Business Strategi Pemasaran E-commerce Terbaik yang Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran E-commerce Terbaik yang Meningkatkan Penjualan

E-commerce merupakan salah satu bisnis yang menggunakan aplikasi atau situs jual beli secara online. Indonesia memiliki berbagai jenis e-commerce dengan berbagai fasilitas dengan kelebihannya masing-masing. Aplikasinya ada yang sudah berhasil menarik pengguna dengan jumlah sangat banyak. Untuk bisa menarik pengguna dan pelanggan yang banyak itu dibutuhkan strategi pemasaran e-commerce.

Hal ini karena untuk mendapatkan pengguna atau pelanggan, sebuah bisnis tidak bisa mendapatkannya begitu saja. Menarik pelanggan dan pengguna tentunya bukan hal mudah untuk dilakukan sehingga strategi inilah yang bisa membantu.

Strategi pemasaran e-commerce perlu Anda dipelajari Jika Anda ingin terjun pada bisnis online. Anda dituntut untuk melakukan banyak hal dan tidak hanya melakukan proses penjualan. Sebab, setiap pelanggan perlu dipertahankan untuk selalu menjadi pembeli dan pengguna dari produk yang Anda miliki.

Dibutuhkan ide kreatif serta kemauan yang sangat tinggi dalam dunia pemasaran tak terkecuali dalam e-commerce ini. Anda bisa membedakan hasil penjualan yang menggunakan strategi khusus dengan bisnis yang flat saja. Dari segi keuntungan pun bisa saja berbeda karena tergantung dari cara bisnis ini dijalankan.

Jika Anda ingin semakin mengembangkan bisnis di bidang ini, Anda bisa menggunakan beberapa strategi pemasaran e-commerce berikut ini. 

Strategi Pemasaran E-commerce: Optimasi Media Sosial

e-commerce social media sosial strategi pemasaran meningkatkan penjualan

Media sosial hingga saat ini masih menjadi media yang paling cepat pertumbuhannya. Orang yang mengaksesnya setiap hari semakin bertambah dan selalu stabil. Informasi apapun bisa diperoleh dan dicari dengan menggunakan media sosial ini. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk maupun e-commerce yang Anda miliki.

Meskipun media sosial memiliki karakternya masing-masing, secara umum tujuannya tetap sama. Namun di lain sisi, pengelolaannya tidak begitu mudah untuk dilakukan. Perlu strategi khusus dengan perencanaan yang sangat matang. Strategi pemasaran e-commerce melalui media sosial bisa dilakukan dengan cara membagikan konten dari user.

Anda bisa melakukan proses repost dari konten mengenai produk yang Anda jual yang di-posting oleh orang lain. Hal ini perlu dilakukan dengan seizin dari pemilik akun yang mem-posting konten mengenai produk Anda tersebut. Strategi ini cukup efektif dalam membangun loyalitas dan kepercayaan dari setiap pelanggan.

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan analisis demografi untuk mengetahui siapa yang bisa menjadi anggota audiens Anda. Anda bisa langsung memakai akun media sosial tersebut ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kemudian, pastikan Anda membuat postingan dari konten secara terjadwal agar strategi pemasaran e-commerce ini bisa lebih efektif.

Strategi Marketing E-commerce: Content Marketing

marketing e-commerce strategy

Pemasaran atau marketing menjadi salah satu kunci utama sebagai cara meningkatkan penjualan. Untuk pemasaran aplikasi atau website e-commerce ini Anda bisa menggunakan content marketing yang isinya merupakan edukasi bagi para pelanggan atau pengguna. Dengan adanya hal ini maka bisnis tersebut tidak hanya mencari keuntungan jangka pendek saja.

Untuk membuat content marketing yang juga merupakan edukasi, bisa cukup menarik bila membuatnya dari beberapa sisi. Misalnya, niche yang spesifik, melihat sasaran audiens, serta berinovasi pada setiap konten. Pada dasarnya, ketiga hal ini bisa memperluas audiens serta meningkatkan traffic harian.

Hal ini perlu terus didukung dengan adanya proses pengembangan atau inovasi yang harus selalu diasah secara terus-menerus. Sebab strategi pemasaran e-commerce seperti ini tidak bisa hanya dilakukan dalam satu kali kesempatan saja. Anda juga bisa melihat hasilnya yang lebih signifikan dengan melakukan strategi tersebut.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan konten marketing adalah niche. Website yang paling sukses biasanya memiliki niche yang spesifik dimana hal ini juga akan memperluas audiens Anda. Melakukan hal yang sebaliknya, dalam hal ini tidak memiliki niche yang spesifik, tak akan menghasilkan hasil yang sama.

E-commerce Marketing Strategy: SEO

seo website e-commerce

Strategi berikutnya ialah search engine optimization atau SEO. Ini berarti Anda perlu membuat konten dengan kata kunci yang tepat serta menerapkan cara mendapatkan traffic yang lebih baik. Untuk strategi seperti ini biasanya lebih banyak menggunakan konten dalam bentuk tulisan.

Untuk hal ini, Anda bisa membuat konten yang selalu baru serta dicari oleh setiap pengguna. Anda perlu menjadi pebisnis yang up to date sehingga Anda bisa mendapatkan informasi mengenai hal apa saja yang selalu dibutuhkan oleh setiap konsumen. Strategi pemasaran e-commerce termasuk saat pandemi ini cukup efektif dalam mengembangkan penjualan Anda.

