Supply Chain Management Application Perlancar Bisnis Anda

Supply Chain Management Application Perlancar Bisnis Anda

Supply Chain Management application dalam berbisnis adalah pengelolaan dan pengawasan suatu produk dari asalnya sampai dikonsumsi.

Dalam pengerjaannya, supply chain management ini kerap kali dibantu oleh sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk memperlancar proses manajemennya. 

Lantas, hal apa saja yang dapat dikerjakan oleh supply chain management app ini dan fungsi serta manfaat seperti apa yang bisa didapatkan? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Supply Chain Management dalam Bisnis

Supply chain management atau SCM adalah rangkaian kegiatan yang mengelola serta mengawasi jalannya proses kegiatan manajemen supply, meliputi koordinasi, penjadwalan, pengendalian terhadap pengadaan hingga pengiriman suatu produk.

Management ini melibatkan berbagai macam pihak yang bersangkutan dalam usahanya merubah bahan baku menjadi sebuah produk.

Tujuan akhir dari proses ini adalah untuk mengurangi inventori, meningkatkan kecepatan bertransaksi, dan meningkatkan alur kerja yang didasari oleh profit yang akan diperoleh.

Penggunaan dari sebuah aplikasi supply chain management dapat meningkatkan dan memastikan efisiensi dari SCM ini sendiri.

Komponen Management Supply Chain

Sekarang kita akan membahas tentang komponen yang dimiliki oleh SCM. Terdapat tiga komponen utama dalam management ini, yaitu:

Upstream Supply Chain Management

Yang termasuk ke dalam upstream supply chain adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan supplier sebuah perusahaan. Pada proses ini, perusahaan mendapatkan bahan baku dari pihak luar.

Internal Supply Chain Management

Setelah bahan baku diterima, dilakukan langkah selanjutnya. Pada tahapan ini, terjadi proses produksi dimana bahan baku diolah menjadi sebuah produk akhir.

Downstream Supply Chain Management

Sementara downstream supply chain merujuk kepada segala aktivitas yang dilakukan setelah proses produksi barang. Setelah produk selesai dibuat, kemudian akan terjadi proses pendistribusian barang kepada pihak konsumen.

Supply Chain Management Application Perlancar Bisnis Anda

5 Langkah Supply Chain Management

Setelah mengetahui tentang komponen dari SCM, kini kita masuk ke pembahasan tentang langkah-langkah supply chain management. Management supply chain terbagi menjadi 5 langkah, yaitu:

  1. Planning, perencanaan strategi supply chain secara keseluruhan.

Proses ini dimulai dengan perencanaan untuk menyesuaikan pasokan antara permintaan pelanggan dan produsen. Hal ini berhubungan dengan banyaknya bahan baku yang akan dibutuhkan dalam tiap tahap produksi, kapasitas dan batas peralatan produksi, serta jumlah staff yang dibutuhkan selama proses SCM berlangsung.

  1. Sourcing raw materials, permintaan penyediaan bahan baku.

Proses SCM ini sangat bergantung kepada kuatnya kerjasama dengan para supplier. Semakin besar kepercayaan antara perusahaan dengan vendor penyedia bahan baku, akan semakin efisien proses SCM yang berlangsung. Bahkan jika terjadi error saat proses produksi, vendor dapat memberikan bahan baku emergency dengan cepat.

  1. Manufacturing, pembuatan produk.

Di tahap ini, bahan baku diolah menjadi produk yang telah disesuaikan dengan permintaan para client. Proses produksi biasanya terbagi menjadi beberapa tahap seperti perakitan, pengujian, inspeksi, dan pengemasan.

  1. Delivery, pengiriman produk kepada para konsumen.

Setelah produk dibuat dan penjualan diselesaikan, perusahaan akan mengirimkan produk ke tangan pelanggannya. Dalam proses SCM yang baik, perusahaan memiliki kemampuan logistik dan proses distribusi yang kuat untuk memastikan pengiriman produk yang tepat waktu, aman, dan murah.

