Memperingkas Finance Management dengan Go Digital untuk MSME

Memperingkas Finance Management dengan Go Digital untuk MSME

Presedensi G20 mendorong perekonomian Indonesia untuk segera go digital. Digitalisasi dibutuhkan untuk mempermudah para perusahaan khususnya BUMN dan para UMKM dalam menjalankan usahanya yang berbasis digital.

Bukan hanya itu, dengan dilakukannya transformasi digital oleh semua perusahaan atau instansi pemerintah di Indonesia dapat mempermudah pekerjaan para tim khususnya bagian manajemen keuangan. Dengan begitu, pekerjaan bisa lebih ringkas dan cepat.

Finance Management dalam Perusahaan/Instansi Pemerintah

Finance Management (Ilustrasi)

Perusahaan maupun instansi pemerintah tentu memerlukan manajemen keuangan untuk mengelola keuangannya supaya dapat tertata dengan aman dan rapi. Pentingnya finance management pada perusahaan memiliki fungsi yaitu:

  • Digunakan untuk menyusun rencana pemasukan dan pengeluaran serta aktivitas lainnya yang berkaitan pada suatu periode tertentu.
  • Membuat penganggaran dana perusahaan secara lebih detail.
  • Sebagai pengelola keuangan.
  • Untuk mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk kegiatan operasional pada perusahaan.
  • Sebagai pengendali keuangan yang dilakukan dengan cara evaluasi.
  • Sebagai pemeriksa keuangan dan lain sebagainya.

Tujuan adanya manajemen keuangan pada perusahaan/instansi adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Sehingga manajemen ini sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan/instansi pemerintah.

Apalagi keberadaannya sangat penting dalam perusahaan untuk memaksimalkan bisnisnya, sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang besar.

Manajemen keuangan bukan hanya dibutuhkan oleh perusahaan saja, melainkan instansi pemerintah pun membutuhkannya untuk mengelola keuangan negara agar uang tersebut bisa dialokasikan untuk menyelesaikan masalah kemiskinan maupun kebutuhan negara lainnya.

Namun, saat ini perusahaan/instansi pemerintah bisa melakukan manajemen keuangan melalui digital. Hal ini untuk mempermudah pengelolaan keuangan yang ada.

Perusahaan BUMN yakni PT Brantas Abipraya memperkuat manajemen keuangan dengan melakukan pelatihan ERP yang dapat meningkatkan akurasi proses bisnis yang real time dan memudahkan dalam melakukan monitoring dengan sistem terpusat.

Sehingga manajemen dapat meminimalisir risiko keuangan. Dengan pelatihan ERP FICO menjadi bukti Abipraya dalam melakukan transformasi digital.

Budget Management Untuk Tim-Tim di Perusahaan

Company budget management biasanya diperlukan dalam setiap perusahaan agar anggaran pemasukan dan pengeluaran bisa dievaluasi secara berkala.

Khususnya para UMKM (MSME) yang sudah merambah bisnisnya ke digital pun bisa menerapkan budgeting ini agar bisa mengetahui profit usaha yang dihasilkan.

Sebab, budget management sangat bermanfaat dan dapat mempengaruhi profit perusahaan. Budgeting ini hampir sama dengan planning, yaitu sebagai pedoman biaya apa saja yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

Misalnya, pada anggaran yang tersusun terdapat pengeluaran biaya produksi setiap bulan sebesar Rp12.000.000 untuk menghasilkan >50 barang. Maka tim perusahaan bisa membatasi diri ketika biaya tersebut sudah mencapai atau belum mencapai Rp.12.000.000 dengan >50 barang.

Jika hal itu terjadi, maka tim keuangan memperingatkan kepada pihak produksi untuk mulai menghentikan proses produksi barang tersebut.

Dengan adanya budget dalam perusahaan dapat mengawasi anggaran perusahaan, menekan resiko penggelapan dana, dan sebagai alat review kerja.

Budgeting management juga dilakukan agar tidak over budget maupun under budget. Sehingga masing-masing tim perusahaan dapat mengontrol keuangan perusahaan dengan baik dan keuangan perusahaan tidak mengalami penurunan atau pembengkakan.

Otomatisasi Budget Approval Flow

Dalam bidang akuntansi tentu para tim keuangan perusahaan harus cepat dan tepat dalam menghitung anggaran atau budget perusahaan. Namun, manajemen keuangan yang baik harus dipahami alurnya, termasuk budgeting yang bijak.

Budget approval flow merupakan suatu proses dalam manajemen keuangan untuk membelanjakan uang secara bijak sehingga masih dalam batas pengeluaran yang ditentukan perusahaan.

