Customer Relationship Management dengan WhatsApp for Business

Customer Relationship Management dengan WhatsApp for Business

Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat semua orang beralih mengelola bisnisnya melalui digital salah satunya menggunakan WhatsApp Business. Platform ini berfungsi untuk menghubungkan Anda dengan pelanggan sebagai ruang komunikasi internal.

WhatsApp Business saat ini menjadi platform yang efektif digunakan untuk melayani pelanggan yang akan membeli produk/jasa ke perusahaan Anda. Disini, Anda bisa mengelola hubungan dengan pelanggan secara private disertai fitur otomatis untuk membalas pesan dengan cepat.

Ide Peluang Bisnis Lewat WhatsApp

Peluang bisnis lewat whatsapp (Ilustrasi)

Zaman yang sudah canggih ini memberikan banyak peluang kepada semua orang untuk menjalankan bisnis apapun. Apalagi peluang bisnis tersebut dapat menggunakan media seperti WhatsApp Business yang bisa melayani pelanggan sekaligus dapat memaksimalkan omset bisnis Anda.

Untuk memaksimalkan aplikasi ini, ada beberapa peluang bisnis yang bisa Anda terapkan melalui WhatsApp diantaranya:

Bisnis Jasa Online

Bagi Anda yang berminat ingin membuka usaha menawarkan jasa online, WhatsApp Business bisa menjadi salah satu platform yang tepat. Jasa yang ditawarkan pun biasanya berupa pembuatan web, aplikasi, software, dan lainnya.

Anda juga bisa membuat website atau platform lain untuk menawarkan jasa Anda, kemudian menghubungkannya melalui WhatsApp. Dengan begitu, peluang bisnis ini bisa mempermudah Anda dalam menawarkan jasa online secara luas.

Menawarkan Produk

Saat ini banyak para pedagang yang menawarkan produknya melalui berbagai media seperti WhatsApp Business. Melalui aplikasi ini pedagang bisa menghemat biaya dan tenaga dalam memasarkan produknya.

Terlebih jika Anda memiliki banyak teman kontak di WhatsApp akan mempermudah Anda untuk menjangkau pelanggan baru.

Jual Akun

Bisnis ini mungkin masih terdengar asing ditelinga Anda, namun nampaknya peluang bisnis jual akun ini sangatlah besar. Anda bisa menawarkan jasa akun untuk melihat film, video, game, dan lain-lain.

Tentunya jasa akun ini memiliki harga yang terjangkau dengan jangka waktu tertentu. Pembayarannya pun sangat mudah bisa melalui m-banking pelanggan. Anda bisa menawarkannya melalui WhatsApp Business kepada pelanggan Anda.

Bisnis Online

Ada banyak bisnis online yang bisa Anda lakukan melalui berbagai media salah satunya WhatsApp Business yang bisa digunakan untuk menawarkan produk seperti pakaian, makanan, alat elektronik dan lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang mendukung Anda secara otomatis dalam melayani pelanggan melalui fitur balas pesan otomatis secara cepat. Sehingga pelanggan akan lebih nyaman dan Anda bisa melayani keinginan pelanggan melalui chat WhatsApp.

Sebab, bisnis online lainnya pun biasanya menjadikan WhatsApp sebagai tools untuk menghubungkan penjual dengan pelanggannya secara private.

Dropshipper

Menariknya bisnis ini tidak harus membutuhkan modal, tetapi Anda hanya perlu kuota internet, media sosial seperti WhatsApp, maupun platform lainnya. Dropship dapat menawarkan produk kepada pelanggan dengan harga tertentu.

Jika konsumen tersebut tertarik, memungkinkan konsumen untuk menjadi pelanggan setia Anda. Produk yang sudah dipesan pun secara otomatis akan diproses oleh fitur jual beli online untuk sampai ke tangan pelanggan.

Reseller

Peluang bisnis satu ini sedang ramai dilakukan oleh berbagai kalangan seperti ibu-ibu, siswa sekolah, mahasiswa, dan lainnya. Keuntungan dari bisnis ini pun cukup menjanjikan lho. Anda menawarkan produk orang lain melalui media sosial, kemudian menghubungkannya melalui WhatsApp.

Jasa Marketing

Bisnis di bidang jasa ternyata memiliki peluang yang besar. Apalagi banyak para perusahaan atau UKM yang membutuhkan jasa marketing untuk memasarkan produknya di pasaran. Biasanya mereka akan mencari jasa marketing untuk menaikan penjualan produknya.

