Peran Customer Data Platform Dalam Optimasi Marketing

Peran Customer Data Platform Dalam Optimasi Marketing

Customer data platform (CDP) adalah sebuah aplikasi penting dalam optimasi proses marketing. Dalam basis data pelanggan tersebut, terdapat catatan segala hal terkait konsumen serta preferensi produknya. Data tersebut terhimpun dari history transaksi yang telah pelanggan lakukan sebelumnya. Setelah melewati pengolahan, perusahaan Anda bisa memberikan penawaran paling tepat berdasarkan CDP tersebut.

Tujuan dan Pentingnya Customer Data Platform

Tujuan dan Pentingnya Customer Data Platform

What is a customer data platform dan apa pentingnya bagi perusahaan? 

Platform Customer Data Platform atau yang seringnya disebut sebagai CDP ini tidak hanya menghimpun data penting pelanggan, namun sekaligus mengintegrasikannya dengan sistem lain. Divisi marketing lebih mudah untuk mengakses sekumpulan informasi ketika akan melakukan  kebijakan penjualan.

Pada dasarnya pengumpulan data ini penting, karena suatu bisnis bermuara pada pelanggan. Jadi, segala hal tentang konsumen wajib menjadi perhatian utama.

Beberapa tujuan pembuatan CDP adalah:

  • Mengumpulkan data pelanggan
  • Mengintegrasikan dengan sistem lain dalam perusahaan
  • Akses dan pengolahan data pelanggan yang lebih mudah
  • Melakukan segmentasi konsumen

Data yang Digunakan Customer Data Platform

Data yang Digunakan untuk Customer Data Platform

Ketika akan membangun sebuah platform database pelanggan, tentu perlu mendefinisikan informasi apa yang akan perusahaan Anda butuhkan. Umumnya, kebutuhan data tersebut meliputi:

  1. Informasi Identitas Konsumen

Dalam hal ini, maksudnya bukanlah data pribadi pelanggan. Melainkan informasi untuk memudahkan identifikasinya. Di antaranya meliputi:

  • Nama lengkap konsumen
  • Usia serta jenis kelamin
  • Lokasi tempat tinggal
  • Pekerjaan konsumen
  • Media sosial customer
  • Profil akun pelanggan
  1. Deskripsi Profil Konsumen

Selanjutnya, perusahaan Anda tentu juga membutuhkan data deskriptif dari masing-masing pelanggan. Di antaranya adalah penghasilan, gaya hidup, status keluarga, serta hobinya.

  1. Informasi Kuantitatif Serta Kualitatif

Data kuantitatif meliputi frekuensi pembelian, tingkat kunjungan website serta interaksi media sosial. Jenis data ini juga bisa memberikan gambaran mengenai tingkat keterikatan pelanggan dengan produk.

Adapun data kualitatif memberikan gambaran seberapa sering pelanggan akan merekomendasikan dan memberikan review produk. Dengan demikian, akan lebih mudah mengukur tingkat kepuasan pelanggan.

Cara Kerja Customer Data Platform

Berikutnya, penting juga memahami cara kerja CDP customer data platform ini. Pertama, alat ini akan mengumpulkan berbagai informasi mengenai pelanggan. Adapun asal datanya bisa dari berbagai sumber.

Contohnya, history penjualan, program promo sebelumnya, perangkat seluler, dan penggunaan media sosial. Dari data tersebut CDP membuat rangkuman dan menampilkannya sebagai database konsumen.

Sistem pada CDP ini juga memiliki kecerdasan buatan yang bisa melakukan sortir data. Fitur ini membuat alat tersebut mampu mengelompokkan konsumen dan memastikan berbagai informasi berasal dari orang yang sama.

Selanjutnya, platform akan mengolah data tersebut dan menyajikannya secara utuh. Perusahaan Anda bisa mengakses informasi yang tersedia untuk berbagai keperluan marketing.

Cara Memilih CDP yang Sesuai

Cara Memilih Customer Data Platfrom

Masing-masing perusahaan bisa jadi memiliki kebutuhan berbeda terkait CDP khususnya mengenai customer data platform architecture. Lantaran, setiap perusahaan bisa berbeda. Oleh sebab itu, ada beberapa pertimbangan dalam memilihnya. Contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Merumuskan Terlebih Dahulu Tujuan Penggunaannya

Pertama, pastikan untuk tujuan apa perusahaan Anda memerlukan CDP. Contohnya agar lebih mengenal konsumen, atau sebagai acuan pembuatan program promosi. Apabila sudah mengetahui tujuannya, akan mudah memilih alat yang tepat.

  1. Customer Data Platform Companies dan Alat Pendukungnya

Berikutnya, Anda perlu untuk menentukan alat apa saja yang akan perusahaan Anda gunakan berdampingan dengan CDP. Secara umum, beberapa alat yang sering digunakan adalah Google Analytics, media sosial untuk promosi, dan gudang data.