Budget ini menjadi awal pertimbangan bagi perusahaan untuk menentukan berapa banyak pengeluaran yang harus dianggarkan berdasarkan estimasi pendapatan yang masuk. Namun dalam menentukannya pasti membutuhkan cara yang ringkas, cepat, dan tepat.

Oleh karena itu, diperlukannya otomatisasi pada budget approval flow agar proses persetujuan anggaran bisa lebih cepat. Berikut ini beberapa alur kerja yang dapat disederhanakan dalam proses budgeting yaitu:

  • Mengintegrasikan data pusat untuk kemudahan akses maupun keamanan data.
  • Visibilitas secara real-time pada anggaran yang sudah tersedia.
  • Meminimalisir dan mengontrol overload pada e-mail.
  • Menjelaskan peran pemimpin terkait proses persetujuan anggaran.
  • Menghilangkan proses penganggaran manual yang dapat memakan waktu lebih lama.
  • Memastikan agar setiap data akurat dan patuh terhadap kebijakan perusahaan.
  • Memasukan kecepatan, akurasi, transparansi, dan konsistensi dalam proses persetujuan perusahan.

Dengan otomatisasi tersebut perusahaan dapat menentukan budget dengan bijak dan data yang tersimpan lebih akurat daripada dengan cara manual yang rentan mengalami kesalahan.

Adapun beberapa manfaat dari otomatisasi budgeting ini adalah:

  • Meningkatkan Transparansi
    Dengan otomatisasi semua orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut dapat melihat proses dan tahapan yang harus dilakukan.
  • Lebih Akurat
    Apabila menggunakan proses yang lebih sistematis , maka keakuratan data dapat lebih baik.
  • Standarisasi
    Dengan adanya otomatisasi, maka anggaran dari setiap perusahaan dapat distandarisasi dan disediakan pada format yang dapat dibaca.
  • Fleksibilitas
    Dengan adanya otomatisasi membuat proses budget approval flow menjadi lebih fleksibel, namun tetap terkontrol dengan baik.

Spending Tracking Agar ROI Terjaga dengan Baik

Idealnya setiap perusahaan perlu menghitung pengeluaran dengan baik agar tidak ada celah bagi pihak perusahaan untuk melakukan korupsi atau penggelapan dana.

Perusahaan milik negara dan instansi pemerintah Indonesia pun harus melakukan pencatatan pengeluaran (spending tracking) agar Return On Investment (ROI) dapat terus terjaga dengan baik.

Selain itu, dengan melakukan pencatatan, perusahaan dapat mengetahui aktivitas pengeluaran perusahaan dalam setiap periode tertentu. Misalnya perusahaan melakukan investasi tertentu, tetapi harus tahu apakah investasi tersebut menguntungkan atau tidak.

Namun dalam melakukan pencatatan pengeluaran, perusahaan perlu menggunakan alat pencatatan agar lebih akurat dan fleksibel. Biasanya perusahaan menggunakan sistem yang sudah digital agar pencatatan dapat dilakukan dengan akurat dan cepat.

Hal ini bagian dari transformasi digital yang menjadi tujuan pemerintah agar setiap perusahaan maupun pelaku bisnis seperti UMKM bisa beralih ke digital untuk mengembangkan digital economy di Indonesia.

Software Mofin.id Untuk Finance Management BUMN dan Perusahaan

Setiap manajemen keuangan di perusahaan perlu beralih menggunakan sistem digital. Dengan sistem digital, perusahaan dapat lebih mudah dan cepat dalam mengelola dan mengontrol keuangan melalui software yang tersedia.

Salah satunya software Mofin.id sebagai tools dalam mengatur company finance management di perusahaan BUMN dan perusahaan lain. Dengan sistem yang sudah tersedia ini memudahkan setiap perusahaan untuk mengelola dan mengontrol keuangan perusahaan dengan baik dan praktis.

Tim akuntansi pada setiap perusahaan bisa menggunakan software Mofin.id dengan fungsi sebagai berikut:

  • Untuk mengalokasikan anggaran antar tim,
  • Kencangkan alur persetujuan, sehingga persetujuan dapat berjalan lebih cepat,
  • Tim keuangan dapat mentransfer jumlah anggaran di seluruh pemilik anggaran tersebut.

Software Mofin.id salah satu bukti bahwa digitalisasi sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan sehingga dapat mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Jadi, Mofin.id menawarkan solusi terbaik berupa software untuk memudahkan perusahaan Anda dalam manajemen keuangan . Sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan cara manual dan bisa beralih ke sistem digital.

Anda bisa menikmati sofware tersebut dengan segera hubungi Mofin.id sekarang juga!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286