Data Analytics Platform: Definisi, Fungsi, dan Kendala

  • Business
  • Data Analytics Platform: Definisi, Fungsi, dan Kendala
Data Analytics Platform: Definisi, Fungsi, dan Kendala

Untuk menghasilkan suatu produk atau hasil yang lebih berkualitas, data analytics platform jadi salah satu pilihan terbaik untuk saat ini. Tools atau platform analisis data bisa memberikan hasil analisis yang akurat berdasarkan input data. 

Pertanyaannya, apa itu data analytics platform, fungsi sekaligus kegunaan, dan apa yang bisa dilakukan oleh platform data analitik? Anda bisa menyimak ulasan terkait berikut ini.

Dengan mengetahui seluk beluk data analytics platform, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakanya dalam proyek agar output perusahaan lebih maksimal.

Pengertian Data Analytics Platform

Sebelum membahas apa itu data analytics platform, pastinya Anda pernah mendengar istilah big data?

Big data merupakan kumpulan data dari perolehan atau pengumpulan suatu organisasi atau perusahaan. Umumnya, data ini berbentuk digital dengan kuantitas yang sangat besar.

Beberapa contoh big data yaitu data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan data perbankan. 

Untuk memperoleh informasi yang akan Anda butuhkan dari big data, Anda tidak mungkin melakukan pemeriksaan secara manual. Anda pasti akan memerlukan big data analytics platform

Dengan data analytics platform, Anda hanya memerlukan hitungan menit bahkan hitungan detik untuk mendapatkan informasi dari big data secara realtime. Proses analitik yang memanfaatkan aplikasi ini juga akan berjalan otomatis. 

Umumnya, data analitik platform memiliki beragam fitur menarik untuk mempermudah proses pembacaan suatu data. Contohnya seperti fitur traffic report untuk mengetahui statistik lalu lintas kunjungan situs. 

Ada juga fitur ecommerce tracking untuk mengetahui aktivitas belanja customer sampai fitur landing page dan audience report.

Fungsi Data Analytics untuk Perusahaan

Perusahaan, terutama yang memiliki data besar atau big data kemungkinan akan sangat memerlukan platform untuk data analitik. Berikut kegunaan atau fungsi dari data analytics.

  1. Perhitungan Statistik Jadi Lebih Mudah

Bagi beberapa perusahaan, data statistik merupakan salah satu hal yang penting. Sebab, hasil dari perolehan data tersebut akan digunakan dalam menunjang bisnis yang berlangsung.

Dengan adanya data analitik platform, pekerjaan para karyawan dalam melakukan perhitungan maupun analisis data semakin mudah.

  1. Efisiensi Waktu Perhitungan dan Analisis

Dengan menggunakan analisis secara manual, otomatis para pegawai akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan analisis data. Apalagi jika mereka harus melakukan analisis pada big data yang kuantitasnya banyak.

Untungnya, kehadiran platform data analytics membuat proses analisa menjadi lebih efektif. Efisiensi waktu berpotensi mempengaruhi output sebuah perusahaan.

Data analytics platform bisa menjadikan waktu untuk menganalisis data terutama yang berkaitan dengan statistik menjadi lebih efisien.

Efisiensi waktu dalam proses penghitungan akan meningkatkan kinerja para pegawai. Alasannya, karena mereka tidak akan terlalu berkutat pada satu pekerjaan saja dan bisa jauh lebih fleksibel untuk mengerjakan pekerjaan lain.

  1. Jadi Solusi untuk Bisnis

Dalam menjalankan kepentingan bisnis, healthcare data analytics platform memiliki peran yang penting dalam membantu perusahaan. Terutama dalam melakukan riset untuk menemukan sebuah solusi dari pertanyaan dan kebijakan yang akan dipilih oleh perusahaan.

Platform data analytics akan memberikan simpulan yang berasal dari berbagai hasil perhitungan data. Dengan begitu, keputusan dan kebijakan yang diambil perusahaan akan lebih objektif dan tidak bias.

  1. Bantu Riset Pasar Bisnis

Pastinya, setiap bisnis memerlukan riset pasar agar bisa mengetahui kebutuhan dan keinginan audiens. Selain itu, riset pasar juga bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan pasar dalam merespon sebuah produk. 

Proses riset pasar akan menjadi lebih mudah dengan teknologi yang lebih cepat dan akurat. Salah satunya adalah dengan hadirnya data analytics platform architecture

Kemampuan data analytics platform dalam menampilkan analitik data dari khalayak umum dapat membantu perusahaan dalam melakukan riset pasar dengan lebih efektif.

