IBM Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Sesuai untuk Perusahaan Anda?

ibm cloud vs google

Dari antara banyak penyedia layanan cloud computing, IBM Cloud vs Google Cloud adalah dua penyedia yang cukup terkenal. Kedua perusahaan tersebut terus mengurangi harga instans cloud, menambah pilihan diskon, dan menurunkan penagihan.

Penagihan dari beberapa layanan turun menjadi pembayaran per detik. Meskipun biayanya menurun, kompleksitasnya tetap meningkat. Memahami cara menavigasi kompleksitas sangatlah penting. Bagaimana cara memahami biaya cloud computing? Penyedia mana yang biasanya paling rendah?

Perbandingan Harga IBM Cloud vs Google Cloud

Sejak beberapa tahun yang lalu, tepatnya sejak tahun 2017, ada beberapa perubahan harga untuk berbagai instans cloud. Untuk mendapatkan informasi yang jauh lebih lengkap dan jelas, perhatikan keterangan yang telah tersusun di bawah ini.

  • Penambahan instans yang baru

Perusahaan yang menyediakan cloud terus menambahkan berbagai instans baru. Dalam beberapa kasus bahkan muncul penambahan keluarga instans baru. Sebagai contoh, IBM beralih dari pilihan kustom menjadi instance family.

  • Pilihan diskon lebih meningkat

Ada lebih banyak peluang serta tantangan dalam memperkenalkan diskon pada harga layanan yang disediakan. Google Cloud platform misalnya, memperkenalkan program Diskon Komitmen Penggunaan untuk pengguna yang memilih layanan jangka panjang satu atau tiga tahun.

  • Sistem penagihan per detik

Beberapa penyedia layanan cloud computing memutuskan untuk memperbarui sistem penagihan pembayaran. Salah satu contohnya adalah Google Cloud platform yang selalu menawarkan penagihan sistem penagihan per detik dengan mengurangi waktu minimum yang ditagih dari 10 menjadi 1 menit.

Untuk membandingkan mana layanan dan perusahaan penyedia yang menawarkan harga terbaik, cermati tabel perbandingan harga antara Google Cloud dan IBM Cloud di bawah ini.

Tipe LayananIBM per jamIBM per GB RAMGoogle per jamGoogle per GB RAM
Standard 2 vCPU dengan SSD LokalUSD 0.137USD 0.017USD 0.136USD 0.018
Standard 2 vCPU tanpa local diskUSD 0.112USD 0.014USD 0.095USD 0.013
Highmem 2 vCPU dengan SSD lokalUSD 0.179USD 0.011USD 0.159USD 0.012
Highmem 2 vCPU tanpa local diskUSD 0.179USD 0.011USD 0.118USD 0.009
Highcpu 2 vCPU dengan SSD lokalUSD 0.075USD 0.038USD 0.112USD 0.062
Highcpu 2 vCPU tanpa local diskUSD 0.075USD 0.038USD 0.071USD 0.039

Dari data yang ada di atas, bisa dilihat bahwa Google Cloud menyediakan harga yang paling rendah untuk 4 skenario dan harga tertinggi untuk 5 skenario. Google Cloud cenderung menawarkan harga yang paling rendah saat SSD tidak dilibatkan.

Google Cloud menjadi lebih mahal untuk biaya per GB RAM dengan CPU yang tinggi. Sedangkan IBM menawarkan harga terendah hanya untuk satu skenario saja. Lima skenario lainnya menyandang harga yang tertinggi dibandingkan dengan layanan yang Google sediakan.

Google Cloud Lebih Baik Daripada IBM Cloud

Membandingkan harga saja masih belum cukup jika Anda ingin benar-benar memahami perbedaan antara IBM Cloud vs Google Cloud. Anda juga perlu mencari tahu faktor lain apa saja yang membuat Google Cloud lebih unggul dibandingkan dengan IBM Cloud.

  • Google Cloud Computing

Google Cloud menyediakan banyak layanan, seperti PaaS dan IaaS yang bisa membantu perusahaan Anda berjalan dengan lebih efisien, lancar, dan dengan produktivitas tinggi. Google Cloud juga menyediakan infrastruktur TI yang lebih aman serta banyak alat yang berguna.

