Metode Scrum, untuk Project Management yang Baik

Metode Scrum untuk Project Management yang Baik

Untuk kebutuhan sebuah project management, penerapan metode scrum sering kali menjadi pilihan yang tepat dan salah satu kerangka kerja terbaik. Metode tersebut memang sangat cocok digunakan dalam menemukan solusi cepat jika perusahaan menghadapi suatu hambatan.

Metode ini juga mampu memberikan sejumlah cara terbaik dalam penyelesaian masalah di suatu proyek yang sedang dikerjakan. Tentunya kerja dari tim akan menjadi lebih efektif dan masalah yang ditemukan pun bisa segera diselesaikan.

Pengertian Metode Scrum dalam Project Management

Pada dasarnya, scrum menjadi sebuah cara yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Metode ini juga menggunakan pendekatan dari metode yang lainnya yaitu agile. Metode agile memang mengacu pada sejumlah metode atau praktik dari nilai dan juga prinsip tertentu.

Prinsip tersebut meliputi pengorganisasian dan juga kolaborasi yang dilakukan oleh member tim serta tim yang lintas fungsi. Scrum menjadi sebuah kerangka kerja yang diimplementasikan dalam pengembangan pada metode agile.

Dengan menggunakan metode scrum ini Anda bisa mengelola proyek apa saja mulai dari pembuatan software, hardware, event planning, website, atau marketing. Scrum juga akan membantu para tim yang bekerja dalam memecahkan suatu masalah.

Tentunya diperlukan komunikasi yang kuat antar tim dalam membuat suatu proyek yang menggunakan metode ini. Scrum mulai banyak digunakan untuk suatu proyek pengembangan software.

Cara Kerja Scrum

Dalam menjalankan metode ini pada setiap proyek yang akan dijalankan tentu ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui, yang diantaranya yaitu:

1. Penentuan Tim

Langkah paling awal dalam menggunakan metode ini adalah dengan menentukan tim terlebih dulu. Tahap awal dalam memulai scrum adalah dengan menentukan siapa saja yang menjadi anggota tim.

Biasanya jumlah anggota di dalam satu tim antara 5 hingga 10 orang saja dan tidak lebih dari itu. Namun, usahakan jumlah anggota dalam satu tim ini dipilih dengan cara yang efektif dan efisien dan saling melengkapi.

2. Menentukan Kapan Waktu Pengerjaannya

Tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah menentukan waktu pengerjaan proyek. Tahap ini dikenal dengan sebutan sprint, yang merupakan serangkaian pekerjaan yang dilakukan untuk penyelesaian masalah terutama dalam menciptakan produk yang baru.

Setelah menemukan tim yang tepat maka langkah berikutnya adalah menentukan sprint atau waktu pengerjaan. Satu sprint biasanya akan ditentukan sekitar 7 – 10 hari lamanya.

3. Penentuan Peran Anggota di dalam Tim

Supaya bisa bekerja dengan lebih maksimal maka sebuah tim harus mempunyai struktur dan juga peran masing-masing supaya tidak saling tumpang tindih. Dalam sebuah proyek manajemen akan ada peran penting dari setiap anggota tim.

Peranan ini disebut dengan scrum master yang akan memastikan bahwa proyek berjalan dengan lancar dan juga sesuai.

Peran lainnya adalah product owner, artinya orang tersebut harus memastikan bahwa produk yang nantinya dihasilkan akan sesuai dengan kualitas yang diharapkan dan keinginan dari calon pengguna.

4. Mengumpulkan Sejumlah Permasalahan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam metode ini adalah mengumpulkan segala macam hal yang diperoleh di lapangan, yang disebut dengan backlog.

Beragam permasalahan tersebut nantinya akan dikumpulkan lalu dibuat sebagai prioritas dalam pengerjaannya. Yang menjadi permasalahan utama tentunya akan menjadi yang dikerjakan terlebih dahulu.

5. Memulai Sprint

Setelah semuanya dijalankan, maka Anda bisa langsung memulai sprint.

Dalam memulai tahap ini biasanya akan muncul permasalahan. Komunikasikan dengan owner apabila muncul permasalahan di tahap ini.

Metode Scrum untuk Project Management yang Baik

Manfaat Metode Scrum dalam Proyek Manajemen

Ada banyak fungsi dan manfaat dari scrum di dalam sebuah project management, misalnya dalam proyek pengembangan suatu aplikasi dan yang lainnya. Berikut ini beberapa manfaat dari scrum di dalam proyek manajemen:

1. Kemudahan dalam Scalable

Proses scrum memiliki sifat yang berulang dan dapat ditangani di periode tertentu yang nantinya akan memudahkan tim supaya bisa fokus di suatu fungsi pada setiap periodenya.

