Distributor Management System yang Baik

Distributor Management System yang Baik

Perusahaan yang berbisnis di bidang retail perlu memiliki distribution management system yang baik untuk mempermudah proses distribusi barang. Apalagi dengan adanya software khusus yang dimiliki perusahaan Anda dapat memberikan kemudahan bagi para distributor.

Fiturnya pun memberikan akses yang cepat dan mudah sehingga sangat efisien untuk digunakan. Namun, fitur seperti apa yang diperlukan dalam distribution management software? Berikut ini pembahasan terkait sistem manajemen distribusi beserta fitur-fiturnya.

Apa Itu Distribution Management?

Distribution Management (Ilustrasi)

Dalam manajemen distribusi biasanya terdapat sistem manajemen distribusi untuk mempermudah proses distribusi suatu barang. Distribusi diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berupaya untuk mempermudah proses pengiriman barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Pelaku distribusi disebut distributor. Namun, apa yang dimaksud dengan distribution management dan sistem seperti apa yang digunakan dalam manajemen distributor?

Distribution management merupakan suatu proses bisnis yang diterapkan oleh perusahaan dalam mengatur perencanaan, pengimplementasian, dan pengendalian ketersediaan, dan penyaluran produk ke konsumen akhir.

Prosesnya pun memerlukan beberapa tahapan seperti pengumpulan data yang berguna untuk mengidentifikasi pertumbuhan dan peluang kompetitif bisnis di pasar. Sehingga perusahaan pun dapat menjual produknya ke konsumen di waktu yang tepat dengan cara yang lebih efisien.

Distribution management berkaitan sebagai bagian dari logistik yang lebih besar untuk mengelola pengiriman barang dari supplier ke produsen, kemudian ke grosir atau retailer (ecer) dan terakhir ke pengguna akhir yakni konsumen.

Pentingnya Distribution Management dalam Bisnis

Distribution management tentu sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya dan mengirim produk-produknya agar bisa sampai ke konsumen dengan baik. Beberapa keuntungan perusahaan di bawah ini dapat diraih apabila menggunakan manajemen distribusi, yakni:

  • Dapat menarik banyak konsumen baru (banyak pelanggan).
  • Meningkatkan penjualan sehingga dapat menambah pendapatan penjualan dan profit bisnis secara signifikan.
  • Dapat mengevaluasi posisi pasar bisnis melalui pemanfaatan sumber daya distribusi yang lebih efisien.
  • Meningkatkan kualitas layanan pelanggan sehingga membantu perusahaan membangun hubungan baik dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan yang dapat mempengaruhi efektivitas lead time.
  • Mengurangi biaya operasional bisnis untuk kebutuhan distribusi.
  • Meningkatkan brand image dan reputasi brand perusahaan di pasar.

Jenis-Jenis Strategi Distribution Management

Dalam manajemen distribusi (distribution management) terdapat beberapa jenis strategi yang perlu diterapkan oleh pelaku bisnis dalam kegiatan industrinya sebagai berikut:

Manajemen Distribusi Massal

Merupakan proses pemasaran dan distribusi barang ke pasar massal, terlepas dari letak lokasinya dan persona target pelanggan. Misalnya perusahaan akan menjual produk berupa alat tulis ke konsumen umum dengan pemahaman bahwa semua orang membutuhkan produknya.

Manajemen Distribusi Selektif

Manajemen ini mengacu pada proses pengelolaan dan pendistribusian produk maupun layanan bisnis ke kelompok penjual tertentu. Misalnya perusahaan obat-obatan akan menjual produknya ke klinik maupun sektor retail apotek.

Manajemen Distribusi Eksklusif

Manajemen distribusi eksklusif mengacu pada proses pendistribusian produk atau layanan ke kelompok penjual yang sangat terbatas (eksklusif). Misalnya brand Chanel hanya akan mengirim produknya ke sebagian toko kecil retail khusus barang-barang mewah.

Baca Juga: Reseller & Affiliator Management Software untuk Bisnis

Tentang First Mile Delivery dan Last Mile Delivery

Mungkin bagi sebagian orang hanya akan memikirkan kapan barang pesanannya itu sampai, tetapi tidak tahu proses dari bagaimana suatu produk tersebut dapat sampai ke tangan konsumen. Ternyata terdapat tahapan yang runtut. Tahapan inilah yang disebut dengan supply chain milestone.

