Membuat Aplikasi Secara Cepat Menggunakan Low Code App

  • Business
  • Membuat Aplikasi Secara Cepat Menggunakan Low Code App
ilustrasi pengembangan perangkat lunak

Dalam era teknologi yang terus berkembang, penciptaan aplikasi menjadi semakin penting untuk menjawab kebutuhan bisnis dan industri. Namun, bagi banyak orang, tugas ini seringkali dihadapi dengan rasa kompleksitas dan kesulitan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang pengodean yang mendalam. Untuk mengatasi tantangan ini, muncul tren inovatif yang memperkenalkan konsep “Low Code App” atau aplikasi dengan kode minim.

Low code app menawarkan solusi yang revolusioner dengan menyediakan kemampuan seret dan lepas yang sederhana dalam lingkungan pengembangan visual. Artinya, siapa pun di dalam organisasi Anda dapat merancang dan membuat aplikasi bisnis tanpa perlu memiliki keterampilan pengodean khusus. Dengan begitu, hambatan yang biasanya terkait dengan proses pengkodean konvensional dapat diatasi, dan fokus dapat beralih pada pengembangan konsep dan fitur yang lebih penting.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang konsep “Anti Ribet” dalam pembuatan kode dengan menggunakan aplikasi low code, menggali manfaatnya, serta bagaimana pendekatan ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam dunia pengembangan aplikasi.

Asal usul Low Code App

Aplikasi ini dikembangkan pada tahun 1990-an yaitu pengembangan aplikasi cepat (RAD) mulai dioperasikan. 

RAD sendiri adalah sekelompok program sederhana yang memungkinkan pengguna merakit aplikasi desktop secara visual. Pada tahun 2000-an munculnya arsitektur berbasis model dan platform seluler, yang kemudian diikuti oleh popularitas platform pengembangan low code pada awal tahun 2010-an. Kemudian pada tahun 2016, Istilah low code atau tanpa kode tercipta.

Low code adalah istilah umum yang merujuk pada platform pengembangan dan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu pengguna bisnis dalam merancang dan mengembangkan aplikasi. Para pengembang profesional juga memanfaatkan alat low code atau no code untuk tugas-tugas berulang yang tidak memerlukan pengembangan perangkat lunak konvensional.

Cara Kerja Low Code App

Cara kerja low-code platform adalah dengan memiliki beberapa tools yang sudah disediakan untuk para pengembang aplikasi membuat halaman antarmuka dengan melakukan drag and drop. Pengembangan low code app menyederhanakan pembuatan aplikasi dengan mengurangi jumlah pengkodean tangan tradisional yang diperlukan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membangun aplikasi melalui antarmuka visual dan konfigurasi, bukan pengkodean manuaL.

Pendekatan ini menyederhanakan proses pengembangan dan memberdayakan pengguna dengan berbagai keahlian teknis untuk membuat aplikasi secara efisien.

Low-code platform dapat membuat para pengembang aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat dalam membangun sebuah aplikasi yang modern tanpa memikirkan kode sintaksis (syntax) yang sulit. Dengan low code app, bisnis dapat dengan cepat mengembangkan dan menerapkan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka. 

Pengenalan Tools dalam Low Code App

Pengenalan tools dalam low code app memungkinkan pengguna untuk membangun aplikasi tanpa harus memiliki keahlian pemrograman yang tinggi. Dengan low code app, proses pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dan efisien. Berikut ini merupakan fitur yang umumnya ada dalam platform pengembangan low code.

Platform Pengembangan Visual

  • Drag-and-Drop Interface: Tools ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan elemen dan fungsi ke aplikasi dengan mudah, menggunakan antarmuka seret dan lepas.
  • WYSIWYG Editor: What You See Is What You Get (WYSIWYG) memungkinkan pengembang melihat hasil akhir aplikasi selama proses pengembangan.

Integrasi Mudah

  • Built-in Connectors: Menyediakan koneksi ke berbagai sumber daya dan layanan, meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan data dan fungsionalitas eksternal.
  • API Management: Memudahkan penggunaan dan manajemen antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk integrasi yang lebih kompleks.

Visualisasi Data

  • Dashboard Builder: Memungkinkan pembuatan tampilan data yang intuitif dan mudah dimengerti melalui grafik, tabel, dan elemen visual lainnya.

Automasi Proses Bisnis

  • Workflow Automation: Tools ini memfasilitasi penciptaan alur kerja otomatis untuk mempercepat proses bisnis dan mengurangi intervensi manusia.

