Business Ketahui Harga Pembuatan Website E-Commerce dan Aplikasi E-Commerce

Ketahui Harga Pembuatan Website E-Commerce dan Aplikasi E-Commerce

Banyaknya orang yang melakukan belanja daring membuat bisnis ini berkembang cukup baik, terutama jika Anda hendak terjun ke bidang tersebut. Namun, ada banyak persiapan yang perlu Anda kelola, misalnya mencari tahu harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce. Hal ini agar Anda dapat menyesuaikan budget dan kebutuhansehingga toko daring atau e-commerce Anda bisa berkembang dengan baik.

Salah satu aspek yang cukup penting adalah website, yang tentunya harus dibuat agar pelanggan bisa mengakses toko atau platform jual beli daring yang dikelola. Penggunaan dan pembuatan website juga tidak bisa dilakukan secara sembaragan, sebab akan memengaruhi tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan.

Jika tidak bisa membuat sendiri website e-commerce tersebut, Anda dapat meminta bantuan ke pihak yang lebih professional pada bidang tersebut. Ini akan membantu proses persiapan dan pengelolaan website e-commerce menjadi lebih mudah.

Pembuatan website tentu memiliki budget yang harus dipersiapkan, karena itu pastikan Anda mengetahui harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce sebelum melakukan pemesanan.

Hal yang Perlu Ada dalam Website dan Aplikasi E-commerce

Untuk Anda yang hendak membuat website e-commerce dalam waktu dekat, baiknya Anda mengetahui aspek apa saja yang perlu ada di dalamnya. Ini akan membuat proses pembuatan website menjadi lebih fokus dan terarah, serta tidak perlu melakukan revisi pembuatan secara berulang. Di antara aspek yang penting dan harus ada di aplikasi atau website e-commerce, antara lain adalah:

Fitur Mobile (Ramah di Ponsel)

Penting untuk memasukkan fitur yang satu ini, sebab pengguna internet sebagian besar mengakses platform e-commerce menggunakan gawai. Sehingga, bila website dibuat hanya untuk tampilan desktop, akan sulit untuk masuk ke pasar dan kesulitan menyasar pengguna mobile.

Misalnya saja di Indonesia, tercatat telah ada 370 juta lebih pengguna yang menggunakan platform gawai untuk mengakses e-commerce. Dengan begitu, Anda harus menyiapkan fitur yang strategis, yang bisa membuat aplikasi atau website Anda menjadi lebih responsif.

Membuat Laman yang Rapi

Selanjutnya pastikan terdapat laman yang bisa diakses pengguna untuk melakukan kegiatan transaksi dan jual beli. Harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce tentu sudah mencakup dengan laman yang ada di dalamnya. Sehingga, Anda perlu memperhatikan pihak yang menerima jasa pembuatan website maupun jasa pembuatan aplikasi e-commerce. Untuk laman yang rapi, tim yang mengerjakan perlu memiliki pengalaman desain UI yang baik.

Laman yang rapi akan membuat pengguna bisa dengan mudah memilih produk yang hendak dibeli, melakukan cek transaksi dan mengakses berbagai data lainnya. Ini juga membuat blog penunjang website e-commerce dapat berjalan dengan baik.

Website yang Aman dan Tidak Mudah Ditembus

Keamanan suatu website bisa menjadi aspek yang penting, sebab ini adalah salah satu fitur yang harus ada di dalamnya. Karena merupakan laman e-commerce alias tempat jual dan beli, tentunya ada banyak data yang dimiliki oleh penjual maupun pembeli sehingga data tersebut perlu dijaga dengan baik.

Jika website yang Anda kelola memiliki tingkat keamanan yang rendah, maka memiliki risiko yang tinggi untuk dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini tentu akan membuat pengguna enggan untuk melakukan transaksi di platform tersebut.


    Subscribe now and stay updated!


    Estimasi Biaya Pembuatan Website dan Aplikasi E-commerce

    website web jasa pembuatan e-commerce

    Ada banyak aspek yang memengaruhi harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce. Dengan memperhatikan berbagai aspek berikut, dapat dilihat perkiraan biaya yang perlu Anda persiapkan untuk membuat dan membangun website tersebut.

    Apalagi jika Anda menggunakan fitur-fitur penunjang sehingga Anda perlu situs yang lebih kompleks, harganya tentu lebih tinggi dibandingkan dengan website e-commerce biasanya.

    Harga pembuatan aplikasi e-commerce bisa berkisar 100 juta rupiah. Dapat pula lebih murah dari itu. Biaya pembuatan aplikasi e-commerce pun bisa di atas 100 juta rupiah. Berikut adalah aspek yang bisa mempengaruhi biaya pembuatan aplikasi dan website toko daring.

    Jumlah Produk

    Produk juga bisa mempengaruhi harga suatu website e-commerce, sebab semakin banyak produk maka akan semakin banyak data yang digunakan. Jika jumlah produk tidak begitu besar, Anda bisa meminimalisir penyimpanan, dan membuat tampilan situs menjadi lebih ringkas.

    Untuk produk yang banyak, Anda memerlukan berbagai desain agar tampilan produk dan website tidak saling bertumpukan antara satu dengan yang lain. Diantaranya adalah menyediakan fitur filter, pencarian yang berskala, hingga pengkategorian halaman.

    Platform yang Hendak Digunakan

    Harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce cenderung berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk website saja, platform yang digunakan bisa beragam sesuai dengan jenis website atau bahasa pemrograman yang dipakai. Karena itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pihak pengembang platform apa yang mereka tawarkan. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan pihak penyedia jasa pembuatan website tersebut. Maupun, penyedia jasa pembuatan aplikasi e-commerce. Apa yang Anda inginkan, bisa disampaikan kepada tim. Dan tim juga bisa memberikan pandangan yang dapat membuat website dan aplikasi e-commerce brand Anda semakin baik.

