HR Management Software, Kemudahan dalam Mengelola SDM Perusahaan

HR Management Software, Kemudahan dalam Mengelola SDM Perusahaan

Departemen Human Resource memiliki peran yang besar dalam menunjang kinerja karyawannya. Usaha yang dilakukan oleh pihak HR ini disebut dengan HR Management. Karena prosedur manajemen ini bisa memakan waktu yang lama, maka digunakanlah sebuah HR Management software khusus agar waktu yang dibutuhkan bisa menjadi lebih efisien.

Pada artikel ini, sebelum masuk kepada penjelasan tentang software management HR yang digunakan, akan terlebih dahulu penjelasan tentang HR Management kami jelaskan dengan lebih mendalam. Simak artikel di bawah ini!

Pengertian HR Management

Human Resource Management atau HRM adalah sebuah usaha yang dilakukan perusahaan dalam mengelola karyawannya guna mendapatkan performa kerja yang lebih baik.

Sistem kerja yang dibuat oleh HR Management pun disempurnakan sedemikian rupa agar dapat membantu sumber daya manusia yang dimiliki meningkatkan skill mereka sesuai dengan bidangnya. Dengan kemampuan dan performa SDM yang optimal, perusahaan pun akan mendapatkan hasil yang meningkat.

HRM ini sering kali diterapkan dalam sebuah perusahaan yang berskala besar (enterprise). Namun, dengan skala perusahaan yang besar dan jumlah karyawan yang banyak, tidak dapat dipungkiri mungkin akan ada beberapa hal yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya sehingga tidak dapat meraih hasil maksimal.

Salah satu bentuk contoh management HR adalah proses perekrutan karyawan, yang dimana perusahaan akan mencari calon karyawan yang sesuai dengan kultur perusahaan sehingga mereka akan lebih bahagia dan produktif dalam bekerja, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak cocok dengan kultur perusahaan.

Fungsi Human Resource Management

HR Management ini memiliki 6 fungsi utama, yaitu:

Employment Management

Employment Management adalah proses penyeleksian calon karyawan baru yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Proses rekrutmen terbagi menjadi 4:

Job Analysis

Sebelum memulai proses rekrutmen, HRD terlebih dahulu membuat analisa keahlian, kemampuan, dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh calon pelamar untuk bisa mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Job Design

Agar tidak terjadi sembarangan memilih karyawan, HRD akan membuat analisa pekerjaan agar mendapatkan pelamar yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Analisis yang dikumpulkan meliputi tugas-tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan nantinya oleh pemegang posisi.

Recruitment

Setelah proses job analysis dan job design selesai dilakukan, HRD bisa mulai memasang iklan lowongan untuk pekerjaan yang tengah kosong tersebut.

Selection

Setelah pelamar mengirimkan lamaran mereka untuk mengisi posisi yang dibutuhkan, kemudian akan dilangsungkan proses Selection untuk mencari kandidat dengan skill, ability, dan knowledge yang paling sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya.

Training and Development

Tahapan selanjutnya setelah rekrutmen dan seleksi karyawan adalah training dan development. Pada tahap ini, karyawan akan mengikuti training-training yang diberikan oleh perusahaan guna menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang akan diterima. Ditambah lagi, training juga akan membantu karyawan baru beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan baru serta pace kerja di perusahaan tersebut.

Development sendiri dimaksudkan untuk mengembangkan skill yang dimiliki oleh karyawan tersebut, agar kinerja dan performa kerjanya pun maksimal

Performance Management

Setelah bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu, ada sebuah hal yang bernama Performance Management. Dalam performance management, pihak HRD akan melakukan sebuah evaluasi kinerja dan performa dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Kegiatan evaluasi ini bersifat menguntungkan, baik untuk pihak perusahaan maupun karyawan, karena melalui aktivitas ini masing-masing pihak dapat saling memberikan feedback yang berguna untuk kemajuan perusahaan dan karir karyawan.

Beberapa hal yang dievaluasi dalam proses performance management seperti:

  1. Kinerja dan performa kerja karyawan
  1. Kelebihan dan kekurangan karyawan

Setelah dua hal tersebut dievaluasi, perusahaan akan memberikan feedbacknya untuk meningkatkan kemampuan karyawan tersebut, contohnya seperti specialized training yang disesuaikan dengan bidang karyawan itu sendiri.

Career Development

Selanjutnya terdapat tahapan Career Development, dimana karyawan bisa mendapatkan kenaikan pangkat atau jabatan. Proses yang dijalankan seperti memberikan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Memastikan bahwa karyawan selalu mendapatkan kemudahan akses untuk memperkaya diri mereka dengan skill terbaru adalah salah satu hal wajib dari HRM. Jika pembelajaran ini dapat mereka terima dengan mudah, pastinya produktivitas karyawan akan terus meningkat. Training yang diberikan pun beragam, bisa pelatihan yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri atau program pelatihan yang disediakan oleh penyelenggara lain.