Manajemen Aplikasi

  • Version Control: Untuk melacak dan mengelola versi aplikasi selama proses pengembangan.
  • Monitoring dan Analitika: Memberikan wawasan tentang kinerja dan penggunaan aplikasi.

Kustomisasi dan Ekstensibilitas

  • Scripting dan Ekstensi: Memberikan fleksibilitas kepada pengembang yang lebih berpengalaman untuk menambahkan kode kustom jika diperlukan.

Keamanan

  • Built-in Security Features: Melibatkan fungsi keamanan bawaan untuk melindungi aplikasi dari potensi ancaman keamanan.

Manfaat Low-Code Development

Platform Low Code App memberikan peluang luar biasa bagi Anda dengan menghadirkan manfaat yang tak terbantahkan. Dengan pendekatan ini, Anda dapat mengembangkan aplikasi secara lebih cepat tanpa perlu bergantung pada kemampuan pemrograman yang tinggi. Ini berarti penghematan waktu dan biaya yang signifikan, memungkinkan fokus lebih besar pada inovasi dan kebutuhan bisnis yang mendesak. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari pengembangan Low Code Development.

Penyederhanaan Proses Pembuatan Aplikasi

Low code development memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi dengan pengkodean manual minimal, sehingga berpotensi mempercepat proses pengembangan dan mengurangi kebutuhan akan keahlian khusus. Ini memungkinkan Anda untuk merancang, menguji, dan menerapkan aplikasi tanpa perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang pemrograman.

Low code app sering kali menyediakan antarmuka visual dan templat siap pakai, memungkinkan pengguna menarik dan melepas komponen untuk merancang aplikasi mereka. 

Low-code development memungkinkan proses pengembangan aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang teknis yang kuat.

Peningkatan Produktivitas

Low Code Development Platforms dikenal karena kemampuannya meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan pengguna membuat aplikasi dengan kode tangan minimal. Platform ini menyediakan antarmuka visual dan komponen siap pakai yang menyederhanakan proses pengembangan serta memungkinkan pengembang untuk fokus pada logika bisnis dan fitur aplikasi, daripada terjebak dalam pekerjaan detail pemrograman.

Dengan memanfaatkan low code, organisasi dapat mempercepat siklus pengembangan aplikasi mereka, mengurangi ketergantungan pada metode pengkodean tradisional, dan memberdayakan pengguna bisnis untuk berkontribusi dalam pembuatan perangkat lunak.

Pengurangan Biaya dan Waktu

Low code development dikenal karena kemampuannya menyederhanakan proses pengembangan dengan mengurangi biaya dan menghemat waktu. Mereka memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi dengan pengkodean tangan yang minimal, sehingga mempercepat penyampaian solusi perangkat lunak. 

Dengan memanfaatkan alat berkode rendah, Anda dapat secara efisien membangun dan menerapkan aplikasi khusus, mengotomatiskan alur kerja yang kompleks tanpa pengetahuan pemrograman yang luas. Selain itu, platform ini menawarkan fitur yang meningkatkan kolaborasi antar anggota tim, mendorong inovasi dan produktivitas.

Inovasi Tanpa Batas dengan Low Code App

GITS.ID merupakan software house dan jasa pembuatan aplikasi enterprise menawarkan solusi revolusioner platform pengembangan aplikasi low-code. GITS.ID menghadirkan alat yang memungkinkan Anda menciptakan aplikasi bisnis tanpa ribet dan tanpa batas. 

Dengan antarmuka yang mudah digunakan, platform low-code kami membebaskan kreativitas Anda dengan kemampuan seret dan lepas. Sekarang, siapa pun di tim Anda, bahkan tanpa latar belakang teknis yang mendalam, dapat merancang dan membangun aplikasi yang memenuhi kebutuhan unik perusahaan Anda. Kami memahami bahwa waktu adalah aset berharga, dan itulah mengapa solusi low-code kami dirancang untuk menyederhanakan proses pengembangan, memungkinkan Anda melihat hasil yang diinginkan lebih cepat dan lebih efisien.

Bergabunglah dengan perjalanan kami menuju inovasi tanpa batas. Bersama GITS.ID Anda tidak hanya mengadopsi teknologi, tetapi Anda merangkul revolusi dalam pembuatan aplikasi. Jadikan setiap ide menjadi kenyataan dengan cepat, mudah, dan tanpa batas. Dapatkan solusi low-code kami sekarang dan saksikan transformasi bisnis Anda ke level yang lebih tinggi.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States