Hal lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan SEO tools, terutama yang dipasang pada website dari produk yang Anda miliki. Tools tersebut dapat membantu untuk mendeteksi kesalahan yang dilakukan atau yang terjadi pada konten yang Anda buat. Dengan begitu Anda bisa melakukan koreksi sesering mungkin.

Berbicara mengenai website, untuk mengolah e-commerce Anda juga memerlukan content management system terbaik alias CMS terbaik. Dari CMS ini, Anda bisa mengatur konten sesuai kebutuhan SEO pula.


    Subscribe now and stay updated!


    Strategi Pemasaran E-commerce: Email Marketing

    email marketing website penjualan e-commerce

    Email marketing cukup efektif dalam meningkatkan traffic dengan lebih cepat. Anda bisa membuat daftar email pada saat pelanggan akan melakukan check out. Bisa juga dengan menambahkan form opsional pada halaman populer yang terdapat pada website toko online yang Anda kelola.

    Email marketing menjadi bagian strategi pemasaran e-commerce yang cukup penting karena langsung membidik akun pribadi berupa email dari setiap konsumen dimana hal ini akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Anda bisa mengumpulkan daftar email sebanyak mungkin. Setelah mendapatkan daftar email konsumen, Anda dapat mengolahnya lewat berbagai tools email marketing. Harganya beragam. Ada pula yang disertakan dengan #harga pembuatan e-commerce aplikasi maupun website.

    Strategi E-commerce Marketing: Kolaborasi

    pemasaran cara meningkatkan penjualan

    Strategi pemasaran e-commerce lainnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan kolaborasi bersama akun atau e-commerce lainnya. Hal ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skala bisnis dengan memanfaatkan audiensi yang ada pada akun atau e-commerce lain.

    Kolaborasi yang dilakukan bisa berupa influencer marketing atau menampilkan brand pada akun atau e-commerce lain. Menggunakan influencer bisa membantu meningkatkan minat terhadap produk yang Anda miliki. Terlebih jika influencer yang Anda pilih cukup berpengaruh pada saat ini sehingga produk yang dikenalkan bisa mendapat lebih banyak respons.

    Proses kolaborasi tersebut juga perlu direncanakan dengan cukup matang agar influencer ataupun akun lain yang diajak kolaborasi bisa lebih nyaman. Kemudian, konsep dan jenis produk yang akan dipilih juga harus tepat. Tujuannya tidak lain agar prosesnya lebih teratur dan tidak keluar dari aturan.

    Strategi pemasaran e-commerce ini cukup efektif dalam meningkatkan audiens terutama jika audiens yang Anda miliki dalam e-commerce masih sedikit. Ada contoh beberapa aplikasi e-commerce dalam bisnis online yang menggunakan strategi kolaborasi yang berhasil menambah audiens serta penjualannya.

    Itulah beberapa strategi pemasaran untuk e-commerce yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Bisnis ini tentunya harus direncanakan dengan sangat matang agar hasilnya lebih efektif. E-commerce tidak bisa dijalankan tanpa adanya strategi khusus yang terukur dan direncanakan dengan matang.

    Untuk memaksimalkan hal ini, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan aplikasi dan website dari GITS.ID. Aplikasi e-commerce dan website e-commerce ini bisa membantu setiap pebisnis dan perusahaan untuk memaksimalkan operasional serta penjualan. Berbagai strategi yang lebih kompleks bisa dibuat dan didiskusikan bersama untuk membangun aplikasi e-commerce bagi brand Anda. Hasilnya terbukti efektif dalam mengembangkan e-commerce dan bisnis sejenisnya.

    Anda bisa mempelajari setiap strategi pemasaran e-commerce tersebut dengan sangat matang dan detail. Kemudian, mempraktekkan secara langsung dengan konsep yang sangat matang. Hal ini juga bisa didukung dengan kreativitas dan inovasi yang tidak terbatas dari seorang pebisnis.


    Get free e-commerce icon pack now!

    free e-commerce icon pack download gratis strategi marketing

    You can use it for your mobile application e-commerce or your website e-commerce!

    Download it for free by filling the form here:


      Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

      jasa pembuatan aplikasi android enterprise software ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp marketing

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      More articles

      Latest article

      GITS Tech Talks: Transform Your Business and Growth with Google Cloud Platform

      In the uncertain situation, business leaders are under pressure to prioritize investments and optimize costs to support changing business goals in the...

      Strategi Omnichannel di B2B, B2C, juga D2C dan Strategi Marketing

      Di dunia bisnis banyak sekali istilah yang perlu Anda kenali. Salah satunya adalah bagaimana melakukan strategi Omnichannel di...

      Contoh Aplikasi Loyalty Program atau Loyalty App Indonesia

      Ketika menjalankan sebuah bisnis, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk memiliki relasi yang baik dengan para pelanggan. Demi kelangsungan bisnis itu sendiri,...

      9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan

      Dalam bidang usaha, ada beberapa hal yang penting untuk dioptimalkan. Salah satunya adalah loyalitas pelanggan sehingga Anda yang memiliki usaha atau bisnis...

      Ketahui Harga Pembuatan Website E-Commerce dan Aplikasi E-Commerce

      Banyaknya orang yang melakukan belanja daring membuat bisnis ini berkembang cukup baik, terutama jika Anda hendak terjun ke bidang tersebut. Namun, ada...