8 Manfaat Menggunakan Logistic Management App

8 Manfaat Menggunakan Logistic Management App

Sebuah logistic management app sangatlah dibutuhkan karena mampu untuk mempermudah dan juga mempercepat proses manajemen logistik sebuah perusahaan. Mengingat banyaknya task dan persediaan barang yang perlu ditangani dalam suatu logistic management, apabila hal ini dikerjakan secara manual, dapat mengakibatkan terkurasnya banyak waktu, uang, dan juga tenaga.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang logistic management app serta benefit yang dapat diterima dari penggunaan aplikasi itu sendiri. Sebelum kita masuk lebih jauh, point pertama akan dimulai dengan pengertian dari logistic management terlebih dahulu.

Pengertian Logistic Management

Umumnya, logistic management diartikan sebagai sebuah pengaplikasian prinsip-prinsip manajemen dalam kegiatan logistik yang bertujuan agar pergerakan personel dan barang dapat dilakukan secara lebih efektif dan juga efisien.

Logistic Management dapat mengatur sumber daya yang meliputi barang-barang seperti bahan, peralatan, hingga makanan atau barang yang dapat dikonsumsi lainnya.

Dengan demikian, manajemen logistik berurusan dengan pengintegrasian arus informasi beserta alat manajemennya, penanganan material, pengemasan produksi, inventaris, transportasi, pergudangan, dan terkadang keamanan.

Kegiatan logistik seperti ini dapat dengan mudah dikerjakan menggunakan sebuah aplikasi. Sebelum masuk ke dalam aplikasi management logistic, mari bahas terlebih dahulu fungsi dari logistik manajemen.

Fungsi Logistic Management

Manajemen logistik memiliki beberapa fungsi dalam pengoperasiannya, antara lain:

Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan

Fungsi pertama dari manajemen logistik adalah perencanaan kebutuhan yang diperlukan oleh tiap perusahaan. Kegiatan perencanaan dan pemenuhan ini meliputi hal seperti menghitung dan menganalisa produk, skala prioritas, serta ketersediaan sejumlah produk.

Penganggaran

Setelah melakukan proses perencanaan dan pemenuhan kebutuhan, yang selanjutnya dilakukan adalah penganggaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi sesuai dengan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan. Apabila pada proses penganggaran terjadi ketidaksesuaian anggaran, dapat dilakukan perbaikan pada perencanaan pemenuhan kebutuhan.

Pengadaan

Ketika proses penganggaran dilangsungkan, kadang kala terjadi hal dimana terdapat sejumlah barang yang tidak dapat dipenuhi kebutuhannya. Manajemen logistik diharuskan untuk dapat melakukan improvisasi untuk menutupi kekurangan tersebut. Namun tidak secara sembarangan, improvisasi yang dilakukan harus melalui pertimbangan yang benar.

Penyimpanan

Yang dimaksud dengan penyimpanan adalah penerimaan dan penyimpanan barang yang selanjutkan akan disalurkan kepada client.

Penyaluran

Setelah barang diterima dan disimpan, proses yang dikerjakan selanjutnya adalah penyaluran. Penyaluran ini dilakukan sesuai dengan jumlah barang yang dibutuhkan dan kemudian dikirimkan ke alamat yang sudah ditentukan.

Pemeliharaan

Ketika barang diterima, dilakukan proses pemeliharaan dimana barang akan dijaga keadaannya agar tidak cepat rusak atau bahkan rusak sama sekali.

Penghapusan

Barang yang disimpan namun telah melewati tanggal kadaluarsa, rusak, atau gagal, akan kemudian dipisahkan pada proses ini. Tujuannya agar kualitas barang tetap terjaga.

Pengendalian

Fungsi ini tujukan untuk melakukan pengendalian dan pemantauan terhadap manajemen logistik di suatu perusahaan. Prosedur pengerjaan mulai dari perencanaan hingga penghapusan diawasi dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.

Fungsi dari logistic management ini dapat dikerjakan dari aplikasi yang telah didesain secara khusus untuk mempercepat proses management.

Selanjutnya kita akan masuk ke dalam penjelasan tentang tujuan dari manajemen logistik ini sendiri.

Tujuan Manajemen Logistik

Logistic management memiliki tujuan yang jelas dalam pengerjaannya, seperti:

Tujuan Operasional

Penyediaan barang dan bahan dalam jumlah serta kualitas sesuai dengan yang dibutuhkan.

Tujuan Keuangan

Tujuan operasional yang dilaksanakan diharapkan dapat dilakukan dengan anggaran yang serendah mungkin dan tetap disertai dengan hasil yang optimal.