    Anda juga bisa langsung menanyakan terkait dengan jenis platform yang hendak dipakai untuk toko e-commerce jika Anda memang sudah mendapatkan gambaran. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan situs yang sesuai dengan keinginan dan dapat dikelola dengan lebih mudah.

    Biasanya, ada pula sisi content management system alias CMS terbaik untuk e-commerce agar memudahkan Anda dalam mengatur inventori barang yang Anda jual di situs maupun mobile app atau application e-commerce brand Anda.

    Desain Website yang Digunakan

    Desain website juga memberikan pengaruh yang cukup besar dari harga pembuatan website. Jika desain yang digunakan sederhana, biasanya harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, karena makin rumit website maka makin tinggi pula harganya.

    Ketika hendak membuat website, Anda akan ditanya mengenai desain yang hendak digunakan, apakah Anda menyediakan sendiri atau mengikuti template yang dimiliki oleh pengembang.

    Anda bisa mendiskusikan hal tersebut, sehingga prosesnya bisa lebih mudah dan masing-masing pihak tidak mengalami kesalahpahaman. Perlu diketahui, harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce akan berbeda tergantung pada banyak hal tersebut.

    Dengan beberapa faktor tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa harga e-commerce bisa berbeda tergantung dengan desain, jenis platform yang digunakan, hingga kecepatan waktu pembuatan. Anda bisa menanyakan lebih lengkap mengenai harga pembuatan aplikasi dan website e-commerce kepada pihak pengembang.

    Fitur yang Sebaiknya Ada di Situs E-Commerce

    Ketika hendak membuat website, khususnya untuk e-commerce, ada beberapa fitur yang wajib tersedia di dalamnya. Hadirnya fitur tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan, sehingga mereka bisa melakukan berbagai aktivitas pembelian dengan lebih mudah dan ringkas. Ada pula contoh aplikasi e-commerce dan website e-commerce yang bisa Anda lihat-lihat sebagai gambaran. Berikut adalah fitur-fitur yang sebaiknya diperhatikan untuk situs e-commerce.

    Desain yang Rapi

    Desain tiap produk perlu dibuat secara rapi sehingga pembeli bisa menemukan produk Anda dan yang mereka cari lebih mudah. Desain yang rapi juga membuat tingkat traffic pengunjung situs menjadi lebih tinggi dibandingkan situs yang dibuat seadanya.

    Fitur Pencarian

    Ketika Anda mendapatkan harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce dan breakdown fitur-fiturnya, jangan lupa untuk memasukkan fitur pencarian di dalamnya. Fitur ini akan membuat pembeli bisa melakukan pencarian barang berdasarkan kategori tertentu.

    Ikon yang Mudah Dipahami

    Untuk membuat pemakaian ruang lebih minimalis, biasanya pengembang menggunakan ikon sebagai simbol fungsi tertentu. Untuk itu, pastikan bahwa simbol yang digunakan merupakan simbol yang mudah dikenali, sehingga tidak menyulitkan pelanggan ketika hendak melakukan pembelian.


    Get free e-commerce icon pack now!

    free e-commerce icon pack download gratis strategi marketing

    You can use it for your mobile application e-commerce or your website e-commerce!

    Download it for free by filling the form here:


      Setelah memiliki e-commerce sendiri baik berupa website atau aplikasi mobile, Anda juga bisa menerapkan strategi pemasaran e-commerce terbaik sebagai cara meningkatkan penjualan.

      Demikianlah berbagai estimasi dan informasi penting mengenai harga pembuatan website e-commerce dan aplikasi e-commerce. Anda bisa menggunakan jasa yang ditawarkan oleh GITS.ID untuk membuat situs e-commerce dan aplikasi yang berkualitas, mudah diakses dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

      GITS.ID sebagai penyedia jasa pembuatan website dan aplikasi siap membantu perusahaan Anda menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu, dapat pula meng-cover kebutuhan penyimpanan cloud dari e-commerce Anda sebab GITS.ID juga adalah Google Cloud Partner Indonesia, siap membantu dalam jasa Google Cloud modernization.


      Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

      jasa pembuatan aplikasi android enterprise software ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp marketing

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      More articles

      Latest article

      GITS Tech Talks: Transform Your Business and Growth with Google Cloud Platform

      In the uncertain situation, business leaders are under pressure to prioritize investments and optimize costs to support changing business goals in the...

      Strategi Omnichannel di B2B, B2C, juga D2C dan Strategi Marketing

      Di dunia bisnis banyak sekali istilah yang perlu Anda kenali. Salah satunya adalah bagaimana melakukan strategi Omnichannel di...

      Contoh Aplikasi Loyalty Program atau Loyalty App Indonesia

      Ketika menjalankan sebuah bisnis, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk memiliki relasi yang baik dengan para pelanggan. Demi kelangsungan bisnis itu sendiri,...

      9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan

      Dalam bidang usaha, ada beberapa hal yang penting untuk dioptimalkan. Salah satunya adalah loyalitas pelanggan sehingga Anda yang memiliki usaha atau bisnis...

      Ketahui Harga Pembuatan Website E-Commerce dan Aplikasi E-Commerce

      Banyaknya orang yang melakukan belanja daring membuat bisnis ini berkembang cukup baik, terutama jika Anda hendak terjun ke bidang tersebut. Namun, ada...