Dalam menjalankan perusahaan, mungkin Anda bertanya-tanya jenis aplikasi (baik itu mobile application, desktop, atau website) yang seperti apa yang perusahaan butuhkan. Sebelumnya, kita sudah membahas kenapa penting bagi perusahaan untuk punya enterprise application. Kita juga telah bicarakan mengapa perlu melakukan outsourcing untuk application development, ke IT Consultant Digital Agency seperti GITS Indonesia.

Enterprise application atau enterprise software merujuk pada aplikasi yang digunakan secara bisnis untuk mendukung kerja sehari-hari atau pada intinya untuk memecahkan masalah enterprise. Enterprise application biasanya meng-cover banyak hal. Dapat pula digunakan membantu banyak orang alias internal perusahaan.

Selain itu, enterprise application punya logika bisnisnya untuk membantu keseluruhan organisasi dan departemen. Biasanya, jalannya enterprise application adalah untuk menurunkan biaya perusahaan dan membuat pekerjaan jadi lebih efektif dan produktif.

Apa saja tipe atau jenis enterprise application yang kebanyakan perusahaan butuhkan dan pakai? Menurut Chron, ada:

  • Aplikasi Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP) Application
  • Aplikasi Manajemen Konten Perusahaan atau Enterprise Content Management Application
  • Aplikasi Manajemen Rantai Persediaan atau Supply Chain Management Application
  • Aplikasi Pengelolaan Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management Application

Aplikasi Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP) Application

Aplikasi perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan seperti perencanaan produk, pembelian bahan, kontrol inventaris, keuangan (dalam meningkatkan akurasi), manajemen SDM (mengelola sumber daya manusia dan penggajian), dan lainnya. Ide dasar ERP adalah di mana berbagai informasi dari berbagai aspek dalam perusahaan berada dalam satu pusat dan dapat diakses oleh setiap orang dari perusahaan yang membutuhkannya.

 

Aplikasi Manajemen Konten Perusahaan atau Enterprise Content Management (ECM) Application

Enterprise Content Management (ECM) adalah aplikasi yang mengelola konten yang dimiliki perusahaan. Konten ini ada dalam segala jenis, seperti dokumen; gambar; video; dan pesan email. Ini dapat didistribusikan sebagai konten web, manajemen dokumen, kolaborasi antara rekan kerja, dan lainnya.

 

Aplikasi Manajemen Rantai Persediaan atau Supply Chain Management Application

Rantai pasokan adalah kumpulan sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi dan memindahkan produk dari vendor ke pelanggan. Manajemen Rantai Pasokan berarti mengelola kegiatan rantai pasokan ini sehingga dapat dijalankan dengan cara yang efektif dan efisien. Seperti proses produksi, hal-hal logistik, juga sistem informasi yang mengoordinasikan kegiatan. Aliran informasi memungkinkan mitra rantai pasokan untuk mengetahui rencana strategis dan operasional dan juga aliran bahan melalui rantai pasokan.

 

Aplikasi Pengelolaan hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) Application

Customer Relationship Management (CRM) mencakup penjualan, pemasaran, dan aspek interaksi lainnya antara perusahaan dan pelanggan atau pelanggan potensial. CRM biasanya digunakan untuk menyimpan dan mengelola informasi tentang pelanggan. Informasi itu bisa mengenai kontak, sales lead, klien, riwayat penjualan, permintaan layanan, dan lainnya. CRM juga dapat melacak komunikasi melalui email, chat, web, media sosial, dan saluran pemasaran lainnya.

 

Itu adalah tipe atau jenis-jenis enterprise application yang umum digunakan oleh perusahaan untuk membawa hal-hal baik bagi bisnis mereka (seperti menurunkan biaya, membuat pekerja lebih produktif, dan proses yang berjalan lebih efisien).

 

Jadi, apakah Anda sekarang ingin memiliki enterprise application atau meng-upgrade yang telah ada?

GITS Indonesia bisa membantu. Kami berpengalaman men-develop berbagai aplikasi, termasuk untuk internal enterprise, seperti bagi Toyota. Lebih lanjutnya tentang aplikasi bersama Toyota dapat diakses di sini.