Hal ini tak hanya mendapat keuntungan saja untuk hasil terbaik sesuai kebutuhan si pengguna, tapi juga dapat memberi kemampuan pada tim untuk menskalakan modul di dalam segala hal.

Misalnya dalam hal fungsionalitas, ruang lingkup, desain, dan karakteristik yang teratur, sederhana dan juga transparan.

2. Bersifat Fleksibel untuk Setiap Perubahan

Reaksi yang cepat pada perubahan persyaratan yang akan dihasilkan oleh kebutuhan dari pelanggan atau perkembangannya di pasar.

Metodologi ini telah dirancang untuk bisa beradaptasi dengan perubahan syarat yang dibutuhkan proyek dengan sifatnya yang kompleks. Kemudahan ini menjadikan project yang menggunakan metode scrum lebih mudah dikerjakan jika terdapat beberapa perubahan.

3. Kualitas Perangkat Lunak yang Lebih Tinggi

Metode kerja serta kebutuhan dalam memperoleh versi fungsional akan membantu memperoleh perangkat lunak yang kualitasnya lebih tinggi. Metode tersebut juga akan membuat produk yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas.

4. Pengurangan Resiko

Fakta dalam menjalankan fungsi paling berharga sejak awal serta mengetahui seberapa cepat kemajuan tim di dalam proyek akan memungkinkan untuk menghapus resiko yang buruk dengan cara yang efektif lebih dari yang sebelumnya.

5. Pemenuhan Ekspektasi

Klien juga akan menetapkan ekspektasi mereka yang akan memperlihatkan nilai yang dibawa oleh setiap syarat atau riwayat dari proyek. Tim juga akan memperkirakan hal itu sehingga dengan informasi yang ada pemilik produk pun akan menentukan prioritasnya.

Selain itu dengan teratur si pemilik juga akan memverifikasi persyaratan yang sudah terpenuhi serta mengirim umpan balik pada tim terkait.

6. Pengurangan Waktu Pasar

Klien bisa mulai memakai fungsi yang paling penting di dalam proyek sebelum produk aplikasinya sangat siap dan matang. Hal ini tentu akan menghemat waktu mereka ketika melihat kondisi pasar dan juga pihak pembeli.

7. Prediksi yang Tepat Waktu

Dengan menggunakan metodologi ini maka Anda akan tahu bagaimana kecepatan rata-rata tim dari sprint yang telah ditentukan karena hal itu akan memungkinkan kapan prediksi waktu yang tepat untuk menyelesaikan proyeknya.

Web dan App Development dengan Scrum bersama GITS.ID

Proses pembangunan serta pemeliharaan web sangat diperlukan oleh setiap perusahaan yang memiliki web resminya. Proses dalam web dan juga app development ini beragam misalnya dalam hal pengembangan server, manajemen konten untuk website, dan juga keamanan.

Dalam menentukan web dan app development yang tepat dalam hal ini, atau ketika perusahaan Anda memutuskan untuk menggunakan scrum dalam sebuah proyek manajemen tertentu maka gunakan jasa GITS.ID sebagai jasa layanan terbaik yang ada saat ini.

GITS akan membantu perusahaan Anda dalam hal apapun yang berkaitan dengan teknologi informasi terkini.

Khususnya dalam hal pengembangan software yang ada di perusahaan, dengan beragam tujuan misalnya digital marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan nilai marketing perusahaan itu sendiri.

Sebagai outsourcing developer terbaik dan terpopuler, GITS pun akan membantu perusahaan Anda dalam perkembangan teknologi saat ini. Untuk pengembangan situs webnya pun bisa dilakukan dengan menggunakan jasa layanan dari GITS.

Pastikan Anda sudah memilih outsourcing yang tepat dalam hal ini, jangan sembarangan memilih perusahaan jasa yang belum pasti karena hal itu menyangkut kemajuan perusahaan Anda masing-masing.

Jika Anda masih memiliki keraguan tentang outsource developer dari GITS.ID, Anda dapat mengunjungi website kami dan membaca beberapa success story yang telah kami terbitkan seperti dari project JRku.

Selain itu, Anda juga bisa memilih metode scrum untuk setiap proyek manajemen yang dilakukan perusahaan dengan melibatkan GITS.ID di dalamnya. Kemudian lihat bagaimana hasilnya, yang akan sesuai dengan harapan dan sangat memuaskan.

Outsource Developer untuk Proyek Perusahaan Anda Sekarang

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States