Pentingnya Terus Mengembangkan Aplikasi Omnichannel Terbaru untuk Bisnis Perusahaan

Pentingnya Terus Mengembangkan Aplikasi Omnichannel Terbaru untuk Bisnis Perusahaan

Sebuah perusahaan pasti membutuhkan tools yang tepat agar perusahaan tersebut dapat berkembang dengan baik. Salah satunya menggunakan aplikasi omnichannel yang dapat menjalankan bisnis perusahaan secara lebih luas dan mengelola banyak channel.

Aplikasi ini dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi. Dengan menggunakan aplikasi ini setiap perusahaan akan mendapatkan solusi terbaik, apapun bidang bisnisnya. Manfaatnya pun dapat dirasakan oleh setiap pelanggan.

Pengertian Omnichannel

Omnichannel (Ilustrasi)

Sebelum berbicara tentang aplikasi omnichannel, apa yang dimaksud dengan omnichannel? Omnichannel merupakan istilah yang berasal dari dua kata yakni, omni dan channel. Omni memiliki arti satu kesatuan atau keseluruhan. Sedangkan channel merupakan sebuah saluran.

Channel sendiri dikenal sebagai tempat penjualan seperti toko offline saja (ruko atau mall).Namun, seiring perkembangan teknologi semua orang telah mengenal multichannel sebagai tempat untuk menjual dan membeli barang dari berbagai channel seperti e-commerce, website, dan media sosial.

Singkatnya, omnichannel adalah menggabungkan multi saluran komunikasi yang relevan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan sehingga semua channel dapat diakses dalam satu waktu melalui perangkat laptop, tablet, handphone, dan lain-lain.

Apabila perusahaan Anda menggunakan aplikasi omnichannel, maka staff perusahaan akan mudah merespon pelanggan dengan cepat dari berbagai saluran yang berbeda. Sehingga pelanggan pun akan merasa puas terhadap pelayanan dari perusahaan Anda. Anda bisa melihat contoh campaign untuk omnichannel bisnis Anda disini.

Cara Melakukan Strategi Omnichannel Marketing

Jika ingin berbisnis melalui omnichannel, setiap perusahaan harus mengenali strateginya terlebih dahulu agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan. Berikut ini beberapa strategi bisnis omnichannel yaitu:

  • Membuat Situs Web dan Sosial Media yang Responsive
    Anda bisa memulainya dengan membuat atau mengembangkan situs web yang lebih responsive untuk melayani pelanggan/customer dengan mudah. Selain itu, perlunya setiap Admin media sosial memposting produk pada setiap platform secara konsisten.
    Sehingga customer dapat dengan mudah mencari produk kebutuhannya melalui platform mana pun. Jadi, pastikan setiap platform dapat memberikan informasi produk secara konsisten.
  • Sesuaikan Konten dengan Kebutuhan Pelanggan
    Untuk melakukan strategi marketing yang baik, Anda perlu membuat konten produk berdasarkan kebutuhan pelanggan. Buatlah konten yang menyuarakan bisnis Anda agar target penjualan bisa sampai ke pelanggan.
  • Mengutamakan Pengalaman Pelanggan
    Anda harus tahu pengalaman setiap pelanggan dalam berbelanja, baik itu pengalaman baik maupun buruk. Sehingga Anda bisa membantu menyelesaikan masalah pelanggan yang terjadi pada saat berbelanja.
    Dengan harapan, setiap pelanggan Anda memiliki pengalaman yang mudah dan terbebas dari masalah.
  • Buatlah CTA Pada Setiap Konten
    CTA ini sangat penting untuk mengajak setiap pelanggan agar mau berkunjung dan membeli produk Anda. Dengan cara ini akan banyak pelanggan yang berkunjung ke website Anda dengan CTA yang menarik.
  • Buatlah Aplikasi yang Relevan
    Selain website, Anda juga bisa membuat aplikasi khusus untuk menjual produk Anda yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga bisnis Anda bisa dibangun melalui brand dari aplikasi sendiri.