Beberapa alat yang bisa Anda temukan di Google Cloud antara lain container engine, app engine, Google storage, analitik data, dan big query. Google Cloud juga menjanjikan layanan komputasi yang lebih andal dan skalabel.

Layanan tersebut akan membantu perusahaan dalam menyimpan, menghitung, serta mengamankan data. Hal ini memungkinkan terjadinya akses global ke infrastruktur TI virtual dan data.

  • IBM Cloud Computing

IBM Cloud merupakan suatu layanan online yang berbasis web dan disediakan oleh IBM sang raksasa lain dalam dunia teknologi. IBM Cloud menyediakan banyak layanan seperti misalnya PaaS, IaaS, dan server virtual. IBM Cloud juga memungkinkan jaringan pribadi dan publik.

Perusahaan Anda bisa dengan mudah mengelola berbagai layanan dari IBM Cloud melalui API atau application programming interface maupun melalui portal web. IBM Cloud menyediakan berbagai layanan seperti analisis data, kemampuan penyimpanan, internet of things, dan sebagainya.

ibm cloud shell

Bagaimanapun juga, Google Cloud merupakan pemenang antara IBM Cloud vs Google Cloud karena Google Cloud membawa banyak sekali kelebihan bagi perusahaan yang lebih memilih layanan komputasi awan yang satu ini. Beberapa kelebihannya antara lain:

  • Produktivitas yang lebih tinggi karena Google Cloud menyediakan banyak sekali layanan virtual yang bisa meningkatkan produktivitas bisnis atau perusahaan.
  • Fleksibilitas dan kontrol tersedia untuk para pengguna layanan Google Cloud. Google Cloud mempunyai kendali atas teknologi dan akan memberikan fleksibilitas pada para pengguna sehingga mereka bisa melakukan berbagai tugas.
  • Keamanan Google Cloud juga lebih terjamin karena platform ini menyediakan model keamanan yang jauh lebih baik dan lebih cocok untuk seluruh produk Google seperti misalnya YouTube, Gmail, dan yang lainnya.
  • Enkripsi yang lebih baik. Data yang ada dalam layanan Google Cloud akan dienkripsi sehingga data perusahaan yang ada akan lebih aman.

Ada pula fitur-fitur unggulan Google Cloud yang juga dimiliki IBM Cloud, yakni:

  • Mudah untuk diintegrasikan karena pengguna platform IBM Cloud bisa dengan mudah mengelola hubungan antara pelanggan dan mitra.
  • IBM Cloud juga menawarkan penyimpanan data yang memungkinkan para penggunanya untuk mengakses penyimpanan data tersebut dari berbagai lokasi dan perangkat.
  • IBM Cloud menawarkan sumber daya yang lebih elastis. Hal ini berarti pengguna hanya akan membayar untuk layanan yang digunakannya.

Pastikan untuk memahami semua perbedaan antara IBM Cloud vs Google Cloud sehingga Anda bisa menemukan penyedia dan layanan yang terbaik untuk mengembangkan perusahaan Anda.

Daftar Google Cloud Via GITS.ID

Google Cloud tetap merupakan pilihan terbaik untuk semua perusahaan. Buat akun Google Cloud sekarang dengan menghubungi GITS.ID, partner resmi dari Google Cloud computing. GITS.ID menyediakan solusi terbaik untuk bisnis Anda melalui sistem IT yang profesional.

Selain membantu Anda untuk mendaftar Google Cloud, Anda juga bisa mempercayakan pengembangan perusahaan pada GITS.ID. GITS.ID mengutamakan transparansi dalam bisnis dan proyek yang Anda percayakan.

GITS.ID menggunakan framework yang lebih baik dan berbagai fitur terbaik yang sangat dibutuhkan perusahaan Anda untuk menciptakan segala sesuatu yang Anda inginkan.


Mulai Migrasi ke Google Cloud yang Cost-Effective dan Terbaik untuk Perusahaan Anda

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286