Online Event Management Platform untuk Perusahaan

Online Event Management Platform untuk Perusahaan

Perkembangan digital begitu cepat membuat segalanya menjadi mudah dan efisien. Bahkan penyelenggaraan event perusahaan pun bisa dilakukan secara virtual yakni melalui event platform khusus yang dapat mengatur event Anda dengan baik dan lancar.

Beragam ide event bisa diterapkan di perusahaan Anda apabila ingin melakukan event yang nantinya diselenggarakan secara virtual. Tentunya dengan online event management dapat menjangkau audience yang lebih luas dan memberikan manfaat lebih banyak kepada perusahaan.

Ide Online Event Bisnis Untuk Perusahaan

Ide Online Event Bisnis

Jika perusahaan Anda ingin menyelenggarakan sebuah event besar yang jangkauan audience dengan budget yang minim, Anda dapat menyelenggarakannya secara virtual. Nantinya manajemen event online berbasis platform akan mengatur event Anda dengan sebaik mungkin.

Namun, online event bisnis seperti apa yang menarik untuk diselenggarakan secara virtual? sebab jika perusahaan ingin menyelenggarakan event secara virtual harus memiliki tema dan konsep yang menarik. Tujuannya agar banyak sponsor yang masuk dan audience pun bisa menikmati event.

Beberapa ide online event bisnis yang bisa diterapkan di perusahaan yaitu:

Virtual Launch Produk Bisnis

Apabila perusahaan ingin mengadakan launching produk terbaru, maka ide virtual launch ini bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab, banyak perusahaan besar yang mengadakan launching produknya secara virtual.

Melalui online event akan mudah bagi perusahaan untuk menjangkau audience dan target pemasaran pun semakin luas. Dengan begitu, audiens pun akan mencoba untuk membeli produk yang di launchingkan.

Melalui manajemen event online berbasis platform, perusahaan Anda akan lebih mudah untuk membuat event tersebut berjalan dengan baik.

Virtual Trade Show

Anda bisa melakukan pameran dagang dari bisnis yang sedang dikelola. Konsepnya pun sangat menarik. Nantinya, Anda bisa membuat animasi 3D yang dinamis dan menarik audiens. Animasi ini berfungsi untuk membuat suatu pameran agar terlihat seperti asli (nyata).

Namun, barang yang Anda tawarkan tetap secara online yakni melalui platform e-commerce. Dengan begitu, akan banyak audiens yang tertarik untuk membeli dagangan Anda. Pilihlah event platform yang sesuai dengan kebutuhan event agar animasi 3D pun bisa tampil dengan nyata.

Virtual Tour

Jika perusahaan Anda bergerak dalam bisnis travel (pariwisata), maka virtual tour ini bisa dibuat online event untuk menarik banyak pelanggan. Anda bisa menunjukan tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi oleh pelanggan.

Namun, pada umumnya virtual tour dilakukan oleh industri pariwisata untuk tetap memberikan edukasi terhadap masyarakat mengenai beragam destinasi wisata menarik.

Job Fair Online

Tentunya event seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pelamar kerja yang sedang mencari pekerjaan. Sebab, pada event ini ada banyak lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi yang telah siap untuk ditempati.

Namun, perusahaan umumnya akan menginterview karyawan secara online melalui aplikasi meeting tertentu.

Workshop

Dalam event workshop perlu membuat materi menarik, singkat, dan menambah wawasan audiens. Apalagi jika event tersebut dilakukan secara virtual sehingga jangkauan audiens pun akan lebih luas.

Pastikan juga tema yang dibawakan pun dapat menarik banyak audiens agar workshop online Anda dapat dihadiri oleh banyak orang.

Online Training

Bagi perusahaan tentu perlu melakukan sebuah training untuk para pekerjanya sebelum diterima bekerja. Hal ini bertujuan untuk menguji skill dan kompetensi dari para calon karyawan. Perusahaan bisa mengadakan training kepada para karyawannya melalui virtual.