Barang akan sampai ke konsumen dengan beberapa tahapan, berikut ini bagian tahapannya:

First Mile

First-mile delivery merupakan tahapan awal dalam pengiriman suatu produk, dimana pada tahap ini produk diambil dari pabrik menuju ke gudang atau pusat distribusinya.

Pada perusahaan e-commerce, first mile diartikan sebagai proses dimana barang diambil dari retailer, lalu ditransfer ke penyedia logistik pihak ketiga. Nantinya, pihak ketiga akan memberikan barang tersebut ke penyedia layanan kurir, kemudian dikirim ke konsumen akhir.

Middle Mile

Tahapan kedua ini dimana setelah barang sampai di gudang penyimpanan atau di pelabuhan, maka akan diangkut ke distributor. Di beberapa perusahaan seperti ritel tahap middle mile ini cukup dibutuhkan dalam rantai pasokan.

Last Mile

Last-mile delivery merupakan tahapan terakhir dimana, pada fase ini adanya pengangkatan barang dari gudang pengiriman ke destinasi akhir. Proses last-mile dari rantai pasokan harus dengan kecepatan kilat agar pelanggan bisa senang apabila barangnya sampai dengan cepat.

Last-mile delivery menjadi tahapan perjalanan yang paling mahal dari pusat transportasi ke tujuan akhir.

Distribution Management System Solusi Terbaik Untuk Mempermudah Distribusi

Berkembangnya teknologi digital yang pesat membuat hampir seluruh perusahaan beralih ke sistem digital untuk mempermudah pekerjaannya. Berbagai sistem pun dirancang khusus oleh perusahaan untuk kebutuhan bisnisnya. Salah satunya untuk distribusi produk baik retail maupun non retail.

Bagi Anda pemilik bisnis retail, sistem manajemen distribusi sangat diperlukan untuk mempermudah proses distribusi barang secara real-time. Cara ini lebih efisien dan mempercepat barang agar sampai ke tangan konsumen.

Distribution management system merupakan workforce management system dengan tambahan berbagai fitur canggih yang sangat cocok untuk proses distribusi sebuah perusahaan.

Software ini dapat mengintegrasikan semua proses distribusi. Mulai dari pemesanan barang, penerapan promosi harga, update stock inventory, pembuatan faktur, pengiriman barang, dan manajemen logistik secara keseluruhan yang sudah terhubung dalam satu sistem.

Software DMS pun dirancang khusus untuk kegunaan proses distribusi perusahaan Anda. Sehingga saat ini Anda tidak perlu lagi menggunakan cara manual dan dapat beralih ke sistem digital.

DMS pun akan menyimpan dan langsung menghubungkan ke divisi lainnya, sehingga proses management distribusi lebih praktis, efektif, dan efisien. Menariknya, DMS ini akan menyimpan data orang yang mengentri data dan dapat mengetahui setiap serah terima yang dilakukan antar divisi.

Dengan begitu, perusahaan Anda pun akan mudah mengontrol dan mengelola setiap pekerjaan melalui satu sistem.

Fitur dalam Distribution Management System

Pentingnya sebuah perusahaan untuk beralih ke sistem digital agar semuanya dapat terhubung dalam satu sistem. Adapun beberapa fitur yang terdapat dalam sistem manajemen distribusi yaitu:

  • Sales Order.
  • Survey & Report.
  • Service Ticket.
  • Market Info.
  • Collection.
  • Inventory.
  • Invoice.
  • Delivery Order.
  • Canvasser.
  • Purchase Order to Principal.
  • Pembuatan Laporan Keuangan.

Semua fitur di atas tentu memiliki keunggulan untuk bisnis Anda, beberapa keunggulan dari fitur tersebut diantaranya:

  • Mendukung kinerja bisnis perusahaan.
  • Visibilitas pada semua bagian distribusi.
  • Sistemnya sudah SaaS dan ketahanannya dalam krisis.

Distribution Management System with GITS.id

Beragam fungsi dan manfaat yang telah tersedia pada sistem manajemen distribusi ini menjadi solusi terbaik untuk mempermudah Anda dalam proses distribusi barang. Anda bisa membuat distribution management system khusus untuk perusahaan Anda.

Jika perusahaan Anda tertarik, GITS.id membuka jasa pembuatan software, aplikasi, web, dan lainnya. GITS.id akan memberikan pelayanan terbaik agar perusahaan Anda mendapatkan software yang tepat untuk proses distribusi.

Mari segera bergabung dan hubungi GITS.id dan dapatkan promo menariknya.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286