Bagaimana Data Analyzer Platform Bisa Membantu Perusahaan?

Pemanfaatan teknologi yang lebih canggih membuat penggunaan alat analisis data terbukti menumbuhkan perkembangan yang lebih baik. 

Oleh karena itu, perangkat lunak analitik data menjadi salah satu rekomendasi untuk perusahaan Anda. Dengan platform analitik data, proses analisis data bisa jauh lebih ringkas, mudah, serta efisien.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, data analitik platform membantu perusahaan dengan efisiensi waktu dan pekerjaan yang jauh lebih fleksibel.

Dengan begitu, Anda dan para staf bisa memfokuskan pada aspek layanan atau produksi dengan lebih optimal. 

Adanya hasil analitik dari unified data analytics platform yang valid akan membantu Anda dalam mengembangkan perusahaan dengan lebih baik.

Data Analytics Platform: Definisi, Fungsi, dan Kendala

Kemungkinan Kendala Pemakaian Data Analitik Platform 

Ada berbagai kendala yang bisa saja terjadi dalam menggunakan aplikasi atau platform analytics data. Apalagi jika Anda menggunakannya secara mandiri tanpa adanya bantuan profesional.

Berbagai kemungkinan yang akan terjadi selama menggunakan platform data analitik adalah:

  1. Pandangan Bias dalam Membaca Data

Dalam membaca sebuah data analisis, objektivitas merupakan salah satu kunci terpenting. 

Oleh karena itu, pandangan yang bias akibat adanya tekanan dari luar bisa membuat Anda salah membaca data. Termasuk kesalahan dalam memaknai sebuah data yang cenderung berakibat fatal. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak membawa tekanan dari luar ketika akan membaca sebuah data dan melakukan data analisis.

  1. Kesalahan Format Data Sebelum Memulai Analisis

Aktivitas input data dan pengecekan ulang secara keseluruhan cenderung memakan lebih banyak waktu sebelum proses analisis data berlangsung. 

Akan tetapi, tindakan ini akan berpengaruh besar dalam hasil analisis data yang dilakukan oleh tools analytics

Oleh karena itu, Anda bisa memilih sebagian data dan memeriksa kebenaran dan keakuratannya terhadap sumber data yang Anda gunakan.

  1. Belum Bisa Membedakan “Korelasi” dan “Penyebab”

Kehati-hatian dalam melakukan pengambilan kesimpulan merupakan salah satu hal yang cukup penting. 

Jangan hanya memperhatikan sebab akibat berdasarkan trend yang berkorelasi. Coba pastikan lagi apakah data tersebut memiliki hubungan sebab akibat dengan data eksternal

Apabila terdapat faktor dari luar lainnya yang mempengaruhi variabel, tes lebih lanjut perlu dilakukan.

Cloud Base Data Analytics Platform Terintegrasi

Sesuai namanya, teknologi analytics platform memanfaatkan cloud base dalam proses analitik sebuah data.

Cloud base data analytics platform merupakan sebuah layanan dengan proses data analisis dan bisnis intelegensi berlangsung di sebuah infrastruktur milik vendor. Artinya, tahap analitik data bukan dari server lokal perusahaan Anda.

Apa Kelebihannya?

Ada berbagai kelebihan menggunakan fully integrated cloud-based data analytics platform, di antaranya:

  • Biaya yang jauh lebih rendah dengan risiko yang juga lebih rendah
  • Tidak lagi memerlukan keahlian internal dalam melakukan pemeliharaan server dan perangkat lunak data analitik
  • Proses analitik remote dan pekerjaan bisa dilakukan secara hybrid
  • Proses kolaborasi analitik termasuk menambahkan komentar untuk konteks yang lebih baik menjadi lebih mudah
  • Performa cloud lebih fleksibel, alih-alih pembeli perangkat keras baru secara internal di perusahaan

Data Analytics Platform dengan GITS.id

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda tertarik dengan data analitik platform dan ingin menggunakan data analytics platfrom lebih lanjut?

Anda bisa menggunakan jasa GITS.id. Ini memungkinkan bagi Anda untuk bisa langsung mendapatkan perkembangan perusahaan yang lebih baik.

Sebagai partner dari Google Cloud, kami bisa membantu bisnis Anda menjadi lebih optimal. Terutama dalam melakukan analitik data di perusahaan. Anda juga dapat membaca artikel kami yang membahas tentang data dashboard, salah satu bentuk layanan yang juga disediakan oleh GITS.id.

Anda dapat menghubungi kami untuk informasi data analytics platform selengkapnya melalui button yang telah tersedia di bawah ini.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States