Bisnis Maju dengan CRM Platform untuk Sales

Bisnis Maju dengan CRM Platform untuk Sales

Tahukah Anda istilah CRM platform? Apa definisinya? Pentingkah untuk bisnis? Fungsi dan manfaatnya untuk apa?

Dalam bisnis, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah hubungan antara customer dengan usaha. Namun, menjaga hubungan tetap baik bukanlah hal mudah, apalagi jika bisnis berkembang pesat dan pelanggan makin banyak.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah manajemen yang mampu merapikan data pelanggan. Dan manajemen ini disebut dengan CRM atau customer relation management.

Apa itu CRM?

CRM adalah akronim dari customer relation manajemen atau manajemen hubungan pelanggan.

Sedangkan manajemen hubungan pelanggan adalah alat, strategi, atau proses apa pun yang membantu bisnis mengatur dan mengakses data pelanggan dengan lebih baik.

Semuanya dimulai dari catatan tulisan tangan. Namun, makin berkembang teknologi menjadikan pencatatan ini bisa dilakukan di perangkat masing-masing dengan mudah dan tersimpan secara cloud.

Berkembangnya bisnis dan teknologi menjadikan definisi CRM menjadi lebih menyeluruh. Bukan lagi sebatas pencatatan data pelanggan. Namun, mengelola hubungan bisnis yang lebih kompleks.

Untuk itu, pelaku bisnis membutuhkan sistem andal bernama CRM software.

Artinya, CRM platform adalah sebuah teknologi yang berguna dalam pengelolaan tentang hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Platform ini menghubungkan berbagai departmen dalam perusahaan mulai dari marketing hingga ke customer service sehingga pengelolaan data hanya dilakukan dalam satu sistem saja.

Fungsi CRM bagi Bisnis

Tujuan CRM sangat sederhana, yaitu meningkatkan hubungan bisnis dalam rangka untuk mengembangkan bisnis Anda semakin pesat. Sistem CRM platform siap membantu perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan, merampingkan proses, dan meningkatkan profitabilitas. Dengan CRM anda juga bisa menjaga hubungan dengan customer anda seperti yang sudah pernah dibahas di artikel Customer Engagement Management Platform untuk Bisnis.

Selengkapnya, berikut fungsi CRM.

1. Mengelola Data Pelanggan dengan Lebih Baik

Semua pencatatan, mulai dari pengumpulan, penyimpanan, dan penganalisisan terlaksana secara cepat dan otomatis. Selain itu, data yang tercatat pun cukup detail dan menyeluruh.

Mulai dari profil, riwayat pembelian, percakapan dengan tim, peluang  pemasaran hingga laporan analisis. Dan data ini bisa diakses oleh pelaku bisnis dalam satu jaringan sebab menggunakan satu sistem terintegrasi.

Dengan CRM platform, Anda bisa lebih tepat memberikan penawaran produk kepada pelanggan potensial.

2. Media Komunikasi Antartim

Dalam menjaga hubungan, komunikasi mengambil peranan penting. Dan CRM juga bisa menjadi media komunikasi yang efektif untuk antartim. Sebab di dalam CRM platform ada fitur sharing data yang bisa dimanfaatkan tim lain.

Contoh ada pelanggan yang komplain ke CS atas produk. Nah, CS bisa mengakses data pelanggan dan melakukan follow up dengan tepat kepada customer tanpa harus repot mencari data pelanggan ke pihak terkait.

Bukan hanya CS, tim marketing pun bisa melakukan follow up dengan cepat dan tepat dengan data yang tersimpan di software CRM.

3. Membuat Laporan Penjualan Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Dalam CRM platform bisa Anda inovasikan sesuai kebutuhan. Termasuk memasukkan fitur pembuatan laporan penjualan.

Dengan fitur ini, bukan hanya bisa membuat laporan dengan mudah dan cepat, tetapi juga memantau progres penjualan. Adanya fitur ini membuat Anda lebih praktis karena tidak perlu menginput data penjualan satu per satu.

4. Berguna untuk Memprediksi Performa Penjualan

Strategi penjualan sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis. Apa yang Anda terapkan dari strategi tersebut berpengaruh pada penjualan. Adanya laporan penjualan dari waktu ke waktu di CRM platform bisa Anda gunakan untuk memprediksi performa penjualan.

Dari report tersebut juga Anda bisa memprediksi strategi yang tepat untuk ke depannya.

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Tidak semua penjualan terlaksana karena pembelian pelanggan baru. Namun, juga pelanggan lama. Nah, untuk menciptakan loyalitas pelanggan Anda perlu menjaga hubungan baik dengan customer.

