Business Antara Oracle Cloud vs Google Cloud, Mana yang Paling Sesuai untuk Kebutuhan...

Antara Oracle Cloud vs Google Cloud, Mana yang Paling Sesuai untuk Kebutuhan Perusahaan Anda?

Cloud computing merupakan platform penting yang menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang menggunakannya. Dua platform cloud computing yang bersaing untuk mendapatkan perhatian berbagai perusahaan adalah Oracle Cloud vs Google Cloud.

Demi mendapatkan perhatian dari berbagai perusahaan, kedua penyedia cloud computing tersebut berusaha untuk menawarkan berbagai keunggulan, seperti misalnya menyediakan layanan tambahan, menaikkan batas penyimpanan, serta menurunkan harga.

Perbandingan Harga Oracle Cloud vs Google Cloud

Sebenarnya ada beberapa penyedia cloud computing lain yang juga mendominasi pasar. Tapi saat ini, perbandingan antara Oracle dengan Google Cloud adalah hal utama yang sebaiknya Anda perhatikan. Perbedaan yang paling banyak dicari adalah perbedaan dalam segi harga layanan yang tersedia.

Harga Oracle Cloud Infrastructure

OCI atau Oracle Cloud Infrastructure menawarkan harga yang seragam di seluruh region global. Pendekatan yang ditawarkan oleh Oracle membantu menyederhanakan manajemen biaya. Para pelanggan bisa memperoleh diskon penggunaan, hadiah, dan profitabilitas lisensi perangkat lunak.

Agar bisa melihat lebih jelas harga yang ditawarkan oleh Oracle untuk setiap layanan yang disediakan, perhatikan tabel di bawah yang berisi contoh harga layanan. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

Tipe LayananJenis LayananSpesifikasi LayananHarga Layanan
ComputeGeneral purpose VMVM.standard.e4.flex 2 cores 4 vCPU 32GB RAMMulai dari USD 0.0980 per jam
StorageBlock storage100 GB 6000 IOPSMulai dari USD 4.25 per bulan
NetworkingPrivate connectivity10 GBPS FastConnectMulai dari USD 1.275 per jam
Outbound dataData egress10 TB egress pertama setiap bulannya tersedia gratisMulai USD 0.0085 per GB per jam

Oracle menawarkan harga harian dan layanan yang dibayar untuk yang dibutuhkan. Penggunaan layanan PaaS dan IaaS dari OCI dihitung setiap jamnya, biaya dikenakan untuk sumber daya yang Anda konsumsi.

Manfaat dari sistem pembayaran sesuai yang digunakan oleh setiap perusahaan adalah penyediaan serta penskalaan sumber daya cloud bisa dilakukan secara instan. Program pay as you go ini juga tidak mengharuskan perusahaan untuk membuat komitmen di muka, tidak ada periode layanan minimum.

Harga Google Cloud Platform

Pendekatan harga dari Google bersifat inovatif dan transparan sehingga bisa membantu Anda dan perusahaan lain yang menjadi pelanggan Google Cloud untuk lebih menghemat dana. Buat akun sekarang untuk mendapatkan kredit gratis yang nilainya setara dengan USD 300.

Kredit gratis dari Google Cloud ini bisa Anda gunakan untuk menjalankan, melaksanakan pengujian, serta menerapkan beban kerja. Setiap pelanggan bisa menggunakan lebih dari 20 produk Google Cloud secara gratis dengan menggunakan kredit gratis tersebut. Beberapa keunggulan Google adalah:

  • Bayar untuk yang Anda gunakan saja

Dengan struktur harga pembayaran yang sesuai dengan penggunaan layanan Google Cloud, perusahaan hanya perlu membayar beberapa layanan yang paling dibutuhkan saja. Tidak ada keharusan untuk membayar di awal atau pemutusan kontrak.

Harga yang ditawarkan oleh Google Cloud bisa bervariasi, tergantung pada penggunaan dan produk yang dipilih oleh setiap perusahaan.

  • Penghematan lebih besar untuk beban kerja

Perbandingan lain mengenai Oracle Cloud vs Google Cloud berkaitan dengan penghematan beban kerja. Google Cloud akan lebih menghemat uang perusahaan dibandingkan dengan penyedia layanan cloud computing yang lainnya.

Hal ini bisa terjadi karena adanya penghematan otomatis yang berdasarkan pada penggunaan bulanan serta dengan sistem pembayaran di muka untuk berbagai sumber daya dengan diskon harga. Misalnya adalah penghematan 57% untuk produk resource compute engine seperti GPU.

  • Perusahaan bisa mengendalikan pengeluaran

Perusahaan bisa mengontrol pengeluaran dengan berbagai fitur bermanfaat yang Google Cloud sediakan, seperti misalnya anggaran, batas kuota, peringatan, serta berbagai alat lain yang dirancang untuk memanajemen biaya.

Perusahaan bisa mengoptimalkan biaya dengan memanfaatkan rekomendasi cerdas yang didukung AI dan bisa ditindaklanjuti serta dengan bantuan dasbor khusus yang akan menampilkan perkiraan biaya dan tren.