Tips Mengembangkan Omnichannel

Ada beberapa tips ampuh dalam mengembangkan bisnis melalui omnichannel yakni:

  • Membuat Berbagai Saluran Channel
    Langkah pertama, mulailah dengan membuat aplikasi khusus untuk platform bisnis perusahaan. Dengan begitu, bisnis Anda sudah memiliki platform yang sesuai dengan konten bisnis Anda.
  • Pahami Target Pasar
    Setelah membuat channel, Anda harus memahami kebutuhan pelanggan untuk mencapai target yang ingin dicapai. Anda bisa klasifikasikan setiap pelanggan pada masing-masing channel . Sehingga Anda bisa mengetahui platform mana yang akan dioptimalkan promosinya.
  • Personalisasi Setiap Channel
    Anda bisa personalisasikan setiap platform channel berdasarkan kebutuhan pelanggan. Misalnya pada instagram lebih mengoptimalkan visualisasi yang menarik pada setiap gambar produk. Di Tiktok, Anda bisa mengunggah konten video untuk menarik pelanggan agar membeli produk Anda.
  • Pilihlah Platform yang Tepat
    Meskipun setiap platform memiliki keunggulannya masing-masing, tetapi Anda harus memilih jenis platform yang tepat untuk menjual produk Anda sehingga produk Anda akan dipasarkan dengan mudah dan cepat.

Cara Kerja dan Target Aplikasi Omnichannel

Omnichannel mempunyai cara kerja yang bagus dimana ketika pelaku usaha menjual produknya melalui instagram, lalu instagram tersebut sudah terhubung melalui website dan e-commerce. Maka dengan mudah pelanggan akan membeli produk melalui website toko yang ada di instagram.

Melalui website, pelanggan akan melihat produk tersebut secara lebih detail termasuk jumlah stoknya yang tersedia di toko tersebut. Apabila pelanggan sudah merasa cocok terkait detail produk dan harganya. Maka pelanggan pun akan melakukan transaksi pembelian.

Dengan sistem omnichannel, pelanggan pun akan lebih mudah mengetahui informasi produk dari satu channel ke channel lain. Keuntungan lain, pemilik toko akan tahu aktivitas pelanggan saat mengunjungi tokonya hingga melakukan transaksi pembayaran.

Dengan begitu, omnichannel akan mengumpulkan data dan perilaku pelanggan kepada pemilik toko. Sehingga target aplikasi omnichannel lebih luas dari platform manapun.

Jenis-Jenis Aplikasi Omnichannel Terbaru

Setiap bisnis memerlukan platform terbaik untuk membantu bisnis tersebut agar cepat berkembang pesat, salah satunya menggunakan jenis aplikasi omnichannel yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Adapun beberapa aplikasi omnichannel tersebut yaitu:

  • Mekari Qontak.
  • Bigcommerce.
  • SIRCLO Store.
  • Magento.
  • Shopify.

Manfaat Omnichannel

Ada banyak manfaat yang diberikan agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan pelanggan. Adapun beberapa manfaat omnichannel diantaranya:

  • Menjangkau Pelanggan Lebih Luas
    Melalui omnichannel perusahaan akan lebih mudah menjangkau pasar lebih luas dengan customer yang beragam bahkan dari berbagai negara sekali pun. Sebab, produk tersebut nantinya akan dilihat dari berbagai platform yang memiliki karakteristik audiens yang berbeda.
  • Memudahkan Pekerjaan Staff Admin
    Aplikasi ini bersifat real-time yang berarti setiap customer akan melakukan aktivitas pada platform toko Anda dan semuanya akan terekam dalam satu sistem. Berbagai status pesanan customer pun akan dipantau secara otomatis. Hal ini dapat mempermudah pekerjaan Staff perusahaan.
  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
    Kepuasan customer tentu menjadi hal utama yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan agar bisnis semakin berjalan lancar. Apabila pelanggan merasa puas terhadap pelayanan dan produk yang diberikan, maka kemungkinan pelanggan pun akan berbelanja lagi di toko Anda.
  • Meningkatkan Efisiensi Kerja Karyawan
    Adanya aplikasi omnichannel dapat meningkatkan efisiensi kerja karyawan Anda. Sebab setiap karyawan tidak lagi menggunakan cara manual dan lebih mengutamakan bekerja melalui sistem digital.
  • Memberikan Pengalaman Terbaik Bagi Customer
    Dengan omnichannel pelanggan akan diberikan pengalaman terbaik dan menyenangkan karena akses transaksi dan informasinya yang mudah untuk dijangkau. Pelanggan pun dapat membeli produk Anda melalui platform yang ada, selagi toko Anda sudah terhubung dengan banyak platform.

Aplikasi Omichannel with GITS.id

Omnichannel sangat bagus untuk marketing bisnis perusahaan Anda. Jika perusahaan Anda tertarik untuk menerapkan strategi omnichannel marketing melalui pembuatan channel terbaru, GITS.id siap membantu Anda untuk membuat channel terbaru yang Anda butuhkan.

GITS.id sudah berpengalaman dalam jasa pembuatan aplikasi omnichannel untuk kebutuhan setiap bisnis. Anda bisa memulainya dengan melihat berbagai contoh portfolio dengan berkunjung ke website GITS.id.

Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga melalui form di bawah ini!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286