Employee Payroll

HRM harus bisa memonitor dan memastikan bahwa karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut telah digaji dengan jumlah yang sesuai dengan posisi mereka dan jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Pembagian gaji yang sesuai akan membuat karyawan bahagia dan semakin loyal kepada perusahaan.

Incentive yang diberikan oleh perusahaan juga bisa menjadi salah satu pemicu karyawan untuk bekerja dengan optimal. Sehingga HR Management diharuskan untuk dapat mengatur jumlah yang diterima masing-masing karyawan dengan baik dan benar. 

Company Policy and SOP

HRM juga bertanggung jawab dalam membuat kebijakan perusahaan yang baik sehingga dapat dilaksanakan oleh semua struktur perusahaan tanpa terkecuali. Jika policy yang ditentukan berjalan dengan lancar, perusahaan akan mendapatkan produktivitas yang tinggi.

Pembuatan SOP kerja juga menjadi bagian dari HRM. SOP sendiri adalah prosedur yang dimiliki perusahaan, yang bisa digunakan untuk menjadi panduan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

HR Management Software

Manfaat Management HR

Manfaat yang bisa diterima dari HR Management ini beragam, seperti:

Membina sumber daya manusia perusahaan

Dengan adanya pembinaan karyawan, diharapkan tidak akan ada lagi pelanggaran atau ketidaksesuaian yang terjadi pada lingkungan pekerjaan sehingga tidak mengganggu kinerja dan performa karyawan.

Tujuan perusahaan tercapai

Visi dan misi perusahaan dapat dengan mudah diraih karena manajemen sumber daya manusia yang baik, produktivitas tinggi, serta kebutuhan karyawan yang terpenuhi.

Mempermudah pembekalan yang dibutuhkan karyawan

Dengan HRM, dapat dipetakan dengan mudah pembekalan apa saja yang dibutuhkan oleh masing-masing karyawan pada bidangnya sendiri.

Penyelesaian masalah lebih cepat teratasi

Jika terdapat sebuah masalah yang muncul, akan lebih cepat diselesaikan karena sudah ada kebijakan perusahaan yang dibuat oleh HR Management.

Menghemat waktu dan biaya operasional

Biaya serta waktu yang dikeluarkan dapat dikurangi karena jumlah dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk operasional sudah dikalkulasikan sebelumnya.

Management HR Software

Pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan akan membuang banyak waktu jika dilakukan secara manual. Maka dari itu, sebuah HR management software yang didesain khusus untuk membantu HRD mengatur database karyawan mereka sangatlah diperlukan.

Dengan hadirnya HR management software ini, akan dapat dibuat dan diimplementasikan dengan lebih cepat, mudah, dan akurat.

HR Management Software

Fitur Software HR Management

Software yang dikhususkan untuk Human Resource Management ini bisa memiliki beragam fitur, beberapa contohnya adalah:

  1. Penyimpanan database karyawan
  2. Sistem payroll
  3. Recruitment
  4. Performance management
  5. Company policy dan SOP
  6. Career development
  7. Report

Selain 7 fitur yang disebutkan di atas, HR management software ini juga bisa disisipi dengan sistem HR yang canggih hingga bisa digunakan tidak hanya oleh tim HRD namun juga seluruh karyawan dari perusahaan yang bersangkutan. Sistem ini disebut dengan sistem HRIS atau Human Resource Information System.

Nantinya, dengan sistem HRIS ini karyawan bisa melakukan banyak hal seperti absensi kehadiran, sick leave, cuti, dan masih banyak lagi.

Manfaat Software Management HR

Jumlah manfaat yang diterima dengan adanya HR management software ini tidak perlu diragukan lagi banyaknya. Kemudahan ini pastinya mampu menjadikan perusahaan dan juga karyawan untuk stay productive and keep leveling up.

Solusi Terbaik untuk HR Management Software Perusahaan

Setelah penjelasan di atas mengenai pengertian, fungsi, manfaat dari HRM serta HR management software yang dikhususkan untuk HRM itu sendiri, bukankah akan lebih baik jika perusahaan Anda juga memiliki HR management software tersebut?

Software ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh perusahaan Anda, sehingga pastinya akan sangat mudah dioperasikan. Dan lagi, tidak hanya untuk dioperasikan pada laptop tapi software Human Resource Management juga bisa dibuat dalam bentuk mobile application sehingga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan software HR Management ini, jangan ragu lagi. Segera hubungi kami melalui button yang telah tersedia di bawah ini. Anda juga dapat mengunjungi website kami terlebih dahulu untuk melihat past projects yang telah kami kerjakan. Beberapa perusahaan yang telah bekerja sama dengan kami seperti Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT. KAI Indonesia.

Kami juga memiliki beragam servis lainnya seperti outsource developer, corporate super app development, web development, Google Cloud Platform, Google Workspace, serta budgeting software.

Jadi, tunggu apalagi? Miliki HR Management software untuk perusahaan Anda sekarang juga!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286