Delivery Management Software Bersama GITS.id

GPS tracking merupakan bentuk teknologi populer yang banyak jadi pilihan pengelola perusahaan untuk memudahkan pelayanan pada konsumen.

Proses distribusi barang menjadi lebih aman, mudah, dan efektif. Perusahaan Anda membutuhkan layanan delivery yang profesional berbasis teknologi terkini. Semakin bagus teknologi yang Anda gunakan, maka keamanan, kemudahan, dan efektivitas kerja akan semakin bisa Anda tingkatkan.

Perusahaan Anda sering bermasalah dengan distribusi barang? Banyaknya kurir yang tidak terpercaya bekerja di perusahaan Anda, atau konsumen sering komplain karena pengiriman yang tidak tepat waktu?

Inilah saatnya Anda bermitra bersama GITS.id. Anda akan mendapatkan solusi masalah delivery menggunakan delivery tracking software.

Delivery management software yang akan memudahkan Anda mengelola proses pengiriman secara mudah, aman, dan efektif. Penggunaan software ini akan menguntungkan Anda dalam beberapa hal, yakni:

  • Meningkatkan keamanan proses pengiriman barang kepada konsumen.
  • Membantu barang lebih cepat sampai ke tangan konsumen atau tujuan distribusi.
  • Memudahkan proses pemantauan tanpa kurir merasa risih dalam pengawasan perusahaan.
  • Cara ini akan membantu Anda lebih mudah dalam menghadapi komplain konsumen yang bermasalah dalam proses pengiriman barang.
  • Mengurangi risiko barang tidak terkirim oleh kurir karena faktor human. Proses control secara digital akan membuat kurir bisa bekerja secara lebih profesional.

GITS.id telah berpengalaman memberikan solusi sistem pengelolaan delivery untuk berbagai perusahaan. Melalui distribusi yang lancar dan profesional, keuntungan perusahaan Anda akan lebih mudah Anda perkirakan. Kualitas produk yang bagus saja tidak cukup jika sistem distribusi dalam perusahaan Anda bermasalah.

Tingkatkan keamanan distribusi perusahaan Anda menggunakan sistem delivery management software. Teknologi terkini yang akan membuat perusahaan Anda lebih profesional. Apapun produknya, amankan dengan sistem yang terpercaya.

Konsultasikan kebutuhan sistem Delivery management software yang sesuai dengan kebutuhan anda untuk membantu kinerja perusahaan anda.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States