Influencer Marketing Management Platform untuk Brand

  • Business
  • Influencer Marketing Management Platform untuk Brand
Influencer Marketing Management Platform untuk Brand

Jika bisnis Anda menargetkan pemasarannya pada media sosial, menggunakan jasa influencer bisa menjadi pilihan yang tepat. Melalui peran influencer, brand bisnis yang Anda bangun akan mudah dikenal luas oleh orang lain. Namun, Anda perlu memiliki influencer management platform.

Hal ini sebagai tools bagi perusahaan untuk mengontrol influencenya dalam memasarkan produk di media sosial. Sehingga hubungan antara influencer dengan tim perusahaan tidak lepas begitu saja. Artikel kali ini akan mengulas tipe marketing management platform yang baik untuk perusahaan.

Jenis-Jenis Marketing Management Platform Untuk Bisnis Anda

Marketing Management Platform (Ilustrasi)

Apabila bisnis Anda ingin berkembang pesat, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dengan memilih jenis platform yang bisa membantu brand Anda semakin dikenal luas di pasaran. Dengan mengikuti perkembangan teknologi, melalui sistem digital menjadi pilihan yang sangat tepat.

Anda bisa menggunakan platform manajemen marketing berupa aplikasi maupun software yang ada di bawah ini.

Budgeting Software

Budgeting software merupakan jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan perusahaan Anda. aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan agar setiap anggaran perusahaan dapat dikelola dengan baik. Adapun beberapa aplikasi untuk budgeting diantaranya:

Mint

Sebuah aplikasi yang dirancang untuk mengatur keuangan perusahaan dan menjadi aplikasi budgeting tertua dan paling terkenal diantara aplikasi lainnya. Mint memiliki beragam fitur untuk melacak dan mengelola keuangan perusahaan melalui rekening bank, kartu kredit, dan sebagainya.

Wally

Salah satu aplikasi untuk budgeting yang memiliki navigasi yang mudah. Aplikasi ini dapat melacak pendapatan dan pemasukan keuangan perusahaan. Menariknya, Wally dapat mengkategorikan pengeluaran perusahaan sehingga membantu Anda untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

You Need a Budget

Aplikasi YNB menjadi aplikasi budgeting yang unik karena Anda bisa membuat anggaran keuangan berdasarkan pendapatan perusahaan selama 1 bulan. Aplikasi ini pun bisa mengkategorikan anggaran keuangan perusahaan Anda.

KOL Management Platform

Platform yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola KOL (Key Opinion Leaders) yang membantu memasarkan produknya. Adapun kol management platform yang bisa digunakan oleh Anda yaitu:

  • Veva Medical CRM
  • Konectar
  • Monocl Professional
  • Superfly KOL Management
  • OpenQ
  • Dhruvsoft KOL-CRM

ClickUp

Platform yang lengkap untuk mengelola tugas, marketing, dokumen, dan klien. Memiliki fitur menarik dan berfungsi untuk merencanakan promosi, mengukur ROI, menguraikan proses, scheduling reminders, managing workload, dan lainnya.

Monday.com

Menawarkan solusi khusus untuk tim marketing dan kreatif, dimana terdapat satu ruang kerja bersama sehingga dalam satu ruangan tersebut semua pekerjaan akan dipusatkan.

Smartsheet

Merupakan tools manajemen proyek yang memiliki banyak fitur yang digunakan tim marketing untuk mengelola tugas pemasaran, konten, dan orang-orang dari satu platform.

Itu adalah beberapa contoh budgeting software yang bisa membantu bisnis Anda. Namun, bila Anda memiliki tim ratusan orang dan berbagai divisi, serta proses budgeting yang kompleks, alangkah baiknya bila aktivitas tersebut didukung oleh Corporate Budgeting App yang lebih sesuai, seperti Mofin.

Marketing Bisnis Melalui KOL (Key Opinion Leaders) atau Influencer

Media sosial bisa menjadi salah satu target pemasaran yang tepat karena angka penggunaan media sosial saat ini sangatlah tinggi. Media sosial seperti Instagram misalnya menjadi influencer platform yang sering digunakan saat ini.

Influencer bisa menjadi salah satu cara marketing perusahaan untuk memasarkan produknya melalui jasa influencer. Dengan jumlah followers yang banyak dan memiliki pengaruh kuat di media sosial, bisnis yang Anda kelola akan mudah dikenal di pasaran dan menjangkau pasar lebih luas.

Anda juga bisa menggunakan KOL (Key Opinion Leaders) yaitu orang yang memiliki pengaruh yang kuat bukan hanya di media sosial saja tetapi di luar pun keberadaannya sangat berpengaruh seperti dokter, guru, ulama, pejabat, dan lain-lain.