Memanfaatkan CRM platform, Anda bisa membangun customer experience yang baik. Alhasil terciptalah pelanggan yang setia dengan produk Anda.

Contoh CRM dalam Bisnis

Lalu, apa contoh CRM yang bisa Anda terapkan dalam bisnis?

Setiap bisnis, memiliki strategi masing-masing untuk meningkatkan penjualan dan hal ini juga memengaruhi pada alat yang mereka pakai. Contoh melakukan live di media sosial, menggunakan berbagai media komunikasi untuk berkomunikasi dengan pelanggan, CS otomatis yang menjawab keluhan pelanggan, dan lain sebagainya.

Bisa juga dengan menggunakan aplikasi sales CRM.

Apa itu Sales CRM?

Dalam CRM, ada tiga komponen utama, yaitu manajemen, hubungan, dan pelanggan. Dan tiga elemen pokok inilah yang sales gunakan untuk mensukseskan penjualan dengan aplikasi CRM.

Perangkat lunak CRM adalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk membantu sales dalam memonitor aktivitas marketing. Mulai dari pra-penjualan sampai pasca-penjualan secara real time.

Aplikasi ini juga memudahkan sales melakukan pekerjaan mereka.

Management Platform untuk Sales CRM Perusahaan atau Bisnis

Dalam bisnis, CRM berfungsi untuk membantu pelaku usaha memperoleh data perilaku pelanggan secara menyeluruh. Dari informasi ini, perusahaan bisa menganalisisnya kemudian mengevaluasi untuk memperbaiki aktivitas penjualan dan menciptakan strategi pemasaran berikutnya dengan tepat.

Fungsi Management Platform untuk Sales CRM

Lebih lengkap, fungsi CRM untuk perusahaan yakni.

  • Meningkatkan pengalaman belanja pelanggan.
  • Meningkatkan level kepuasan.
  • Mengurangi kehilangan pelanggan sebab hubungan terjaga dengan baik.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Bisnis semakin efisien.
  • Membantu perusahaan makin memahami perilaku customer.
  • Penjualan terlaksana dengan mudah.

Fitur dalam Platform Management Sales CRM

Dalam platform management sales CRM, ada beberapa fitur utama, yaitu

  • Check in check out. Untuk memonitor aktivitas sales di lapangan secara real time dan mempercepat pembuatan laporan visit.
  • Analisa laporan cerdas. Kemudian ada fitur untuk memberikan insight pada perusahaan yang bermanfaat pada penentuan keputusan kebijakan selanjutnya.
  • Sharing file. Bisa berbagi data antardepartemen dengan mudah, efisien, dan cepat.
  • Integrasi sistem cloud. Penyimpanan terlaksana secara cloud yang memudahkan transfer file dan mengurangi risiko data hilang.
  • Customizable dashboard. Tampilan dashboard aplikasi yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.
  • Dukungan layanan prioritas. Pelanggan bisa mendapatkan layanan khusus dengan penawaran terbaik. Tidak perlu khawatir juga jika mengalami kendala sebab ada customer service yang siap sedia memberikan pelayanan terbaik. Sehingga masalah teratasi dengan cepat.
  • Kontak manajemen. Memudahkan Anda mengelola kontak dari para pelanggan yang bermanfaat untuk strategi pemasaran seperti email marketing.
  • Manajemen transaksi. Dalam fitur ini, Anda bisa dengan mudah mengelola setiap transaksi yang terjadi. Kemudian menyimpannya secara cloud sehingga data tidak akan hilang. Dari laporan transaksi juga bisa Anda gunakan untuk mengambil keputusan yang tepat terkait strategi pemasaran.

Tentunya, masih ada banyak fitur lain yang bisa Anda custom untuk ada dalam software sales CRM.

Kembangkan Management CRM Platform dengan GITS.id yang Bekerja Sama dengan Zendesk

Agar lebih maksimal operasional bisnis Anda, dapatkan software management platform CRM yang tepat.

GITS.id membantu mengatasi hal ini dengan menyediakan all in one CRM solution untuk bisnis. Mulai dari manajemen penjualan, layanan pusat kontak, layanan pelanggan, dan lain-lain. Semuanya menjadi lebih mudah dalam satu software sebab GITS.id bekerja sama dengan Zendesk.

Dengan Zendesk, software CRM Anda menjadi lebih powerful.

GITS.id juga membantu segala level bisnis, dari bisnis kecil, UMKM, hingga perusahaan besar.

Bila anda menginginkan informasi lebih lanjut mengenai manfaat CRM platform, silahkan hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States