Integrasi Ticketing System pada After-Sale Services

  • Business
  • Integrasi Ticketing System pada After-Sale Services
giving after-sale services in person

Kepuasan pelanggan tentunya menjadi salah satu pendorong agar mereka dapat loyal terhadap perusahaan. Maka, penting sekali bagi perusahaan untuk menjaga customer relation dengan baik.

Apa Itu CRM?

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Fungsinya dalam sebuah perusahaan adalah dengan menerapkan berbagai strategi untuk mendorong kepuasan dan loyalitas pelanggan sebelum dan setelah mereka melakukan transaksi dengan perusahaan. Salah satu strateginya adalah dengan memberikan dukungan after-sale services yang baik.

Apa Itu After-Sale Services?

After-sale service merupakan sebuah layanan dan bantuan yang diberikan setelah pelanggan membeli produk/layanan oleh perusahaan. Contoh bantuan dan layanan after-sale antara lain seperti memberikan bantuan dalam mengklaim garansi, memberikan pelatihan cara produk bekerja, atau perbaikan dan upgrade dari produk yang telah mereka terima.

Dengan adanya bantuan dan layanan after-sale yang telah disediakan oleh perusahaan, hal ini dapat berkontribusi pada peningkatan loyalitas para pelanggan terhadap perusahaan dan memungkinkan agar mereka melakukan pembelian selanjutnya. Selain itu, layanan after-sale yang baik juga dapat menghasilkan word-of-mouth atau pemasaran getok tular yang positif untuk perusahaan. Maka, perusahaan harus berusaha untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan after-sale support yang baik sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Salah satu bentuk dari after-sale support yang dapat diberikan ke pelanggan adalah dengan ticketing system.

Apa itu Ticketing System?

Issue ticket atau ticketing system merupakan sebuah sistem atau program yang dapat digunakan oleh tim customer support untuk memonitor dan menyelesaikan isu-isu yang dimiliki para pelanggan dengan lebih terorganisir. Jadi, ketika seorang pelanggan membutuhkan bantuan setelah menerima produk atau layanan dari perusahaan, maka akan diarahkan untuk mengirim issue ticket. Setelah tiket tersebut yang sudah memuat kronologi masalah terkirim, tim layanan dan bantuan after-sale akan melihat bagaimana mereka dapat membantu pelanggan tersebut. 

Pelanggan jadi tidak perlu datang ke tempat karena mereka dapat menghubungi dan meminta bantuan pada perusahaan melalui sistem tiket isu dari rumah. Artinya, sistem tiket tersebut berfungsi sebagai platform utama untuk menerima, melacak, dan mengelola tiket atau permintaan bantuan pelanggan secara terstruktur dan terorganisir. 

Bagaimana Ticketing System dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Meningkatkan Response Time Tim Support

Ticketing system dapat meningkatkan komunikasi antar perusahaan dengan pelanggan. Selain itu, dengan adanya ticketing system, kecepatan tim support dalam merespon pelanggan akan semakin cepat. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap after-sale service yang diberikan oleh perusahaan. 

Struktur Manajemen yang Baik

Adanya manajemen yang terstruktur dengan baik, memudahkan tim support dalam pengelolaan dan organisir membantu pelanggan dengan terperinci. Hal ini membantu dalam mendokumentasikan proses penerimaan masalah hingga penyelesaiannya sehingga masalah-masalah yang sama dapat dibuatkan template dengan jawaban yang tepat tanpa harus membuang waktu pelanggan saat membutuhkan after-sale service.

Prioritas Masalah Pelanggan

Ticketing system dapat dibuat agar bisa mempertimbangkan urutan prioritas penyelesaian masalah pelanggan berdasarkan urgensi. Penyelesaian masalah berdasarkan prioritas dapat membantu tidak hanya pelanggan, tetapi juga perusahaan. Sebagaimana jika tim support dapat menyelesaikan masalah yang sangat urgen dengan cepat, maka masalah-masalah lainnya dapat dikerjakan tanpa kehilangan banyak waktu dan kesabaran pelanggan lainnya.

Analisis Data yang Berkualitas 

Melalui penggunaan ticketing system, data dan statistik yang berharga bagi perusahaan dapat dikumpulkan untuk analisis. Informasi yang berasal dari hasil analisis data tersebut kemudian dapat digunakan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan dan produk, serta membuat strategi baru untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Buat Ticketing System Perusahaanmu di Satu Sistem

GITS.ID dengan tim ahli di bidangnya dapat membuat ticketing system yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda saat memberikan after-sale service. Ticketing system tersebut dapat diintegrasikan pada website perusahaan sehingga memudahkan para pelanggan untuk mengakses dan mengirimkan keperluan bantuan atas masalahnya. Perusahaan pun dapat menyelesaikan dan memberikan solusi kepada para pelanggan dengan cepat. Tunggu apa lagi, ayo berkolaborasi!

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40294

Whatsapp (chat only)

0813-99-529-333

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States