Misalnya seorang dokter mempromosikan vitamin untuk diet kepada followersnya di instagram. Maka, otomatis followersnya akan mempercayai rekomendasi vitamin diet karena pengalaman dan pengetahuannya sebagai seorang dokter.

Sedangkan influencer bisa dari kalangan artis maupun bukan, tetapi keberadaannya di media sosial cukup berpengaruh untuk menjadi marketing bisnis Anda. Misalnya influencer mempromosikan baju dan sepatu dari brand bisnis Anda.

Secara tidak langsung, followersnya pun akan mengikuti apa yang dipakai oleh idolanya. Sehingga cara marketing seperti ini sangat efisien dan bisa meningkatkan jumlah penjualan bisnis Anda.

Melalui KOL maupun influencer brand pada bisnis Anda akan mudah dipasarkan.

Daftar Influencer Management Platform Untuk Brand Anda

Pentingnya sebuah perusahaan memiliki platform khusus untuk mengelola dan mengontrol para influencernya dalam memasarkan produk. Hal ini agar Anda bisa mengetahui aktivitas dari influencer dalam satu sistem.

Beberapa influencer management platform yang bisa Anda gunakan pada bisnis Anda diantaranya:

Promoty

Merupakan alat manajemen hubungan influencer yang bisa Anda gunakan untuk mengelola semua influencer dan bisa kolaborasi di satu tempat dengan memantau konten mereka.

Promoty dapat memungkinkan Anda untuk menemukan dan menambahkan influencer instagram, Tiktok, Youtube dan lainnya. Anda pun dapat memfilternya berdasarkan minat, audiens, dan kriteria lainnya. Terdapat fitur obrolan yang dapat menghubungkan Anda lebih dekat dengan influencer.

Promoty menawarkan pelacakan dan pemantauan, analitik, dan pelacakan ROI. Sehingga Anda dapat melakukan apapun dari satu sistem saja dengan semua marketing influencer Anda.

Influencity

Aplikasi ini menawarkan search engine dengan lebih dari 70 juta hasil yang tersedia di seluruh dunia. Analisis influencer termasuk KPI, demografi, interests atau brand affinity, audience overlapping analysis, fake followers , campaign management tools, dan reporting.

Tapfiliate

Banyak perusahaan menggunakan aplikasi ini agar berhasil mengelola influencer mereka. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merangkul kekuatan media sosial dan bermitra dengan influencer untuk menjangkau audiens baru dan mempromosikan bisnis mereka.

Melalui Tapfiliate, influencer akan diberikan link refferal dan kode kupon mereka sendiri, serta dasbor yang bagus dengan akses ke materi pemasaran yang dapat influencer dapatkan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Selain itu, Anda pun akan memiliki pelaporan terperinci untuk bisa melacak kinerja influencer.

Fitur Untuk Influencer Marketing Management Platform

Berikut ini beberapa fitur yang harus ada dalam influencer marketing management platform yakni:

  • Manajemen Proses
  • Penjadwalan dan Kalender
  • Mendengarkan sosial dan Analisis Sentimen
  • Integrasi
  • Integrasi perjalanan
  • Pembelajaran mesin
  • Pelaporan dan dasbor
  • Dukungan multi-bahasa

Membangun Influencer Platform untuk Perusahaan Lain

Pentingnya sebuah perusahaan memiliki influencer platform khusus milik sendiri sehingga bisa digunakan pula oleh perusahaan lain. Dengan begitu, platform tersebut bukan hanya sekadar untuk perusahaan Anda melainkan bisa digunakan oleh perusahaan lain.

Sehingga Anda pun bisa menarik keuntungan dengan adanya influencer platform yang Anda bangun sendiri. Jika Anda membangun platform ini, para influencer bisa menyimpan portfolionya di platform tersebut sehingga data-datanya lebih aman dan bisa dikelola dalam platform tersebut.

Membangun Influencer Management Platform Bersama GITS.id

Marketing bisnis melalui KOL dan influencer begitu berpengaruh pada bisnis Anda. Perusahaan pun membutuhkan influencer yang banyak dan bisa mengumpulkannya dalam satu sistem. Namun akan lebih baik jika perusahaan Anda membangun influencer platform khusus bersama GITS.id.

Tentunya GITS.id sudah berpengalaman dalam pembuatan influencer management platform. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menggunakan jasa pembuatan influencer management platform GITS.id.

Segera hubungi GITS.id sekarang juga untuk mendapatkan penawaran yang menarik!

Lihat bagaimana influencer membantu konversi penjualan bagi bisnis di sini.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States