Karena biaya atau harga yang ditawarkan oleh Google Cloud bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda, gunakan kalkulator harga yang disediakan oleh Google Cloud untuk mendapatkan perkiraan harga dan penawaran khusus.

Google Cloud Lebih Baik Daripada Oracle Cloud

Dibandingkan dengan OCI dan berbagai platform cloud computing lainnya, bisa dipastikan Google merupakan penyedia layanan yang paling unggul. Google Cloud membawa banyak sekali keunggulan dan fitur yang sebaiknya Anda pahami saat membandingkan Oracle Cloud vs Google Cloud.

  • Skalabilitas Google Cloud Tinggi

Berkat adanya akses yang tidak terbatas ke banyak sumber daya, jaringan Google Cloud bisa diupgrade dengan lebih mudah, tidak sama dengan server pribadi atau server hosting. Jaringan cloud akan lebih mudah menangani berbagai lalu lintas aplikasi dan situs web.

Lalu lintas yang bisa ditangani oleh jaringan cloud bisa mencapai antara 100 hingga 1 juta pengunjung. Bahkan dengan menggunakan Google App Engine, Google mampu menangani traffic tanpa mempengaruhi stabilitas atau kecepatan.

Jumlah parameter dan virtual machine Google Cloud yang ada saat ini juga bisa diatur sehingga mampu beradaptasi dengan traffic secara otomatis.

  • Keamanan Google Cloud Terjamin

Kelebihan yang ditawarkan oleh Google Cloud adalah keamanan dari platform cloud computing yang ditawarkannya. Google sendiri memang sudah berpengalaman dalam mengembangkan teknologi dengan keamanan yang terpercaya selama 15 tahun.

Perusahaan raksasa ini bahkan sudah mempekerjakan 500 lebih spesialis keamanan yang siap untuk mengamankan seluruh layanan yang disediakannya. Selain itu, Google Cloud juga selalu diaudit secara berkala demi memastikan standar keamanan Google Cloud Platform.

  • Fleksibilitas Google Cloud

Berkat banyaknya produk dan layanan yang disediakan oleh Google, infrastruktur Google Cloud bisa disesuaikan dengan mudah berdasarkan kebutuhan bisnis para penggunanya. Cloud environment bisa diubah dan diatur secara bebas dengan menghapus serta memilih layanan yang sangat dibutuhkan.

Dengan begitu, setiap perusahaan atau bisnis bisa menciptakan suatu infrastruktur yang bisa membuat proses pengembangan produk menjadi jauh lebih stabil dan cepat.

Daftar Google Cloud Via GITS.ID

Tertarik untuk mulai menggunakan Google Cloud? Maka Anda perlu mempelajari segala sesuatu tentang Google Cloud langsung dari situs web resminya, yaitu cloud.google.com. Semua keterangan yang ingin Anda ketahui ada di situs web tersebut.

Kalau Anda ingin berkonsultasi mengenai produk atau layanan dan harga terbaik dari Google Cloud, Anda bisa menghubungi GITS.ID yang siap membantu Anda memahami informasi mengenai Google Cloud dan memilih layanan terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan.

GITS.ID merupakan partner resmi Google Cloud yang bisa Anda percayai. Untuk mengecek kemitraan Google Cloud dengan GITS.ID, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Jalankan Google Chrome kemudian tempelkan atau ketikkan alamat Google Cloud berikut ini: https://cloud.withgoogle.com/partners/.
  • Ketikkan GITS di kolom Search by Keyword lalu tekan tombol Enter untuk mencari perusahaan yang berkaitan dengan Google Cloud.
  • Anda akan melihat logo dan informasi GITS.ID sebagai salah satu mitra resmi Google Cloud di Indonesia yang bisa Anda percayai.

Segera setelah Anda selesai membandingkan Oracle Cloud vs Google Cloud, segera hubungi GITS.ID untuk membuat akun dan melakukan pendaftaran dengan mitra resmi Google Cloud di Indonesia.


Mulai Migrasi ke Google Cloud yang Cost-Effective dan Terbaik untuk Perusahaan Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Antara Oracle Cloud vs Google Cloud, Mana yang Paling Sesuai untuk Kebutuhan Perusahaan Anda?

Cloud computing merupakan platform penting yang menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang menggunakannya. Dua platform cloud computing yang bersaing untuk mendapatkan perhatian...

IBM Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Sesuai untuk Perusahaan Anda?

Dari antara banyak penyedia layanan cloud computing, IBM Cloud vs Google Cloud adalah dua penyedia yang cukup terkenal. Kedua perusahaan tersebut terus...

Perbandingan Alibaba Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

Layanan cloud computing sudah menjadi salah satu pilihan yang sangat menonjol saat ini. diantara sekian banyak layanan cloud...

Membandingkan Azure Cloud vs Google Cloud, Lebih Baik yang Mana?

Layanan cloud computing atau komputasi awan seperti Azure Cloud vs Google Cloud bukan sekedar memungkinkan para penggunanya untuk...

Antara AWS vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

Komputasi awan atau cloud computing selama ini didominasi oleh raksasa-raksasa terkenal, seperti AWS vs Google Cloud. Komputasi awan merupakan metode penyimpanan dan...