Mobile App Development Ini Fitur Aplikasi Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang Wajib Ada untuk...

Ini Fitur Aplikasi Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang Wajib Ada untuk Brand Anda

Fitur aplikasi fast moving consumer goods (FMCG) harus diperhatikan. Sebab, mobile application atau aplikasi mobile sangat berguna bagi bisnis Anda. Bagaimana tidak? Sebagian besar penduduk Indonesia memiliki ponsel. Di antaranya berupa ponsel pintar. Mereka pun menggunakan banyak waktu untuk beraktivitas lewat ponsel.

Dengan adanya aplikasi di ponsel mereka yang mendekatkan mereka dengan produk Anda, membuat peluang brand bisa lebih engage dengan konsumen menjadi lebih besar. Brand juga akan lebih mudah mendapatkan konsumen baru.

Bagi Anda yang perusahaannya bergerak di bidang Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), jenis aplikasi yang brand perlu punya belum tentu sama dengan perusahaan bidang lain. Anda perlu tahu fitur seperti apa saja yang sesuai untuk aplikasi mobile milik brand dan untuk dipergunakan oleh masyarakat luas. Hal tersebut agar aplikasi Anda semakin bermanfaat bagi konsumen dan impact-nya lebih besar bagi Anda sendiri.

Baca juga: Bagaimana Mobile Application Meningkatkan Bisnis FMCG (Fast-Moving Consumer Goods)

Fitur-fitur yang penting untuk Anda sertakan dalam mobile application development atau Anda sampaikan kebutuhannya kepada para mobile application developer (Android developer, iOS developer, atau lainnya), maupun ke tim lain adalah berikut ini:

  1. Fitur Aplikasi Fast Moving Consumer Goods Push Notifications
  2. Develop Local Context untuk Aplikasi Mobile
  3. Social Integration antara Aplikasi dengan Akun Media Sosial
  4. Sebagai Aplikasi E-commerce yang Mudah Dipakai Konsumen
  5. Pilihan Fitur Aplikasi yang Dapat Berjalan Secara Offline

Fitur Aplikasi Fast Moving Consumer Goods Push Notifications

Fitur aplikasi fast moving consumer goods, salah satunya berupa fitur notifikasi yang dimunculkan aplikasi adalah salah satu hal penting yang perlu ada di mobile application. Push notification ini berguna sebagai salah satu cara bagi aplikasi brand meng-engage penggunanya.

Notifikasi ini dapat menampilkan informasi terbaru maupun hal menarik dan bermanfaat bagi user. Notifikasi yang masuk ke ponsel user juga bisa dikustomisasi oleh mereka sendiri. Sebab, perlu diperhatikan untuk tidak melakukan spam atau mengirimkan notifikasi terlalu banyak. Ini malah berpotensi akan membuat pengguna kesal dan merusak citra aplikasi maupun brand.

Develop Local Context untuk Aplikasi Mobile

Ada berbagai jenis aplikasi yang bisa brand punya. Apapun jenisnya, dapat dipadukan dengan fitur local context. Artinya, ada fitur di aplikasi yang menyesuaikan dengan lokasi user berada. Bila user tinggal di Jakarta, aplikasi dapat mengirimkan informasi terkait promo di toko area Jakarta.

Baca juga: Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Mobile Application Development untuk Meningkatkan Bisnis FMCG (Fast-Moving Consumer Goods)

Social Integration antara Aplikasi dengan Akun Media Sosial

Saat ini, begitu banyak pengguna media sosial. Aplikasi Anda perlu mengakomodasi login via media social pula sehingga calon pengguna akan merasa termudahkan dan menyukai aplikasi brand Anda. Selain itu, bila ada konten terkait pengguna di aplikasi tersebut yang bisa dibagikan, perlu dibuat fitur share to social media. Selain menambah kesukaan pengguna, ini juga agar semakin banyak lagi yang mengetahui brand dan aplikasi Anda.

Sebagai Aplikasi E-commerce yang Mudah Dipakai Konsumen

Bila aplikasi Anda merupakan tempat berjualan atau dipadukan dengan fitur tersebut, buatlah proses yang memudahkan pengguna, lancar saat digunakan, serta aman.

Pilihan Fitur Aplikasi yang Dapat Berjalan Secara Offline

Bila sesuai, coba pertimbangkan untuk menambahkan fitur di mobile application yang dapat berjalan secara offline atau tanpa perlu terkoneksi dengan internet. Hal ini dapat mempermudah pengguna atau konsumen brand Anda.

Itu adalah lima fitur penting yang perlu menjadi pertimbangkan saat Anda dan perusahaan akan membuat aplikasi terkait brand FMCG Anda dan untuk dipergunakan masyarakat luas. Selain itu, ada pula yang perlu diperhatikan, seperti menjaga desain aplikasi simpel; memiliki user experience baik; aman; cepat alias responsif; juga menyertakan di mana pengguna bisa memberikan feedback terhadap aplikasi.


GITS.ID telah banyak membuat mobile application untuk perusahaan, termasuk brand FMCG dan dipergunakan masyarakat luas. Salah satunya adalah aplikasi Born to Sweat, bersama Pocari Sweat. Aplikasi ini ikut mendukung jalannya marketing campaign dari perusahaan Amerta Indah Otsuka. Selengkapnya tentang pembuatan aplikasi ini, dapat diakses di halaman Insight ini.


Jacqueline adalah bagian dari tim Marketing GITS.ID.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Implementasi REST API di iOS Development menggunakan Alamofire dan SwiftyJSON

iOS Development – Tentang REST API Bagi seorang developer, mungkin sudah tidak asing lagi...

GITS Expert Talks: Guide to Building a Learning Organization

In 1995, Peter Senge coined the term of a Learning Organization. He defines it as a company that facilitates learning of its...

GITS Webinar: How to Build UI UX Portfolio that Stand Out

Apa saja yang harus disiapkan UI/UX designer dalam membuat portfolio? Setelah kamu membuat UI design, lalu bagaimana cara mendokumentasikan...

12 Pelajaran dalam GITS 12 Tahun

GITS genap berumur 12 tahun pada 13 September ini. Ini juga tandanya saya sudah 2 tahun lebih 1...

Customer Loyalty Program yang Cocok untuk Masa Pandemi COVID-19

Customer loyalty program atau program loyalitas kepada pelanggan adalah tentang bagaimana menghargai pelanggan. Kemudian, pada akhirnya, pelanggan yang...