Offline Marketing Campaign yang Didukung Digital

Masih ingat dengan iklan ice cream yang menawarkan beragam hadiah menarik dengan cara mengumpulkan stik ice creamnya? eStrategi tersebut bagian dari offline marketing campaign yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik perhatian pembeli.

Biasanya offline marketing dilakukan melalui televisi, radio, majalah, event, dan lain-lain. Cara tersebut sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan sebelum adanya online campaign. Perusahaan pun masih bisa melakukan strategi ini tetapi lebih variatif dengan bantuan mobile app.

Ide Offline Marketing Campaign Terbaik

Offline Marketing Campaign (Ilustrasi)

Kartu Nama

Kartu nama menjadi salah satu offline marketing campaign yang dapat digunakan dengan cara mendesain unik kartu tersebut dengan mencerminkan nilai dan kreativitas brand Anda. Tentunya hal ini akan menjadi daya tarik konsumen untuk membeli produk Anda.

Gunakan logo yang menarik dengan pemilihan warna kartu yang dapat memikat orang untuk membaca dan melihat kartu nama yang diberikan.

Buat Pamflet dan Flyer

Salah satu ide offline marketing campaign ini bisa diterapkan pada bisnis Anda. Ide ini biasanya dilakukan oleh perusahaan otomotif atau bisnis penjualan barang elektronik untuk menunjukan produk barunya kepada konsumen.

Biasanya tim marketing atau sales menyebarkan pamflet dan flyernya ke masyarakat seperti di pinggir jalan, di mall, di pameran dagang, maupun visibilitas di area lokal. Meskipun cara ini sudah lama, ternyata masih dilakukan oleh berbagai perusahaan.

Melalui pemasaran tercetak, konsumen akan memahami materi dan produk secara lebih detail.

Terbitkan Buku

Mungkin bagi Anda yang memiliki bisnis percetakan/penerbitan buku, strategi offline marketing campaign seperti ini dapat menarik konsumen untuk melihat dan mengetahui kualitas dari buku yang Anda desain.

Anda juga dapat memasarkan produk Anda dengan mempromosikannya sebagai sebuah ebook. Promosi ini memungkinkan konsumen untuk melihat manfaat bisnis Anda.

Rebranding

Strategi offline marketing campaign ini bisa dengan cara rebranding atau mengenalkan produk Anda dengan citra yang berbeda dan tentunya lebih fresh ketika dilihat orang. Rebranding dapat dilakukan dengan menerapkan desain, simbol atau nama baru untuk suatu merek (brand).

Maka dipastikan konsumen akan melihat hal baru dari produk Anda jika mengemasnya dengan unik dan menarik perhatian konsumen. Kemasan yang menarik pun bisa menjadi daya tarik agar konsumen penasaran dengan produk terbaru Anda.

Tawarkan Kupon Berhadiah

Biasanya strategi marketing ini sangat ampuh apabila hadiah yang ditawarkan begitu menjanjikan. Misalnya kupon dengan hadiah uang, barang elektronik, atau bahkan mobil.

Selain itu, dengan kupon tersebut Anda bisa menawarkan berbagai diskon menarik agar konsumen segera tertarik untuk membeli produk Anda. Buatlah penawaran yang menarik dengan hadiah atau diskon-diskon yang membuat konsumen sulit untuk menolaknya.

Strategi Promosi Musiman

Bagi para pebisnis ada beberapa musim penjualan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja seperti bulan ramadhan, hari raya idul fitri, hari raya idul adha, atau kemerdekaan Indonesia bisa menjadi musim penjualan yang menguntungkan bisnis Anda.

Strategi offline marketing campaign ini bila diterapkan dengan benar, maka akan memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa menawarkan promosi menarik untuk produk Anda di musim-musim tersebut.

Contohnya membuat baju lebaran khas hari raya idul fitri dengan desain yang menarik. Di musim ini biasanya konsumen akan membeli baju khusus tema hari raya. Dengan begitu, penjualan Anda pun bisa meningkat secara signifikan. Namun, tetap harus menggunakan promosi yang menarik.