  1. Libatkan Divisi Terkait

Tentu saja, pertimbangan penting dalam memilih CDP yang sesuai adalah dengan melibatkan semua divisi terkait. Artinya, seluruh bagian perusahaan yang nantinya akan menggunakan data tersebut.

Contohnya divisi marketing, tim sales, bahkan bagian produksi. Dengan memperhatikan kebutuhan masing-masing, tentu mudah menemukan alat pengumpul database pelanggan yang tepat.

Key Benefits of Customer Data Platform

Ada beberapa manfaat bagi perusahaan yang menggunakan CDP ini. Beberapa 2 utamanya yaitu:

  1. Pembuatan Database Pelanggan Lebih Mudah

Sebagai sebuah alat, CDP mampu mengumpulkan serta mengolah data pelanggan. Sistem dalam platform ini memudahkan perusahaan Anda dalam mendata informasi penting dari masing-masing konsumen.

  1. Mengenal Target Pasar

Data yang terkumpul melalui CDP ini selanjutnya akan berguna dalam mengenal pelanggan dengan lebih baik. Contohnya mengenai demografi, gaya hidup, hingga preferensi produknya.

Semakin baik divisi marketing mengenali target pasarnya, akan lebih mudah dalam membuat program promosi yang tepat. Termasuk juga ketika akan membuat produk lanjutan maupun sampingan.

  1. Meningkatkan Potensi Up dan Cross Selling

Dari sisi salesforce customer data platform, alat ini mampu mengoptimalkan penjualan. Salah satunya adalah dengan melakukan up dan cross selling. Pasalnya, data yang ada bisa menjadi acuan informasi kebutuhan pelanggan.

Melalui CDP, tim sales akan mudah menemukan masalah yang dihadapi pelanggan, lalu menawarkan solusi melalui produk sampingan untuk melengkapi pilihan utama. Di sisi lain juga dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan konsumen.

Cara Membuat CDP yang Tepat

Apabila ingin mendapatkan manfaat optimal dari CDP, tentu perlu mengetahui cara membangun platform tersebut. Terdapat empat tahapan membangunnya, yaitu:

  1. Sinkronisasi Informasi Dan Data

Tahap pertama adalah menggabungkan semua data yang terkumpul. Tentu saja, sebelumnya perlu memilah untuk mendapatkan informasi paling relevan. Selanjutnya, mengumpulkan dalam basis data pelanggan.

  1. Atur Data yang Sudah Didapatkan

Langkah berikutnya yaitu pengaturan data. Tahap ini meliputi kegiatan menambal data agar lebih lengkap. Di samping itu juga menyortir informasi duplikat dan menghapusnya.

Selanjutnya, data tersebut melalui proses pemilahan. Tujuannya untuk melakukan pengelompokan berdasarkan segmentasi target pasar maupun lokasinya.

  1. Identity Resolution

Berdasarkan perolehan data, langkah selanjutnya adalah melakukan resolusi identitas. Dalam hal ini, bisa melakukan pendekatan pencocokan deterministik, grafik identitas, maupun probabilitas.

  1. Perbaharui Data Secara Berkala

Tahapan terakhir adalah upaya dalam membuat data tersebut lebih kaya, sehingga manfaatnya pun meningkat. Contohnya adalah dengan menambahkan detail informasi tertentu, atau melakukan standarisasi data.

Langkah Mudah Memiliki CDP Paling Tepat

Peran Customer Data Platform Dalam Optimasi Marketing

Apabila perusahaan Anda memerlukan platform database pelanggan ini, tentu saja bisa membangunnya sendiri. Hanya saja, tentu hal ini memerlukan waktu.

Di samping itu, perlu pengalaman dan keahlian untuk menghasilkan platform yang dapat mengakomodir kebutuhan. Untuk memudahkan, perusahaan Anda juga bisa menggunakan platform yang sudah tersedia.

GITS.id memiliki komitmen untuk mendukung optimasi produktivitas dalam perusahaan Anda. Kami telah berkecimpung dalam berbagai bidang seperti health, commerce, enterprise, dan masih banyak lagi untuk pembuatan mobile app, web app, dan software yang dibutuhkan.

Kami selalu berupaya bekerja gesit dan melakukan berbagai inovasi ide maupun teknologi. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan pelayanan terbaik, kepuasan pelanggan, dan bisnis yang berkembang pesat.

Jika perusahaan Anda memutuskan membangun customer data platform, jangan ragu untuk menghubungi kami. GITS.id dengan senang hati akan membantu Anda mewujudkan kebutuhan perusahaan.

Segera diskusikan kebutuhan yang diinginkan dengan kami melalui button yang telah tersedia di bawah ini.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286