Outsource Web Node js Development

Outsource Web Development Menggunakan Node.js

Ada banyak sekali pilihan platform yang dipakai di dalam pemrograman aplikasi web. Salah satunya yaitu Node js Development yang merupakan platform pemrograman dengan performa yang tinggi. Node.js juga telah banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi web.

Pengembangan web dan aplikasi terkini banyak menggunakan platform yang sudah tersedia saat ini. Pilih salah satu platform terpercaya yang akan memudahkan Anda dalam membuat bahasa pemrograman dengan lebih sederhana dan mudah dipahami.

Pengertian Node.js Development

Sebagian programmer pemula memiliki persepsi bahwa Node.js hanya sebuah framework yang biasa saja. Tapi dalam kenyataannya Node.js adalah runtime environment yang sifatnya open-source serta cross-platform untuk JavaScript.

Maka dengan menggunakan Node.js ini maka Anda bisa menjalankan JavaScript tersebut di manapun, tak terbatas di lingkungan browser saja. Node.js juga dibangun dengan menggunakan engine JavaScript yang dimiliki oleh Google, sehingga tak diragukan lagi performanya sangat tinggi.

Selain itu, Node.js developer juga telah memiliki perpustakaan sendiri sehingga tak perlu lagi menggunakan webserver yang lain. Dengan mengusung model non-blocking I/O dan event-driven maka platform yang satu ini mampu menangani banyak sekali proses dalam waktu bersamaan jika dibandingkan dengan platform yang sifatnya thread-based networking seperti platform secara umum.

Arsitektur yang Dimiliki oleh Node.js

Ada dua komponen utama yang dimiliki oleh Node.js yaitu Libuv Library dan juga engine JavaScript V8 Google. Tapi tak hanya itu saja, platform ini juga sudah menggunakan dua design pattern seperti façade dan juga object pool.

Pembahasan singkat mengenai setiap komponennya masing-masing dari arsitektur Node.js diantaranya yaitu:

1. Engine V8

Engine V8 yang juga merupakan milik Google ini dibuat dengan memakai bahasa pemrograman C++. Komponen tersebut inputnya berupa kode JavaScript yang juga bisa di compile menjadi kode yang berada pada tingkat assembly.

V8 ini memiliki tiga komponen yang meliputi compiler, garbage collector, dan optimizer.

2. Design Pattern

Terdapat dua jenis pattern yang dipakai juga oleh Node.js yaitu façade dan juga object pool dengan penjelasan berikut:

·   Façade

Merupakan design pattern yang menunjukkan sebuah tampilan antarmuka untuk body kode.

·   Object Pool

Adalah design pattern yang isinya adalah kumpulan object yang bisa dipakai untuk task tertentu.

3. Libuv Library

Library C++ yang satu ini berperan sebagai pengelola operasi asynchronous I/O (input/output) yang terdapat di Node.js, dan yang ada di main event loop.

Dalam libuv library ini juga sudah ada thread pool reserve yang menangani threadnya di setiap operasi I/O.

Cara Kerja Node.Js

Sebuah aplikasi web yang dibangun dengan menggunakan Node.js dan menggunakan jasa web development terbaik biasanya akan memiliki workflow yang hampir sama. Cara kerjanya digambarkan dalam beberapa proses berikut ini:

  1. Pertama-tama client akan mengirimkan request ke web server agar bisa berinteraksi dengan sebuah aplikasi web terpilih. Requestnya bisa berupa apa saja misalnya berupa blocking atau bisa juga non-blocking contohnya dalam meminta, menghapus, serta memperbarui data.
  2. Kemudian Node.js akan mengambil request yang sudah masuk lalu menambahkannya pada Event Queue.
  3. Tahap ketiga yaitu saat permintaan akan diteruskan ke Event Loop satu demi satu lalu diperiksa apakah requestnya sudah cukup sederhana dan tidak lagi membutuhkan resource eksternal lainnya.
  4. Event Loop pun nantinya akan mulai memproses permintaan sederhana tersebut lalu mengembalikannya ke respon pada client yang terkait.
  5. Satu thread yang berasal dari thread pool akan ditugaskan pada satu buah request yang dianggap kompleks. Thread itulah yang akan bertanggung jawab dalam menyelesaikan permintaan blocking tertentu, dengan cara mengakses eksternal resource.
  6. Jika tasknya sudah selesai maka respon akan dikirim lagi ke Event Loop yang di dalam gilirannya, akan mengirimkan responnya lagi pada client.
Outsource Web Development Menggunakan Node.js

Keunggulan dari Node js Development

Dari awal Node.js ini muncul, platform tersebut sudah menjadi platform yang powerful terutama dalam keperluan mengembangkan suatu aplikasi. Performanya pun telah sesuai dengan kebutuhan aplikasi di zaman modern ini, yang memerlukan pemrosesan data secara realtime.