Sampel Gratis

Jika Anda sedang menawarkan produk terbaru dari bisnis Anda, maka salah satu strategi offline marketing campaign yang bisa digunakan melalui pemberian sampel gratis. Cara ini bisa menarik pelanggan untuk mencoba dan mengetahui bagaimana kualitas produk baru tersebut.

Tester tersebut sebagai umpan kepada konsumen agar mereka mau membeli produk Anda. Biasanya strategi ini digunakan oleh pemilik usaha di bidang kecantikan seperti lotion, parfum, dan lainnya.

Cross-Promotion

Cross promotion atau promosi silang adalah strategi pemasaran dimana Anda berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk menjual produk Anda. Saat Anda berkolaborasi dengan brand terpercaya, maka akan lebih mudah dan efisien untuk menargetkan penjualan ke konsumen.

Tidak hanya itu, brand milik Anda pun akan mudah diingat oleh konsumen. Sebab, Anda memilih klien yang tepat dan sudah mempunyai nama besar di pasaran.

Aktivitas cross promotion pun sangat berpotensi memberikan hasil pemasaran yang lebih besar. Strategi ini dipilih bukan karena untuk menghemat biaya promosi, melainkan mengambil peluang besar untuk menjangkau segmen pasar yang berbeda.

Menggunakan Iklan Baris Offline

Meskipun di era digital ini terdapat digital marketing, namun Anda masih bisa mengiklankan produk dengan iklan baris offline melalui koran atau majalah. Iklan baris offline biasanya tampil pada halaman media offline baik di atas, tengah, maupun bawah.

Namun, biasanya iklan baris offline diletakan secara eksklusif di satu halaman penuh agar konsumen bisa mengetahui secara detail produk yang diiklankan.

Beriklan di Televisi

Menjadi strategi marketing yang sangat efisien dilakukan oleh berbagai bisnis. Anda bisa mengiklankan produk di televisi dengan tayangan iklan yang unik, menarik, singkat namun berkesan ketika di tonton. Oleh sebab itu, buatlah konsep yang menarik ketika mengiklankan suatu produk.

Menjadi Sponsor pada Acara Tertentu

Jika ada event-event tertentu yang memiliki peluang brand Anda dapat dikenal banyak orang, maka Anda bisa menjadi salah satu sponsor di event tersebut. Biasanya dalam suatu event ada banyak orang yang hadir.

Disinilah waktu Anda untuk mengenalkan produk pada audiens yang hadir dengan memberikan penawaran yang menarik pula. Selain itu, pihak penyelenggara biasanya memasang logo sponsornya. Dengan begitu, logo brand Anda akan tampil dan dilihat oleh banyak orang.

Contoh Offline Marketing Campaign yang Didukung Secara Digital

Salah satu contoh pemasaran offline dengan menggunakan digital marketing yaitu perusahaan Pocari Sweat. Perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan GITS.id lewat aplikasi Born to Sweat.

Pocari berhasil memperkuat branding awareness melalui digital campaign yang dikemas dengan sangat menarik. Born to Sweat adalah aplikasi running tracker yang dipakai pada event Pocari Run, di mana event lari maraton ini diikuti lebih dari 100 ribu orang tiap tahunnya. GITS.id membantu development aplikasi ini dan ketika dipakai para peserta lomba lari secara bersamaan pun lancar.

Membuat Mobile Aplikasi Melalui GITS.id

Setelah mengetahui beberapa ide strategi pemasaran secara offline dan contohnya, Anda bisa menerapkan strategi tersebut pada bisnis Anda. Gunakan pula teknologi digital untuk menunjang offline marketing campaign perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik, Anda bisa membuat mobile aplikasi khusus melalui GITS.id. Kami akan membantu Anda untuk membangun aplikasi yang bisa mendukung offline marketing campaign, serta terkait kebutuhan lainnya. Ayo bangun mobile aplikasi terbaik Anda dengan segera hubungi kami sekarang!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286