Field Force Management dalam Mobile Application

Field Force Management dalam Mobile Application

Field force management atau yang juga dikenal sebagai management kerja lapangan biasanya diartikan sebagai pengelolaan karyawan yang bekerja secara jarak jauh dari perusahaan dan secara langsung terjun ke lapangan.

Dalam prosesnya, dapat terjadi sebuah kesulitan dalam mengelola dan memonitor kegiatan karyawan yang bekerja di lapangan secara efektif dikarenakan jarak yang jauh.

Dikarenakan hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah Field Force Management app yang bisa digunakan oleh para karyawan yang bekerja di lapangan tanpa harus berulang kali datang ke perusahaan untuk mengerjakan beberapa hal seperti misalnya absensi kehadiran karena akan membuang banyak waktu dan tenaga. Sebuah corporate super app yang diperuntukkan para karyawan kerja lapangan seperti ini akan membawa dampak positif untuk kinerja dan performa perusahaan juga.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang aplikasi field force yang akan sangat berguna untuk perusahaan dan karyawan yang bekerja di lapangan. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Field Force

Seperti yang telah disebutkan di atas, field force berarti bekerja di lapangan. Tidak terbatas pada satu bidang saja, karyawan yang bekerja di lapangan ini dapat berasal dari berbagai macam perusahaan seperti konstruksi, telekomunikasi, utilitas, pemeliharaan fasilitas, dan layanan masyarakat juga sering kali diharuskan untuk terjun ke lapangan untuk melakukan survey, servis, dan lain-lain.

Tim sales pun sering kali harus melakukan kerja lapangan karena keperluan bertemu dengan client yang tidak jarang dilakukan diluar lingkungan kantor perusahaan.

Field Force Management dan Automation

Dalam hal ini, sebuah field force management (FFM) sangatlah dibutuhkan karena perlunya pengelolaan dan monitoring kegiatan para karyawan yang bekerja di luar kantor perusahaan.

FFM memfokuskan diri kepada komunikasi yang akurat dan terpercaya antara pekerja lapangan dan perusahaan. Management ini meliputi pengiriman request pekerjaan ke lapangan, update status proses kerja, serta data yang dilaporkan kembali dari lapangan.

Komunikasi dua arah antara perusahaan dan pekerja lapangan juga disebut dengan Field Force Automation atau FFA yang dimana semua data tersimpan di perusahaan secara otomatis sehingga mengeliminasi waktu yang diperlukan untuk memproses informasi secara manual.

Field Force Management Software dan Mobile Application

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kehadiran sebuah software yang dibuat khusus untuk tujuan management field force ini akan sangat membantu perusahaan dalam proses monitoring karyawan mereka.

Tidak hanya itu, kemudahan ini juga bisa dibentuk dalam mobile application sehingga dengan menggunakan smartphone saja, pekerja field force dapat dengan cepat dan mudah melakukan pengecekan keperluan kerja mereka dimana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor.

Field Force Management dalam Mobile Application

Fungsi Field Force Management Mobile App

Fungsi dari mobile app ini pun ada banyak seperti:

  1. Memberikan kemudahan berupa tools yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengecek status pekerjaan dan keberadaan karyawan mereka.
  1. Memudahkan karyawan melakukan aktivitas lapangan dengan mudah karena seluruh tugas yang harus mereka laksanakan dapat diakses dengan mudah.
  1. Memudahkan karyawan berkomunikasi dengan internal perusahaan atau departemen HR secara real time.

Fitur di dalam Field Force Management Mobile App

Fitur yang bisa disematkan ke dalam aplikasi ini pun beragam macamnya:

Employee Attendance

Fitur ini hadir untuk mempermudah karyawan field force melakukan absensi setiap harinya hanya dengan menggunakan aplikasi dari smartphone masing-masing.

Task Management dan Control

Fitur yang digunakan untuk melihat dan mengatur tugas-tugas yang harus mereka kerjakan pada hari itu maupun hari yang akan datang.

Location Route Management

Terkadang lokasi client atau tempat yang harus dituju selanjutnya memiliki jarak yang jauh. Belum lagi adanya kemungkinan macet saat perjalanan. Maka fitur ini dapat digunakan untuk mencari rute perjalanan terdekat dan tercepat agar tidak membuang banyak waktu.

Employee Tracking

Fitur tracking employee ini dapat digunakan untuk mencari tahu posisi karyawan saat itu agar jika terdapat task baru yang hendak diberikan dapat dialokasikan kepada karyawan yang berada pada posisi terdekat dengan tujuan.

Customer Management

Pada fitur ini, karyawan bisa mengakses informasi dan data terkait client seperti lokasi kantor dan purchase serta payment history.

Reporting

Karyawan dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat laporan pekerjaan lapangan mereka dan mengirimkannya dengan mudah kepada atasan melalui mobile app.

Key Benefits Field Force Automation

Beberapa keuntungan utama yang dapat diraih dengan field force automation dan bantuan software serta mobile app seperti efisiensi dalam pengolahan data, keputusan yang dapat diambil dengan informasi yang akurat, onboarding karyawan yang mudah karena semua prosedur telah terstruktur, serta kemudahan untuk mengawasi dan mengelola aktivitas para karyawan yang melakukan kerja lapangan.

Hal-hal yang disebutkan di atas akan sangat mempengaruhi kinerja karyawan dan juga perusahaan agar dapat menjadi lebih optimal sehingga diperlukan automation dan aplikasi yang sesuai.

Field Force Management Mobile Application with GITS.id

Penjelasan tentang field force dan aplikasinya yang telah disampaikan pada artikel ini kami harap dapat membantu Anda memahami pentingnya sebuah aplikasi yang ditujukan khusus untuk para karyawan yang bekerja di lapangan.

GITS.id siap membantu perusahaan Anda dalam mengembangkan field force management app milik Anda sendiri. Tidak hanya terbatas pada fitur-fitur yang dijabarkan di atas, apabila perusahaan Anda memerlukan fitur tambahan lainnya pun dapat ditambahkan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, GITS.id juga memiliki beragam servis lainnya seperti pembuatan aplikasi corporate super app, Google Cloud Platform, Google Workspace for Business, Budgeting Software, Data dan Design Service, dan masih banyak lainnya.

Jadi, tidak perlu berlama-lama lagi. Ayo segera hubungi kami melalui button yang tersedia di bawah ini atau melalui website kami di GITS.id.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286