7 Alasan Pentingnya Menggunakan Customer Data Management Platform

  • Business
  • 7 Alasan Pentingnya Menggunakan Customer Data Management Platform
Pentingnya Menggunakan Customer Data Management Platform

Sesuai perkembangan zaman, saat ini database pelanggan adalah aset terbesar dari suatu bisnis. Oleh sebab itu, perlu adanya customer data management sangat penting agar informasi tersebut bisa berfungsi optimal. Banyak perusahaan berbondong-bondong mengumpulkan data pelanggan. Namun, tidak sedikit yang kurang mampu memanfaatkannya dengan baik. Akhirnya aset tersebut justru menjadi sia-sia. Berikut ini, kami akan membahas pengertian dan pentingnya Customer Data Management (CDM)

Pengertian Customer Data Management

Pengertian Customer Data Management

Customer data management (CDM) merupakan suatu upaya pengumpulan, proses kelola, serta analisis data konsumen suatu perusahaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman lebih baik bagi pelanggan.

Artinya, customer akan mendapatkan experience yang lebih unik, personalized, dan memuaskan. Harapannya, seiring tingginya tingkat kepuasan pelanggan, bisnis pun semakin berkembang.

Pengelolaan data customer ini menggunakan suatu software khusus yang terintegrasi dengan berbagai sistem dalam perusahaan. Hal tersebut akan memberikan informasi yang perusahaan Anda butuhkan secara real time.

Tipe Data Management

Tipe-Tipe Data Management

Apabila data pelanggan semakin lengkap dan mendetail, tentu akan lebih berguna bagi bisnis. Maka dari itu, banyak perusahaan berburu empat jenis informasi konsumen berikut ini.

  1. Identitas Pelanggan

Data paling dasar yang perlu Anda peroleh adalah identitas konsumen. Informasinya meliputi nama, alamat email, nomor telepon, profil akun member, dan link media sosial.

Selanjutnya, data tersebut bisa lebih mendetail lagi melalui informasi demografi. Contohnya, usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan tingkat penghasilan. Melalui data ini, pemilik bisnis bisa melakukan segmentasi yang tepat sekaligus menentukan target pasar secara komprehensif.

  1. Keterlibatan (Engagement)

Berikutnya, perusahaan juga perlu memiliki data engagement pelanggan. Contohnya, tingkat keseringan konsumen dalam mengunjungi website penjualan bisnis Anda. Termasuk juga keterlibatan dalam postingan media sosial usaha tersebut.

Jenis data ini berguna dalam membuat penilaian terhadap tingkat rasio konversi yang berasal dari media sosial. Selain itu, tingkat engagement juga bisa memberikan gambaran keterkaitan antara konsumen dengan produk.

  1. Data Perilaku (Behavioral)

Perusahaan Anda pun perlu mengumpulkan jenis data ini, yang merupakan gambaran kebiasaan pelanggan. Umumnya informasi berasal dari riwayat pembelian, keikutsertaan dalam program berlangganan, bahkan catatan pembatalan pesanan.

  1. Sikap Pelanggan

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah data sikap pelanggan. Ini merupakan wujud dari pendapat maupun kesan konsumen terhadap produk maupun layanan sebuah bisnis.

Hanya saja, jenis data ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam pengukurannya. Pasalnya, lebih bersifat subjektif. Selain itu, tidak semua pelanggan bersedia memberikan ulasannya.

Pentingnya Customer Data Management

Importance Of Data Management And CDM

Sebagai sebuah aset utama suatu bisnis, data pelanggan ini merupakan kunci penentuan kebijakan perusahaan terkait produk dan layanan. Terdapat beberapa alasan yang membuat keberadaannya sangat penting, yaitu:

  • Membantu perusahaan dalam membuat desain produk yang lebih baik
  • Meningkatkan jumlah audiens dari setiap informasi komersial perusahaan dengan memahami kebutuhan dan ekspektasi mereka
  • Menambah tingkat konversi
  • Menentukan jenis promosi yang tepat untuk masing-masing segmen pelanggan
  • Membantu perusahaan dalam menciptakan komunikasi lebih baik dengan konsumennya
  • Memberikan informasi akurat dalam memprediksi perilaku pelanggan, agar perusahaan bisa mengambil keputusan paling tepat
  • Memahami gaya hidup serta preferensi konsumen, supaya bisa menyediakan produk atau layanan yang mampu memberikan solusi

Benefit Of CDM

Bagi perusahaan, manajemen data pelanggan tersebut memberikan beberapa keuntungan serta manfaat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Response rate konsumen akan meningkat.
  • Membantu dalam membuat segmentasi konsumen secara tepat.
  • Memudahkan identifikasi kebutuhan pelanggan.
  • Efisiensi biaya pemasaran, karena iklan akan lebih fokus pada target.
  • Efektivitas produk, sebab fitur di dalamnya akan sesuai dengan ekspektasi serta kebiasaan customer.
  • Meningkatkan loyalitas konsumen, karena produk terkesan personalized.
Key Elements CDM

Key Elements Of CDM Strategy

Pada kenyataannya, perkembangan strategi pemasaran saat ini lebih berpusat kepada konsumen. Oleh sebab itu, dalam menyusun strategi CDM, terdapat empat elemen utama, yaitu:

  1. Proses Mengumpulkan Data

Pada tahap ini, perusahaan akan mendapati banyak sekali data dari berbagai titik sumber. Baik itu melalui sosial media, website, telepon seluler, hingga informasi berbayar.