Seminar Online

Seminar online atau webinar merupakan seminar yang diselenggarakan secara online berbasis internet. Webinar ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu sales webinar dimana audiens dimintai untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui media yang telah disediakan oleh panitia.

Kedua, the on off for profit webinar dimana audiens dimintai transaksi terlebih dahulu sebelum seminar itu dimulai. Anda bisa menggunakan platform even yang sesuai dengan kebutuhan event Anda.

Konser Online

Apabila perusahaan Anda ingin membuat hiburan dalam sebuah event, konser online menjadi ide yang menarik untuk diterapkan di event perusahaan Anda. Apalagi konser online akan menjadi daya tarik dan hiburan yang disenangi oleh hampir seluruh orang.

Buatlah konsep konser online yang menarik melalui platform event yang tepat dan mendukung event Anda.

Fitur dalam Platform Management Online Event

Ketika perusahaan Anda memilih untuk mengadakan event secara virtual tentu harus mengetahui fitur-fitur sebagai pendukung untuk mempermudah berjalannya event tersebut. Berbagai platform event yang tersedia pun memiliki fiturnya masing-masing.

Namun fitur-fitur tersebut bisa menyesuaikan kebutuhan event Anda. Adapun beberapa fitur yang perlu ada dalam platform manajemen event online adalah:

Live Streaming Video

Fitur ini sangat diperlukan dalam sebuah platform event. Adanya fitur live streaming bisa memungkinkan perusahaan untuk mengadakan event secara virtual agar bisa ditonton oleh banyak audiens secara live.

Dengan begitu, event akan berjalan secara efektif dan event pun bisa berjalan secara natural. Melalui fitur ini akan memberikan koneksi lebih dekat dengan audiens meskipun tidak bertatap muka langsung.

Fitur Penjualan Tiket Online

Jika tiket event dijual secara online dalam satu sistem (platform), maka akan memudahkan bagi audiens yang akan menghadiri event Anda. Penyelenggara event pun tidak perlu kesusahan untuk menjual tiketnya secara manual.

Dengan fitur seperti ini akan memudahkan bagi Anda dan audiens untuk mengatur event tersebut.

Point of Sales (POS)

Merupakan fitur yang bisa digunakan sebagai tempat penjualan tiket event dimana pada tampilannya nanti ada banyak beragam daftar harga tiket yang bisa audiens pilih berdasarkan kebutuhannya. Fitur ini dirancang untuk pemesanan tiket event online.

Payment Gateway

Fitur pembayaran ini sangat penting untuk memudahkan audiens yang akan mengikuti event Anda. Buatlah payment method yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

Landing Page & Form Registration

Fitur seperti ini bisa dimasukan dalam pembuatan platform event untuk menampilkan iklan pada bisnis Anda. Melalui landing page, perusahaan dapat membagikan informasi spesifik dan lebih detail mengenai produk , layanan, penawaran, dan lainnya.

Selain itu, adanya fitur untuk mengisi registrasi pendaftaran peserta atau form registration.

Email Blast

Fitur email blast digunakan untuk mengirimkan email kepada banyak penerima sekaligus secara bersamaan. Hal ini digunakan untuk membagikan e-sertifikat melalui email peserta (audiens) apabila event tersebut menyediakan e-sertifikat contohnya pada event webinar.

Dashboard Real Time Data Report

Dashbord ini sebagai media pengumpulan data, personalisasi, dan kolaborasi antar pengguna.

Dari beberapa fitur di atas masih banyak fitur lain yang mungkin ingin Anda terapkan pada platform manajemen event online milik Anda. Beragam fitur pun bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Solusi Membuat Platform Management Event Online

Bukan hal yang mudah untuk membuat Platform Management Event Online, akan tetapi beberapa platform servis seperti Google Cloud Platform yang bisa mendukung solusi untuk Anda yang ingin memiliki Platform Management untuk Event Online.

Anda bisa menghubungi penyedia servis untuk kebutuhan pembuatan Platform Management Event Online yakni GITS.id. Untuk informasi kebutuhan apa yang anda inginkan, silahkan hubungi langsung dengan menekan tombol di bawah ini!

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States