Cara Meningkatkan Bisnis FMCG – Sudah Coba Yang Mana?

  • *Featured
  • Cara Meningkatkan Bisnis FMCG – Sudah Coba Yang Mana?
FMCG transformasi digital transformation management mobile application development indonesia

 

Transformasi digital saat ini menjadi hal yang tak terelakkan bagi setiap pelaku industri di Indonesia. Salah satunya bagi industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).

Beragam dan luasnya faktor yang memengaruhi penjualan, pemasaran, dan supply chain, menjadikan industri FMCG begitu dinamis dan terus berubah. Penerapan teknologi digital pada industri ini menjadi sebuah kebutuhan penting agar bisnis ini dapat menjangkau pembeli dari semua daerah Indonesia, tanpa dihambat faktor jarak dan waktu.

Apa tantangan yang kerap dihadapi pelaku bisnis FMCG dalam era digital ini? Mungkin ada yang pernah Anda alami? Kemudian, apa sebaiknya langkah yang diambil untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada?

Di sini, akan dibahas tiga dari tantangan yang mungkin muncul bagi bisnis FMCG. Beserta, langkah yang dapat dipakai untuk menghadapi tantangan tersebut.

  1. Menghadapi Keterbatasan Sumber Daya Manusia
  2. Channel Management Solution untuk Bisnis FMCG
  3. Keamanan Penyimpanan Data terkait Fast-Moving Consumer Goods

Menghadapi Keterbatasan Sumber Daya Manusia

Ketika usaha ritel hendak beralih kepada transaksi online seperti e-commerce, dibutuhkan karyawan yang memahami infrastruktur informatika dan teknologi. Sedangkan, pelaku usaha memiliki kesulitan untuk membangun keterampilan baru karena keterbatasan sumber daya manusia dan waktu.

GITS.ID ingin membantu para pelaku usaha FMCG membangun aplikasi yang tetap berorientasi kepada end user. Dengan begitu, aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan, juga dapat menekan biaya operasional dan mendorong pertumbuhan transaksi.

 

Channel Management Solution untuk Bisnis FMCG

Dengan kehadiran kanal digital, mulai dari website maupun mobile application, banyak brand yang kewalahan dalam menjalankan hal-hal administratif. Penjual harus selalu siap sedia untuk membalas pesan satu per satu, menjawab komplain, atau mengecek stok secara manual. Pekerjaan repetitif ini menjadi beban yang mengonsumsi banyak waktu karyawan. Pelaku usaha FMCG menjadi kewalahan menghadapi pesanan, pertanyaan pembeli, sampai manajemen stok.

Karena itu, GITS.ID turut membantu dalam menangani hal-hal operasional penjualan, seperti manajemen gudang, pengelolaan pemesanan, hingga pengiriman barang dengan membangun sebuah channel management solution (CMS) yang membantu brand dalam menjalankan administrasi dan operasional.

 

Keamanan Penyimpanan Data terkait Fast-Moving Consumer Goods

Tanpa data yang tersimpan aman, bisnis FMCG tidak bisa memaksimalkan strategi penjualan di berbagai platform digital. Dengan mengakses data-data seperti data pelanggan, histori penjualan, data vendor dan sebaganya, maka bisnis ini dapat membuat kampanye atau promosi yang sesuai. Misalnya, dengan menawarkan diskon atau cashback pada periode tertentu, sehingga orang akan semakin tertarik untuk membeli.

Data dan fakta ini menjadi kunci penting agar bisnis ini dapat memahami preferensi konsumen dan selalu memberikan tawaran yang sesuai. Tentunya, aspek keamanan dalam penyimpanan data menjadi prioritas utama. GITS.ID memberikan layanan setelah pengembangan aplikasi agar keamanan dan performa aplikasi tetap terjaga.

 

Itu dia beberapa tantangan dalam bisnis FMCG serta cara menghadapinya, agar tantangan tersebut menjadi langkah meningkatkan bisnis ini.

 

Baca juga:

Bagaimana Mobile Application Meningkatkan Bisnis Fast-Moving Consumer Goods

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Mobile Application Development untuk Meningkatkan Bisnis Fast-Moving Consumer Goods

Ini Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Fast-Moving Consumer Goods Brand Anda

Belum Pakai Business Intelligence? Ini Pentingnya Menerapkan pada Bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Anda


GITS.ID sudah beberapa kali membantu perusahaan-perusahaan FMCG lewat digital dan teknologi. Salah satunya adalah klien kami Sarihusada Danone, dengan aplikasi mobile eNutri. Aplikasi ini berhasil digunakan oleh user melebihi target Sarihusada, dari jumlah pengguna dan interaksinya. Selengkapnya tentang pembuatan aplikasi ini dapat diakses di halaman Insight ini.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0812-4589-1200

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States