Membuat REST API Pakai AdonisJS? Back-end Developer, Yuk Coba!

back-end website developer development rest api adonisjs nodejs laravel indonesia bandung jakarta

Bagi para back-end developer, API adalah teman sehari-hari dalam website development. Bagi developer lain, perlu juga mengenal dan bekerja bersama API. API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Ini menghubungkan antara server dengan klien sistem operasi.

Ada pula yang disebut REST API. REST sendiri kependekan dari Rest Representational State Transfer. REST adalah sebuah arsitektur komunikasi. Biasanya, REST menggunakan HTTP sebagai protokol untuk komunikasi datanya.

REST API menjadi penghubung antara HTTP atau klien dengan basis data.

Misalnya, klien melakukan request suatu data dari basis data, melalui REST API. REST akan menyampaikan permintaan ini ke basis data. Kemudian, basis data akan memberikan respons berupa data yang diminta, diberikan kepada REST, untuk diteruskan pada klien.

Hubungan request-response ini bisa diibaratkan dengan pelanggan yang datang ke restoran. Setelah memilih menu, mereka menyampaikannya pada pramusaji. Kemudian, pramusaji akan memberi tahu pilihan pelanggan pada koki. Tahap selanjutnya, setelah koki selesai menyiapkan pesanan, akan disampaikan pada pramusaji, untuk diberikan ke pelanggan.

Metode yang umum yang adalah GET, PUT, PATCH, POST, DELETE.

REST sendiri bisa dipakai di mana-mana, untuk mempermudah pengambilan data. Penggunaannya seperti di aplikasi mobile, website, cloud resource, dan lain-lain.

Baca juga: Untuk Website dan Mobile Application Development, Ini yang Perlu Diperhatikan Agar Menunjang Digital Accessibility

Dari segi response, response code yang ditampilkan HTTP ada beberapa jenis, yakni

  • Informational responses (100-199)
  • Successful responses (200-299)
  • Redirects (300-399)
  • Client error (400-499)
  • Server error (500-599).

Selain REST API, ada pula istilah yang mirip dan sering dipakai, yaitu RESTful API. Ini adalah sistem yang menggunakan REST API. Penggunaannya membantu agar sistem lebih cepat.

REST API bisa diimplemetasikan dengan AdonisJS. AdonisJS adalah sebuah framework web NodeJS. Style-nya pun sangat mirip Laravel. Jadi, untuk yang sudah akrab dengan Laravel, bisa langsung coba-coba AdonisJS.

Untuk membuat REST API pakai AdonisJS, pada live coding ini menggunakan salah satu editor teks, Postman, dan MySQL.

Sementara itu, siapkan pula NodeJS minimal versi 8.0.0, npm minimal 3.0.0, dan git.

Tayangan Ulang Build A REST API with AdonisJS (bersama Back-end Developer GITS Indonesia)

Itu dia sedikit bahasan tentang API, REST API, dan AdonisJS. Pada GITS Webinar bersama Hadian dan Yudha, back-end developer GITS Indonesia, dibahas lebih banyak lagi tentang hal tersebut, termasuk live coding. Yuk, tonton tayangan ulangnya di

Untuk pendaftar GITS Webinar, file materi dapat diakses di bawah ini. Sila cek emailmu untuk mendapatkan password-nya.

[passster password=”gits-be-don”]

File materi

[/passster]


Hadian dan Yudha adalah Back-end developer di GITS Indonesia.

Jacqueline adalah bagian tim Marketing GITS Indonesia.


GITS Indonesia menyediakan solusi IT untuk perusahaan-perusahaan. Klien kami di antaranya, yakni Danone; Toyota; dan Jasa Raharja. Bahasan contoh proyek kami dapat dilihat di halaman Insight ini.


CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States