Tujuan Pengamanan

Barang yang diterima harus dijaga kualitasnya dan dipelihara agar tidak terjadi kerusakan, kebocoran, pencurian, kecurangan, atau penggelapan persediaan.

Manfaat Logistic Management

Setelah membahas fungsi dan tujuan dari management logistic, kali ini akan dijelaskan tentang manfaat yang bisa didapat. Beberapa manfaatnya adalah:

Persediaan

Dengan manajemen logistik, persediaan barang dan bahan dapat didata dan dihitung dengan mudah sehingga pendaataan persediaan lebih akurat.

Transportasi

Kemudahan pendistribusian barang dapat dirasakan dengan adanya transportasi dalam logistic management. Biaya yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak jumlahnya.

  • Inbound Transportasi

Memiliki alat transportasi yang dapat membawa supply barang dari supplier kepada perusahaan yang dituju menjadi salah satu manfaat dari logistic management.

  • Outbound Transportasi

Sama dengan inbound, outbound transportasi digunakan untuk proses pengantaran supply. Bedanya, pengantaran outbound dilakukan dari pihak perusahaan kepada pihak client.

Fasilitas

Beragam fasilitas yang diberikan untuk proses logistik manajemen memberikan banyak kemudahan dalam proses logistik perusahaan.

Layanan

Memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen adalah salah satu hal terpenting. Namun, tidak kalah penting juga adalah pelayanan yang baik kepada para supplier.

Manajemen dan Administrasi

Kegiatan administrasi yang bisa ditata dengan rapi dan teratur akan sangat membantu proses manajemen logistik.

Pemecahan Masalah

Ketika terjadi sebuah masalah pada proses pengadaan barang, management logistic dapat dengan mudah diselesaikan karena prosedur yang jelas dan rapi.

Informasi Konsumen

Melakukan tracking barang yang dibeli adalah hal yang wajar. Logistic management dapat memudahkan konsumen untuk melakukan pengecekan status pengiriman barang yang mereka pesan karena pendataan yang sudah teratur.

Kepercayaan Konsumen

Dengan logistic management yang bagus, konsumen akan merasa puas dan selalu percaya pada kualitas yang perusahaan tawarkan.

Mobile Application untuk Management Logistic

Sebuah mobile app yang didesain khusus untuk logistic management akan membantu mempermudah alur pekerjaan yang dimulai dari perencanaan hingga pengendalian.

Aplikasi ini dapat diakses oleh semua personil dari manajemen logistik kapan saja dan dimana saja sehingga dapat menghindari keterlambatan seperti misalnya pada proses penyimpanan, yang jika tidak segera dikerjakan dapat mengakibatkan kerusakan atau hilangnya persediaan barang.

Juga karena aplikasi ini dibuat untuk smartphone, ukurannya yang kecil tidak akan mempersulit personil manajemen saat hendak membawanya ke lokasi tertentu.

Benefit Memiliki Logistic Management App

Ketika Anda menerapkan logistic management yang berbasis aplikasi mobile, selain untuk mempermudah alur pekerjaan, penyimpanan data juga akan menjadi lebih rapi dan teratur sehingga tidak perlu adanya kekhawatiran perbedaan data, dokumen yang terlewat, atau lebih buruk lagi persediaan barang yang tidak tercatat.

Kecepatan dalam proses manajemen pun akan sangat terlihat ketika dibandingkan dengan manajemen secara manual. Contohnya ketika secara manual pencatatan persedian barang masih dilakukan dengan tulis tangan, menggunakan mobile app ini pendataan bisa dilakukan dengan cara scan barcode saja.

Fitur-fitur yang terdapat di dalam mobile app logistic management ini pun dapat dibuat sedemikian rupa untuk mensupport kegiatan dan juga prosedur yang dilakukan pada proses manajemen logistik.

Develop Logistic Management Mobile App bersama GITS.id

Dari penjelasan mengenai logistic management di atas, apakah Anda tertarik untuk membuat aplikasi manajemen logistik?

Bersama GITS.id, Anda dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi ini disertai dengan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk logistic management Anda.

Hubungan yang erat antara logistic management dan supply chain management juga sangat memungkinkan Anda untuk lebih memilih membuat sebuah corporate super app, aplikasi super yang bisa digunakan untuk proses manajemen logistik maupun manajemen supply chain.

GITS.id telah berpengalaman dalam membuat mobile application sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dalam menggunakan jasa kami. Kami juga memiliki banyak servis lainnya seperti outsource web developer, Google Cloud Platform, Google Workspace, budgeting software, dan lain-lain.

Jangan ragu-ragu lagi dan segera hubungi kami melalui button yang tersedia di bawah ini. Anda juga dapat mengunjungi website kami di GITS.id.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286