Berikut ini sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Node.js dan alasan mengapa para programmer back end developer menggunakannya:

1. Sifatnya Non-Blocking

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Node.js ini adalah sifatnya yang non-blocking. Cara kerjanya memang telah menggunakan konsep non-blocking. Artinya proses yang tak memerlukan output dari proses yang sebelumnya bisa berjalan beriringan.

Maka penggunaan platform yang satu ini akan meningkatkan efisiensi sebuah program di dalamnya.

2. Mempunyai Karakteristik Single-Threaded

Dalam konsep platform Node.js suatu program hanya akan mengalokasikan thread di proses yang saat itu sedang berjalan saja. Kemudian hasilnya adalah sebuah kinerja program yang lebih ringan.

3. Bisa Mengeksekusi Kode dengan Cara Cepat

Node.js juga dibuat dengan memakai Engine V8 dari Google yang bisa menjalankan kode dengan lebih cepat.

4. Tidak Melakukan Data Buffering

Program yang menggunakan Node.js tidak melakukan data buffering, yang merupakan sebuah pengalokasian dan menjadi porsi penyimpanan server bagi data yang saat itu sedang diproses.

Absen dari proses inilah yang memberi ruang lebih besar untuk media penyimpanan.

Tips Mempelajari Node.js

Sebelum benar-benar menggunakan Node.js ada baiknya Anda mempelajari dulu cara menggunakannya, dengan tips berikut ini:

1. Jangan Langsung Masuk ke Tahap yang Rumit

Mempelajari Node.js juga harus melalui prosesnya terlebih dulu. Ikuti langkah awalnya sebelum benar-benar menggunakannya. Misalnya dengan memahami node package manager nya terlebih dulu, lalu ke JSON file, setelah itu baru mulai praktiknya.

2. Mengikuti Bootcamp

Langkah selanjutnya yaitu mengikuti bootcamp karena akan ada ahlinya yang mengajari Anda belajar Node.js.

3. Ikut Komunitas

Node.js memiliki banyak perubahan yang selalu update. Dengan mengikuti sebuah komunitas maka Anda akan tahu apa saja perubahan terbaru dari Node.js tersebut.

Outsourcing Development ke GITS.ID

Setelah benar-benar paham dengan platform Node.js dan bagaimana cara menggunakannya, inilah saatnya untuk memilih outsourcing web developer yang tepat. Anda dapat memilih GITS.ID yang akan membantu menyempurnakan pengembangan aplikasi dengan Node.js.

GITS.ID merupakan salah satu perusahaan yang memang bergerak di bidang teknologi informasi. Terutama dalam hal pengembangan sebuah perangkat lunak. GITS juga sudah tidak asing dengan website, mobile, programming, dan sebagainya.

Tapi mereka fokus pada pengembangan aplikasi mobile di bidang digital marketingnya. Karakteristik dan keunggulan yang dimiliki oleh Node.js akan seimbang dengan outsourcing web developer terbaik dari GITS.ID.

Maka jangan ragu lagi untuk menggunakan jasa dari perusahaan IT consulting tersebut, karena GITS menjadi solusi terbaik dalam membantu perusahaan Anda untuk semakin maju dan berkembang. Penggunaan teknologi informasi pun bisa dimanfaatkan dengan lebih baik lagi.

GITS juga akan memberikan integrasi terbaik dan praktis untuk Node.js development yang servernya ringan, cepat, dan mudah di-scaling. Server tersebut juga telah dioptimasi supaya proses pemakaiannya lebih nyaman.

Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi lebih lanjut tentang beberapa outsource developer GITS lainnya seperti developer Vue Js

Jika perusahaan Anda menjadi bagian dari GITS maka potensi dan skill yang ada bisa dikembangkan dengan lebih pesat. Perusahaan kami juga sudah semakin berinovasi dalam mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Outsource Developer untuk Proyek Perusahaan Anda Sekarang

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286