Mobile App Development Membuat Aplikasi COVID-19 oleh Developer (Begini Cara Bangun Aplikasi iOS Pertamamu dengan...

Membuat Aplikasi COVID-19 oleh Developer (Begini Cara Bangun Aplikasi iOS Pertamamu dengan Xcode Storyboard!)

Mumpung sedang menghabiskan banyak waktu di rumah, yuk, kita coba untuk membuat sebuah aplikasi dengan tema COVID-19.

Berikut adalah hal-hal yang kamu butuhkan untuk memulai pembuatan aplikasi iOS:

  1. Hal pertama yang perlu kamu kumpulkan untuk memulai sesuatu pada dasarnya adalah NIAT. Karena seperti kata pepatah lama “Di mana ada niat, di situ ada jalan.”.
  2. Sebuah komputer Apple (seperti: Macbook Pro, Macbook Air, iMac). Iya, di sini mungkin kamu akan merasa kesal dan galau. Ya, hal ini mungkin akan menurunkan keinginan kalian untuk mengulik-ngulik membuat aplikasi iOS dikarenakan komputer Apple seperti yang kita tahu harganya tidak murah dan sangat sulit diraih seperti … ya you know. Tapi, anggap saja ini investasi masa depan. Trust me. It’s worth it.
  3. Aplikasi Xcode. Xcode adalah sebuah aplikasi buatan apple yang ditugaskan untuk menjadi sebuah pabrik di mana aplikasi-aplikasi iOS dibuat. Aplikasi ini gratis dan menurut saya lumayan mudah untuk dipelajari oleh pemula.
  4. Pengetahuan dasar tentang bahasa Swift atau Objective-C. Kedua bahasa ini adalah bahasa yang perlu kalian pahami dasarnya sebelum memulai membuat aplikasi iOS. Sebab, aplikasi iOS didukung penuh oleh kedua bahasa ini. Kalian bisa pelajari bahasa ini atau mencari tutorial-turorialnya di internet (atau ya pantengin aja web kami).

Sekarang, kalian sudah tahu apa saja yang dibutuhkan. Yuk, kita mulai mencoba membuat aplikasi tersebut dari awal. Saya tidak akan menjelaskan secara rinci apa saja yang ada di dalam Xcode atau penjelasan tentang Swift itu sendiri di artikel ini.

Sebelumnya, berikut saya beri sedikit cheat sheet yang bisa kalian gunakan pada Xcode, file helper, juga file assets yang akan membantu dalam membangun aplikasi ini.

Sudah siap? Mari, lihat video ini. Saya dan teman; Irfan Tri Handoko, akan mencoba sedikit run through pembuatan aplikasi iOS COVID-19 menggunakan Storyboard.

Bagaimana? Mudah, bukan? Untuk halaman berita dan peta, teman-teman bisa mencobanya dengan cara masing-masing. Jika ada pertanyaan, bisa tinggalkan di kolom komentar di bawah ini.

Buat teman-teman yang sudah mencoba membuat aplikasi ini, jangan lupa share di media sosial hasil pekerjaan kalian ya dan mensyen kami di Instagram GITS Indonesia. Buat beberapa teman-teman yang beruntung akan mendapatkan hadiah dari kami, lho!

Terima kasih telah menonton! Semoga bermanfaat dan berhasil ya teman-teman! :D


Muhammad Arif Rahman dan Irfan Tri Handoko adalah bagian dari divisi iOS developer di GITS Indonesia.


Salah satu mobile aplikasi iOS yang pernah GITS Indonesia buat adalah bersama PT Kereta Api Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini, sila akses di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

GITS Tech Talks: Transform Your Business and Growth with Google Cloud Platform

In the uncertain situation, business leaders are under pressure to prioritize investments and optimize costs to support changing business goals in the...

Strategi Omnichannel di B2B, B2C, juga D2C dan Strategi Marketing

Di dunia bisnis banyak sekali istilah yang perlu Anda kenali. Salah satunya adalah bagaimana melakukan strategi Omnichannel di...

Contoh Aplikasi Loyalty Program atau Loyalty App Indonesia

Ketika menjalankan sebuah bisnis, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk memiliki relasi yang baik dengan para pelanggan. Demi kelangsungan bisnis itu sendiri,...

9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan

Dalam bidang usaha, ada beberapa hal yang penting untuk dioptimalkan. Salah satunya adalah loyalitas pelanggan sehingga Anda yang memiliki usaha atau bisnis...

Ketahui Harga Pembuatan Website E-Commerce dan Aplikasi E-Commerce

Banyaknya orang yang melakukan belanja daring membuat bisnis ini berkembang cukup baik, terutama jika Anda hendak terjun ke bidang tersebut. Namun, ada...