Tentu saja, proses pengumpulan data ini perlu memiliki panduan sebelumnya. Dengan demikian, hanya mengumpulkan yang dibutuhkan saja dan mengesampingkan informasi tidak berguna.

Selanjutnya, data yang terkumpul seharusnya terintegrasi dengan sistem terkait. Jadi, semua divisi perusahaan bisa mengakses dan mengambil data yang mereka perlukan dengan mudah.

  1. Manajemen Data

Informasi yang tersedia akan membentuk gambaran utuh dari masing-masing pelanggan. Apabila ada detail yang kurang, perlu melakukan penambahan data, sehingga lebih lengkap dan kaya.

  1. Analisa Informasi

Ketiga, perusahaan mulai bisa menganalisis berbagai informasi yang terbentuk dari data pelanggan. Dalam hal ini berguna ketika akan membuat model kampanye iklan yang efektif.

Analisa menggunakan suatu smart system akan membantu perusahaan memutuskan langkah tepat. Hal ini berlandaskan pada prediksi perilaku dan reaksi konsumen.

  1. Mengaktivasi Database Pelanggan

Selengkap apapun data yang perusahaan Anda miliki, akan sia-sia jika gagal melakukan aktivasi. Oleh sebab itu, customer data management software yang baik harus mampu berintegrasi ke berbagai sistem, termasuk analitik dan evaluasi.

Hal ini bertujuan untuk memindahkan data ke teknologi pemasaran. Dengan demikian, kampanye pemasaran lebih efektif karena berbasis pada data konsumen.

CDM Best Practices

CDM Best Practice

Berikutnya, perusahaan Anda juga harus memperhatikan bahwa praktik pengumpulan data tersebut berjalan dengan baik. Tentu saja, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan, yaitu:

  • Selektif dalam memilih data yang akan Anda kumpulkan.
    Hal ini akan menghemat biaya dan waktu, daripada menjaring semua data sementara sebagian besarnya tidak perlu.
  • Sebaiknya menyampaikan kebijakan privasi secara transparan terhadap pelanggan sehingga mereka memberikan informasi yang akurat.
  • Jangan segan memberikan insentif kepada pelanggan yang berbagi data.
    Pasalnya, hal ini bisa membantu perusahaan Anda mengumpulkan informasi lebih lengkap dalam sebuah survei.
  • Buat hasil data yang terkumpul menjadi informasi terpadu dan tersedia bagi semua divisi.
  • Pastikan bahwa data pelanggan tersebut selalu update. Bersihkan data dari informasi kuno dan tidak akurat untuk menghindari pengambilan keputusan yang salah.
  • Pahami undang-undang privasi pelanggan dan perlindungan data. Pastikan bahwa perusahaan Anda telah mendapatkan persetujuan dari konsumen terkait informasi yang mereka bagikan.
  • Hal yang paling penting adalah melindungi data yang telah Anda peroleh. Pastikan tidak ada pihak lain menyalahgunakannya, karena ini akan berpengaruh pada kepercayaan konsumen.

Jika anda masih membutuhkan customer insight, silahkan kunjungi tautan berikut Customer Engagement Management Platform untuk Bisnis

Jasa Pembuatan CDM

Customer Data Management Platform bersama GITS.id

Mengingat bahwa CDM ini sangat penting, menghadapinya pun tidak bisa sembarangan. Ada baiknya menggunakan customer data management platform dari vendor berpengalaman.

Anda bisa mengunjungi website kami di GITS.id. Kami berkomitmen penuh sebagai penyedia berbagai layanan seperti mobile and web developer, Data and Design Service (DDS), business budgeting software, hingga outsourcing untuk developer.

Pengumpulan, analisa, hingga aktivasi data perusahaan Anda dapat diakses dan dioperasikan dengan mudah.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman kerja sama dengan perusahaan terkemuka, GITS.id mampu memberikan pelayan terbaik dan menghadirkan sistem yang efektif dan efisien yang disesuaikan untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Tunggu apalagi? Segera hubungi kami melalui button di bawah ini dan dapatkan kemudahan yang Anda butuhkan!

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States