Bisnis jasa marketing ini bisa Anda lakukan melalui WhatsApp Business. Sehingga Anda bisa berkomunikasi secara private dengan pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Anda juga bisa menawarkan jasa marketing ini dengan harga terjangkau dengan beberapa pilihan alternatif. Biasanya pemilik usaha lebih senang dengan promosi yang dilakukan di media sosial karena memiliki target pelanggan yang luas.

Pengelolaan WhatsApp Business

WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang digunakan oleh seluruh orang di dunia. Namun, saat ini WhatsApp bisa digunakan untuk bisnis yang dikenal dengan WhatsApp Business. Cara pengelolaannya pun cukup mudah.

Anda bisa menggunakannya dengan mengikuti cara-cara di bawah ini:

Buat Nama Akun yang Tepat

Bagi Anda yang akan berbisnis melalui WhatsApp Business, buatlah nama akun bisnis yang sesuai dengan nama bisnis Anda. Namun, terdapat ketentuannya yakni:

  • Gunakan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata seperti “Rumah Tinggal”.
  • Tidak boleh menyematkan tanda baca (“?!).
  • Dilarang menambahkan karakter huruf non-alfanumerik.

Sematkan Profil yang Lengkap

Anda bisa menyematkan nama usaha, alamat, kategori, deskripsi, website, dan email. Untuk melengkapi profil Anda bisa membuka bagian pengaturan lalu melakukan penyuntingan. Selain itu, Anda bisa menyematkan halaman Facebook dan Instagram di profil tersebut.

Gunakan Fitur Pesan Otomatis

Fitur ini sangat membantu Anda untuk melayani pelanggan yang ingin berkomunikasi dengan Anda. Ada fitur Away Message untuk membalas pesan pelanggan di luar jam kerja. Lalu ada Greeting Message untuk balas pesan pelanggan baru.

Selain itu, layanan Quick Reply yang bisa digunakan untuk membalas pesan yang biasanya sering pelanggan tanyakan seperti jumlah stok produk dan lainnya.

Gunakan Katalog Produk

Anda bisa menambahkan deskripsi dan tautan terkait dalam e-catalog.

Pantau Pesan Masuk dan Pesan Keluar

Kelebihan aplikasi ini Anda bisa meninjau pesan masuk yang telah dibaca, terkirim, dan diterima.

Tentukan Kategori Bisnis

Terdapat kolom kategori yang bisa Anda lengkapi untuk membantu pelanggan agar mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalani.

Pemberian Label Pesan

Disini Anda bisa mengelompokan chat berdasarkan kriteria seperti pesan baru dan pesan menunggu pembayaran.

CRM (Customer Relationship Management) dengan WhatsApp

Disini Anda bisa mengelola bisnis melalui Business WhatsApp Integration atau fitur API WA Business yang menghubungkan WhatsApp dengan sistem lain yang digunakan perusahaan.

Fitur ini memungkinkan WhatsApp untuk berbagi data maupun informasi dengan sistem lain tanpa berpindah ke platform lain, sehingga lebih efisien. Cara kerja sistem ini yaitu biasanya dihubungkan dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) Sales dan Customer Service.

Integrasi WhatsApp dengan CRM ini menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi perkembangan bisnis Anda. Integrasi WhatsApp CRM bisa membantu bisnis untuk menghubungkan dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Contoh Campaign CRM lewat WhatsApp

Anda bisa melakukan campaign CRM lewat WhatsApp. Misalnya membuat pesan singkat otomatis dari WhatsApp Business yang bisa memudahkan Anda untuk melayani pelanggan dengan cepat. Dengan begitu, CRM dapat mengelola interaksi Anda dengan pelanggan secara baik.

Integrasi CRM ke WhatsApp dengan GITS.id

Setelah mengetahui mudahnya mengelola bisnis melalui WhatsApp Business yang sudah terhubung dengan CRM, tentunya cara ini bisa diterapkan pada bisnis Anda.

Apabila perusahaan Anda ingin menghubungkan CRM dengan WhatsApp Business, jangan ragu untuk menggunakan jasa dari GITS.id. Tentunya GITS.id sudah berpengalaman dalam menghubungkan CRM dengan Whatsapp Business. Kami juga dapat membantu Anda dalam mengembangkan marketing campaign plan dan implementasinya lewat CRM WA Business.

Anda bisa melihat portfolio GITS.id terlebih dahulu dan segera hubungi kami sekarang juga!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286