Membuat Aplikasi COVID-19 oleh Developer (Begini Cara Bangun Aplikasi iOS Pertamamu dengan Xcode Storyboard!)

  • Mobile App Development
  • Membuat Aplikasi COVID-19 oleh Developer (Begini Cara Bangun Aplikasi iOS Pertamamu dengan Xcode Storyboard!)

Mumpung sedang menghabiskan banyak waktu di rumah, yuk, kita coba untuk membuat sebuah aplikasi dengan tema COVID-19.

Berikut adalah hal-hal yang kamu butuhkan untuk memulai pembuatan aplikasi iOS:

  1. Hal pertama yang perlu kamu kumpulkan untuk memulai sesuatu pada dasarnya adalah NIAT. Karena seperti kata pepatah lama “Di mana ada niat, di situ ada jalan.”.
  2. Sebuah komputer Apple (seperti: Macbook Pro, Macbook Air, iMac). Iya, di sini mungkin kamu akan merasa kesal dan galau. Ya, hal ini mungkin akan menurunkan keinginan kalian untuk mengulik-ngulik membuat aplikasi iOS dikarenakan komputer Apple seperti yang kita tahu harganya tidak murah dan sangat sulit diraih seperti … ya you know. Tapi, anggap saja ini investasi masa depan. Trust me. It’s worth it.
  3. Aplikasi Xcode. Xcode adalah sebuah aplikasi buatan apple yang ditugaskan untuk menjadi sebuah pabrik di mana aplikasi-aplikasi iOS dibuat. Aplikasi ini gratis dan menurut saya lumayan mudah untuk dipelajari oleh pemula.
  4. Pengetahuan dasar tentang bahasa Swift atau Objective-C. Kedua bahasa ini adalah bahasa yang perlu kalian pahami dasarnya sebelum memulai membuat aplikasi iOS. Sebab, aplikasi iOS didukung penuh oleh kedua bahasa ini. Kalian bisa pelajari bahasa ini atau mencari tutorial-turorialnya di internet (atau ya pantengin aja web kami).

Sekarang, kalian sudah tahu apa saja yang dibutuhkan. Yuk, kita mulai mencoba membuat aplikasi tersebut dari awal. Saya tidak akan menjelaskan secara rinci apa saja yang ada di dalam Xcode atau penjelasan tentang Swift itu sendiri di artikel ini.

Sebelumnya, berikut saya beri sedikit cheat sheet yang bisa kalian gunakan pada Xcode, file helper, juga file assets yang akan membantu dalam membangun aplikasi ini.

Sudah siap? Mari, lihat video ini. Saya dan teman; Irfan Tri Handoko, akan mencoba sedikit run through pembuatan aplikasi iOS COVID-19 menggunakan Storyboard.

Bagaimana? Mudah, bukan? Untuk halaman berita dan peta, teman-teman bisa mencobanya dengan cara masing-masing. Jika ada pertanyaan, bisa tinggalkan di kolom komentar di bawah ini.

Buat teman-teman yang sudah mencoba membuat aplikasi ini, jangan lupa share di media sosial hasil pekerjaan kalian ya dan mensyen kami di Instagram GITS Indonesia. Buat beberapa teman-teman yang beruntung akan mendapatkan hadiah dari kami, lho!

Terima kasih telah menonton! Semoga bermanfaat dan berhasil ya teman-teman! 😀


Muhammad Arif Rahman dan Irfan Tri Handoko adalah bagian dari divisi iOS developer di GITS Indonesia.


Salah satu mobile aplikasi iOS yang pernah GITS Indonesia buat adalah bersama PT Kereta Api Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini, sila akses di sini.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States