  1. Returns, pengembalian produk dari para konsumen.

Apabila produk yang diterima oleh pelanggan berada dalam kondisi yang buruk, maka supply chain management harus bisa memberikan pengembalian uang dengan benar atau memberikan ganti produk yang baru.

Supply Chain Management Application

Aplikasi supply chain management adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendampingi proses SCM sebuah perusahaan.

Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur yang dapat membantu mengerjakan proses SCM. Beberapa contoh fitur supply chain management app adalah sebagai berikut:

  1. Supplier Database

Fitur ini hadir untuk menyimpan semua database supplier yang digunakan oleh perusahaan. Seperti informasi barang yang disediakan, alamat, dan PIC yang berhubungan langsung dengan perusahaan Anda.

  1. Purchase Order

Pada fitur ini, terdapat list informasi bahan baku yang diperlukan oleh perusahaan dan akan dikirimkan oleh supplier. Bahan baku tersebut akan di data seperti jenis dan jumlah yang dibutuhkan serta harga yang telah ditetapkan.

  1. Payment History

DI dalam fitur payment history, terdapat sekumpulan riwayat pembayaran dari pembelian yang telah terjadi sebelumnya.

  1. Products Returned

Produk yang dikembalikan oleh konsumen dapat dicatat dan di data dengan rapi pada fitur ini agar nantinya dapat dilihat dengan jelas berapa total jumlah barang yang dikembalikan.

Tentunya, selain empat fitur di atas masih banyak lagi fitur lain dalam supply chain management yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Fungsi dan Manfaat Aplikasi Supply Chain Management

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah, mempercepat, dan mengurangi waktu serta uang yang diperlukan dalam proses SCM. Manfaat yang didapatkan juga akan membantu performa perusahaan secara optimal.

Seluruh kegiatan SCM dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi ini seperti misalnya ketika hendak melakukan pemesanan bahan baku kepada vendor. Anda hanya perlu membuka aplikasi supply chain management dan mencari jenis bahan baku yang dibutuhkan kemudian memilih jumlah barang yang dibutuhkan.

Begitu pula dengan proses produksi dimana Anda dapat selalu memantau sudah sampai di tahap mana proses produksi berlangsung dan ketika barang telah selesai, pemberitahuan  dapat dengan segera disampaikan sehingga dapat segera dilakukan pengecekan kualitas barang.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan proses tracking barang yang dikirimkan kepada konsumen. Anda dapat memonitor apakah barang masih dalam proses distribusi atau sudah sampai ke tangan para konsumen.

Perusahaan Anda mungkin telah menggunakan aplikasi ini dalam proses management supply chain bisnis, namun apakah fitur dan benefit yang Anda terima sudah sesuai dengan yang dibutuhkan?

Dengan aplikasi supply chain management dari GITS.id, kami dapat membantu Anda mendapatkan kemudahan seperti automasi purchasing workflow, dapat melihat statistik pembelian barang, serta pengecekan price lists dan ketersediaan produk dengan cepat.

Supply Chain Management Application with GITS.id

Banyak sekali fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh dengan menerapkan aplikasi supply chain management buatan GITS.id pada perusahaan Anda.

Apabila Anda tertarik untuk membuat supply chain management, jangan ragu untuk menghubungi GITS.id. Kami siap membantu Anda membuat aplikasi management yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tapi jika Anda menginginkan sebuah corporate super app yang bisa digunakan untuk warehouse management, logistic management, dan supply chain management secara sekaligus, kami juga bisa mewujudkannya.

Anda dapat mengunjungi website kami di gits.id atau menghubungi kami melalui button di bawah ini. Kami juga menyediakan beragam servis lainnya seperti Google Cloud Platform, Google Workspace, software budgeting, dan outsource developer.

Tidak perlu berlama-lama lagi, hubungi GITS.id sekarang juga!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286